Thursday, March 14, 2019

Review Diapers Atau Popok Sekali Pakai (Pospak) Yang Pernah Dipakai Arfan


Ngomong-ngomong soal diapers, Arfan sudah saya pakaikan diapers sejak lahir. Ya, banyak yang bilang saya emak-emak yang males karena gak memakaikan popok kain untuk anak saya. Emang bener saya males nyuciin popok kain secara kan anak bayi baru lahir itu aktivitasnya cuma nyusu, pee dan poop, gitu terus setiap hari. Gak kebayang kan harus nyuciin popok seberapa banyak setiap harinya. Belum lagi kalau malem hari, udah aja dong saya gak bisa tidur mana luka jaitan pasca caesar juga belum kering. 

Wes lah, akhirnya saya mantap untuk pakaikan diapers aja. Toh kan diapers diciptakan untuk meringkankan dan memudahkan pekerjaan ibuk-ibuk. Ya ngga sih? Wehehehe.. 

Nah, meskipun Arfan ini termasuk anak yang kulit pantatnya kebal alias gak ada ruam dengan berbagai jenis diapers, tapi saya mencoba untuk bereksperimen dengan mencoba-coba berbagai merk diapers. Tujuannya apa? Tentu cari yang murah, selain itu juga supaya tau jenis diapers apa aja nih yang cocok sama arfan, yang kuat menampung pee dan poop nya arfan. Hihi..



Yaudah, daripada panjang lebar, yuk ah langsung aja simak review diapers yang pernah dipakai Arfan. 

1. Nipea Genki 


Nipea Genki ini saya beli di toko perlengkapan bayi saat saya lagi hamil 8 bulanan kalo gak salah. Berhubung saya gak ngerti tentang per-popok-an dan gak tau juga kalo ternyata jenis popok itu banyak dan juga cocok-cocokkan, maka saya nurut aja pas mba-mba nya bilang nipea genki ini bagus. Kebetulan di toko bayi tersebut memang hanya menjual popok nipea genki. Yaudahlah saya nyoba untuk beli 1 yang tipe tape Size NB 44. Harganya Rp 99.500/pack. 


Setelah dipakai, Alhamdulillah cucok, bahannya tipis dan lembut, jadi gak bulky dan gak bikin kulit ruam. Tetapi kekurangannya kalau lagi poop agak tembus gitu bau nya, kurang syedaapp. (yaa mana ada bau eek yang syedap yaa.. hihihi) 

Saya pakai Nipea Genki ini gak sampai 1 bulan karena jarang yang jual, jadi kalau beli mesti ke toko perlengkapan bayi. Yaudah deh, saya akhirnya memutuskan untuk berpisah mencoba merk yang lain aja. 


2. Pampers Premium Care 


Setelah berpisah dengan Nipea Genki, saya mencoba Pampers Premium Care yang mana banyak orang bilang bagus. Saya beli tipe tape size NB 28 harganya Rp 68.000. Kalau dihitung satuan sih jatuh nya lebih mahal dibanding Nipea. 

Pampers Premium care ini memang kualitasnya benar bagus kalau menurut saya. Bahannya lembut dan tipis, daya serapnya juga bagus. Ditambah lagi ada indikator pee. Jadi memudahkan saya sebagai mamak-mamak baru untuk tau apakah popoknya udah penuh atau belum. 

Meskipun bagus, tetapi hanya beberapa kali aja saya pakaikan pampers ini ke Arfan. Soalnya kalau terus menerus pakai ini, kayaknya bisa jebol kantong mamak. Hehehe.. 


3. Mamypoko Standar 

Waktu itu kebetulan banget popok lagi habis, jadilah minta tolong pak suami untuk beli di indomart terdekat. Lalu, pak suami beliin mamypoko standar ini karena katanya untuk size NB cuma ada merk ini. Yaudah lah ya, daripada ngga ada. 

Harganya saya lupa, tapi cukup murah sih dibanding yang lain. Dan menurut saya sih ini gak rekomen karena bahannya kasar dan kresek-kresek gitu, khawatir ruam-ruam pantat nya. Memang harga gak bohong yaa.. Ada harga, ada rupa. 


