Manfaat Hair Spa Untuk Rambut Tetap Sehat dan Berkilau


Manfaat Hair Spa

Punya rambut sehat, indah dan berkilau tentu menjadi dambaan setiap wanita, termasuk saya. Namun sayang, masalah rambut rontok belum bisa saya hindarkan hingga saat ini. Ya, meskipun kini kerontokan rambut tak separah sebelumnya, namun tetap saja, rambut saya belum sehat seutuhnya. Karena itu, sekarang saya jadi rutin melakukan hair spa di rumah. 

Saya memilih melakukan hair spa agar rambut saya lebih ternutrisi sehingga tidak mudah rontok. Tak hanya itu, hair spa juga bisa mengatasi masalah rambut kering, berminyak dan kaku.

Apa Sih Hair Spa Itu? Apa Bedanya dengan Creambath dan Hair Mask?

Kaum hawa tentu sudah tak asing dengan istilah-istilah perawatan rambut ini kan? Jadi, sebenarnya ketiganya ini hampir sama ya, hanya saja berbeda kandungan krim nya. Jika dibandingkan dengan hair mask dan hair spa, creambath memiliki proses yang paling sederhana. Krimnya terdiri dari buah-buahan atau sayuran dan tidak hanya bisa dibeli dipasaran tetapi juga bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Sementara Hair Spa, krimnya mengandung lebih banyak nutrisi dibanding krim creambath. Kandungan nutrisi ini sangat penting untuk mengatasi masalah rambut kering, berminyak, kaku dan juga rontok. 

Berbeda lagi dengan hair mask yang merupakan perawatan intensif untuk mengatasi masalah rambut rontok dan kondisi parah lainnya. Biasanya kondisi ini terjadi pada orang yang sering menggunakan alat styling rambut, mengubah tekstur rambut ataupun melakukan pewarnaan rambut. 


5 Manfaat Hair Spa Untuk Rambut Tetap Sehat 

Hair Spa merupakan perawatan rambut yang dilakukan dengan cara mengoleskan krim yang diberi tambahan vitamin atau serum sehingga dapat menutrisi helaian rambut hingga ke akarnya. Karena itu, hair spa memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan rambut, diantaranya yaitu :

#1. Melembabkan Rambut dan Kulit Kepala

Kandungan serum dan vitamin yang terdapat pada krim hair spa dapat memberikan efek lembab pada rambut dan kulit kepala sehingga rambut dan kulit kepala dapat terhidrasi dengan baik. Dengan demikian, rambut menjadi lebih lembab dan sehat. 

#2. Menguatkan Rambut

Rambut sangat rentan terhadap kerontokan, baik akibat perubahan iklim, hormonal maupun pikiran. Yaps, seperti rambut saya ini yang sudah bertahun lamanya tapi tetap saja rontok. Nah, cara tepat untuk mengurangi kerontokan adalah dengan memberikan nutrisi pada rambut melalui perawatan hair spa. 

Hair spa dapat mengurangi kerontokan karena pada prosesnya tidak dilakukan pemijatan kulit kepala seperti halnya perawatan creambath. Sebab, pemijatan kulit kepala yang sering dilakukan, justru membuat rambut mudah patah. 

#3. Mengontrol Kadar Minyak Berlebih

Kulit kepala mengandung kelenjar sebasea yang berfungsi untuk memproduksi minyak alami sehingga dapat menjaga kulit kepala tetap sehat. Namun sering kali, produksi sebum berlebihan sehingga beresiko menyumbat pori-pori dan menyebabkan rambut menjadi mudah lepek. 

Tak jarang, pada beberapa kondisi justru produksi sebum malah kurang sehingga tidak cukup untuk melumasi kulit kepala. Hal ini mengakibatkan kulit kepala menjadi kering. Karena itu, diperlukanlah perawatan hair spa agar dapat mengontrol produksi sebum sehingga kulit kepala dapat terlumasi dengan baik. Dengan demikian rambut tampak lebih sehat bernutrisi. 

#4. Mengurangi Ketombe

Selain itu, hair spa juga dapat mengurangi ketombe karena krim atau bahan-bahan yang digunakan pada hair spa dapat melawan ketombe dan mikroba penyebab ketombe. Hair spa juga dapat menyeimbangkan pH kulit kepala sehingga dapat menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

#5. Memberi Efek Relaksasi

Dan yang tak kalah penting adalah hair spa dapat memberikan efek relaksasi. Karena itu, moment ini bisa dijadikan sebagai me time yang praktis dan menyenangkan bagi mamak-mamak seperti saya dengan segudang kerempongan ini. 

Pusing dan stress akibat rutinitas sehari-hari bisa menyebabkan otot-otot menjadi kaku dan tegang. Karenanya, dengan hair spa otot-otot bisa menjadi lebih rileks kembali. Tak hanya itu, hair spa juga dapat melancarkan peredaran darah di area kepala, leher dan bahu. 

Demikianlah, berbagai manfaat hair spa untuk rambut tetap sehat dan berkilau. Btw, apakah kalian juga rutin melakukan hair spa? Lebih senang hair spa sendiri di rumah atau di salon? Share yuk di kolom komentar..

Salam,



4 comments

  1. Aku lebih suka hair mask mba, Krn rambutku juga keriiing , jadi hair mask lebih cocok buat kondisi rambutku 😄. Ngelakuinnya seminggu 2x di rumah, tapi di salon juga sebulan 2x. Pas pandemi aku sempet stop tuh Krn ga berani, dan salon langgananku tutup pas 2020-2021. Baru buka lagi akhir2 ini, dan langsung aku rutinin lagi 😄.

    Ya ampuuun pas treatment di salon, kayaknya mood langsung naik... Dipijitnya bikin rileks banget. Makanya aku tetep rutin DTG yg ke salon biar bisa dipijit Ama staffnya 😁.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, jadi ngebayangin ke salon nih aku.. nikmat banget kayaknya yaa.. hehe

      Delete
  2. sama kayak mba fanny, aku lebih sering hair mask sekarang ini
    ceritanya dulu waktu masih kuliah pernah ke salon creambath, terus cerita cerita kondisi rambut disarankan hair mask.
    akhirnya aku cobain hair mask sampe sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kereeennn mbaa.. memang disesuaikan dengan kondisi rambut sih yaa..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)