IDN App, Aplikasi Baca Berita Terlengkap dan Kekinian Untuk Millenial dan Gen Z


IDN App, Aplikasi Baca Berita Terlengkap

Hidup di era digital memberikan banyak sekali kemudahan, tak terkecuali bagi saya yang merupakan seorang moms millenial. Sebagai seorang ibu sekaligus pekerja kantoran, saya memiliki aktivitas yang cukup padat. Maklum saja karena memiliki peran ganda maka kerjaan saya tak hanya mengurus anak, melainkan juga mengurus pekerjaan kantor. Tak heran bila terkadang saya sering ketinggalan berita terupdate.

Sebenarnya sih, di era seperti sekarang ini banyak sekali portal berita online yang dapat kita akses dengan mudah hanya dalam genggaman saja. Berdasarkan data dari Kominfo, terdapat 43 ribu portal berita online di Indonesia dengan berbagai kategori. 

Namun sayangnya, saking banyaknya portal berita online, kini saya sangat sulit memilah mana media yang benar-benar memberikan informasi aktual dan mana yang hanya sekedar mencari sensasi belaka. Tak jarang banyak media yang hanya menyebarkan berita hoaks hingga akhirnya menimbulkan provokasi. 

Oleh karena itu, saya harus cermat dalam memilih portal berita online yang terpercaya agar tak mudah termakan hoaks. Dan beruntungnya, saya menemukan itu. Adalah IDN App  yang hadir ditengah-tengah kebingungan saya dalam mencari sumber informasi yang terlengkap dan terpercaya. 

IDN App hadir menjadi solusi bagi masyarakat dalam mendapatkan berita terkini yang lengkap, terpercaya dan aktual. Penasaran dengan IDN App?? Yuk simak ulasan saya sampai habis.. 

Apa Itu IDN App?

IDN App


IDN App adalah media multi-platform online yang diluncurkan pada 18 Juni 2020. Media ini hadir dalam bentuk aplikasi di IOS maupun android dan menyajikan berbagai berita terkini dan terlengkap untuk generesi millenials dan gen Z.  Aplikasi berita terlengkap ini merupakan bagian dari IDN Media yang saat ini telah sukses mengelola 4 media sekaligus, yakni IDN Times, Popbela.com, Popmama.com dan Yummy. 

Meskipun tergolong baru diluncurkan, namun aplikasi ini cukup populer dikalangan masyarakat. Setiap bulannya, IDN App mendapatkan lebih dari 38 juta pembaca. Ini artinya, aplikasi ini memiliki 1,3 juta pembaca setiap harinya. Uwow banget yaa.. ?

Hal ini tentu saja karena didukung dengan kemudahan dalam mengakses internet. Data dari APJII menunjukkan bahwa pada akhir Januari 2020, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta jiwa, dari penduduk Indonesia yang berjumlah 272, 1 juta jiwa. Ini artinya, sekitar 64% penduduk Indonesia telah menggunakan internet. 

Sementara menurut riset dari We Are Social, Jumlah pengguna internet mobile, seperti smartphone atau tablet telah mencapai 338,2 juta pengguna dengan rata-rata kecepatan internet sebesar 13,8 Mbps. Hal ini menandakan bahwa pengguna internet di Indonesia memiliki lebih dari satu perangkat mobile. 

Tak heran, bila aplikasi baca berita IDN App mampu mencuri perhatian masyarakat meskipun aplikasi ini belum lama diluncurkan. Tak hanya itu, IDN App juga memiliki konten yang menarik serta dapat memenuhi kebutuhan generasi millenial dan gen Z. Informasi yang disajikan sangat beragam, mulai dari berita-berita yang sedang viral, tips dan trik hingga gaya hidup untuk para millenials dan gen Z.

Sebagai seorang moms millenial yang tak ingin ketinggalan informasi dan dibilang kudet, tentu aplikasi ini sangat menjawab kebutuhan saya. Bahkan baru dua minggu menggunakan aplikasi ini, saya merasakan banyak sekali keunggulan dari IDN App.