4. Mamypoko Extra Dry 

Popok ini adalah salah satu favorit saya. Saya udah mencoba yang tipe tape maupun pants, dan keduanya oke sih. Tahan banting dalam menampung pee dan poop arfan. Hehe.. 

Untuk yang tipe tape ini saya udah nyoba dari ukuran NB sampai M. Bahkan kalau bisa sampai sekarang saya maunya pakein yang tipe tape aja, tapi sayang anaknya udah gak bisa diem, jadi gak bisa pakein yang tipe tape lagi. 

Kenapa saya lebih suka tipe tape? Karena lebih gampang dibuka, gak perlu nyobek-nyobek kalau lagi poop gitu. Selain itu untuk mamypoko extra dry yang tipe tape ini dalemannya ada lapisan berwarna hijau (gak tau namanya apa). Jadi meskipun pipisnya udah penuh, warna gak berubah jadi kekuning-kuningan bekas pipis kayak di popok lain. Cucok buat emak-emak yang agak jijik-an. Aku sih engga ya.. hehe.

Selain itu kelebihannya adalah ada indikator pee, daya serap tinggi hingga 12 jam jadi gak gampang bocor, tetapi kekurangannya popok ini agak bulky, jadi udah keliatan gendut aja deh meski popoknya belum penuh. 

Sementara untuk yang tipe pants, hampir sama sih dengan yang tape, hanya saja gak ada indikator pee nya. Dengan desain khas micky mouse nya, popok ini ada petunjuk sisi depan dengan tulisan “Front”, pinggirannya lumayan gampang untuk disobek dan gak lembab, jadi pantat tetap kering meskipun popoknya sudah penuh. Selain itu, bau nya juga gak tembus. Pernah arfan udah poop beberapa lama, tapi mamak gak menyadarinya saking bau nya itu hampir gak ada. Apa mungkin hidung mamak mampet?hehe.. 

Untuk harganya beda-beda, tergantung belinya dimana. Untuk tipe tape baik itu size NB 84, S 80, M74, L62 maupun XL dibandrol dengan harga 134.000 kalau beli di Hari-Hari Swalayan sedangkan kalau beli di giant harganya 170.000, sementara kalau ditoko susu dan pampers harganya cuma 108.000 aja. Jauh banget ya bedanya. Untuk tipe pants nya, di toko susu dan pampers harganya bervariasi, dari 68.000-70.000 untuk size M 32. Sementara kalo beli di supermarket ataupun indomart dan alfamart harganya jauh lebih mahal, yaitu berkisar dari 80-90ribuan. 


5. Mamypoko Extra Soft 


Gak beda jauh dari mamypoko extra dry, hanya saja untuk extra soft ini memang benar-benar lebih soft bahannya. Lembut banget, selembut kasih sayang ibu. Saya pun udah nyoba tipe tape dan pants. Nyoba popok ini karena kebetulan lagi ada diskon di Hari-Hari swalayan. Yaudah deh, mamak langsung nyobain beli 1 pack. 

Untuk harga normalnya mamak masih kurang tau, belum riset lebih dalam lagi. Tapi tentunya jauh lebih mahal ya.. Jadi, mamak bakalan beli popok ini lagi kalau ada diskonan aja. Hehe.. 


6. Mamypoko Pants X-tra Kering 


Beli popok ini karena waktu itu Arfan lagi di rawat di rumah sakit dan kebetulan di alfamart terdekat hanya ada popok ini untuk size M nya. Lumayan oke sih, tapi bahannya agak lebih kasar jika dibandingkan dengan mamypoko extra dry. 

Daya tampung nya juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan mamypoko extra dry, jadi mesti sering-sering diganti biar gak bocor. Untuk petunjuk bagian depannya ada garis biru di area pinggang. Kelebihannya dari segi harga yang cukup ekonomis, untuk ukuran M 34 harganya cuma 50ribuan aja. Murah kan ya? 


7. Goon Smile Baby Pants 

Beli merk ini coba-coba aja karena waktu itu di alfamart harganya paling murah. Ya siapa tau aja cocok kan. Hehe.. 

