Tips Capai Berat Badan Ideal Dengan Diet Keto

Tips Capai Berat Badan Ideal Dengan Diet Keto

Memiliki berat badan ideal adalah dambaan setiap orang, khususnya kaum wanita. Sebab, selain dapat mempercantik penampilan, berat badan yang ideal juga dapat mencegah kita dari berbagai resiko penyakit. Tak heran, banyak orang yang rela melakukan berbagai cara untuk mencapai berat badan ideal.

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mencapai berat badan ideal adalah dengan melakukan diet keto. Diet ini cukup menarik karena kita masih bebas makan asalkan membatasi asupan karbohidrat.

Penasaran bagaimana cara kerja dari diet keto? Yuk simak tulisan saya sampai akhir ya..

Apa Itu Diet Keto?

Diet keto merupakan diet yang dilakukan dengan menerapkan pola makan tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Dengan mengurangi asupan karbohidrat, maka tubuh kita akan mengalami metabolisme alami atau biasa disebut ketosis. Dengan kondisi ini maka tubuh dapat membakar lemak yang kemudian diolah menjadi energi. Dengan demikian, secara perlahan, lemak-lemak yang tersimpan dalam tubuh semakin berkurang.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, dengan mengurangi asupan karbohidrat tentunya kita akan merasa mudah lapar, tak berenergi dan mual. Oleh sebab itu, jika ingin memulai diet keto disarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat secara bertahap setiap harinya, agar tubuh dapat beradaptasi terlebih dahulu.

Adapun proporsi untuk menu makanan yang paling direkomendasikan saat menjalani diet keto adalah 75% lemak, 20% protein dan 5 % karbohidrat.

Tips Capai Berat Badan Ideal dengan Diet Keto

Tips Menjalani Diet Keto

Agar diet keto yang kita jalani tak sia-sia, maka kamu harus memperhatikan beberapa tips berikut ini.

#1. Konsisten

Konsistensi merupakan hal yang paling penting dalam menjalani diet keto. Selama menjalani diet keto, kita harus konsisten dan disiplin untuk mengurangi asupan karbohidrat dan gula. Bila kita tak dapat menahan untuk membatasi asupan tersebut, maka tubuh kita tidak akan mencapai kondisi ketosis. Dengan demikian, lemak dalam tubuh tidak akan dibakar. Alhasil, diet pun gagal deh..

#2. Perbanyak Asupan Mineral dan Cairan Tubuh

Saat menjalani diet keto, tubuh kita akan mengalami kondisi yang disebut dengan ketosis. Pada kondisi ini, ginjal akan mengeluarkan cairan elektrolit yang cukup banyak. Oleh karena itu, agat tubuh tak kekurangan cairan maka disarankan untuk memperbanyak asupan cairan dan mineral.

Baca Juga : Pentingnya Air Mineral Untuk Kesehatan Tubuh

#3. Jangan Khawatir Bila Mengalami Flu Keto

Selama menjalani diet, tubuh akan menyesuaikan diri akibat berkurangnya asupan karbohidrat. Hal ini dapat menyebabkan tubuh terasa lemas, mual, sulit berkonsentrasi, dll. Namun tak perlu khawatir bila hal ini terjadi, sebab dengan seiringnya waktu keluhan ini akan semakin berkurang. Pasalnya kita telah terbiasa dengan pola demikian.

#4. Perhatikan Kondisi Kesehatan

Sebelum menjalani diet keto, ada baiknya perhatikan terlebih dahulu kondisi kesehatan kita. Sebab, diet tinggi lemak ini tidak dapat dilakukan oleh orang-orang yang memiliki penyakit tertentu seperti kolesterol atau tekanan darah tinggi. Oleh karenanya disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

#5. Buat Daftar Menu Harian

Untuk membantu menjalani diet, ada baiknya bila kita membuat daftar menu makanan harian agar mempermudah kita dalam menjalani diet serta dapat mengontrol pola makan harian.

Rekomendasi Asupan Makanan Untuk Diet Keto

Asupan makanan yang baik bagi orang-orang yang sedang menjalani diet keto adalah makanan yang tinggi lemak baik, kaya protein dan nutrisi. Adapaun makanan yang direkomendasikan untuk diet keto adalah sebagai berikut.

