Tren Instagram Shopping di Indonesia dan Keunggulannya Bagi Penjual Online

Tren Instagram Shopping di Indonesia


Assalamualaikum,
sudah kenal dong tentunya dengan media sosial yang cukup ternama, yaitu Instagram. Tapi bagaimana dengan fitur Instagram Shopping? Apa sudah mengenalnya semua? Khususnya bagi teman-teman yang memiliki toko online, sangat penting nih untuk mengetahui fitur yang sedang ngetren di kalangan penjual online. 

Instagram Shopping adalah fitur yang dapat membuat para penggunanya untuk berbelanja melalui foto atau video yang di unggah oleh toko online. Dengan adanya instagram shopping Indonesia ini akan membuat pengalaman seru bagi para pengguna Instagram di tanah air.

Kehadiran Instagram Shopping di Indonesia

Instagram Shopping sendiri baru diluncurkan pada bulan Juli tahun 2020, namun kehadirannya di Indonesia baru dirasakan pada beberapa bulan kemudian tepatnya di awal Oktober 2020. Kini para pengguna Instagram tak hanya dapat menggunakan Instagram sebagai media bersosialisasi saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat berbelanja. Terlebih lagi dengan adanya fenomena Influencer dan Selebgram yang membuat para pengguna ingin menggunakan produk yang digunakan mereka, lalu Instagram pun makin berkembang menjadi social commerce. 

Penggunaan fitur Instagram Shopping ini akan sangat membantu teman-teman yang memiliki toko online. Pasalnya dari 70% yang senang berbelanja, kini telah beralih menggunakan Instagram untuk mencari produk yang mereka inginkan. Hal itu tentu saja membuat keberadaan Instagram Shopping semakin mempermudah mereka untuk berbelanja dan akan semakin menarik minat mereka untuk berbelanja.

Dengan Instagram Shopping, teman-teman para penjual online dapat memberikan tag harga dan stiker pada konten yang di unggah di Instagram baik berupa foto maupun video. Hal ini akan mempermudah para calon pelanggan menemukan produk yang mereka cari, menjadikannya lebih praktis dan dapat dengan mudah membuat engage dengan konten yang teman-teman unggah di Instagram toko online.

Jadi tak hanya mempermudah teman-teman yang memiliki toko online saja, tentunya teman-teman yang berperan sebagai pelanggan semakin termudahkan dengan adanya Instagram Shopping ini. Memberikan pengalaman seru yang baru dalam berbelanja.

Mungkin teman-teman bahkan juga masih ada yang belum sadar dan mengetahui di mana bisa menggunakan fitur Instagram Shopping. Teman-teman dapat menemukan Instagram Shopping pada halaman navigasi utama, kemudian klik pada bagian tombol “Shop” di bagian atas halaman navigasi utama. 

Dalam tombol shop tersebut teman-teman dapat menemukan katalog dari brand dan bisnis yang teman-teman telah ikuti akun Instagram-nya. Selain itu teman-teman juga bisa mencari brand dan bisnis lainnya dengan klik “Browse Shop” maka akan muncul beberapa pilihan brand dan bisnis. Jika teman-teman ingin mencari produk secara spesifik dapat manfaatkan tombol pencarian dengan menggunakan kata kunci sesuai dengan produk yang ingin dicari. 

Meskipun telah hadir sejak Oktober 2020, namun penggunaan instagram shopping Indonesia tidak langsung ramai digunakan oleh para pelaku bisnis online di tanah air. Baru beberapa belakangan ini para penjual online di Instagram mulai beramai-ramai memanfaatkan fitur tersebut. Kini jika teman-teman melihat pada fitur Instagram Shopping maka akan ramai oleh brand dan bisnis online yang telah mengaktifkan Instagram Shopping. Tampilannya akan sangat terlihat menarik serta mudah untuk digunakan.

Keunggulan Instagram Shopping

Jika teman-teman yang memilki toko online belum mengaktifkan fitur Instagram Shopping ini, sebaiknya segara aktifkan untuk merasakan beberapa keunggulan fitur ini agar penjualan toko online teman-teman semakin meningkat. Teman-teman dapat merasakan keunggulan Instagram Shopping, di antaranya:

#1. Membangun dan Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan, dengan proses transaksi yang semakin mudah pada Instagram Shopping membuat pelanggan akan nyaman berbelanja sehingga penjualan teman-teman dapat meningkat. Pelanggan juga dapat melihat produk yang dijual sambil bersosialisasi. Bila ada pertanyaan terkait produk atau yang lainnya, maka para pelanggan akan dengan mudah menghubungi lewat Direct Message atau meninggalkan komentar pada kolom komentar di unggahan foto produk.