Goon smile baby ini bahannya lumayan lembut dan tipis gak bulky, jadi lebih enteng dan lebih leluasa kalo dipakai untuk aktivitas seharian (menurut saya sih ya, gak tau kalau menurut arfan gimana? Hehe). 

Meskipun tipis, tapi saat dipake gak mudah bocor dan gak ada ruam. Untuk petunjuk sisi depan ada tulisan ‘depan’, sobekan samping lumayan gampang dibuka. Harganya juga lumayan murce, beli di alfamart sekitar 27ribuan untuk ukuran M 24. 


8. Meries Good Skin 

Merries good skin ini saya beli karena waktu itu lagi ada diskon. Biasa lah, mamak-mamak korban diskon, langsung aja beli dua pack karena banyak yang bilang kalo meries ini bagus banget. 

Pas dipake ke anaknya eh ternyata gampang bocor dong, gak cocok dipantat anak saya. Padahal bahannya lumayan lembut dan gak ada ruam juga di pantat Arfan. Gak tau kenapa gampang bocor jadi gak rekomen kalo dipake malem-malem karena mamak musti 2-3 jam sekali gantiin popok biar gak bocor. Selain itu juga baunya lumayan tembus, gak ada indikator pipis, sobekan samping juga lumyan susah dibuka nya. Untuk harganya lupa berapa, nanti di update lagi deh yaa kalo udah inget. Hehe.. 


9. Pokana Pants Surprise Design 



Sama hal nya kayak Meries, beli Pokana ini juga karena ada diskon. Buy 1 get 1 deh kalo gak salah. Gimana gak tergoda coba? 

Saya sendiri sebenernya sukak banget sama pokana ini, desainnya bener-bener niat, lucuk banget dan ngegemesin. Sesuai dengan namanya surprise design, jadi kita bakalan dapet design yang berbeda disetiap pack nya, surprise deh pokoknya. Ada sekitar 20 design yang disiapin pokana dan semuanya ngegemisin. 
Gemes banget kan desain nya?

Tapi dibalik desainnya yang super lucu nan gemes itu, ternyata popok ini gak cocok dipantat arfan. Bukan karena ruam, tapi lagi-lagi karena gampang bocor. Pernah lagi gendong arfan, tiba-tiba terasa hangat-hangat basah, dan bener aja beleber dong pipisnya. 

Desainnya kurang pas dipantat arfan kayaknya, memang sih ukurannya agak lebih besar jika dibandingkan sama popok-popok lainnya. So, kuh gak bakal beli ini lagi meskipun diskon. -,- 


10. Sweety Gold Pants 


Lagi-lagi beli popok karena tergoda diskon. Tapi tetep cukup mahal sih meski udah diskon. Beli yang size M 60 harganya 130 ribuan, katanya harga asli 160 ribuan. 

Tapi ku suka sama sweety gold pants ini. Baru pertama kali nemu popok tipe pants yang ada indikator pipisnya, udah gitu ada roll tape nya juga untuk menggulung popok bekas pakai, jadi lebih rapih deh. Selain itu bahannya juga lembut dan pinggirannya gampang disobek. Dan yang terpenting adalah gak bocor dipakai semaleman. 


KESIMPULAN 

Dari semua popok yang udah Arfan cobain, favorit mamak adalah mamypoko extra dry. Kalau semisal lagi kepepet popok abis dan gak ada mamypoko extra dry mamak bakal memilih Goon, mamypoko X-tra kering atau Sweety Gold Pants. Tapi agak jarang sih yang jual sweety gold ini. 

Dan jangan lupa, lebih baik beli popok di toko susu dan pampers karena harganya jauh lebih murah. Bayangin aja mamypoko extra dry size M 74 harganya bisa beda 70ribu sama di giant dan beda 30 ribu kalau beli di Hari-Hari swalayan. Gila gak sih? Bisa buat jajan mamak sisa uangnya. Hehe.. 

Ya, meskipun masalah per-popok-an ini beda-beda ya disetiap anak. Bisa aja di anak saya cocok, tapi ternyata di anak lain gak cocok, tapi semoga aja review dari saya ini bisa menjawab kegalauan mamak-mamak sekalian dalam memilih popok atau diapers.. 



