Merencanakan Rumah Kedua: Langkah-Langkah Menuju Tempat Tinggal Impian



Mempunyai rumah kedua adalah impian banyak orang, termasuk juga dengan ku. Setelah berhasil membeli rumah pertama (walaupun secara KPR), kini ku berencana mau membeli rumah kedua. Entah dengan cara melakukan KPR kembali seperti sebelumnya atau dengan menjual rumah pertama ku. 

Pikiran ini yang selalu berkecamuk dalam benakku akhir-akhir ini. Rencana untuk membeli rumah kedua ini tentunya bukan tanpa sebab. Alasan utamanya adalah karena lokasi rumah yang kurang strategis alias cukup jauh untuk aku yang bekerja di Jakarta. Iya, lokasi rumahku berada di Kabupaten Bogor, sementara aku bekerja di Jakarta. Alhasil rumahku tidak ditempati dan aku saat ini masih tinggal menumpang di rumah orang tua ku. Beruntungnya sudah dua bulan ini ada yang menyewa rumahku, jadi lumayan lah ya ada tambahan pemasukan meski tidak ditempati. 

Alasan kedua, tentunya karena aku masih tinggal bersama orang tua, lama kelamaan ada rasa tidak nyaman juga. Ya, walaupun orang tua sendiri namun tetap saja untuk aku yang sudah berkeluarga, ada saja gesekan-gesekan yang terjadi. Sungguh, rasanya ingin segera memiliki rumah kedua. Namun memang dalam merencanakan dan mempersiapkan rumah kedua memerlukan perencanaan yang matang. Ada beberapa langkah-langkah yang sedang ku pertimbangan akhir-akhir ini. 

Langkah-Langkah Menuju Tempat Tinggal Impian 

Beberapa pertimbangan yang kerap menghantui pikiranku diantaranya yaitu, 

#1. Menentukan Tujuan dan Lokasi yang Tepat 

Tujuan ku membeli rumah kedua adalah agar masih bisa terjangkau dengan lokasi kerja dan juga masih bisa dekat dengan orang tua. Agar apa? Agar anakku juga masih bisa dalam pantauan orang tua ku saat ku tinggal kerja. Karena agak ngeri ya semisal anak ditinggal dengan pengasuh saja. Sungguh dilema ibu bekerja. Karenanya, salah satu impianku adalah bisa membeli rumah dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari rumah orang tua. 

#2. Menetapkan Anggaran 

Seperti yang dilansir dalam website rumah123.com, bahwa sebelum membeli rumah kedua, kita harus memeriksa kondisi finansial terlebih dahulu. Maka itu, salah satu yang menjadi concern ku adalah dalam hal menetapkan anggaran. Tentunya sangat penting untuk memiliki anggaran yang realistis dan detail. Aku gak mau membeli rumah dengan biaya yang jauh diluar budget ku. Bila terlalu memaksakan, yang ada hidupku yang jadi sulit dan rumit. 

#3. Mempelajari Pasar Properti 

Hal lain yang juga ku lakukan adalah mempelajari pasar properti. Sebelum memutuskan untuk membeli, memang ada baiknya untuk mempelajari pasar properti di wilayah tersebut. Amati tren harga properti, permintaan, dan penawaran di daerah tersebut. Hal ini tentu akan membantu dalam membuat keputusan yang cerdas dan tau kapan waktu yang tepat untuk membeli. 

#4. Mempertimbangkan Aspek Keamanan 

Keamanan adalah faktor penting dalam rumah kedua ku nantinya. Karenanya, aku harus memastikan properti yang ku pilih nanti memiliki sistem keamanan yang memadai, seperti sistem alarm, kunci ganda, dan pencahayaan yang baik. 

#5. Tidak Melupakan Asuransi 

Aku juga perlu memikirkan untuk memiliki asuransi properti untuk rumah kedua ku. Sebab asuransi ini sangat penting karena dapat melindungi diri dari risiko seperti kerusakan properti, pencurian, atau bencana alam. 

#6. Menikmati Prosesnya 

Merencanakan dan memiliki rumah kedua tentunya bisa menjadi pengalaman yang sangat memuaskan untukku. Maka itu, aku harus menikmati prosesnya, dari memilih properti hingga mendekorasinya sesuai dengan selera ku nanti. Rumah kedua ini bisa menjadi tempat pelarian yang sempurna, tempat berkumpul dengan keluarga, atau investasi yang berharga bagiku. 

Bismillah, ya, dengan perencanaan yang matang dan langkah-langkah yang tepat, aku bisa mewujudkan impian memiliki rumah kedua yang sesuai dengan harapan dan keinginan ku. Dan, rasanya sih, aku akan memilih KPR (lagi) untuk membeli rumah kedua nanti. 

Karenanya, mulai dari sekarang, aku perlu memperkirakan total uang yang akan aku keluarkan nantinya serta perkiraan budget bulanan yang aku butuhkan nantinya. Untuk membantu menghitung perkiraan anggaran, aku biasanya melakukan perhitungan dengan menggunakan kalkulator hipotek seperti MortgageCalculator.UK

MortgageCalculator



Kalkulator ini dapat memperkirakan dan menghitung berbagai aspek pinjaman hipotek. Ini sangat membantuku yang sedang mempertimbangkan untuk membeli rumah. Dengan menggunakan kalkulator ini, aku dapat memperhitungkan beberapa faktor utama yang terkait dengan hipotek, seperti jumlah pinjaman, suku bunga, jangka waktu pinjaman, dan uang muka. 

Demikianlah langkah-langkah yang sedang ku lakukan untuk memiliki tempat tinggal impian. Btw, kalau teman-teman sedang ingin membeli rumah KPR juga, teman-teman bisa memperhitungkan anggaran melalui MortgageCalculator

Semoga bermanfaat~ 

Salam,


1 comment

  1. Menetapkan anggaran penting banget ini, aku juga gitu mbak. Nggak mau kebelakangnya, keperluan yang lain jadi tersendat juga.
    Perlu persiapan yang matang sebelum memutuskan membeli rumah.
    Beruntung sekarang udah ada Mortgage Calculator yang membantu untuk menghitungkan perkiraan biaya rumah

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)