15 Keunggulan IDN App, Aplikasi Baca Berita Terlengkap

Keunggulan IDN App

Sebagai aplikasi berita terkini, IDN App memiliki banyak keunggulan. Berikut 15 keunggulan IDN App yang harus kamu tahu.

#1. Tampilan Sederhana, Ringan dan Mudah diakses

Aplikasi IDN memiliki tampilan yang sederhana dan ringan. Desain interfacenya sangat simpel dengan dominasi warna putih dan merah sehingga enak dipandang mata. Topik artikel yang disajikan juga cukup jelas sehingga sangat memudahkan pembaca dalam mencari topik artikel yang dituju. 

Berkat tampilannya yang ringan membuat aplikasi ini menjadi mudah diakses. Saya hanya butuh waktu 3 detik saja untuk membuka aplikasi ini. Sangat cepat bukan?

#2. Topik Berita dan Artikel Bervariasi

IDN App menyajikan beragam topik berita dan artikel yang dapat memenuhi kebutuhan pembaca. Menariknya, pengguna dapat memilih berbagai topik yang diingankan sesuai dengan minat pengguna sehingga nantinya IDN App secara otomatis akan menampilkan berita yang sesuai dengan topik yang dipilih. 

Terdapat lebih dari 40 topik yang disajikan, diantaranya yaitu News Indonesia, Life Family, Hype Entertainment, Hype Viral, Travel Destination, Health Medical, Gadget dan masih banyak lagi. 

#3. Artikel yang disajikan Ringan dan Bermanfaat

Gaya bahasa yang digunakan dalam artikel sangat ringan dan santai namun penuh manfaat. Dengan demikian, pembaca mudah memahami dan mendapat makna dari artikel yang disampaikan. 

#4. Artikel Singkat, Padat dan Jelas

Sebuah informasi tak melulu harus disampaikan secara panjang lebar, terlebih mengingat bahwa generasi millenial dan gen Z memiliki mobilitas yang tinggi sehingga saat membuka suatu situs, mereka berharap bisa mendapatkan informasi dalam waktu singkat dan tidak berbelit-belit. 

Untuk menjawab hal tersebut, IDN App menyajikan berita secara singkat, padat namun tetap berbobot. Jumlah kata pada artikel yang disajikan tak lebih dari 300 kata sehingga kita lebih cepat dalam menerima pesan pada artikel yang disajikan. 

Hal ini tentu sangat cocok bagi moms millenial dengan segudang aktivitas seperti saya. Pasalnya, dengan artikel yang singkat, padat dan lugas, saya tak perlu membuang waktu terlalu lama untuk membaca. Dengan demikian, saya dapat mengerjakan pekerjaan lainnya namun masih tetap update dan tak ketinggalan berita terkini.

#5. Terdapat Kolom Pencarian Untuk Mencari Artikel Spesifik

Pada halaman beranda terdapat kolom pencarian, sehingga bila kita memiliki topik tertentu yang ingin dicari maka cukup mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian tersebut. Nantinya, artikel yang berhubungan dengan kata kunci akan ditampilkan semua.

#6. Terdapat 7 Pilihan Kategori Artikel Pada Halaman Beranda

Saat membuka aplikasi, kita akan disajikan dengan 7 pilihan section yang memudahkan kita dalam mencari berita pilihan. Adapun 7 pilihan section tersebut adalah :
  • Semua : Menampilkan berita terpopuler yang sedang trending saat ini
  • Rekomendasi : Menampilkan berita pilihan dari tim redaksi IDN
  • Untukmu : Menyajikan berita terbaru dengan topik pilihan favorit pembaca
  • Terbaru : Menyajikan berita terbaru dari semua topik di IDN. Dengan demikian kita tak perlu khawatir ketinggalan berita terupdate.
  • Topik : Memuat berbagai pertanyaan dan opini pembaca
  • Populer : Memuat berita paling trending dari semua topik di IDN
  • Unik : Menyajikan berita pilihan dari meja redaksi yang unik dan menghibur