Salam,

45 comments :

  1. Udah review diapres aja, gue masih review skincare make up wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak..
      akan ada saatnya kamuh bakalan review diapers juga mbak.. hahaha

      Delete
  2. Aku pake yg mamy poko xtra dry pas NB mba itu emang cucmey tapi kesini karena yes anakna wes ga mau diem jadi pake yg xtra soft tipe celana :D
    andalan aku banget Mamy poko itu sedari anak pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mba.. banyak yang bilang mamypoko itu popok sejuta umat.
      memang banyak yg cucok yaa dan harga nya juga pas dikantong lah yaa..

      Delete
  3. Pokana pants disainnya lucu-lucu ...dan saya paling familiar sama pampers...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pampers kayaknya produk pertama kali yaa..
      soalnya banyak orang yang menyebut diapers atau pospak dengan sebutan pampers. padahal pampers itu kan merk..

      Delete
  4. Lumayan banyak ni rekomendasinya, jadinya bisa pilih sesuai kebutuhan deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul mas.. tinggal pilih yg pas dikantong aja. hehe

      Delete
  5. beli popok nanti yg ada aja di toko terdekat dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg penting sesuai sama pantat bayi mas.. hehe

      Delete
  6. hai kak tyaa.. baru nongol lagi aku nih di blog kak tia.. btw aku cuma baru nyoba merries dan mamy poko all variant.. untuk yang lain belum nih.. pengen si coba pampers tapi takut kantong mamak jebol kaya yang dibilang kak tya wkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba vik, aku juga udh lama gak bewe ke mba vik nih.. jd ketinggalan banyak bgt cerita deh. gmn sih rahasianya apdet setiap hari? hehe..

      kalo udh cocok mah gak usah ganti sama yg lebih mahal. nanti mamak bangkrut mba. mehehe

      Delete
    2. Hihi rhasianya adalah banyak berdoa wkwkkw engak sih kak tya.. intinya ketika ada ide melntaa langsung ditulis judulny dulu kak.. baru lanjut nulis hehehe..

      Hahhaha bener2.. udah deh yang murah aja.. biar sisanya buat mamak beli lipen settip heee

      Delete
    3. jiahaha.. berdoa aja gak cukup mba. kudu punya niat yang kuat. haha..
      ku juga kalo ada ide langsung ku tulis, tapi gak tau postingnya kapan.. hehe..

      Delete
  7. Lengkap ulasannya, Mbak. Popok segala merek diulas bikin para mama merasa terbantu kalau bingung mau pilih popok mana.
    Dulu Palung mah pakai popok kain, yah, repot juga. Kala sudah besar pakai diaper jika hendak bepergian. Saya belinya yang ada di warung dan harga murah.
    Sekarang makin banyak pilihan. Bisa memudahkan gerak bayi sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kalo jaman dulu masih jarang pilihannya ya gak kayak sekarang.

      nah iya biar gak ribet kalo pergi emang enakan pake pampers daripada popok kain. gakpapa murah malah enak menekan pengeluaran.. hehe

      Delete
  8. Emang jawaranya deh mamak satu ini bikin postingan perbayian hihi, Anak aku merries ti cucoknya, pas nuborn si mami poko tapi uda menuju gedean mahal booook jadilah kuberalih ke merries yg rada murah dikit, kita orang itung itungnnya banding bandingan loh hahahhaha, klo dibagi antara harga per jml popok mawny per pcs popoknya 1500 hahahha, pernah ni beralih ke sweety, e pas ompolnya penuh ngegembol banget yaudah balik maning ke merries

    Klo yg gold goldan dompet mamak nda sanggup iniiii beliknya ahahha

    ReplyDelete
  9. arfan pake meries bocor muluk sih. enak kalo udh cucok dan dapetin harga yg lebih murmer.. lumayan hemat kantong mamak.

    ku juga beli yg gold goldan krn ada diskon aja. klo gak diskon ku juga tak shanghuuppp..haha

