Cara Mudah Merawat Mobil Hybrid


Cara Mudah Merawat Mobil Hybrid

Mobil hybrid adalah mobil yang dikenal sebagai mobil ramah lingkungan. Mobil yang memiliki dua mesin ini memang irit bahan bakar karena pemakaian baterai sebagai tenaga cadangan. Meskipun harganya cukup tinggi, peminat mobil hybrid sangat banyak dan mulai merambah ke berbagai kalangan. Tak heran, mobil hybrid pun termasuk mobil baru 2022 yang sering dibicarakan karena teknologi ramah lingkungan dan tetap terdepan dalam kenyamanan.

Cara Merawat Mobil Hybrid

Merawat mobil hybrid bisa dibilang cukup mudah, hampir sama dengan mobil konvensional, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut empat diantaranya,

#1. Jangan Mencuci Mesin Sembarangan

Hal paling utama dalam merawat mobil hybrid adalah jangan pernah mencuci mesinnya sembarangan. Sangat dilarang untuk menyemprot ruang mesin dengan air bertekanan tinggi dengan debit air yang besar, hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya gangguan pada komponen mesin dan listrik. Sebaiknya Anda siapkan lap setengah basah untuk dibasuh ke area yang kotor. Namun untuk lebih amannya, jika Anda membawa mobil hybrid ke tempat cuci mobil, jangan lupa untuk memberitahu petugas bahwa mobil yang dibawa adalah mobil hybrid, sehingga cukup cuci badan mobil dengan hati-hati.

#2. Cek Baterai

Salah satu hal yang membuat harga mobil hybrid menjadi tinggi adalah harga baterainya yang mahal. Meskipun begitu, baterai tidak perlu diganti layaknya baterai alat elektronik di rumah. Baterai yang sudah terpasang di mobil hybrid sudah permanen. Kamu hanya perlu rutin mengecek secara rutin air baterai juga komponen listrik yang tersambung di dalamnya. Yang paling penting, kamu juga tidak membongkar, memodif, atau mengubah sistem dari baterai itu sendiri.

#3. Cek Sistem Pendingin

Hampir sama dengan mobil konvensional, sistem pendingin mobil hybrid juga harus dilakukan servis berkala. Mulai dari selang radiator, extra fan, water pump, dinamo extra fan, relay-relay, dan komponen lainnya. Perlu diingat bahwa mobil hybrid sangat berhubungan erat dengan listrik sehingga jika sistem pendinginnya kurang maksimal, maka akan berpengaruh juga ke sistem kelistrikan atau baterai. 

Lakukan pembersihan filter dan kipas minimal 6 bulan sekali. Jika sudah terlalu kotor, sebaiknya filter diganti dengan yang baru. Untuk cairan pendinginnya, dianjurkan untuk mengeceknya jika jarak tempuh mencapai 40.000 kilometer. Untuk penggantiannya, bisa dilakukan pada jarak 160.000 kilometer, hal ini dilakukan karena pada umumnya pada jarak tersebut kualitas bahan kimia sudah mulai menurun.

#4. Servis Secara Berkala

Bicarakan dengan teknisi mobil  tentang kapan saja waktu untuk servis berkala. Ikuti anjuran dari bengkel resmi tentang jadwal servisnya. Untuk biaya, perawatan mobil hybrid tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional, bahkan terkadang lebih murah. Pastikan kamu tidak melewati jadwal servisnya agar performa mobil tidak menurun. Jangan lupa juga untuk membaca buku panduan mobil hybrid dengan benar, mengingat banyak sekali informasi penting di dalamnya yang sering terlewat oleh pemilik mobil.

Jika kamu ingin membeli mobil hybrid, pilihlah SEVA sebagai solusinya. Di SEVA, kamu bisa membeli mobil dengan cara yang mudah dan aman. Platform pembiayaan dari Astra ini dapat membantu kamu untuk membeli mobil baik untuk mobil baru maupun over kredit. Tak hanya itu, kamu pun bisa membeli mobil secara online melalui website SEVA. Cukup ikuti saja langkah-langkahnya, kamu bisa mendapatkan mobil yang diinginkan.

Kemudahan membeli mobil juga didukung dengan fitur Instant Approval yang dapat membantu kamu untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansial sebelum memberikan pilihan mobil baru yang sesuai kemampuan. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan finansial yang lebih untuk kamu di masa depan hingga mobil yang dibeli dapat dimiliki sepenuhnya. 

Salam,





3 comments

  1. Pengen sebenernya mba, punya hybrid car, tapi hrgnya belum cocok 🤣. Ntr aja kalo udh banyak kluar, harganya bisa turun, baru deh 😄. Lagian msh mikir juga pengisian charge batterynya 😁

    Tapi aku yakin, nanti kalo udah banyak, pasti banyak juga tempat2 pengisian battery nya.

    ReplyDelete
  2. Mobil hybrid skrg udah mulai banyak peminatnya ya mba? Smoga suatu saat nanti aku bisa punya juga, biar lebih ramah lingkungan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)