Thursday, March 21, 2019

5 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Agar Tetap Eksis di Era Revolusi Industri 4.0


Revolusi industri 4.0, kata ini tentu sudah tak asing lagi terdengar ditelinga kita. Ya, revolusi industri 4.0 belakangan ini marak sekali diperbincangkan. Baik itu dikalangan pelajar, mahasiswa, tokoh nasional, hingga tokoh internasional. Mengapa demikian? Sebab revolusi industri 4.0 dapat membawa perubahan besar-besaran dibidang industri yang berdampak luas pada kondisi sosial, budaya dan ekonomi. Pada era ini, perkembangan internet begitu cepat serta diikuti dengan teknologi baru dalam data sains, artificial intelligent atau kecerdasan buatan, robotik, cloud, cetak tiga dimensi, dan teknologi nano.

Kita sebagai generasi milenial tentu harus siap menghadapi perubahan ini. 

Indonesia sendiri, kini telah menapaki revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan bermunculan teknologi yang serba digitalisasi dan otomasi. Contohnya saja, sekarang ini marak sekali bermunculan aplikasi berbasis online yang sangat memudahkan para penggunanya. 

Untuk berbelanja misalnya, kini kita tak perlu repot mendatangi toko-toko konvensional. Kita hanya perlu tersambung ke internet, lalu melakukan belanja online. Hanya dengan sekali klik maka barang yang diinginkan bisa diantar ke rumah kita. Pun begitu dengan transportasi, kini marak sekali transportasi online, sebut saja go-jek atau grab. Bahkan dalam melakukan pembayaran tol pun kini dipermudah dengan adanya sistem e-money.



Layaknya koin yang memiliki dua sisi yang berbeda, revolusi industri 4.0 tidak hanya membawa keuntungan bagi sektor industri, tetapi juga menjadi tantangan bagi para tenaga kerja. 

Betapa tidak, berkembangnya sistem digitalisasi dan otomasi tentunya akan berdampak pada pengurangan tenaga kerja. Tenaga kerja manusia kini dapat digantikan dengan sistem atau robot. 

Contohnya saja pada sebuah hotel di Korea, kini telah diciptakan hotel dengan teknologi Artificial Intellegence (teknologi buatan) yakni dengan memasang speaker pintar di hotel tersebut. Dengan perangkat tersebut maka pengunjung hotel dapat menggunakan speaker untuk menyalakan lampu, mengubah saluran televisi bahkan untuk memesan handuk dilayanan kamar. Canggih bukan? 

Tidak hanya itu, bahkan di China, restoran-restoran sudah menggunakan robot untuk melayani pelanggannya. Ya, tenaga manusia benar-benar sudah tergantikan. 

Sumber gambar dari sini
Beberapa ilustrasi tersebut menggambarkan perubahan-perubahan yang terjadi akibat dari revolusi industri 4.0.

Revolusi Industri 

Revolusi industri 4.0 tidak sekonyong-konyong hadir begitu saja. Tentunya sebelum memasuki era ini, dunia sudah dihadapi dengan tiga kali revolusi industri. Revolusi industri 1.0 terjadi ketika ditemukannya mesin uap oleh james watt pada tahun 1766. Penemuan ini amat penting karena sebelum ada mesin uap kita hanya bisa mengandalkan tenaga otot, tenaga air dan tenaga angin, dimana tenaga tersebut memiliki keterbatasan. 


Sementara itu, revolusi industri 2.0 ditandai dengan ditemukannya tenaga listrik. Pada masa ini, listrik mulai dapat menggantikan tenaga uap sebagai sumber daya utama. Dengan ditemukannya tenaga listrik, muncul berbagai penemuan baru seperti pesawat telepon, mobil dan pesawat terbang. Lalu, revolusi industri 3 ditandai dengan kemunculan teknologi digital dan internet. 

Revolusi ini mengubah masyarakat menjadi lebih maju. Pelaku bisnis pun berubah mengikuti revolusi ini. Hal ini mengakibatkan produsen lebih memilih menggunakan tenaga mesin ketimbang manusia. Tujuannya tentu saja agar dapat menekan biaya produksi. 

