Manakah yang Lebih Efektif Hempaskan Virus Corona, Sabun Cuci Tangan atau Hand Sanitizer?

Sabun Cuci Tangan Efektif Bunuh Virus

Sudah hampir satu tahun kita hidup berdampingan dengan virus corona, namun kasus positif masih saja terus bertambah. Bahkan sekarang orang-orang terdekat pun makin banyak yang dinyatakan positif, contohnya saja di lingkungan kantor saya. Dalam satu bulan ini, sudah ada lebih dari 5 orang karyawan yang dinyatakan positif. Jadilah, setiap berangkat ngantor penuh dengan rasa was-was. Saya pun jadi lebih rajin menggunakan sabun cuci tangan maupun hand sanitizer sebagai upaya pencegahan. Namun sebenarnya mana sih yang lebih efektif dalam mencegah virus corona, sabun cuci tangan atau hand sanitizer ya? Simak penjelasannya sampai habis yuk.. 

Sabun Cuci Tangan Vs Hand Sanitizer

Bagi kebanyakan orang, saat ini hand sanitizer menjadi barang wajib yang harus dimiliki dan dibawa ditengah pandemi Covid-19. Ya, demi mencegah penularan virus corona, kita disarankan untuk menggunakan hand sanitizer. Sampai-sampai produk hand sanitizer habis dipasaran saat awal pandemi.

Pun demikian dengan teman-teman dan keluarga saya. Sejak virus corona merebak, mereka menjadi rajin membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Padahal di area sekitar masih terdapat fasilitas untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun. 

Memang sih, penggunaan hand sanitizer dapat membunuh kuman dan virus. Sebab, hand sanitizer mengandung 60-70 persen alkohol, yang mana alkohol merupakan salah satu senyawa yang dapat membunuh bakteri dan virus. 

Namun, bukan berarti setiap saat kita harus menggunakan hand sanitizer. Hand sanitizer lebih baik digunakan hanya ketika tidak tersedia fasilitas untuk mencuci tangan di area sekitar kita. Misalnya saja, saat sedang bepergian.

Bila sedang berada di rumah, di kantor atau ditempat lain yang mana tersedia fasilitas untuk mencuci tangan ada baiknya untuk menggunakan sabun cuci tangan saja. Sebab, sabun cuci tangan lebih efektif untuk membunuh bakteri dan virus.

Mengapa Sabun Cuci Tangan Lebih Efektif dibanding hand Sanitizer?

Sabun cuci tangan terbukti lebih efektif dalam membunuh virus corona dan kuman lainnya dibanding hand sanitizer. Berikut alasannya.. 

#1. Dapat Membunuh Lebih Banyak Kuman dan Kotoran Lainnya

Sabun cuci tangan mengandung surfaktan dan juga zat anti bakteri seperti Triclosan sehingga selain dapat membunuh bakteri dan virus, juga dapat mengangkat partikel lain seperti minyak dan kotoran. Sementara hand sanitizer tidak efektif membunuh kuman saat kondisi tangan kita sangat kotor atau berminyak. 

#2. Tidak Menyebabkan Iritasi

Penggunaan sabun cuci tangan tidak menyebabkan kulit menjadi iritasi. Berbeda dengan hand sanitizer, penggunaan hand sanitizer yang terlalu banyak dapat menyebabkan kulit iritasi, terlebih bila memiliki kulit sensitif. Hal ini dikarenakan adanya kandungan alkohol yang dapat menghilangkan kandungan minyak alami pada kulit. Selain itu, kandungan asam dari hand sanitizer juga dapat membuat kulit menjadi kering akibat dehidrasi. 

#3. Tidak Menyebabkan Resistensi

Sabun cuci tangan hanya menghilangkan bakteri jahat dan juga kotoran-kotoran lainnya yang terdapat di tangan. Sementara, penggunaan hand sanitizer berlebih justru dapat membuat bakteri menjadi resisten atau kebal. Hal ini menyebabkan hand sanitizer tidak bisa lagi berfungsi baik dalam membunuh bakteri dan virus. 

