Cara Mudah Membuat Cappucino Ala Omela


cappucino ala omela

Kemana pun kamu pergi, sekarang ini kamu tentu akan sering menemukan coffee shop atau café yang menyajikan beragam jenis kopi. Tentu hal itu tidak boleh dilewatkan terutama bila kamu seorang pecinta kopi.

Namun, kini terdapat rasa baru untuk menikmati kopi yang jarang ditemukan. Yaitu rasa dari hasil kreasi kopi ala Omela. Kamu tidak perlu bingung, karena menu ini tidak begitu sulit untuk dicoba.

Salah satu yang bisa kamu siapkan dalam membuat cappuccino ala Omela Foaming Milk Professional. Untuk itu, kami akan merangkum cara mudah membuat cappucino ala Omela untuk kamu. Yuk simak selengkapnya!

Alat dan Bahan

Untuk cara mudah membuat cappuccino, hal pertama yang perlu kamu persiapkan tentunya alat dan bahan. Alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan adalah:

#1. Biji kopi
Tentunya untuk membuat cappucino, kamu perlu menyediakan biji kopi. Untuk takaran pas, kamu perlu mempersiapkan sekitar 20 gram kopi untuk 60 ml air. 

#2. Timbangan
Jangan lupa menggunakan timbangan agar rasio kopi dan rasio air pas. Dengan timbangan, kamu dapat mencegah kegagalan seperti kopi yang terlalu encer. Karena cappucino merupakan salah satu kopi yang takarannya harus seimbang.  

#3. Penggiling Kopi
Setelah biji kopi dan timbangan kopi siap, kamu perlu menggunakan penggiling kopi agar biji kopi tersebut dihaluskan dengan baik. Ini juga akan membuat rasa cappucino kamu nanti lebih segar karena menggunakan bahan alami.

#4. Omela Foaming Milk Professional
Dan dalam membuat cappucino, tentu kamu membutuhkan susu. Karena kita akan membuat cappucino ala omela, kamu perlu menggunakan susu Omela Foaming Milk Professional. 

Selain harganya terjangkau, susu ini juga akan membuat tekstur cappucino kamu lebih creamy karena susu ini memang secara khusus digunakan untuk membuat foam. Tidak perlu khawatir cappucino akan terasa kemanisan, karena Omela Foaming Milk Professional tidak mengandung gula. 

#5. Air
Untuk air, yang perlu kamu persiapkan adalah air minum dengan suhu sekitar 90 derajat celcius. Atau, kamu dapat merebus air dan diamkan selama 2 menit untuk mendapatkan suhu yang sama. Mengapa hal itu penting? Karena air dengan suhu yang pas tentu akan memudahkan kopi larut dan memberikan keseimbangan pada cappucino. 

#6. Aeropress atau Presso
Selanjutnya adalah menyiapkan Presso atau aeropress. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengekstrak saripati kopi. Kamu tidak perlu memiliki keduanya karena jika kamu tidak memiliki presso kamu dapat menggunakan aeropress, begitupun sebaliknya. 

#7. French Press
Alat lainnya yang perlu kamu siapkan atau french press. French press merupakan alat seduh manual yang umum digunakan oleh setiap orang untuk membuat kopi. Alat ini juga dapat menggantikan fungsi streamer pada mesin espresso yang biasanya digunakan untuk membuat steam milk. 

#8. Milk Frother
Selanjutnya adalah alat yang akan kita gunakan untuk membuat foam. Sebab cappucino tidak hanya membutuhkan kopi dan steam milk, melainkan juga foam sebagai campurannya.

#9. Server
Jangan lupa menyiapkan server atau wadah berupa cangkir berkapasitas 250 ml untuk menyajikan cappucino. Namun, cangkir atau gelas apapun dapat kamu gunakan menyesuaikan dengan takaran dan selera kamu.

Proses Pembuatan Cappucino

Setelah semua alat dan bahan tersedia, selanjutnya tentu saja membuat cappucino. Terdapat beberapa langkah untuk membuat cappucino, dan ini perlu kamu perhatikan agar cappuccino kamu tidak gagal.


