Mengenal Aplikasi eMET: Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital Pertama di Indonesia

Mengenal Aplikasi eMET : Meterai Elektronik dan Tanda Tangan Digital Pertama di Indonesia

Aplikasi eMET

Sejak menekuni profesi menjadi blogger, seringkali saya mendapatkan surat perjanjian atau MoU yang mana surat ini biasanya saya tandatangani diatas meterai, lalu saya kirimkan kembali kepada klien melalui kantor pos. Namun bagi saya, cara seperti ini sangat tidak efisiensi waktu.

Beruntungnya sih, saat ini sudah ada aplikasi eMET, yaitu aplikasi Meterai Elektronik dan Tanda Tangan digital pertama di Indonesia. Melalui aplikasi EMET, dokumen digital dapat disahkan dengan menggunakan Meterai Elektronik & Tanda Tangan Elektronik resmi dari Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI)

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi eMET 

eMET adalah aplikasi yang menyediakan layanan manajemen dokumen kontrak digital dengan menggunakan produk sertifikat elektronik, tanda tangan elektronik, dan meterai online resmi dan sah yang disediakan oleh Peruri. 

e-Meterai yang merupakan pajak atas dokumen elektronik ini berguna untuk menjadikan suatu dokumen elektronik dapat digunakan sebagai alat bukti di pengadilan. Hal ini tercantum dalam Undang Undang No. 11 Tahun 2008 (UU ITE) Pasal 5 ayat (1) yang menyebutkan bahwa dokumen elektronik merupakan alat bukti hukum yang sah. Hal ini menjadikan kedudukan dokumen elektronik disamakan dengan dokumen kertas. Hal tersebut membuat perlunya equal treatment antara dokumen kertas dengan elektronik.

Hal ini tentu saja memudahkan dalam menjalankan kegiatan usaha, yang mana kini transaksi secara elektronik semakin berkembang. Dengan adanya aplikasi eMET, kontrak dapat dilakukan secara elektronik melalui jaringan internet. 

Pun demikian dengan saya sebagai blogger, dengan adanya aplikasi eMET, kini saya tak perlu lagi mengirimkan kontrak kerja atau surat perjanjian melalui kantor pos, karena semua sudah bisa dilakukan melalui aplikasi saja. 

Keunggulan Aplikasi eMET

Adanya aplikasi eMET membuat saya lebih gampang bikin tenang. Karenanya, kini saya cukup sering menggunakan aplikasi eMET. Berikut beberapa alasan mengapa saya memilih untuk menggunakan aplikasi eMET

#1.  Aman dan Terjamin

Menggunakan aplikasi eMET tak perlu khawatir akan keamanannya, sebab Aplikasi EMET menggunakan sistem otentikasi berlapis untuk memastikan pihak pembubuh e-Meterai dan e-Signature dilakukan oleh pihak yang benar dan tidak dapat diwakilkan oleh orang lain.

#2.  Sah Secara Hukum

Aplikasi eMET juga telah sah secara hukum. Produk meterai elektronik dan tanda tangan elektronik yang ada di aplikasi EMET disediakan oleh PERURI sehingga seluruh surat berharga dan dokumen digital yang dibubuhi menjadi sah secara hukum dan nirsangkal.

#3.  Mudah Digunakan (User Friendly)

Dan yang terpenting adalah aplikasi eMET ini sangat praktis dan user friendly sehingga mudah digunakan. Melalui aplikasi eMET, pengguna bisa menandatangani sendiri dokumen digital atau meminta pihak lain untuk menyetujui dokumen yang sama. Pengguna juga bisa menyimpan atau mengelola dokumen secara lebih aman serta dapat memantau status dokumen dengan audit trail.

Cara Mudah Menggunakan Aplikasi eMET

Untuk menggunakan aplikasi eMET seperti membuat e-Meterai dan e-Signature caranya sangat mudah. Pertama, kamu harus download aplikasi eMET terlebih dahulu melalui google Play Store, lalu registrasikan akun kamu. Setelah itu, 

  • Unggah Dokumen digital dalam format PDF yang akan dibubuhi e-Meterai dan e-Signature dari perangkat ponsel melalui aplikasi eMET
  • Kamu juga bisa menambahkan para pihak yang terlibat untuk membubuhka e-Meterai dan e-Signature melalui fitur kontak dengan data yang telah disimpan
  • Tentukan spot dalam dokumen dimana e-Meterai akan dibubuhkan. Lalu kirim permintaan kepada pihak lain dengan satu kali klik saja.
Gimana, mudah kan caranya? Dengan aplikasi eMET, kita bisa tanda tangan dan meterai elektronik dari mana saja. Yuk segera download aplikasi Meterai di smartphone dan rasakan berbagai kemudahannya.

Salam,


4 comments

  1. Wahh sebuah inovasi baru nih materai dan tanda tangan digital dalam satu aplikasi. Lebih memudahkan dan tidak harus pindah-pindah aplikasi lagi, semua langsung jadi satu dan urusan berkas baik penempelan materai dan tanda tangan sudah terselesaikan secara online.

    ReplyDelete
  2. ooo jadi appnya emet ya mba, soalnya dikantor kn aku terima invoice terus, udah banyak supplier yg pake e-materai emang, lebih praktis emang ya mba, minim salah, sayang bgt kalau ada salah selembar meterai skrg 10rb

    ReplyDelete
  3. Jujur saya baru tau aplikasi eMET ini, maklumlah saya jarang tanda tangan surat bermeterai. Selain mempermudah urusan penggunaan aplikasinya pun sangat simpel.

    ReplyDelete
  4. Aku seneng dengan adanya e-materai Krn beberapa transaksi perbankan juga jadi gampang. Dulu tiap kali mau convert IDR ku menjadi foreign currency, itu wajib TTD dokumen deklarasi yg pakai materai, udah aturan OJK soalnya. Tapi skr sejak ada e-materai ini, aku jadi bisa transaksi via telp, dan dokumennya jadi digital. LBH gampang jadinya 😄

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)