Cara Mudah Menghilangkan Noda Oli di Baju

Cara Menghilangkan Noda Oli di Baju


Cara menghilangkan oli di baju memang gampang-gampang susah. Ya, begitulah, salah satu PR berat seorang mamak adalah ketika sedang mencuci baju, lalu menemukan ada noda menempel pada baju dan sulit untuk dihilangkan. Apalagi kalau suami habis utak-atik motornya, mainan oli. Sudahlah, baju terkena noda oli semua. 

Syukur-syukur kalau bajunya sudah usang, saya gak perlu pusing lah ya karena bisa langsung dijadikan kain pel. Lah, kalau bajunya masih baru. Mau dibuang sayang, gak dibuang tapi kok ya kayaknya ga enak pakai baju ada nodanya begitu. Alhasil, saya pun mencoba berbagai cara agar noda oli di baju bisa hilang. 

Cara Menghilangkan Noda Oli di baju

Noda oli memiliki tekstur lengket dan mengandung minyak sehingga bila terkena pakaian mudah meresap dan melekat kuat pada baju sehingga noda sulit dihilangkan. Untuk noda-noda lainnya, biasanya saya cukup merendam pakaian dengan larutan pemutih dan detergen, rendam beberapa saat, lalu dikucek-kucek dan tadaaa.. noda pun hilang. Namun untuk noda oli ternyata butuh effort lebih. 

Dan berikut beberapa cara mudah menghilangkan noda oli di baju yang saya dapatkan dari berbagai sumber. 

#1. Menggunakan Kapur

Untuk menghilangkan noda oli pada baju, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menaburkan serbuk kapur, bedak, maizena atau baking soda pada baju yang terkena noda oli. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Tujuannya adalah agar kapur dapat menyerap kelebihan noda oli pada baju sehingga lebih mudah dibersihkan nantinya.

#2.  Menggunakan Minyak Tanah

Oli mengandung minyak sehingga untuk membersihkannya diperlukan bahan yang memiliki senyawa yang sama. Atau kalau dalam istilah kimia, harus memiliki kepolaran yang sama. Oli merupakan senyawa nonpolar sehingga untuk membersihkannya diperlukan senyawa nonpolar juga (duh, jadi inget materi kuliah). Dan dalam hal ini minyak tanah merupakan senyawa nonpolar sehingga dapat mengurangi noda oli pada baju. 

Cara menggunakannya adalah dengan menuangkan minyak tanah pada baju yang terkena noda oli, lalu gosok-gosok atau kucek pada bagian tersebut hingga memudar.

#3. Menggunakan Shampo

Selain untuk membersihkan rambut, ternyata shampo juga bisa loh digunakan untuk membersihkan noda oli di baju. Caranya adalah dengan menuangkan shampo pada bagian baju yang terkena noda, lalu sikat bagian tersebut hingga noda memudar.

#4. Menggunakan Sabun Cuci Piring 

Sabun cuci piring cair juga mengandung komposisi yang dapat meluruhkan lemak dan minyak. Dengan demikian, dapat pula digunakan untuk meluruhkan noda oli pada baju. Caranya sama dengan yang lain, yaitu cukup tuangkan sabun cuci piring pada baju yang terkena noda lalu kucek hingga memudar. 

#5. Menggunakan Detergen

Setelah ketiga cara tersebut dilakukan dan noda oli sudah sedikit memudar. Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci baju seperti biasa menggunakan detergen. Bila ingin hasilnya maksimal, rendam terlebih dahulu baju yang terkena noda. 

Caranya tuangkan detergen dengan sedikit air, lalu tambahkan pemutih pakaian dan sitrun, masukkan baju dan rendam sekitar 30 menit. Setelah itu, baru lah dicuci seperti biasa. Bila noda masih ada, rendam kembali bagian yang terkena noda dengan detergen dan air hangat. Rendam semalaman, lalu cuci kembali.

Bagaimana, cukup mudah ya kan cara menghilangkan oli di baju? So, kalau kamu punya baju yang terkena noda oli, jangan buru-buru dibuang ya, tapi coba dulu langkah-langkah diatas.

Ohya, btw, adakah yang sudah pernah menerapkan cara-cara diatas? Atau adakah mommies yang punya cara lain untuk menghilangkan noda oli pada baju? Share yuk di kolom komentar..

Salam,




8 comments

  1. Oh begitu ya mbak, ternyata sampo juga bisa menghilang noda oli, setelah itu pakai deterjen ya biar lebih bersih lagi nodanya.

    ReplyDelete
  2. Kayaknya sih bagusan pakai pencuci piring dulu ya, secara ampuh menghilangkan minyak.
    Atau baking soda kayaknya tuh ampuh, orang-orang sering pake itu buat nyuci.

    ReplyDelete
  3. Blm prnh sampe kena oli sih mba :D. Tapi boleeeh nih caranya aku save supaya kalo suatu saat kejadian, udah tau hrs ngpain. Bener juga yaaa memakai bahan yg memiliki jenis yg sama. Ibaratnya lawan harus sesama jenis, biar bisa imbang :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya.. betul mbaa.. harus sama kepolarannya kalo kata anak kimia mah :D

      Delete
  4. paling sebel kalau baju kena noda noda begini, biasanya aku pake minyak goreng, ngasal aja sebenernya.
    kemudian dicuci dengan deterjen seperti biasa, kalau tetep ga ilang, pasrah ehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru tau aku pake minyak goreng..
      kalo gak ilang, beli baru ya mbaa.. hehe

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)