Thursday, January 31, 2019

Diary Mpasi Arfan : Menu 4 Bintang



Setelah Arfan lulus MPASI menu tunggal selama 14 hari, selanjutnya saya memberikan MPASI menu 4 Bintang. Menu 4 bintang adalah menu makanan yang mengandung empat unsur gizi, yaitu Karbohidrat, Protein Nabati (Prona), Protein Hewani (Prohe) dan Sayuran. Selain keempat unsur tersebut, komponen lain yang juga penting ditambahkan dalam menu 4 bintang adalah lemak tambahan. Lemak ini biasanya berupa minyak evoo, keju atau unsalted butter. Lemak tambahan ini diberikan saat makanan akan disajikan, jadi tidak dicampurkan ketika masak.

Pemberian lemak tambahan berfungsi untuk melengkapi asupan nutrisi dan juga bagus untuk pertumbuhan otak bayi. Selain itu lemak juga berperan dalam melarutkan vitamin yang ada di dalam menu MPASI,  juga dapat dijadikan sebagai booster penambah berat badan bayi. 





Tujuan pemberian Mpasi 4 bintang adalah agar kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi, mengingat, kehidupan anak di dua tahun pertamanya merupakan masa emas. Dimana pada masa ini, anak memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, termasuk pertumbuhan otaknya. Oleh karenanya, penting untuk memberikan gizi yang seimbang agar dapat terhindar dari mal nutrisi, berat badan rendah atau stunting. 

Mengutip dari laman hellosehat.com 

"otak yang tidak menerima rangsangan yang tepat selama periode kritis, akan sangat sulit untuk otak “menyambungkan” kembali dirinya di lain waktu. Ketidakcukupan gizi sebelum lahir dan pada tahun-tahun pertama kehidupan dapat sangat mengganggu perkembangan otak dan menyebabkan gangguan neurologis dan perilaku, seperti ketidakmampuan belajar dan keterbelakangan mental. 

Serem kan ya dampak untuk kedepannya nanti? maka dari itu saya mau memberikan yang terbaik untuk anak saya agar terhindar dari ketidakcukupan gizi tersebut. Salah satunya dengan memberikan menu mpasi terbaik untuknya dan saya memilih untuk membuat mpasi sendiri alias homemade

Sejak pertama kali MPASI sampai sekarang usianya 14 bulan, Alhamdulillah saya masih konsisten untuk membuat MPASI homemade. Pernah sekali, saya mencoba untuk memberikan mpasi instan yang tinggal seduh langsung jadi, eh ternyata anaknya gak doyan. Karena hal itu sih sebenernya ke konsistenan saya dalam membuat mpasi homemade tetap terjaga. Hihi.. 

Dalam membuat menu mpasi, saya yang gak begitu hobi masak ini sangat terbantu karena kehadiran sebuah alat yang bernama “slow cooker”. Iya, dalam menyajikan menu mpasi, saya sangat bergantung pada alat satu itu karena menurut saya praktis dan mudah. Tinggal potong-potong, cemplung, tambahin air, colok deh ke listrik. Setelah itu bisa saya tinggal mandi, siap-siap berangkat kerja terus mateng deh. Gampang kan? Hehehe.. 

Menu mpasi 4 bintang yang saya buat juga muter-muter disitu-situ aja sih, kadang juga tergantung persediaan yang ada di kulkas. Tetapi kalau untuk protein hewani, selalu saya persiapkan dengan sungguh-sungguh (cailah) karena bagi saya protein hewani menjadi bagian yang paling penting dalam mpasi, khusus nya ikan yang biasanya banyak mengandung omega 3. Ini sangat bagus untuk pertumbuhan otak. 


stok protein hewani

Selain jenis-jenis makanan, tekstur mpasi juga harus diperhatikan. Saat memulai mpasi, tekstur nya harus halus dan lembut karena bayi masih baru belajar makan, namun tekstur mpasi ini harus naik secara bertahap sesuai usia. Hal ini penting, karena saat mengunyah dapat melatih motorik oral sang anak. 

sumber : IG @ibupedia_id


Berikut menu mpasi 4 bintang yang pernah saya buat dan sempat saya dokumentasikan..

Bubur Tim Lele


Bubur Tim Salmon 



Bubur Tim Ikan Kakap



Bubur Tim Daging Merah


Kira-kira begitulah menu 4 Bintang yang saya berikan untuk anak saya. Mudah banget kan cara buatnya? Menu nya juga cuma muter-muter disitu aja kan, paling protein hewani nya aja yang saya ubah-ubah.

Untuk Arfan sendiri, dia makan bubur tim saring sampai usianya 8 bulan. Saat  usia 8 bulan ke atas sudah mulai naik tekstur sehingga bubur yang saya masak tidak perlu disaring lagi. Mulai usia 11 bulan keatas sudah mulai makan nasi lembek. Nasi nya masih tetap saya tim dan campur-campur  seperti diatas tetapi saya juga memasak sayur berkuah seperti sop atau sayur bening untuk kuah nya, agar makannya lebih bervariasi dan tidak kering-keringan.

Sampai usianya sekarang satu tahun lebih, saya masih tetap membuatkan nasi tim campur, tujuannya supaya semua unsur gizi yang dimakan arfan dalam jumlah yang seimbang. Karena kalau nasi, lauk dan sayur dipisah, jumlah makanan yang masuk lebih banyak nasi nya aja ketimbang lauk pauk dan sayurnya. Jadi agar semua nutrisi terpenuhi, saya akalin dengan cara tetap membuat nasi tim menu 4 bintang tetapi juga memasak menu sayurannya lagi.