#7. Memiliki Fitur yang Lengkap

Fitur IDN App

Salah satu keunggulan aplikasi berita hari ini dari IDN App adalah memiliki fitur lengkap dan menarik sehingga dapat memudahkan penggunanya dalam mencari informasi yang diinginkan. Adapun berbagai fitur yang disediakan diantaranya yaitu :
  • Explore 
Fitur ini menyajikan berbagai topik pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan minat pengguna. Dengan demikian, pengguna bisa mendapatkan banyak informasi terkini tentang topik tersebut. Melalui fitur ini, pengguna juga bisa mengganti topik yang telah dipilih sebelumnya.

  • Terdapat Fitur Bookmark dan History
Sebagai seorang ibu, seringkali baru saja ingin rebahan sebentar sembari membuka layar smartphone, namun tiba-tiba anak menangis. Alhasil, saya harus mengurungkan niat untuk membaca informasi tertentu. Beruntungnya, IDN App memiliki fitur bookmark sehingga kita bisa menyimpan artikel untuk dibaca lagi nanti. Tak hanya itu saja, IDN App juga memiliki fitur history yang menampilkan riwayat artikel yang pernah kita baca. 


  • Bisa Follow Penulis Favorit
Keunggulan lainnya adalah adanya fitur follow sehingga kita bisa follow penulis-penulis favorit agar tak ketinggalan berita atau artikel yang baru diterbitkan.

  • Terdapat Fitur Notifikasi
Apabila kita follow penulis-penulis favorit, maka nantinya kita akan mendapatkan notifikasi bila mereka menerbitkan artikel baru. Kita juga akan mendapatkan notifikasi apabila ada yang merespon pertanyaan atau opini kita pada fitur tanya jawab.

  • Terdapat Fitur Tanya Jawab
Fitur ini merupakan salah satu fitur menarik dan cukup diminati oleh pembaca. Hal ini terbukti dari banyaknya jawaban atau pertanyaan dari para pengguna, yaitu mencapai lebih dari 50.000 pertanyaan dan jawaban, padahal fitur ini baru dirilis kurang dari 30 hari.

Dengan adanya fitur tanya jawab maka pembaca dapat menuliskan pertanyaan tertentu mengenai topik yang diminati, pembaca juga dapat menjawab pertanyaan dari pengguna lainnya. 

#8. Bisa Tulis Artikel dan Dapatkan Penghasilan Tambahan

Bagi pengguna yang memiliki hobi menulis, maka bisa menyalurkan hobinya melalui fitur tulis artikel. Nantinya, tulisan yang berhasil dipublish akan mendapatkan sejumlah poin yang dapat ditukarkan dengan uang tunai. Bahkan sudah ada loh yang berhasil mendapatkan penghasilan lebih dari 50 juta dari artikel yang ia buat di IDN App. Menggiurkan banget kan? 

#9. Kemudahan Reedem dan Klaim Poin

Poin yang kamu dapatkan dari hasil menulis, bisa kamu reedem dengan cara yang sangat mudah. Caranya yaitu, masuk ke menu profil, lalu klik tombol reedem. Setelah itu akan diproses oleh admin agar uang segara masuk ke rekening mu.

#10. Membaca Lebih Nyaman dengan Night  Mode

Fitur Night Mode

Untuk menambah kenyamanan pembaca, aplikasi baca berita IDN App juga menyediakan fitur night mode. Jadi, bagi pembaca yang kurang suka dengan tampilan yang terang, bisa menggunakan fitur ini. fitur night mode memiliki tampilan dengan latar gelap/hitam dan tulisan berwarna putih sehingga lebih terasa nyaman saat membaca. 

Untuk mengaktifkan mode malam, caranya klik tombol setting yang berada dipojok kanan atas, lalu pada mode malam ada 3 pilihan, yakni auto, on dan off. Pilih saja “on” jika ingin mengaktifkan mode malam.