    ReplyDelete
  10. Baca artikel ini jadi ingat waktu anak2 masih kecil, jadi saya hanya menyimak aja lah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti udah saat nya punya anak bayik lagi mas. mehehehehe

      Delete
  11. Mamypoko yg extra dry sama meriies, disini banyak banget diminati kak hehe. Emak" gak mau beli klo bukan yg itu. Jd stok minimatket extra lbh banyak di dua brand itu hihihi. Mungkn karna harha juga sih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak betul. popok sejuta umat idaman emak2 mungkin ktlrn harganya lebih merakyat

      Delete
    2. Haha aku jadi kebayang, gimana nantinya kalo aku dh punya bayi kwkw

      (Langkah masih panjang, nikah juga belom) kwkww dh menghayal je aku nih haha

      Delete
    3. hahaha..
      ku doakan biar segera punya bayi..
      tapi teutepp.. nikah dulu yak.. mehehe

      Delete
  12. Baru tahu saya,kalau ternyata pampers bayi itu banyak model dan jenisnya ya,he-he,mulai dari yang simpel hingga yang ribet sekalipun,sangat cocok sekali untuk ibu-ibu yang sudah punya anak dan kepengen tahu tahu jenis popok bayi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas.. ntar kalo udah punya anak juga akan ada saat nya mengerti jenis2 pampers. wekekek

      Delete
  13. saya juga emak pemburu diskonan diapers, ehhe.
    samaan, yg merk merries juga gt dlu bocor pas pup gt, kmana2 kan jijay manjai jadinya. xixixi
    kl yg kelas mahal sy cuma pernah pakai yg mamypoko premium NB atau apa dlu, dape kado aja sih, pas mau beli lagi ternyata hny ada kemasan 100 pcs itu, mayan bokkk harganya.

    krn tempat tinggal saya agak mblusuk, jd blanja diapers ckup di indomaret aja, tiap minggu selalu ada diskonan (ceritanya), jadi belinya ya yg pas lg diskon. biasanya sih mokomoko, goon sama fitty, alhamdulillah semuanya oke.

    soalnya kalo mamypoko standar, meskipun always paling murah seringnya bocor dan pupnya suka ngintip2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah hampir gak pernah belanja di indomart.
      ternyata ada diskonan juga toh.. Alhamdulillah ya mba kalo cocok sama yg diskonan. mamak happy banget pasti. hehe..

      aku belum pernah nyoba moko-moko sama fitty, katanya ekonomis yaa. ntar deh kapan2 nyoba siapa tau cucok. hehe.. kalo goon aku juga cucok mba. eh, anakku maksudnya cucok juga dia pake goon.. :D

      Delete
  14. kita samaaa mba. anak2ku ga ada yg pake popok cuci pakai dari lahir. lgs pospak. Masalahnya, aku cesar, ga mungkin jg ribet2 cuciin popok, dan walopun aku pake babysitter utk anak2, tp aku ga mau, mereka jd ga fokus jaga anak hanya krn sibuk nyuciin popok kain. jd memang di awal, aku mau mereka fokus hanya jaga anak. makanya supaya sama2 enak, aku pakein dr awal pospak.

    enak banget anakmu ga ada masalah ama jenis popok. anakku cm cocok ama mamypoko extra soft dan extra dry, trus ama pampers premium care. itu doang. dipakein yg lain bisa ruam2 kulitnya. tp krn pampers mahal gila, jd nya paling srg yg mamy poko extra dry ato soft. pampers baru nyetok kalo sdg promo hahahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahahaha.. pantat anaknya mbak fany selera nya tinggi nih. mau nya pakai yg premium yak. haha.. mamypoko extra soft kan juga lumayan bingit harganya.

      kalo begitu pas lagi diskon langsung diborong sama toko-toko nya aja ya mba. hehehe..

      Delete
  15. kita bersyukur, sebab dizaman canggih ini sudah ada popok praktis, beli-pasang-buang. Kalau zaman dulu kayaknya para emak2 harus berjuang keras agar celanna / popok anaknya selalu kering.

