Aneka Manfaat Seragam yang Wajib Kamu Tahu


Manfaat Seragam

Dunia kerja saat ini lekat dengan yang namanya flexibility. Bukan hanya dari segi waktu, melainkan juga dari segi fashion ketika pergi bekerja. Orang-orang sekarang lebih suka bekerja dengan gaya yang santai. Seragam pun mulai jarang dipakai. Padahal ada aneka manfaat seragam dalam dunia kerja.

Apa sajakah aneka manfaat itu? Simak artikel ini sampai tuntas ya!

6 Manfaat Seragam yang Wajib Kamu Tahu

Aneka Manfaat Seragam Bisa Mendongkrak Kinerja Perusahaanmu Loh!

#1. Menjadi Bentuk Identitas

Hal ini bisa dibilang menjadi fungsi dan manfaat utama dari sebuah seragam. Seragam akan membedakan karyawan perusahaanmu dengan karyawan perusahaan lain. Selain itu, kamu juga bisa membuat klasifikasi yang lebih mendetail untuk setiap bagian di perusahaanmu. Misal, kamu bisa memberi warna seragam yang berbeda antara operator mesin dengan helper.

Hal ini tentunya akan lebih memudahkan tim manajemen guna melakukan pengorganisasian pada perusahaan.

#2. Media Promosi

Seragam juga bisa dimanfaatkan untuk media promosi loh!
Bagaimana bisa?
Hal ini karena sehelai seragam mengandung logo dan identitas perusahaanmu. Sehingga ketika karyawan berangkat dan pulang kerja, mereka akan dikenali bekerja di perusahaan mana, dan hal ini secara tak langsung tentu juga makin meluaskan nama perusahaanmu di mata masyarakat bukan?

#3. Membuat Tim Semakin Solid

Seragam merupakan sebuah bentuk identitas dari suatu kelompok pekerja. Memutuskan untuk memberi seragam pada pegawaimu bisa jadi akan semakin menguatkan rasa solidaritas di antara mereka.
Hal ini tentunya akan mendukung kerja sama yang mereka lakukan ketika sedang bekerja. Di mana, pada akhirnya, rasa solidaritas ini juga akan mendongkrak kinerja perusahaanmu.

#4. Menjamin Keamanan Kerja

Penggunaan seragam juga bisa memberi jaminan keamanan kerja pada pemakainya. Hal ini utamanya jika pemakai seragam bekerja di luar ruangan yang punya risiko kerja tersendiri. Misalnya di perusahaan tambang.

Pemberian seragam akan memberi standar keamanan dalam berpakaian dengan jelas. Hal ini karena pembuat seragam tentunya sudah memperkirakan dari segi desain dan pemilihan bahan. Sehingga seragam yang dipakai akan sangat sesuai dengan lingkungan kerja si karyawan dan pastinya menjamin keamanan di antara mereka.

#5. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Percaya atau tidak, perusahaan yang memberi seragam kerja pada pegawainya akan lebih dipercaya oleh masyarakat dibandingkan yang tidak. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah jalan bagi perusahaan untuk menaikkan citra di masyarakat.

Namun hal ini juga harus dibarengi dengan pelayanan dan kinerja yang mumpuni. Sehingga setiap masyarakat membutuhkan layanan yang perusahaan tawarkan, maka ia akan mengetahui seberapa baik kualitas perusahaan tersebut.

Penggunaan seragam akan menguntungkan diterapkan pada perusahaan yang memberi layanan langsung pada konsumennya. Misalnya, swalayan, toko, bahkan layanan provider internet. 

#6. Memberikan Rasa Bangga

Pemberian seragam pada pegawai perusahaanmu juga akan meningkatkan rasa bangga di dalam diri mereka. Utamanya jika perusahaanmu merupakan perusahaan yang cukup bonafide di mata masyarakat.
Pegawai akan dengan bangga dan nyaman menggunakan seragam kerjanya bahkan ketika berkegiatan di luar kantor. Hal ini juga akan menjadi kesempatan untuk membuat perusahaanmu semakin dikenal loh!

Dengan demikian, karyawan akan gembira, dan perusahaan mendapatkan promosi secara gratis! Menarik sekali bukan?

Bagi kamu yang ingin membuat custom seragam untuk perusahaan, bisa menyerahkan ke green garment indonesia. Vendor konveksi yang telah berdiri sejak 2014 ini sudah menangali ratusan klien di seluruh indonesia. 

Itulah aneka manfaat penggunaan seragam yang wajib kamu tahu. Meski memberi kesan kaku dan formal, ternyata ada aneka manfaat seragam pada peningkatan kinerja perusahaan. Jadi bagaimana, mau menerapkan penggunaan seragam di perusahaanmu atau tidak nih?

Salam,


2 comments

  1. Dulu pas kerja di HSBC semua staff yg kerja di cabang dan ketemu nasabah wajib pakai seragam. Aku seneng mba, Krn aku ga pusing mikirin pake baju apa hari ini 🤣. Karena udah disediain kantor kan buat dipakai 5 hari kerja. Dulu bagus tuh seragam kantorku, apalagi yg pas awal2 masuk di design Ama poppy Dharsono. Walopun kemudian setelah bbrk THN, diganti designer lain dengan alasan saving cost 🤣. Tapi tetep aku msh suka seragamnya. Intinya kalo suatu perusahaan pakai seragam, banyak benefitnya sih. Jadi staff ga pusing juga sediaiin budget buat pakaian kantor. Ga mungkin juga pake itu2 aja kan.

    ReplyDelete
  2. Aku pengen bgt pake seragam, jd bisa cut budget beli baju kerja, ga pusing juga mikirin baju kerja hihihi, tp sayangnya di kantorku ga ada seragam hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)