  • Telur
  • Daging ayam, daging sapi, kalkun, dll
  • Ikan salmon, tuna, sarden, dll
  • Mentega, krim
  • Buah alpukat
  • Sayur hijau, tomat, dan lain-lain yang rendah karbo
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Yogurt, susu tinggi lemak

Nah, itulah beberapa tips yang harus dilakukan bila kita ingin berhasil dalam melakukan diet keto. Bila kamu masih bingung untuk menjalani diet yang cocok. Lebih baik segera konsultasi seputar diet melalui aplikasi Halodoc.

Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang dapat memberikan solusi kesehatan yang lengkap dan terpercaya. Menariknya, Halodoc memiliki berbagi fitur unggulan yang dapat memudahkan penggunanya untuk mendapat informasi seputar kesehatan. Bahkan saya juga pernah loh cek virus corona dengan metode rapid test melalui aplikasi Halodoc.

Oh ya, salah satu fitur andalan saya di aplikasi Halodoc adalah tanya dokter. Melalui fitur ini, kita bisa konsultasi dengan dokter yang sudah berpengalaman terkait masalah kesehatan kita, termasuk dalam hal diet.

So, bila kalian masih ragu untuk menjalani diet keto, yuk konsul dulu dengan dokter di Halodoc agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Salam, 


41 comments

  1. Yang paling susah diterapkan adalah point 1. KOnsisten. Biasanya cuma jadi wacana saja,

    ReplyDelete
  2. Kalau diriku, selama anak-anak masih kecil, sangat sulit untuk diet segala macampun.
    Soalnya mamak adalah selalu jadi mesin pembersih.
    Kalau anak-anak nggak makan, saya deh yang makan huhuhu.
    Sayang banget tahu kalau liat lauk dibuang itu.
    Lah anak-anak juga gitu, saya masak dikit, mereka nambah banyak, giliran masak banyak, mereka eneg.
    Padahal mamak nih susah di dapur :(

    Sementara saya pakai diet sabar ajah, sama olahraga goyang-goyang hahaha.
    Btw, aplikasi halodoc itu jadi aplikasi yang paling sering saya buka khususnya selama pandemi ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mamak-mamak gak usah diet lah karena ngurus anak sendiri tanpa asisten rumah tangga butuh banyak energi.. haha.. tapi kalo aku udah auto kurus sendiri sih mba ngurus anak 1 doang.. plus olahraganya nyuci, ngepel, dll.. haha

      Delete
  3. Kalo aku malah ngga cocok sama diet keto ini mba, padahal diet nya enak, tapi riwayat tensi tinggi :D jadi skrang lebih ke protein nabati, sayuran Sama buah sih untuk menunjang diet

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, kalo tensi tinggi gak boleh banyak lemak ya mbaa..

      Delete
  4. Kalau aku dari dulu paling gagal diet, karena mudah lapar.
    Soalnya waktu SMA badanku sempet bongsor sampai 80 Kg diusia masih muda.
    Tapi sekarang malah di 45 Kg, kurusan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waw, kok bisa turun drastis gitu mba? ikut program diet apa?

      Delete
  5. Sebenernya denger mengenai diet keto udah lama tapi mau nyoba kok yaaa rasanya masih mikir2 dulu... Hehehe
    Kira-kira kuat gak yaa? Bisa gak yaa.... Tapi banyak sih temen yang berhasil dengan diet keto ini

    ReplyDelete
  6. Penting untuk dipahami lebih lanjut ya sebelum melakukan diet keto, soalnya biar badan nggak kaget karena misalnya biasanya asupan karbo banyak jadi berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa.. harus perlahan-lahan juga kalo mau nyoba biar badan adaptasi dulu..

      Delete
  7. Untuk diet itu godaannya woow banget. Jadi kita perlu support untuk menjalankannya, supaya hasil yang didapat bisa sesuai harapan.

    ReplyDelete
  8. Diet memang butuh konsistensi sih utamanya, hihi disitu yang kadang aku suka miss tergoda makanan enak kalo lagi jalan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang konsisten itu berat ya mbaa.. hehe..

      Delete
  9. saya pernah diet mirip diet keto ini
    makan nasi cuma seujung sendok nasi itu lho
    ya segenggam gitu lah
    berat saya mmg turun 5 kg..lumayan
    sekarang naik lagi krn suka ngemil
    sepertinya harus mulai kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. hebat udah pernah berhasil yaa..
      pola makan memang harus dijaga ya biar gak naik lagi..