Bahkan lebih parahnya lagi, penggunaan hand sanitizer berlebih juga dapat membunuh bakteri baik dalam tubuh. Bila hal ini terjadi, maka akan menimbulkan berbagai penyakit seperti diare. 

Nah, itulah alasan mengapa sabun cuci tangan jauh lebih efektif dalam membunuh kuman dan virus ketimbang hand sanitizer. So, mulai sekarang yuk biasakan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun bila disekitar kita masih ada fasilitas untuk mencuci tangan. Dan jangan lupa pula untuk tetap jaga jarak dan menggunakan masker. Semoga kita semua selalu dilindungi dan terhindar dari virus corona dan virus penyebab penyakit lainnya. Amiiinnn~

Btw, kalau kalian lebih suka mana, menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun? Share yuk di kolom komentar.

Salam,




32 comments

  1. Selama ini saya kebalik ternyata. Kirain hand sanitizer lebih efektif. Trims ulasannya mba

    ReplyDelete
  2. setuju bu, penggunaan hand sanitizer kalo memang sudah ga ada buat cuci tangan. ditambah hand sanitizer harganya lebih mahal, dan menghemat hehe

    ReplyDelete
  3. Selama ada fasilitas untuk cuci tangan pakai sabun, aku lebih memilih cuci tangan pakai sabun, Mbak Thya. Jujur, aku kurang suka hand sanitizer sebenarnya. Kulit tanganku jadi kering kalau pakai hand sanitizer soalnya. Pernah sampai perih juga bahkan 😭.

    Walaupun begitu, aku tetap sedia hand sanitizer di tas sih, Mbak. Jaga-jaga kalau gak ada fasilitas cuci tangan di tempat yang aku tuju.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbaa.. aku malah kadang ngerasa jadi lengket2 gitu tangannya kalo pake HS.. beda sama cuci tangan yang auto terasa seger bersih ya mbaa

      Delete
  4. Bener banget mbak, menurut aku juga jauh lebih efektif cuci tangan kok, lebih bersih dan minim efek samping, soalnya pakai hand sanitizer tangan cpt kering/keriput karna efek alkohol, kadang lengket dan aromanya juga byk yg mengganggu.

    Jauh dari sebelum pandemi aku emang sllu bawa hand sanitizer di tas, tp aku pakenya bnr2 kalau g ada air doang, misal abis transaksi di kasir atau ditempat yg g ada air. kalau ada air mah aku selalu pilih buat cuci tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.. bahkan sekaran di kereta, aku lebih suka cuci tangan aja.. karena sudah ada fasilitas cuci tangannya

      Delete
  5. Saya lebih sering cuci tangan pakai sabun cair mbak, yang banyak busanya, hehe..
    Pake sanitizer sesekali aja kalo pas habis mengerjakan sesuatu yang sekiranya membutuhkan pembersih bakteri, misalnya habis membuang sampah, dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bagus mas..
      tapi kalo abis buang sampah kayaknya lebih baik pakai sabun lagi.. biar makin mati bakterinya.. hehe

      Delete
  6. Kalau saya keduanya mbak Thia baik hand sanitizer atau sabun cuci tangan...Karena kalau diluar rumah terkadang saya suka lupa hand sanitizer. Jadinya selalu cari tempat cuci tangan yang lebih dominan dengan sabun.😊😊

    Ternyata mencuci tangan dengan sabun lebih efektif yaa ternyata.😊 Meski keduanya bagi saya sangat diperlukan atau wajib ada.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu bagus mas..
      HS juga perlu buat jaga-jaga..

      Delete
  7. Oh berarti lebih bagus sabun cuci tangan ya mbak dari pada hand sanitizer. Memang aku juga lebih suka cuci tangan pakai sabun dari pada hand sanitizer itu soalnya harganya lebih murah dan terjangkau.

    Cuma kalo hand sanitizer tidak perlu pakai air ya buat mencucinya, beda dengan sabun, mana lebih wangi hand sanitizer lagi.

