7 Tanda-Tanda Hamil Muda Berdasarkan Pengalaman Pribadi

7 Tanda Hamil Muda


Ecieee ngomongin hamil muda nih.. 
Iya nih karena saya sedang merasakannya  #eh #bocor

Karenanya saya sudah sebulan gak ngeblog karena sedang lunglai, lemah, lesu dan hilang mood, bahkan untuk buka dasbor blog aja rasanya gak berselera. Huh..

Nah, hari ini, mumpung mood lumayan bagus, saya mau sharing sedikit tentang tanda-tanda hamil muda berdasarkan pengalaman pribadi. Ya, meskipun memang sih, tanda-tanda hamil muda ini pastinya berbeda antara ibu satu dan lainnya. Tapi semoga bisa menjadi acuan, khususnya bagi calon ibu baru yang mana belum pernah mengalami hal demikian. 

Baeklah, tak usah berpanjang lebar, berikut tanda-tanda hamil muda yang saya rasakan berdasarkan pengalaman. 

Tanda-Tanda Hamil Muda


#1. Telat Haid

Tanda pertama yang cukup jelas adalah telat haid. Meskipun saat hamil pertama, saya gak merasakan hal ini karena saya malah haid terus gak berhenti dan ngeflek cukup lama. Namun siapa sangka ternyata malah sedang hamil. Kalau kata orang-orang sih itu namanya darah penghabisan gitu, kurang ngerti juga sih.

Nah, di kehamilan yang sekarang ini, eciieee.. barulah saya merasakan yang namanya telat haid. Sudah 2 minggu telat haid tapi saya gak mikir kalau hamil karena haid saya memang gak teratur bahkan kadang sebulan gak haid. 

Hingga suatu ketika, saat beberapa waktu lalu saya memaksakan untuk liburan dimasa pandemi bareng keluarga dan nginep disebuah villa, pagi harinya saya muntah-muntah seperti orang hamil, lalu spontan mertua bilang “jangan-jangan hamil”.  Nah, dari situ lah saya baru mikir “apa iya –iya?”

Alhasil seminggu kemudian testpack dan bener aja dong muncul garis dua tajem banget..

#2. Mual, Muntah, Meriang

Hampir semua ibu hamil sepertinya merasakan gejala-gejala mual dan muntah, termasuk saya. Meskipun seringkali saya sulit membedakan antara mual hamil dan mual maag, apalagi saya punya riwayat maag kronis. Gak heran, di kehamilan pertama saya malah berobat ke dokter umum dan diberikan obat maag. Padahal mah hamil bukan maag.. jelas aja dikasih obat juga gak sembuh-sembuh.

 
Pun di kehamilan sekarang saya masih mikir kalo maag saya kambuh atau masuk angin, karena rasanya tuh gak ada bedanya. Alhasil setiap pagi minum obat maag, kadang minta dikerokin juga. Tapi tetep aja gak reda-reda juga mualnya.

Selain itu, terkadang saya juga merasa seperti orang mabok laut. Kalau kalian pernah nyebrang laut naik kapal atau perahu dan ngerasa mual. Nah, persis kayak gitu rasanya. Atau naik bis jarak jauh, naik kicir angin di dufan sampai 10 kali, nah mabok tuh biasanya, mual muntah. Kayak gitu lah rasanya..   

#3. Sering Buang Air Kecil

Tanda lain yang saya rasakan adalah sering buang air kecil. Jadi, yang biasanya malam-malam selalu tertidur pulas sampai pagi. Namun selama hamil bisa 2-3 kali bangun untuk BAK. Pun pada siang hari, intensitas BAK juga menjadi lebih sering. 

#4. Mudah Lelah

aat hamil, terlebih saat minggu-minggu awal kehamilan, saya merasa mudah lelah, kaki lemes, kepala pusing padahal belum banyak hal yang saya kerjakan. Alhasil saya lebih banyak berisitirahat di rumah. Pun kadang mau berangkat ke kantor aja saya gak kuat, Padahal sudah rapih siap berangkat namun seringkali mendadak lemes, pusing dan mual parah. Beruntungnya sih sekarang bisa absen lewat aplikasi, jadi saat hal itu terjadi saya bisa memilih WFH aja. 

#5. Indra Penciuman Sensitif

Saat hamil, indra penciuman saya juga lebih sensitif. Entah kenapa dari hamil pertama hingga sekarang saya selalu mual bila mencium aroma suami. Jadi, paling gak bisa dekat-dekat dengan suami apalagi kalau doi belum mandi. Pun dengan aroma sabun cair aja saya juga mual padahal kan wangi ya.. gak ngerti lagi deh.. 

