Ketahui 5 Jenis Startup yang Ada di Indonesia, No.3 Bisa Mencerdaskan Bangsa


Jenis Startup yang Ada di Indonesia

Memasuki era digital, jenis Startup yang ada di Indonesia semakin bertambah dan berkembang pesat. Hal ini sejalan dengan berkembangnya kemajuan teknologi dan juga pengguna internet di Indonesia.  Berdasarkan data dari kompas.com, pengguna internet di Indonesia pada awal tahun 2021 mencapai angka 202,6 jiwa, meningkat 15,5 persen dari tahun sebelumnya.

Tentu pengguna internet yang semakin meningkat ini, menjadi angin segar bagi perusahaan Startup untuk merintis usahanya. Sebab, bisnis Startup identik dengan perusahaan yang berkaitan dengan teknologi, website dan internet. 

Memangnya, apa sih yang dimaksud dengan perusahaan Startup?

Yaps, Startup merupakan sebuah perusahaan rintisan yang belum lama bergerak, biasanya berusia dibawah 5 tahun. Dan karena identik dengan perusahaan yang berbasis teknologi, maka produk atau jasa yang ditawarkan bergerak secara online serta memiliki website resmi. 

Jenis Startup yang Ada di Indonesia

Tak mau kalah dengan negara lain, di Indonesia juga banyak sekali bermunculan perusahaan Startup. Dampak positifnya tentu saja dapat membantu meningkatkan perekonomian di Indonesia. Pun masyarakat juga terbantu dalam mencari kebutuhannya. 

Adapun jenis Startup yang ada di Indonesia dibagi menjadi beberapa bidang, diantaranya yaitu :
  • Bidang Ekonomi Perdagangan atau E-Commerce
  • Bidang Transportasi
  • Bidang Pendidikan atau Edukasi
  • Bidang Kesehatan
  • Bidang Game atau Permainan

#1. Startup di Bidang Perdagangan atau E- Commerce

Masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan e-commerce, apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini, E-commerce sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan tanpa harus pergi keluar rumah. Dengan demikian, dapat mengindari kerumunan dan juga terhindar dari virus Covid-19. 

Karenanya, tak heran bila Startup di bidang e-commerce paling banyak dijumpai di Indonesia. Sebab, e-commerce menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin berbelanja dengan mudah melalui aplikasi. 
Berbagai contoh Startup e-commerce yang ada di Indonesia diantaranya yaitu, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, JD.Id, dan lain-lain. 

#2. Startup di Bidang Transportasi

Tak hanya bidang e-commerce saja, era digital juga membawa perubahan signifikan pada kebiasaan masyarakat dalam hal transportasi. Yaps, dengan bermunculnya Startup di bidang transportasi seperti Gojek atau Grab, tentu sangat memudahkan masyarakat dalam mencari kendaraan. Sebab, cukup memesan melalui aplikasi, driver datang ke lokasi kita dan siap mengantar pelanggan ke tempat tujuan. Praktis dan gak ribet lagi deh. 

#3. Startup di Bidang Pendidikan

Pandemi yang terjadi saat ini juga membawa dampak di sektor pendidikan, yakni yang awalnya proses belajar mengajar dilakukan secara offline di dalam kelas, kini dilakukan secara daring atau online. Hal inilah yang menyebabkan munculnya berbagai Startup di bidang pendidikan. Tujuannya tentu saja agar memudahkan siswa-siswi dalam hal belajar atau memahami pelajaran. Selain itu, Startup di bidang pendidikan juga sangat penting bagi pembangunan bangsa. 

Berbagai Startup di bidang pendidikan yang berkembang di Indonesia diantaranya yaitu Platform kursus atau bimbingan belajar online. Startup tersebut menyediakan layanan pendidikan dengan menghubungkan dengan tenaga pendidik dengan siswa ataupun masyarakat yang membutuhkan. Contohnya seperti, Ruangguru, Zenius, Arkademy dan masih banyak lagi. 

#4. Startup di Bidang Kesehatan

Startup di bidang kesehatan juga kian menjamur di Indonesia karena dapat menyediakan solusi kesehatan secara online. Adapun layanan yang diberikan biasanya yaitu membantu pengguna dalam mendapatkan informasi kesehatan. Dan yang paling penting adalah dapat menghubungkan pengguna dengan tenaga kesehatan langsung, tanpa harus datang ke rumah sakit atau klinik. Contoh Startup di bidang kesehatan diantaranya yaitu, Halodoc, Sehatq, Klikdokter dan masih banyak lagi. 

#5. Startup di Bidang Game atau Permainan

Tak dipungkiri, salah satu cara masayarakat Indonesia dalam menghabiskan waktu luangnya adalah dengan bermain game. Tak heran bila Startup di bidang game juga banyak bermunculan. Genre game yang dikembangkan juga cukup beragam, mulai dari teka-teki, sport, racing, MOBA hingga FPS

Demikianlah, berbagai jenis Startup yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Btw, adakah teman-teman yang bekerja di Startup? Boleh dong share pengalamannya dikolom komentar. 

Salam,


Sumber referensi :
https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta.


4 comments

  1. Saya pengguna setia startup nomor satu dan dua, hehe. Dengan adanya startup-startup ini urusan kita jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  2. Setelah diinget2, baru sadar temenku yg kerja di startup msh dikiiiiiit banget, ada tapi ga banyak. Start up yg dia ciptain itupun msh blm nyaingin startup yg udh punya nama besar, tapi aku ttp salut dia mampu.

    Yg paling aku srg gunain pastinya yg bergerak di bidang transportasi dan ekonomi :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren ya kalo bisa kembangin start up..
      hihi.. sama mbaa aku pun transportasi dan ecommerce sih.. hehe

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)