Pengertian dan Berbagai Fungsi TV Kabel

Pengertian dan Fungsi TV Kabel

Meskipun saat ini gadget tak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia, namun nyatanya televisi juga masih diandalkan sebagai media hiburan. Selain menjadi sumber hiburan dan informasi, televisi juga berisi berita terkini, serial sinetron, hingga film yang menghidupi suasana di rumah setiap harinya. Tak jarang bahkan ada dua atau tiga televisi di ruangan berbeda dalam rumah karena kebutuhannya yang cukup krusial untuk dimiliki sebagai hiburan murah dan mudah saat ini.

Kini, variasi jenis layanan TV dibagi menjadi dua jenis, yaitu TV berbayar dan TV gratis. Masyarakat kini banyak mencari jenis yang berbayar atau berlangganan sebagai alternatif layanan tontonan terbaik di luar layanan gratis. Untuk mendapatkan tv kabel murah dapat mengunjungi channel IndiHome TV.

Televisi kabel atau cable television adalah sistem penyiaran acara televisi lewat isyarat frekuensi radio yang ditransmisikan melalui serat optik yang tetap atau kabel coaxial dan bukan lewat udara seperti siaran televisi biasa yang harus ditangkap antena (over-the-air). Selain acara televisi, acara radio FM, internet, dan telepon juga dapat disampaikan lewat kabel.

Adapun fungsi televisi diantaranya yaitu sebagai alat informasi, media edukasi, fungsi kontrol serta menjadi media penghubung antar geografis.
           
#1. Alat Informasi
Kehadiran televisi menjadi sangat penting sebagai sarana hubungan interaksi antara yang satu dengan yang lain dalam berbagai hal yang menyangkut perbedaan, dan persamaan persepsi tentang suatu isu yang terjadi di belahan dunia ini. Dalam hal ini, massa kemudian menjadi objek dari sebuah liputan di televisi. Informasi berkaitan dengan massa kemudian diolah dalam proses olah data audio visual sebagai paket dari pengemasan informasi. Kemudian ditransmisikan melalui sebuah pancaran digital yang diterima masyarakat sebagai sumber informasi.

#2. Media Edukasi
Berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan mengembangkan media pendidikan. Yang dimaksud dengan media pendidikan adalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan. Dengan demikian tolak ukur sudut pandang media pendidikan terhadap tayangan di televisi dipandang sebagai salah satu media pendidikan, dengan catatan apabila tayangan tersebut dapat memberikan informasi yang berkualitas dan memiliki nilai pendidikan moral dan ilmu pengetahuan.

#3. Kontrol Sosial
Dalam konteks televisi sebagai kontrol sosial, televisi mempunyai sebuah fungsi sebagai gambaran kehidupan sosial dalam suatu negara. Melalui televisi, seseorang dapat mengetahui bagaimana sebuah sistem kehidupan sosial itu diciptakan. Untuk lebih konkritnya, sebuah kenyataan ini bisa kita lihat misalnya ketika kita membandingkan sebuah produk film asli Indonesia dengan produk film yang diproduksi oleh negara lain, dari situ kita bisa melihat perbedaan yang sangat menonjol.

#4. Fungsi hiburan
Sekarang ini, Indonesia sedang berada di zaman globalisasi, oleh karenanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) menjadi sangat pesat. Hal ini tak menutup kemungkinan kemajuan yang begitu pesat juga dalam berbagai bidang termasuk salah satunya industri hiburan, apalagi hal ini salah satunya dipicu oleh ambisi mengejar rating di hati masyarakat.

#5. Media penghubung secara geografis
Inilah kecanggihan teknologi yang semakin hari semakin pesat sehingga waktu yang lama terasa semakin cepat, sebuah wilayah yang luas semakin terasa sempit. Segala pekerjaan manusia semakin mudah untuk dilakukan. Semakin mudah untuk diselesaikan dengan teknologi.

Untuk kamu yang ingin mengetahui berbagai produk tv kabel murah yang ada di Indonesia, kamu bisa langsung klik channel IndiHome TV dan dapatkan promo eksklusif.

Salam,



6 comments

  1. Kebetulan saya juga udah pake IndiHome di rumah, segala aktifitas internet untuk keluarga sudah terpenuhi dengan baik. Jaringan bagus, kualitas layanan cukup memuaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya..
      WFH dan juga PJJ jadi enak yaa kalo internet lancar

      Delete
  2. Saya tadi cek Indihome tv, lumayan juga ya tidak terlalu mahal, ada yang cuma 50 ribu sebulan untuk drama Korea bahkan ada yang cuma 30 ribu.

    ReplyDelete
  3. Sampai sekarang saya masih bingung membedakan tv kabel ini, kalau yang menggunakan parabola tanpa berlangganan apakah termasuk tv kabel ya mbak? Namun channel yang tersebut sudah mencakup channel luar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai parabola sepertinya tv satelit mas bukan kabel..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)