Serba-Serbi Bahan Taslan : Mengenal Lebih Jauh Karakteristik dan Peruntukannya


Serba-serbi kain taslan

Dalam dunia konveksi, terdapat beragam jenis bahan dengan beragam karakteristik yang punya kegunaannya masing-masing, salah satunya adalah bahan taslan . Para vendor konveksi jaket profesional tentunya akan sangat memahami hal ini. 

Namun, sebagai konsumen, sebaiknya mencari tahu lebih jauh mengenai jenis kain untuk pakaian yang akan dipesan. Caranya dengan menyimak artikel tentang kain taslan berikut ini!

Bahan Taslan, Karakteristik dan Peruntukannya

Kain taslan dibuat dengan menggunakan serat polyester. Serat polyester sendiri merupakan serat sintetis. Namun, jangan khawatir, meski sintetis, kemampuannya dalam menyerap keringat cukup baik.
Nah, supaya ulasannya mengenai kain taslan lebih lengkap, poin-poin di bawah akan menjelaskan lebih banyak terkait kain yang satu ini!

Karakteristik

Terbuat dari serat polyester, kain taslan punya karakteristik yang kuat. Selain itu, kain taslan juga cenderung lebih tahan air. Hal ini karena penggunaan benang microfiber pada saat pemintalannya. Benang microfiber sendiri merupakan jenis benang yang lebih tipis dibandingkan rambut. Penggunaan benang jenis ini memungkinkan pemintalan yang lebih rapat, sehingga akan lebih sulit untuk ditembus air.

Faktor lain yang membuat kain jenis ini tahan air ialah adanya lapisan bernama Nuva. Nuva merupakan substansi yang punya peran seperti teflon, sehingga bisa membuat kain menjadi tahan terhadap air. Lapisan ini juga cenderung membuat kain taslan lebih tebal. 

Kedua sifat yang dimiliki kain taslan ini, yakni kuat dan tahan air membuat kain jenis ini akan sangat sesuai jika digunakan sebagai bahan pakaian untuk aktivitas luar ruangan. Apalagi, kain taslan juga lebih tebal dibanding kain dengan karakteristik yang hampir sama, yakni parasut.

Kelebihan dan Kekurangan

Sebagaimana jenis kain lainnya, kain taslan juga punya aneka kelebihan dan kekurangan. Kelebihan yang dimiliki oleh kain taslan di antaranya adalah sifat anti air yang dimilikinya. Ketahanan kain taslan terhadap air tak perlu diragukan. Bahkan, jika kamu menyiramnya dengan air sebanyak satu ember, kain ini tak akan basah. Hal ini tentunya menjadi kelebihan yang jarang dimiliki oleh kain-kain jenis lain. 

Selain sifat tahan airnya, kain taslan juga memiliki sifat anti jamur. Hal ini akan sangat sesuai jika kamu tinggal di daerah yang punya kelembaban udara tinggi. Baju dengan bahan taslan tak akan cepat rusak dimakan jamur. Selain itu, kain jenis ini juga cenderung lebih cepat kering dan bahkan mampu menjaga kelembaban di badan Anda.

Jenis-Jenis Kain Taslan

Ada beragam jenis kain taslan yang perlu kamu tahu. Jenis-jenis kain ini akan sangat menentukan peruntukannya. Jenis kain taslan yang pertama ialah taslan salur. Taslan ini akan sangat sesuai jika dimanfaatkan sebagai bahan membuat custom jaket

Kedua, ialah taslan milky yang cocok jika dimanfaatkan untuk membuat tas hingga bean bag. Ketiga adalah taslan coating bening, kain taslan ini juga sesuai untuk membuat tas dan jaket. 

Keempat adalah taslan balon. Kain taslan jenis ini kurang sesuai jika dipakai sebagai bahan pakaian sebab cenderung panas, karena itu biasanya dimanfaatkan sebagai bahan tenda. Kelima ialah kain taslan latex. Kain taslan ini tampilannya mirip dengan taslan balon, namun ketahanan airnya sangat berbeda.

Keenam, ialah kain taslan parasut. Kain ini merupakan jenis bahan taslan yang paling umum dipakai. Bukan hanya dimanfaatkan sebagai pakaian saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk aneka perabotan outdoor seperti tenda, tas, dan body cover.

Itulah bahasan singkat terkait serba-serbi bahan taslan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya..

Salam,





7 comments

  1. Berarti kain taslan cocok buat jas hujan ya mbak, soalnya kan anti air, kalo kehujanan jadi ngga basah.

    Itu disiram air seember ngga basah, tapi kalo kebanjiran terus kainnya hanyut kira-kira basah enggak ya? 😂

    ReplyDelete
  2. Informasi yang bermanfaat kak

    ReplyDelete
  3. Oalaaah bahan Taslan itu yg utk jaket ya biasanya? Aku selama ini tau bahan anti air, tapi ga tau namanya Taslan 😄.

    Tapi ternyata banyak jenisnya juga ya mba. Aku sendiri bahan begini mah baru dipake kalo beneran sedang hujan atau ke tempat yg becek biar baju ga kotor.

    ReplyDelete
  4. Kalau anti air gimana cara mencucinya seandainya jaket dari bahan taslan ini kotor?

    ReplyDelete
  5. Mbak aku blm bisa membayangkan bahan taslan itu yg seperti apa, karena jaketpun bahannya beraneka macam hihihi, mungkin aja aku udah pernah tau atau bahkan punya, cuma ga tau aja kalau itu bahan taslan hihihi

    ReplyDelete
  6. Saya baru tahu tentang bahan taslan

    ReplyDelete
  7. Baru tahu saya kalau kain gitu namanya kain Taslan, jadi ingat dulu lagi booming orang bikin custom jaket, ada yang bikin jaket couple, apalagi dulu tuh yang namanya jaket kayaknya penting banget, sekarang aja tuh saya udah nggak terlalu sering pakai jaket :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)