Lalu bagaimana menghadapi revolusi industri 4.0? 
Dalam menghadapi era ini, tentunya kita harus memiliki kemampuan belajar yang tinggi agar dapat mengikuti perubahan yang berlangsung amat cepat. Sebab, di era ini, industri akan memasuki dunia virtual dan dengan penggunaan mesin-mesin otomasi yang terintegrasi dengan jaringan internet. 

Hal ini menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis. Bisa kita lihat, kini banyak toko konvensional yang mengalami persoalan cukup serius, yakni minimya pengunjung yang datang. Hal ini dikarenakan sebagian masyarakat lebih memilih berbelanja dengan menggunakan sistem online. Dari mulai membeli baju, sepatu, buku hingga makanan, semuanya memanfaatkan sistem belanja online. 

Jika tidak ingin tergerus oleh zaman, maka para pelaku bisnis ini juga harus melebarkan sayapnya dengan membuka bisnis online. Namun, membuka bisnis online pun tak semudah membalikkan telapak tangan. Diperlukan strategi khusus agar dapat meningkatkan penjualan. 

Bagaimana strategi yang dapat dilakukan? Yuk simak, 5 strategi yang dapat dilakukan dalam meningkatkan penjualan bisnis agar tetap eksis di era revolusi industri 4.0. 


Konsumen kini menuntut adanya produk yang memiliki inovasi baru dan berbeda dari produk-produk pada umumnya. Untuk itu sebagai pelaku bisnis, kita perlu memperbaharui ide-ide pada produk yang ditawarkan agar konsumen tertarik untuk menjajal produk yang kita tawarkan. 

Contohnya pada pelaku bisnis kuliner. Semisal dahulu menawarkan makanan berupa pisang bakar atau pisang goreng, kini pisang dapat disulap menjadi makanan olahan lain, nugget pisang misalnya. Nugget yang mulanya berbahan dasar ayam, kini dapat diolah dengan menggunakan pisang sebagai bahan utama. Ini merupakan terobosan baru yang tentunya dapat mengundang konsumen untuk menjajal produk tersebut.  



Persaingan dalam bisnis yang kian pesat membuat para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk menumpahkan segala ide kreatifnya. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan menyediakan produk yang sedang diminati oleh masyarakat. 

Contohnya saja pelaku bisnis dibidang teknologi, kini sedang marak inovasi terbaru dari sebuah smartphone, yaitu dengan menciptakan smartphone yang memiliki performa tinggi dan mumpuni untuk bermain game serta dijual dengan harga yang murah. Para pelaku bisnis ini tentunya harus mengikuti trend tersebut. Kegagalan dalam mengikuti trend dapat membuat para pelaku bisnis akan kehilangan pasar. Oleh karenanya, mengikuti perkembangan yang sesuai dengan trend saat ini perlu dilakukan agar bisnis yang berjalan bisa tetap eksis.


Tak bisa dipungkiri, adanya internet mengubah cara hidup sebagian besar masyarakat. Jika biasanya orang berbelanja dengan mendatangi toko konvesional, kini sudah ada online shop yang siap sedia setiap saat melayani para pembeli. Ya, kini hampir semua orang menggunakan internet. 

Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia sepanjang tahun 2017 meningkat menjadi 143,26 jiwa atau setara 54,7% dari jumlah penduduk. Mayoritas pengguna internet berasal dari kalangan masyarakat urban. Mereka sehari-hari menggunakan internet untuk berkomunikasi, membeli barang, memesan transportasi hingga berbisnis. 

Oleh karenanya membangun sebuah website pribadi amat penting dilakukan oleh para pelaku bisnis agar dapat membangun kepercayaan konsumen. Manfaat lain yang dapat dirasakan jika memiliki website pribadi adalah dapat menjangkau target pasar yang lebih luas. Selain itu, modal yang dikeluarkan pun lebih kecil karena tidak perlu menyewa toko atau ruko. Namun, membuat website juga diperlukan strategi agar dapat meyakinkan konsumen. 