#11. Tidak Ada Iklan yang Mengganggu

Seringkali saya membuka sebuah portal berita, namun buru-buru saya tutup kembali karena tampilan iklannya yang super banyak dan membuat loading menjadi berat. Siapa yang gak kesal ya kan, mau baca berita tapi harus close satu per satu iklannya terlebih dahulu. Dari pada keki, lebih baik close tab saja lah, gak jadi baca. 

Beruntungnya hal ini tidak terjadi pada aplikasi IDN. Sebab, saya rasa IDN sangat memperhatikan kenyamanan pembacanya. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya iklan pada aplikasi tersebut sehingga pembaca pun menjadi nyaman dan dapat betah berlama-lama mengeksplor artikel yang tersedia di aplikasi.

#12. Akses Berita Gratis

Kalau dahulu untuk mendapatkan berita harus mengeluarkan uang untuk berlangganan koran atau majalah, sekarang tak perlu lagi. Sebab, bermodalkan smartphone dan kuota untuk mendownload aplikasi IDN, kita sudah bisa mengakses semua topik berita tanpa dikenakan biaya alias gratis. Apalagi kalo kamu download-nya menggunakan WiFi di kantor atau tempat lainnya, bahkan kamu tak perlu mengeluarkan modal kuota untuk mendownload. Hehe.. 

#13. Loading Cepat dan Hemat Kuota

IDN App, Loading Cepat dan Hemat Kuota

Yang paling saya suka dari aplikasi ini adalah memiliki loading yang cepat. Loading yang cepat ini mungkin disebabkan karena tidak adanya iklan pada aplikasi. Kecepatan loading ini tentu saja akan berpengaruh pada pemakaian data. Pemakaian data menjadi lebih hemat, sehingga tak perlu khawatir bila berlama-lama menelusuri artikel demi artikel, karena sangat hemat kuota.

Saya sendiri, saat mengakses aplikasi ini kurang lebih selama satu jam, ternyata kuota yang terpakai hanya 19 Mb saja. Hemat banget.

#14. Banyak Event Seru

Menariknya,  IDN App juga menyediakan informasi seputar event dan promo yang bisa kita akses pada bagian paling atas homepage. Berbagai infomasi event dan promo yang tersedia diantaranya yaitu informasi lomba, quiz, reward penulisan dan lain-lain. Dengan demikian, kita juga bisa mengikuti berbagai event seru yang diadakan oleh IDN. 

#15. Memiliki Rating Tinggi

IDN App memang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan pembaca, khususnnya millenials dan gen Z. Terbukti dari rating yang dihasilkan, meski belum lama diluncurkan, namun IDN App sudah bisa mencuri hati para pembacanya yang dibuktikan dengan rating sebesar 4,7/5 di google play store serta terdapat review positif lebih dari 2000 review. Bahkan dalam waktu singkat, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 ribu pengguna. 

Cara Mudah Menggunakan IDN App

Untuk dapat menikmati berbagai informasi yang tersedia di IDN App, maka kita harus mendownload terlebih dahulu aplikasi tersebut pada Google Play Store Atau Appstore. Berikut langkah mudah untuk dapat menikmati aplikasi IDN App.

Cara Menggunakan IDN App

  • Buka Google Play Store/App Store, Lalu cari IDN App
  • Download Aplikasi IDN App
  • Buka aplikasi, lalu sign in menggunakan email dan nomor telepon
  • Pilih berbagai topik yang diminati
  • Nikmati berbagai fitur yang disediakan

Pengalaman Seru Baca Berita di IDN App


Pengalaman saya selama lebih dari dua minggu menggunakan aplikasi baca berita terlengkap dari IDN App, saya benar-benar merasa terbantu sekali. Berbagai fitur yang disediakan juga sangat membantu saya dalam mendapatkan berita terkini.

