Tips Memilih Instruktur Gym Terbaik untuk Program yang Optimal



Peran instruktur gym atau yang dikenal juga sebagai personal trainer sangatlah penting, apalagi untuk menunjang kebutuhan olahraga bagi seorang pemula. Karena tidak jarang diantaranya yang salah kaprah dalam melakukan latihan atau olahraga, sehingga target yang diharapkan tidak bisa dicapai secara optimal. 

Karena pada dasarnya olahraga ini memang tidak hanya ditujukan untuk kesehatan saja, banyak juga yang mengharapkan manfaat lain seperti membentuk badan sampai dengan menurunkan berat badan. Jadi tidak cukup hanya dengan melakukan latihan secara mandiri di rumah, tetapi juga penting untuk dibantu dengan seorang personal trainer yang bisa menjalankan program latihan ini di tempat gym langganan ataupun juga program di rumah, asalkan ada sarana prasarana yang memadai, sehingga tinggal panggil saja pelatih ke rumah. Ini cocok untuk kamu yang malas untuk datang ke tempat gym secara langsung. 

Tips Memilih Instruktur Gym Terbaik

Dengan adanya instruktur gym maka nantinya akan mempermudah kamu untuk menemukan pilihan latihan yang tepat. Kamu juga akan dibantu serta dipantau bagaimana perkembangan program yang sedang dijalankan tersebut. Apakah sudah sesuai dengan target yang diharapkan ataukah tidak. 

Namun jangan sampai asal dalam memilih seorang personal trainer, ikuti beberapa tips berikut ini agar mendapatkan yang terbaik, 

#1. Tetapkan Tujuan

Kamu harus tahu apa tujuan yang ingin diraih dengan mengikuti kegiatan olahraga ini, karena pada dasarnya berbeda tujuan maka akan berbeda pula jenis latihan serta personal trainer tepat yang akan memandu nantinya. Kamu juga harus mempertimbangkan beberapa aspek disini, seperti usia, tingkat keterampilan serta waktu luang yang dimiliki untuk bisa melakukan latihan tersebut karena hal-hal semacam ini juga ikut mempengaruhinya. 

#2. Meminta Rekomendasi

Tidak ada salahnya juga untuk meminta referensi dari teman atau keluarga terdekat yang sebelumnya sudah pernah menggunakan jasa seorang personal trainer. Biasanya mereka akan merekomendasikan yang terbaik sesuai dengan pengalaman yang pernah dilalui, juga akan mencegah kamu memilih pelatih yang kurang bagus. Apalagi pelatihan gym sekarang ini ada banyak dengan berbagai bidang yang berbeda-beda. 

#3. Lakukan Konsultasi Terlebih Dahulu

Jangan buru-buru dalam menjatuhkan pilihan. Alangkah baiknya jika memilih seorang pelatih setelah kamu melakukan konsultasi. Karena tidak jarang diantaranya personal trainer yang menyediakan layanan konsultasi secara gratis yang dapat dicoba oleh calon peserta mereka. Dari konsultasi yang dilakukan ini setidaknya kamu juga bisa mendapatkan gambaran penilaian mengenai kualitas mereka, apakah memang layak atau tidak untuk dipilih. 

#4. Utamakan Pelatih Yang Sudah Bersertifikat

Jangan asal pilih yang masih abal-abal meskipun mungkin dari segi tarif mereka cenderung lebih murah atau terjangkau. Jika ingin mendapatkan kualitas yang terbaik maka pastikan yang sudah punya sertifikat. Ada banyak diantaranya organisasi di Indonesia yang mengesahkan pelatih pribadi, serta tentunya ini bisa menjadi tolak ukur penilaian untuk mendapatkan yang sudah bersertifikat, karena sudah pasti mereka akan bekerja sesuai dengan standard yang ada. 

#5. Memiliki Latar Belakang Pendidikan yang Relevan

Misalnya adalah sarjana bidang olahraga, tentunya ini lebih baik untuk dipilih, dibandingkan dengan yang bidang pendidikannya tidak relevan, atau mungkin yang latar belakangnya adalah nutrisi serta kinesiologi juga pas untuk dijadikan pilihan. 

#6. Sesuaikan dengan keinginan

Pada akhirnya setiap orang punya preferensi yang berbeda-beda terkait dengan pelatih yang mereka harapkan, sehingga bisa juga mempertimbangkan hal ini, mungkin ada yang lebih nyaman dengan personal trainer yang punya gender sama atau mungkin juga memilih berdasarkan dengan penampilan mereka dan sejenisnya, hal ini dapat disesuaikan dengan keinginan masing-masing. 

Gampang-gampang sulit memang memilih instruktur gym yang tepat. Namun sekarang ini Anda bisa lebih mudah melakukan olahraga dari mana saja dengan layanan dari FIT HUB, disana bisa menemukan berbagai pilihan kelas kebugaran yang ingin dilakukan. mulai dari kelas dance, kekuatan, cardio dan sebagainya. Bahkan menariknya lagi program ini juga menawarkan uji coba gratis yang dapat diikuti. Tidak ada alasan untuk malas olahraga karena sudah ada program onlinenya.


Salam,


No comments

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)