#1. Membuat Espresso
Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat espresso. Kamu hanya perlu memasak air hingga mendidih lalu diamkan selama 2 menit untuk mendapatkan suhu 90 derajat celcius. 

Sembari menunggu, kamu perlu menggiling biji kopi yang telah ditakar lalu hasil gilingannya dimasukkan ke dalam aeropress atau presso. Setelah itu, kamu perlu mengekstrak kopi tersebut dan menambahkan air yang telah direbus tadi. 

Setelah semuanya selesai, kamu hanya perlu menyajikan cappucino ke dalam cangkir.


#2. Membuat Steam Milk
Nah, untuk membuat steamed milk, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memanaskan susu sekitar 2 menit untuk mendapatkan suhu yang sama yaitu 90 derajat celsius. 

Setelah itu, susu tersebut harus kamu press menggunakan French press. Lakukan hal tersebut hingga susu mengeluarkan micro buih dan menghasilkan tekstur yang pas untuk cappucino. Untuk durasinya, kamu hanya perlu melakukan ini sekitar 1-2 menit.


#3. Membuat Foam
Selanjutnya untuk membuat foam, mirip seperti steamed milk. Panaskan dahulu sampai Omela Foaming Milk Professional pada suhu 90 derajat celsius, lalu gunakan milk frother dan aduk secara naik turun susu sekitar 30 detik hingga terbentuk foam sesuai selera.


#4. Peracikan
Jika cappucino, steam milk, dan foam milk telah tersajikan di dalam cangkir, tahap akhirnya adalah melakukan peracikan, gunakan rasio 1:1:1 untuk setiap bahan. Pastikan kamu menuang foam milk ke dalam cappucino secara perlahan agar tidak tumpah dan hasil akhirnya terlihat cantik.

Sebagai tambahan, kamu dapat membubuhkan bubuk cokwlat, kayu manis, atau hiasannya apapun sesuai selera kamu. 

Nah, itu tadi cara mudah membuat cappucino ala Omela untuk café kamu. Dengan omela, cappucino buatan kamu tentunya akan berbeda dengan cappucino buatan café lainnya. 

Omela Foaming Milk Professional diformulasikan khusus untuk para pelaku bisnis kedai kopi dan barista yang membutuhkan foaming dalam sajian kopi seperti cappuccino, latte, mocha, flat white dan lainnya. OMELA Foaming Milk ciptakan microfoam yang shiny, lembut, tebal dan stabil hingga 30 menit. Sementara dari segi rasa, OMELA Foaming Milk Professional tidak mengandung gula tambahan sehingga netral dan memberikan rasa akhir yang balance antara medium sweet dan medium creamy.

OMELA Foaming Milk Professional juga memiliki keunggulan yaitu jangka waktu penyimpanan lebih panjang sampai dengan 9 bulan di suhu ruangan dalam kondisi kemasan belum dibuka. OMELA Foaming Milk Professional hanya perlu didinginkan sebelum penggunaan sehingga tidak memerlukan penyimpanan di chiller, yang membuat pengusaha kopi bisa lebih berhemat operasional listrik. Sebelum digunakan, OMELA Foaming Milk for Professional disarankan untuk disimpan terlebih dahulu dalam kulkas dengan suhu 4 derajat celcius untuk bisa memberikan hasil foaming yang lebih maksimal.

Pastikan kamu menyediakan stok susu omela foaming yang banyak untuk membuat cappucino. Selamat mencoba!

Salam,


2 comments

  1. Aku yg termasuk suka ama cappucino mba, tapi blm pernah nyobain omela punya, kapan2 pasti aku cobain.

    ReplyDelete
  2. Belum pernah sih bikin sendiri mba, Krn besar kemungkinan kalo pake step2 yg bener, pasti gagal aku nya 🤣🤣🤣. Mana alatnya ga punya satupun 😄

    Tapi cappucino kopi fav ku. Lebih bisa diterima lidah, trus latte juga oke.

    Untungnya aku punya Kaka ipar barista 😄. Jadi dia sering bikin kopi tiap kali kami ke rumahnya. Kopi yg dia racik sendiri kadang. Dan enaaaak. Itu alat2nya dia punya komplit.cuma kalo susu seingetku dia pake brand lain. Coba ntr aku rekomendasiin omela ini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)