“Lantas, bagaimana agar dapat membuat website yang profesional? Saya masih awam dalam pembuatan website” 

Tenang saja, kini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa dalam membuat website, niagahoster contohnya. 

Niagahoster adalah perusahaan yang menyediakan layanan hosting terbaik dan domain termurah dengan kualitas uptime dan akses website yang cepat. Saya pun sudah hampir 2 tahun menggunakan layanan dari niagahoster. Domain yang saya miliki ini, saya beli dari niagahoster. 


Yang saya suka dari niagahoster adalah harganya terjangkau dan pelayanannya yang maksimal, sangat fast respon dalam melayani pelanggan. Jika kita kurang paham dalam memasang domain atau hosting, niagahoster siap memberikan bantuan dan tutorialnya. 

Jadi, gak ada alasan lagi untuk tidak membangun sebuah website pribadi. Sebab, memiliki website merupakan salah satu kunci kesuksesan para pelaku bisnis 



Memiliki jaringan yang luas sangat penting bagi para pelaku bisnis. Dengan memiliki jaringan yang luas maka jangkauan pasar pun menjadi lebih luas. Hal ini membuat para pelaku bisnis akan mendapatkan konsumen yang lebih banyak. 

Untuk memperluas jaringan bisnis dapat dilakukan dengan menggunakan teknik promosi agar dapat menarik hati konsumen. Salah satu teknik promosi yang cukup ampuh dalam menggaet hati konsumen adalah dengan melakukan endorse produk kepada tokoh publik seperti selebgram atau blogger. Hal ini sangat ampuh dalam mengenalkan produk yang dijual kepada masyarakat luas. 



Bisnis online sudah semakin menjamur, terlebih di era digital ini sudah banyak marketplace atau e-commerce yang memfasilitasi jual beli dari berbagai toko. Oleh karena itu, hendaknya para pelaku bisnis begabung dengan marketplace atau e-commerce agar semakin banyak mendapatkan pelanggan. 

Selain itu, bergabung dengan e-commerce juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Sebab, proses pembayaran menjadi lebih aman karena ada pihak ketiga yang bertanggung jawab. 

KESIMPULAN 

Revolusi industri 4.0 membawa perubahan besar-besaran dalam berbagai aspek, tak terkecuali di bidang bisnis. Di era ini, iklim bisnis telah berubah, besarnya sebuah perusahaan tidak lagi menjadi jaminan. Bisnis konvensional berubah menjadi berbagai macam bisnis baru. Untuk itu para pelaku bisnis dituntut untuk memiliki daya inovasi dan kreatifitas yang tinggi serta dapat mengikuti trend yang sedang berjalan agar bisnis yang dimiliki bisa tetap bertahan dan tetap eksis. 




Salam,


Sumber :
-https://www.dkampus.com/2018/11/revolusi-industri-4-0-dan-generasi-milenial/ 
-http://travel.tribunnews.com/2018/08/06/gantikan-manusia-restoran-di-china-ini-gunakan-robot-canggih-tuk-layani-pelanggan
-https://properti.kompas.com/read/2018/09/29/130000621/korea-dan-vietnam-garap-hotel-artificial-intelligence-

28 comments :

  1. Mantap emang daridulu niagahoster tu hosting terbaik yang saya tau.. jarang ngehang alias ngelag.. pokonya bagus buat kinerja website... saya aja jadi pengen pindah hostingan nih kak tya ke niagahoster

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantep mba, murce pula dan banyak promo..
      aku juga baru 2 tahun ini pake niagahoster

      Delete
    2. pantesan jarang loading blognya kak..

      Mantul pokonya alias mantap betul heeee

      Delete
    3. iya kak jadi ringan ya web nya..

      Delete
  2. Wah saya dulu kerja di salah satu hosting, tapi emang sih yang menurut saya nyaman itu niagahoster sama domainesia *karyawan berkhianat wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh.. parah nii masalien berhkhianat.. haha..
      tapi emang yaa, hati gakbbs diboongin.. #apasih haha

      Delete
  3. wah mantap nich tips nya, bisa dicoba untuk bisnis online

    ReplyDelete
  4. Memang era sekarang apapun jenis bisnisnya akan lebih baik ada Online ada juga Ofline..Dan tentunya juga punya Custamer Service memadai..