Melalui IDN App, berbagai informasi bisa saya temui sehingga saya bisa tahu berita yang sedang ngetrend dan viral. Jadi, meskipun sibuk dengan berbagai urusan, namun saya gak dibilang kudet lagi deh. Selain itu, IDN App juga bisa menjadi sarana hiburan saya dikala penat melanda. Sebab, tak hanya menyajikan berita-berita saja, tapi juga banyak topik hiburan yang bisa saya nikmati

Beruntungnya hidup di era digital, berbagai informasi bisa kita dapatkan dengan mudah hanya dalam genggaman. Tentunya cara ini lebih mudah dan praktis sehingga bisa membantu moms millenial yang super sibuk seperti saya.

Jadi tunggu apalagi, yuk segera unduh IDN App di smartphone mu dan nikmati berbagai informasi terupdate.

Salam,


Sumber referensi :
  • Google  Playstore IDN App
  • https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet
  • kominfo.go.id
  • www.pngtree.com (Sumber gambar ilustrasi)
  • www.freepik.com (Sumber gambar ilustrasi)
  • Infografis : Tia Widiastuti, edit by canva
  • Video : Tia Widiastuti

19 comments

  1. Yang menggiurkan sepertinya bisa menulis artikel di idn apps dan dapat penghasilan tambahan ya. Lumayan tuh buat jajan apalagi sekarang lagi sulit ekonomi nya.

    Wah asyik tuh ngga ada iklan yang menggangu. Tapi kalo tak ada iklan, idn apps dapat duit dari mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, lumayan buat nambah penghasilan.. buat beli susu sama popok. hehe
      ngga ada iklan, mungkin dapet penghasilan dari web nya idn times, kan masih satu naungan. atau dari orang2 yang unduh aplikasi. hehe

      Delete
  2. wah makin banyak aja ya aplikasi bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. iya bang day.. ringan dan mudah dicerna :D

      Delete
  4. Banyaaak skr portal berita yg udh pubya nama tapi aku ga tertarik baca lagi. Krn ya itu, udh mulai ga netral dalam menuliskan berita, isinya kdg hoax dan terlalu banyak iklan.

    Ini menarik sih IDN, kalo sampe ga ada iklan dan lagi featurenya banyaaak. Sampe ada bookmark dan follow penulis yg kita suka :D.baru kali ini aku liat portal berita yg begini.

    Ntr aku pgn download aplikasinya mba. Seneng aja kalo ada portal berita yg bisa netral dan isi beritanya berbobot :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba fan..
      kesel ya kan kalo banyak iklan, terus judul clickbait pas dibuka gak sesuai bgt isinya. sukak kzl aku tuh.. beruntungnya sih sekarang ada idn app ini.. jangan lupa download ya mba.. hehe

      Delete
  5. Sekarang makin banyak ya portal berita yang bikin app biar bisa lebih mudah terkoneksi pada para pembacanya :D

    Menarik sih IDN ini, apalagi ada mode nigthnya yang pastinya bikin mata lebih nyaman dan nggak lelah membaca di gadget.
    Keren juga kalau ada tulisan dari penulis favorit, yang bisa selalu update notifnya dengan follow penulis.
    Btw dirimu nggak nulis di IDN aja? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya ya..
      nanti kalo punya ide mbaa.. kayaknya aku bakal nulis juga di IDN nya.. hehe

      Delete
  6. IDN Times emang aplikasi favorit aku banget, selain lengkap beritanya juga enak banget dibaca.. Aku udah pake IDN Times lamaaaa banget sampai sekarang.. Top markotop deh pokoknya IDN Times

    ReplyDelete
  7. Saya suka baca berita di IDN. Penyajian artikelnya memang menarik dan baru tahu sekarang sudah ada aplikasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga baru tahu kalo IDN Times sudah ada aplikasinya.

      Delete
    2. iya mbaa.. lebih asik lagi baca lewat aplikasi.. hehe

      Delete
  8. Aplikasi yang menarik apalagi ada reward nya, lumayan buat ngumpulin receh, heee.

    ReplyDelete
  9. Poin 11 bener bgt, tanpa iklan yg mengganggu kanan kiri atas bawah ya kak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. iya mas joe.. jadi lebih nyaman ya kan baca nya..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)