#6. Mudah Nangis

Hal ini gak saya rasakan sih di kehamilan pertama. Tapi di kehamilan kali ini, saya merasa jadi lebih sensitif dan mudah menangis. Lagi di kantor, lalu inget anak tiba-tiba nangis, inget suami-nangis, inget hal-hal kecil yang membuat terharu-nangis. Bahkan nonton drakor yang adegannya gak terlalu sedih aja saya nangis gak berhenti-berhenti.. *duh ilah :D

#7. Moody

Di awal kehamilan, saya juga merasa hilang mood banget. Gak mood ngeblog, jualan online, bahkan berangkat ke kantor pun sebenernya saya mualesss banget. Maunya mendekam aja di rumah, gak kemana-mana. Nonton drakor aja kadang saya mual banget gak mood jadinya. 

Pun, ngeblog kali ini sebenernya juga gak mood banget, tapi saya paksain mengingat blog ini udah sebulan gak saya update. Huhu.. Semoga drama hilang mood ini cepat berlalu agar saya bisa produktif lagi.. Amiiinn..

Demikianlah, tanda-tanda kehamilan berdasarkan pengalaman yang saya rasakan, semoga artikel ini bermanfaat yaa.. :)

Btw, kalo ada yang punya pengalaman lain, share di kolom komentar yaa..

Salam.. 



7 comments

  1. Cieee, ternyata mbak Thya lagi ngisi lagi ya, selamat ya kalo begitu mbak.😀

    Oh ternyata ciri cirinya begitu ya. Tapi yang ciri cirinya jelas itu ada tanda dua garis di testpack ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Oh iya, cuma mau ngasih saran kalo memang ngga mood ngeblog karena sedang hamil tidak usah dipaksakan kok mbak, ingat kesehatan lebih utama, kurasa teman blogger juga pada mengerti.😃

    ReplyDelete
  3. ternyata banyak ya mbak tandanya
    saya taunya mual dan stop mens aja

    tapi memang awal kehamilan itu rawan banget jadi harus bener2 diperhatikan
    tetap sehat ya mbak semoga lancar terus

    ReplyDelete
  4. dari sekian tanda tanda hamil muda, mungkin hanya telat haid saja yang aku tau. biasanya dari cerita temen temen
    ternyata sering buang air kecil merupakan tanda tanda hamil muda
    mungkin sering ngidam mangga asam juga biasanya mbak, kalau ditempatku misalnya ada pasangan pengantin baru, trus dia bingung nyari mangga, pasti pikiran yang pertama muncul adalah dikira hamil

    ReplyDelete
  5. Wahh selamat ya mbak, sehat2 terus ibu dan kandungannya.
    Aku dulu ngrasainnya cuma telat haid sih, tiap telat haid langsung test wlpn g ngrasain tanda2 hamil, setelah 7 bulan barulah positif.

    ReplyDelete
  6. Aku hrs inget2 dulu apa gejala yg aku rasain dulu. Krn jujur hamilku 2x ga pake acara mual dan muntah :D. Kebo banget..

    Tapi aku sadar lagi hamil Krn telat haid itu :D. akhirnya tes dan bener.

    Naah setelah jalan bbrp Minggu baru tuh, indera pencium sensi bangetttt. Aku yg biasanya suka kari2an, jadi benci setengah mati nyium aromanya :D. Tapi ga mual, cm ga suka aja.

    Pas hamil kedua, aku benci traveling hahahahahha. Makanya 2015-2016 aku ga traveling mba. Pas lahir, si bungsu ini memang jd anak rumahan :D. Ga suka jalan dia :D. Beda Ama si sulung yg mana aku traveling Mulu bahkan sampe jalan 7 bulan. Anaknya skr kaki jalan banget :D

    ReplyDelete
  7. selamat mama kesayangan, masha Allaaaahhh Arfan mau punya adek, kusedang membayangkan, betapa kecehnya mamak-mamak dengan anak yang perbedaan usianya tidak terlampau jauh, saya aja yang beda 7 tahun ini, pengen ngumpet di bawah kasur aja rasanya tiap hari, apalagi kalau mereka udah berantem hadehhh hahahaa.

    Oh ya btw Arfan nanti udah mau 4 tahunan ya pas adeknya lahir.
    Btw selamat sekali lagi yaaa, nggak apa kalau lagi nggak mood say, jangan dipaksain, dibawah istrahat aja dulu, kebayang banget bagaimana rasanya tuh :*

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)