#2. Promosi Menjadi Lebih Mudah, dengan Instagram Shopping akan membantu teman-teman melakukan promosi dengan berbagai cara dan format seperti foto, video, story hingga live Instagram. Teman-teman juga dapat mempromosikan produk dengan fitur Shopping Ads atau bekerja sama dengan para Influencer dan Selebgram melalui Shopping for Creators.

#3. Menjangkau Pasar Lebih Luas, seperti diketahui Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat, baik masyarakat Indonesia maupun dunia. Untuk itu teman-teman dapat menyasar target pasar lebih luas dan lebih tepat.

#4. Memudahkan Pelanggan, dengan fitur Instagram Shopping ini akan memudahkan pelanggan berbelanja. Tentunya dengan kemudahan itu akan membuat para pelanggan senang dan lebih memilih mencari produk yang diincar lewat Instagram Shopping.

Jadi bagaimana teman-teman yang memiliki toko online apa sudah mengaktifkan Instagram Shopping di akun bisnis Instagram? Jika belum yuk segera maksimalkan penggunaan fitur tersebut untuk meningkatkan penjualan toko online teman-teman.

Teman-teman bisa segera mengaktifkan fitur tersebut dengan mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis kemudian klik Siapkan Instagram Shopping dan ikuti langkah-langkah yang tertera dan ajukan peninjauan untuk akun.

Proses pengaktifan Instagram Shopping memang terbilang panjang dan harus memenuhi beberapa persyaratan, namun teman-teman dapat dengan mudah mengaktifkan Instagram Shopping lewat layanan Solusi Instagram Shopping TokoTalk (SIST). Layanan SIST adalah layanan untuk membantu teman-teman penjual online membuat dan memiliki Instagram Shopping dengan mudah.

Caranya mudah, cukup mendaftar saja dan menunggu tim TokoTalk melayani teman-teman untuk mengaktifkan Instagram Shopping. Jika ingin menaikan nomer antrean pendaftaran agar lebih cepat dilayani, ajaklah teman sesama penjual online lainnya mendaftar layanan SIST.

Wah semakin mudah ya teman-teman bisa mengaktifkan Instagram Shopping. Tunggu apalagi nih, yuk segera bergabung dan ajak yang lainnya mendaftar SIST. Oh ya, jangan lupa siapkan website khusus toko online kamu karena menjadi salah satu syarat mengaktifkan Instagram Shopping.

Pastikan website toko online teman-teman cepat dan aman agar selalu bisa diandalkan oleh para pelanggan dan pengoperasiannya mudah. Tentunya semua ini bisa di dapatkan di TokoTalk. Tenang, semuanya GRATIS dan hanya butuh 3 menit untuk bisa menggunakan website yang teman-teman buat di TokoTalk.

Salam,



12 comments

  1. FItur yang ga disangka-sangka emang instagram shopping ini.. jadi inget dulu waktu jaman kaskus juga digunakan sebagai forum jual beli, terus karna lama di execute serius, akhirnya kaskus ketinggalan momen untuk bikin marketplace.. liat sekarang kaskus udah jarang dikunjungi T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya.. sekarang mah udah jarang org yang main kaskus..
      banyak yang baru2 bermunculan dan lebi inovatif..

      Delete
  2. pas pertama tau tampilan instagram berubah kaget juga, kok ada shopping segala. Ternyata memang ada pembaruan :D
    beberapa akun shop online yang aku ikuti akhirnya muncul di fitur itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, aku juga bingung awalnya..
      eh ternyata akun2 online shop gitu ya ngumpul disana semua.. hehe

      Delete
  3. sekarang untuk belanja onlain instagram makin memfasilitasi titik temu buyer dan seller yah mak...jadi bisa lebih tepat guna soalnya dan membiarkan yang punya toko onlain dapat menggrab sebanyak banyaknya potential custemer yang tersebar di IG

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak.. jadi peluang banget menjaring konsumen sebanyak2nya mak.. :D

      Delete
  4. Aku beberapa kali melihat2 barang yg dijual di sana mba. Tp tetep aja pas masuk ke websitenya, bbrp seller tetep menjualnya via WA, dan aku masih menghindari itu. Kecuali kalo mereka buka toko juga di shoppee ato tokped, aku msh tenang belinya. Setidaknya kalo produk dan sellernya aku blm kenal, aku masih memilih lewat marketplace. Kec udh tau siapa sellernya, udh bbrp kali beli, ya udh gpp lgs beli dari IG nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba fan.. berjaga-jaga itu penting ya..

      Delete
  5. Jujur aja aku sama sekali belum pernah buka instragram shopping, entah kenapa blm begitu tertarik malah mba hihihi

    Kalau belanja2 online biasanya shopee doang sih wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku shopee, instagram oke mba.. wehehehe

      Delete
  6. banyak barang-barang brand lucu di instagram shopping,
    jd makin betah explore instagram..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan buat cuci mata ya.. walaupun gak belanja.. hihi

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)