    Beruntung hand sanitizer harganya sekarang lebih terjangkau, cuma 8000 yang botol kecil, dulu sampai 12 ribu, tapi tetap lebih murah sabun cuma 3000.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. tergantung merk juga sih mas..
      betul mas, sabun lebih efektif. dan juga kalo pakai HS keseringan malah ga efektif bunuh bakteri. ibaratnya mah, jadi kebal gitu bakterinya..

      Delete
  8. aku lebih sering cuci tangan dengan sabun sayy..soalnya jarang keluar keluar jadi otomatis adanya sabun

    kalau pergi baru deh sangu hand sanitizer sakbotol gede..tapi ya itu pancen kalau belum nyentuh air rasaku kurang maksimal...lebih enakeun basuh pake sabun n air mengalur klo pake hand sanitizer tok ku masih merasa tangan ada yang kurang atau lengket doang hihi

    semoga kita semua selalu sehat sehat trus ya saay biar kata pandemi makin merajalela huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa.. pake handsanitizer kurang nendang ya mak..

      Delete
  9. Aku juga seringnya pakai sabun buat cuci tangan.
    Kalau hand sanitizer buat opsi kedua, kalau di suatu lokasi ngga disediakan sarana cuci tangan.

    Tapi kalau di siatu lokasi, disediakan sabun cuci tangan dan hand sanitizer juga.
    Kupakainya hand sanitizer yang disediakan pengelola, ngga hand sanitizer milik pribadi ...., buat ngirit, hahahaha.
    Mahal sih soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. ide bagus tuh mas hima, jadi gak cepet abis ya yang punya sendiri

      Delete
  10. Sepertinya akupun sama bund hehe

    ReplyDelete
  11. Kalau saya suka cuci tangan dong, hand sanitizer cuman saat keluar aja, atau pas duduk nulis di meja, terus anak minta bukain jajan atau apa, dan saya mager buat cuci tangan, terpaksa pake hand sanitizer, jadi ada hand sanitizer di meja :D

    Karena saya di rumah mulu, jadinya nggak kerasa efek pake hand sanitizer sih, cuman kalau sering cuci tangan tanpa dilembutin lagi tangannya, bisa kasar dan pecah-pecah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan, lebih ngerasa bersih juga kalau pakai sabun ya mbak..

      Delete
  12. Sebisa mungkin aku pake sabun dan air mba. HS itu kalo benr2 kepepet ga ada air dan sabun. Krn jujur aja ga terlalu suka pake itu, bikin kulit kering.

    Dulu pas msh di bank kerja, aku bisa dibilang pegang uang trus2an. Tetep loh aku bela2 in ke toilet di lantai atas drpd pake HS :D. Ngerasa makin kotor malah kalo pake HS .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama banget mba.. malah merasa lengket dan makin kotor yaa..
      emang paling enak cuci tangan sih, lebih bersih dan seger.

      Delete
  13. dari dulu sebelum adanya covid aku selalu bawa spray hand sanitizer, awalnya karena buat jaga-jaga kalau butuh pas mau makan dan nggak nemu air buat cuci tangan.
    sejak covid ini muncul, intensitas penggunaan sanitizer lebih banyak, dikit dikit semprot tangan. plus dibarengi juga dengan cuci tangan pakai air

    ReplyDelete
    Replies
    1. good mbaa.. tapi kalo bisa, pake HS jangan lebih dari 5x sehari. karena nanti bakterinya jadi kebal dan malah gak bisa mati kalau terlalu sering pakai HS :)

      Delete
  14. wah salah ternyata selama ini aku akan sedia lebih banyak sabun di rumah

    ReplyDelete
  15. Iya rasanya juga lebih puas kalau cuci tangan pakai sabun ya mbak. Tapi HS juga membantu saat kita di luar rumah dan nggak ada wastafel dan sabun terdekat. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya betul mba, tetep wajib bawa HS kemana2 buat jaga2 ya mbaa..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)