    Jadi apapun itu siap selalu menghadapi tantangan zaman..😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, betul itu mas..
      jaman skrg kalo gak ngikutin online bisa2 gulung tikar ya..

      Delete
  5. Di revolusi industri 4.0 semua serba digital ya mbak, yg nggak mengikuti akan tergilas dan pada akhirnya bisa tumbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul betul..
      kita harus siap banget tuk hadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 ini

      Delete
  6. Baru ngerti banget soal revolusi 4.0 dari artikel mba Thya nih, memang skr semakin menuntut kita untuk cepat bergerak ya mba kl ga mau ketinggalan, aku pun jg punya usaha kuliner online sampe bingung buat ngikutin perkembangan industri *ngelap keringat, btw terimakasih infonya mba bermanfaat sekali buatku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih, manteb..
      semoga sukses usaha kuliner nya mbaa. jgn lupa untuk terus berinovasi..

      Delete
  7. Upaya untuk memperluas jaringan bisnis dan memperluas marketplace barangkali bsa dilakukan melalui meng-create website sendiri, yang juga merupakan bagian strategi dalam mengantipasi Industrial Revolution 04 ini....so kita dapat mengandalkan niagahoster untuk masalah ini kan mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba lantana, salah satu nya kita musti punya website sendiri biar terlihat lebih profesional. nah, utk beli domain/hosting yang murmer itu enaknya di niagahoster kalo aku sih

      Delete
  8. lima point itu sangat penting sekali, harus diikuti. Mau tidak mau ya harus menyesuaikan jamannya. Kadang perlu diakui juga, kemampuan isi kepala tidak mau diajak kerjasama, alias lelet mengikuti perkembangan teknologi yang begitu cepatnya.
    Terus terang, saya saja yang terbiasa dengan komputer dan internet, kadang masih gagap jika ada hal baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang otak butuh berpikir lama dulu ya untuk beradaptasi. hehe.. iya mas, kalo tidakengikiti zamannya kita bisa tertinggal jauh dari orang2.

      Delete
  9. dan apakah kita bisa menghadapi 4.0 ini
    dan mau gak mau kudu bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus bisa mas.. biar gak tertinggal dgn yg lainnya :)

      Delete
  10. sejalan memang dengan permintaan pasar yang menuntu kepraktisan dan cepat, maka industri pun turut berubah untuk memenuhi permintaan pasar... dengan industri 4.0 semua serba cepat dengan teknologi pengoprasian yg terhubung dengan internet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, jaman sudah semakin canggih dan serba praktis. segalanya jd lebih mudah..

      Delete
  11. Hai kak, perkembangan revolusi industri 4.0 memang sangat cepat sekali.
    Saya termasuk yang kerja di bidang yang harus mengikuti segala perkembangan, termasuk revolusi industri 4.0

    Tips-tips di atas cocok sekali untuk mereka yang tidak mau ketinggalan zaman dan khususnya mereka yang ingin merambah ke dunia bisnis, bisnis apa saja.

    Generasi milenial juga boleh banget mensosialisasikan generasi lama agar, generasi sebelum generasi milenial juga tidak tertinggal.

    Salam kenal Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget kak..
      kita memang harus bisa adaptasi dengan era revolusi industri 4.0, kalo ngga, bisa-bisa tergerus zaman..

      salam kenal juga kak..

      Delete
  12. peran milenial dalam penjualan era ids.4.0 juga maknyuss

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhuu.. sebagai generasi millenial kita kudu kreatif biar bisa ikuti perkembangan zaman.

      Delete
  13. Aku juga lebih trust klo seller atau pemilik industri tu punya website official resmi juga ti, jadinya kan kita ngeh ya prodak2 dia apaan. Sekali lg branding itu venting ye kannn

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betu syekali mak, branding memang syangat penting.
      dan yg penting kalo punya website yang mobile friendly, jd kita mudah akses dr smartphone.
      banyak toko2 online yg website nya berat bgt dibuka di henpon. lalu, ku jadi malas belanjanya. hihi..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...