Begitu lah tipe makannya arfan, bagaimana kalau anak mamak-mamak sekalian? share di kolom komentar boleh dong.. :)




Salam,



28 comments :

  1. Hebat kak tyaa nih bikin mpasi homemade.. semoga aku jadi ibu g males bikin mpasi homemadenya hihi.. btw ka aku bakalan sering2 nongol ksni cuz anakku 4 bulan.. jadi bakalan banyak belajar mpasi dsni hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena anaknya gak doyan makanan instan aja mba vik, aku nyan jadi rajin masak sendiri. hehehe..
      iya, mbaa.. sering-sering lah main kesini. akuhh senang pastinya. hehe

      Delete
  2. Hay mba Tya.. Salam kenal:)
    BTW saya belum punya anak jadi belum berpengalaman. Dan baca artikel ini jadi nambah pelajaran saya buat nanti kalau sudah punya anak.
    Bermanfaat sekali mba informasinya :) Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga mba mardhiyah..
      sama-sama yaa

      Delete
  3. Menu 4 Bintang, saya baru tahu hal itu.
    Kalau ditempat saya, mama-mama tidak perlu ribet memasak. Karena hampir tiap hari ada penjual menu khusus anak-anak. Keliling. Dan menunya juga silih berganti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wihh enak dong kalau gitu. berarti di daerah rumahnya masih banyak bocil-bocil yaa.. kalau ditempat ku mah jarang yang jualan bubur bayi.

      Delete
    2. Bisa jadi peluang usaha di tempat saya ini mah, haha

      Delete
  4. NOted ini buat infoin ke istri hehe
    resepnya itu harus dipraktekin nih
    nice share mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip..sip..
      lagi punya anak bayik juga ya mas

      Delete
  5. Wah beruntung banget nih anaknya mba Tia ,mengerti banget ilmu gizi dan mau repot masak masak sendiri...mudah mudahan anaknya sehat dan cerdas

    ReplyDelete
  6. Waktu awal-awal istri ngomongin menu mpasi 4 bintang, saya pikir semakin banyak bintang makin berkualitas gitu kayak hotel bintang 4 dan 5. wahahaha..

    Lengkap banget mbak itu senjata mpasinya. Di rumah, untuk daging sapi dan daging ayam mengandalkan kaldu non-msg dan non-gulgar.

    Salam buat Arfan ya mbak, semoga sehat selalu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kaldu nya bikin sendiri atau yang udah siap pakai mas? boleh juga tuh pakai kaldu, biar makin sedep makanannya..

      Amiinn, semoga sehat selalu juga mas buat anak dan keluarganya :)

      Delete
    2. Kaldunya beli mbak, biar menghemat waktu dan tenaga Ibu-nya, biar fokus sama anaknya hahaha..

      Aaamiin..

      Delete
    3. Biar main sama anaknya lebih lama ya mas? Jadi waktu nya gak habis di dapur.. Hehe

      Delete
  7. I love your post dear! I want to congrats you for this beautiful blog, is so inspiring, so powerful, so unique. If you want you can check out my blog.I write about fashion, beauty, and lifestyle.Maybe we can follow each other and be great blogger friends!


    http://herecomesaajla.blogspot.ba/

    ReplyDelete
  8. Terbantukan sekali ya adanya mesin 'slow cooker', kak ...
    Tinggal iris bahan2nya kemudian cemplungin ..., mateng deh.

    Dilihat resep2nya kak Thya diatas ..., aku juga pengin masaknya.
    Meski aku bukan bayi lagi, ngga apa-apa juga kan aku makan menu 4 bintang.
    Abisnya kelihatan enak banget siih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, slowcooker idaman mamak milenial.. haha..
      boleh-boleh aja mas kalo gak enek mah. wehehe..

      Delete
    2. Btw, istri saya pakainya 'electric slow cooker' alias ESC merknya bear china gitu, tapi katanya lebih bagus dari slow cooker, apa iya ya?

      Delete
    3. Istrinya pake slowcooker juga ternyata. Hihi.. Kalo saya pake slowcooker merk crown, kurang tau deh kalo ESC..

      Delete
  9. Kalau saya sih sukanya makanan yang mengandung sambal ataupun cabe.. Jadian setiap makanan harus pedas, kalo ga rasanya hambar banget.. Dah kebiasaan sih :

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama banget. aku juga harus pedes kalo makan.
      tapi kan bayi mah blm bisa makan pedes mas.. hihi

      Delete
  10. Mbaaa rajin amat sih.
    Kayaknya saya dulu gak pakai bintang2an hahaha
    Yang penting anak mau makan, dan ga alergi.
    Maklum kakaknya alergian, jadi agak parno ama adiknya, Alhamdulillah gak alergian.
    Salut banget ama mamak2 yang rajin kayak mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak rey.. apa kabar? udah sehat? hehe..
      haha.. abis anaknya doyan banget mbaa. yaudah akunya jadi semangat bikin mpasi nya. hehe

      Delete
  11. pantesan temen saya yang baru melahirkan minta dikadoin slow cooker :D ternyata bermanfaat banget buat mpasi toh

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, pinter temen nya minta kadoin slowcooker.
      iya manfaat banget mbaa..

      Delete
  12. Wahhh bnr2 bermanfaat banget mb thya...harus sering2 nongol dsini nih.
    Jd g sabar jg mo bikin mpasi homemade

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba anak nya usia berapa?
      Yuk bikin mpasi homemade. Sharing resep mba, biar ga keabisan ide. Hehehe

      Delete

satu comment.. pahala untukmu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...