      Delete
  10. Ini bs menjadi pilihan untuk mengurangi berat badan ya, namun lebih baiknya ada pendamping atau trainer yg ahli gizi jg agar badan tetap sehat dan pas asupannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, lebih enak lagi tuh kalo ada trainer nya.. jadi kepantau terus yaa..

      Delete
  11. Sudah pernah nyoba diet keto dan emang sempet turun kak. Tapi diriku sungguh tak kuat untuk melanjutkannya hehehe. Akhirnya naek lagi deh berat badannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. harus coba metode lain berarti ya kak..

      Delete
  12. Diet Keto...Menarik juga ulasannya nih mbak Thya.😊😊

    Meski menjalani 5 Tips diatas tidak mudah yaa..Tetapi intinya juga memang harus diniatkan jika ingin berat badan kita ideal..😊

    Beratku juga nggak ideal nih mbak Thya. Mungkin penjelasan diatas bisa juga nih saya coba biar punya berat badan ideal.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuss mas satria diikutin tips-tipsnya biar makin tamvan dg bb ideal.. haha

      Delete
  13. Wah, menarik sekali ya, diet ini. Saya baru tahu ada flu keto juga.

    Kayaknya saya tertarik nih.

    ReplyDelete
  14. Lha ini.. Susahnya untuk konsisten. Padahal badan ini udah makin melar sejak melahirkan yg terakir.
    Di halodoc ternyata ada juga ya pembahasan tentang seperti ini.
    Saya kira cuma tentang penyakit pentakit saja

    ReplyDelete
  15. eh aku pernah mba ikutan diet keto, tapi cuma bertahan 2 mminggu hihihihi.

    cuma waktu itu krn aku ga bisa nyusun menunya juga, jd aku pake bantuan catering yang memang menyediakan menu keto :D.. rada mahal siiiih, seporsinya aja bisa 50-60 rb, kaliin 3x makan hahahahaha. enaak sih sebenernya, tapi karenaaaa, budget travelingku sempet terkuras gara2 nih menu, aku menyerah hahahaha.

    yo wis balik lagi ke menu normal :D.

    sepupuku tuh masih konsisten diet ini. salut siih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa menu diet harganya lebih mahal ya? padahal sepertinya menunya lebih sederhana dan gak banyak bumbu.. hihi..

      mba fan mending coba metode lain.. eh, tapi menurutku badannyaa udah bagus sih.. udahlah gak usah diet.. hehehe

      Delete
  16. Berarti kalo diet keto itu mengurangi makan nasi tapi diganti lauk pauk seperti ikan sarden, buah alpukat, sayur hijua, yogurt ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal kalau orang Indonesia itu, nggak makan nasi, belom makan namanya hahahaha

      Delete
    2. iya mas agus..

      nah itu dia mbaa rey.. aku banget itu belom makan nasi = belom makan.. haha

      Delete
  17. saya juga dalama proses diet sekarang ini...

    saya cuba guna defisit kalori...

    supaya BMI saya sentiasa ideal

    ReplyDelete
  18. Aku pernah diwt ini,tapu kayanya gak cocok kak,karena ada ruam merah di swkujur kakiku dan jadi susah sholat,asam uratku jadi tinggi. Tapi balik lagi ke kecocokan masing2 ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh.. harus coba metode lain berarti yaa..

      Delete
  19. Cowok juga diet lhoooo

    Nih aku, diet karbo udah beberapa minggu XD

    Makan nasi cuma sekali-dua kali sehari
    Sisanya selain nasi wkwkwkw

    baru tau nih soal diet keto
    Hmmmmm, coba nggak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 'sisanya selain nasi'
      sama aja dong mas aul.. wekekek..

      Delete
  20. Pernah nyobain diet keto dan berakhir dengan badan lemas sambil ngerasa gak cocok dengan model diet kek ginian wkwkwkwk. Tapi sekarang lagi mencoba untuk lebih mengkonsumsi buah dan sayuran yang berserat serta masih makan nasi tapi masih dalam hitungan sedikit.

    ReplyDelete
  21. In the event that you don't have a clue about the response to those inquiriesbestwaystoloseweight

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)