    Tapi ada persolan yang terjadi, Om Tukang sampah kerjanya cuma angkut Popok Second mulu setiap hari, bahkan berkarung - karung, berTRUK-TRUK.....hahahahh.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, jaman dulu repot banget pasti. apalagi kalo musim ujan dan popok belum kering. duh sedih deh..

      wih, keren nih kang nata sampai kepikiran ke tukang angkut sampah. iya juga ya, kasian dia ya ngangkutin popok bekas mulu. semoga berkah ya mereka rezekinya :)

      Delete
    2. Amin.mudah2 Om Tukang sampah banyak rezekinya.

      Delete
    3. Amiinn kang nata yg baik hati nya..

      Delete
  16. Waaaaaa....rajin banget mbak bikin reviewnya :)
    Kalau anakku sekarang pakai Merries, nggak sebanyak itu sih cobainnya hahaha
    '
    karena langsung cocok dan alhamdulillah ga mahal2 amat kalau beli grosiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya arfan juga langsung cucok sih sama popok yang ku pakaikan pertama kali. tapi ku nya aja yang iseng nyoba2 lain merk, biar gak tergantungan sama satu merk kalo semisal tiba2 stok nya lg kosong.

      wah, cocok ya sama meries, enak mba, sering diskon ya meries..

      Delete
  17. Uwowwwww... banyak banget mbaa, coba2nya hahahahah.

    Btw tos dulu deh, jadi senang ada temennya jadi mamak2 'males' nyuci popok.
    Saya dong, untuk anak kedua ini, masih usia 7 bulan saya udah rajin banget kumpulin popok kain, sampai lebih dari 100 lembar wakakaka.
    Saya cuci, setrika, trus dilipat dengan rapi di lemari bayi.

    Lalu lahirlah si bayi, dan satupun dari popok kain itu GAK ADA YANG DIPAKAI.
    Ampun deh, kasian banget tenaga saya cuci2, plus setrika plus detergen baby yang abis banyak hahahah

    Saya pakai diaper sejak si bayi lahir, tapi coba2nya gak sebanyak ini sih.
    Waktu newborn, saya pakein Meries premium ya kalau ga salah, itu cocok banget, sayang ga cucok di dompet hahaha

    Trus coba mamypoko yang di atas itu, gak cocok dong, botccooorrrr!!!
    Jadinya dia pakai meries good skin itu sampai sekarang, dan lucky me meries itu sering banget diskon hehehe

    Selain meries si bayi juga cocok pakai baby happy, tapi ga bisa lama2 sih, seringnya bocor.

    Enak sih kalau anak cocok banyak jenis popok, jadi pas lagi diskon, bisa pakai yang diskon dulu heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. emak milenial pasti males nyuci popok kayaknya mba.. hahaha

      wkwk.. kenapa gak jadi dipakai mba popok kain nya? saya malah gak ada kepikiran sama sekali untuk beli popok kain. hahaha (malesnya udah diniatin banget) :D

      ku bingung kenapa ya popok cocok-cocokkan. heran aja gitu. contohnya anak mbak rey, pake meries gak bocor, lah di anakku bocor. kan aneh ya..

      eh, apa karena desain pantat anak kita yg beda2 ya. anakku pantatnya cucok di mamypoko, sementara anak mba rey di meries. gitu kali yaa..

      Delete
    2. hahahaha, soalnya anak pertama saya pakai popok kain selama 3 bulan pertama, gara-garanya dulu masih semacam takut pakai popok sekali pakai takutnya jadi ruam.

      Kayaknya tergantung bentuk pantat bayi kayaknya.
      Anak saya pantatnya kecil, jadi pas aja gitu di Meries hahaha

      Delete
    3. haha bisa juga sih..
      body anak yg beda2 yaa yg bikin popok itu cocok-cocokkan

      Delete
  18. Ditempat saya yang sering dan mudah dijumpai hanya mamy poko, harganya terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mas djangkaru cocoknya pake popok apa? #eh
      hahaha..

      Delete
  19. Pengalaman ponakan pake Goon, dia sizenya beda satu tingkat dari size merk lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama brarti yaa.. di anakku juga gitu klo pake goon size nya naik 1 tingkat. dia design nya lebi kecil.

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...