Monday, January 28, 2019

Jangan Panik, Begini #AksiFlashBunda Atasi Luka Memar Atau Lebam Pada Anak


Anak saya, Arfan, usianya saat ini sudah menginjak satu tahun. Di usianya kini, dia sedang asik-asik nya meng-explore lingkungan sekitar, bermain kesana kemari, selalu ingin tahu dan penasaran terhadap banyak hal. Tingkah nya pun aneh-aneh dan terkadang membuat saya terkejut. 

Arfan ini bisa dibilang anaknya ‘superaktif’ dan gak bisa diem sama sekali. Meskipun belum bisa jalan, tetapi dia tetap explore kesana kemari, tentunya dengan cara merambat atau sesekali merangkak. Tingkah nya ini seringkali membahayakan dirinya sendiri. Saya yang menjaganya pun harus hati-hati dan sigap, karena jika ‘meleng mata’ sebentar saja, bisa-bisa anak ini sudah menaiki anak tangga sampai atas, kadang juga tau-tau sudah ada di dapur sambil memainkan pisau. Duh, kalau sudah begini, jantung mau copot rasanya.




Pernah suatu hari, saya sedang ke dapur sebentar untuk mengambil makanan nya. Pas saya balik lagi, dia sudah ngebut merangkak menuju tangga. Karena merangkak nya terburu-buru, nyusruk lah dia dan jidat nya terbentur tiang tangga. Kepalanya yang masih lembut, langsung saja lebam dan benjol. Saya pun langsung mengusap-ngusap jidatnya yang terbentur. Meskipun hal tersebut tidak lantas membuat rasa sakit hilang, tetapi setidaknya si anak bisa tenang terlebih dahulu. 

Dulu awal-awal saya suka panik saat menghadapi anak yang lebam atau memar karena terbentur, tetapi sekarang sudah tidak panik lagi. Mungkin karena sudah terbiasa kali yaa, saya jadi hafal bagaimana cara mengatasinya. 

Bu, ibuk sekalian juga jangan panik ya kalau anak lebam atau memar karena terbentur, Begini cara mengatasinya.  

Periksa Kondisi Memarnya 
Wajar kok bila ibu panik ketika anak yang lagi aktif-aktif nya bermain tiba-tiba terbentur tembok atau benda lainnya. Tetapi usahakan ibu tetap tenang dan segera periksa kondisinya, apakah lebam nya masih dalam kategori ringan atau cukup parah. 

Luka dalam atau memar (lebam) adalah pecahnya pembuluh darah kapiler dibawah kulit akibat benturan dengan benda tumpul. Saat pembuluh darah pecah, maka darah akan menyebar ke jaringan sekitarnya yang mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan perubahan warna kulit. Cepat lambatnya penyembuhan luka memar tergantung dari seberapa parah benturan yang terjadi dan dimana letak luka berada. 

Berikut adalah tahapan perubahan warna luka memar yang bisa menandakan proses penyembuhannya. 




Kompres Dengan Air Es 


source : mommiesdaily

Untuk pertolongan pertama, segeralah mengompres bagian yang memar atau lebam dengan air dingin atau es. Cara ini dapat mengurangi darah merembes ke jaringan kulit, mengurangi pembekakan dan peradangan. 

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyelupkan handuk kecil atau lap bersih ke dalam air dingin, lalu peras dan kompres ke area tubuh yang mengalami lebam kurang lebih selama 15-20 menit. 

Oleskan Thromboflash


Thromboflash adalah salep pereda memar atau lebam yang diproduksi oleh PT. Pratapa Nirmala. Dengan mengoleskan salep thromboflash untuk luka dalam/memar/lebam secara rutin, perlahan luka akan segera sembuh. 

Berkat salep ini, saya tidak panik lagi saat hadapi anak lebam. Thromboflash sudah saya anggap sebagai sahabat keluarga. Betapa tidak, anak saya yang super pecicilan ini sudah langganan sekali dengan lebam. Maka dari itu, thromboflash wajib ada di kotak P3K saya. 

Mengapa Saya Memilih Thromboflash? 

Sebetulnya banyak produk lain yang dipercaya dapat menyembuhkan lebam, namun saya lebih memilih thromboflash karena produk ini memiliki banyak keunggulan. Berikut, 5 diantaranya. 









Mengutip laman hellosehat, salep atau gel yang mengandung heparin dipercaya ampuh dalam mengatasi luka memar atau lebam. 
Apa itu heparin? 

Heparin adalah obat antikoagulan (pengencer darah) dengan fungsi untuk mencegah pembentukan gumpalan darah. Heparin bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan. 

Heparin berasal dari dua sumber yang di ekstrak dari mucosa hewan, yaitu Porcine (Berasal dari mukosa babi) dan Bovine (Berasal dari mukosa sapi). 

Thromboflash menjadi pilihan yang tepat karena bahan aktifnya adalah Heparin Sodium 200 IU dan berasal dari Bovine (mukosa sapi) bukan Porcine (mukosa babi).







Thromboflash sudah bersertifikat halal sehingga aman dan nyaman saat digunakan. Berbeda dengan produk salep lain yang belum bersertifikasi halal karena kemungkinan masih mengandung heparin yang bersumber dari porcine (mukosa babi).








Belakangan ini, banyak sekali kasus terkait pelanggaran terhadap peredaran obat dan makanan. Ya, banyak sekali penjualan obat illegal bahkan palsu. Tetapi tenang saja, thromboflash dijamin aman karena telah terdaftar di BPOM. Dengan adanya ijin edar dari BPOM maka produk ini sudah dipastikan dapat melindungi konsumen.







Kemasannya yang mungil, membuat produk ini praktis dan mudah dibawa kemana-mana karena bisa dimasukkan kedalam tas, diselipkan di saku baju maupun di dalam dompet. Tekstur nya berbentuk gel bening transparan. Ada sensasi dingin saat diaplikasikan ke bagian tubuh yang memar.



Istimewanya lagi, gel thromboflash ini tidak lengket sehingga nyaman dipakai dan mudah diaplikasikan pada bagian tubuh yang memar.









Thromboflash tersedia dalam 2 kemasan, yakni 10 gram dan 20 gram. Harganya pun sangat terjangkau. Di Tangerang, tempat saya tinggal, thromboflash untuk kemasan 10 gram harganya sekitar 37.000an sedangkan untuk kemasan 20 gram sekitar 50.000an. 

Selain harganya bersahabat, thromboflash juga mudah ditemukan baik secara online maupun offline di toko apotik terdekat. Saya sendiri membeli thromboflash ini di apotik dekat rumah. 

Bagaimana Cara Menggunakan Thromboflash? 

Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan secara tipis kebagian tubuh yang lebam 2-3 kali sehari sampai sembuh. Yang terpenting jangan sampai diaplikasikan pada luka yang terbuka. 

***

Begitulah cara saya dalam mengatasi luka lebam pada anak. Berkat thromboflash, jadi gak takut lebam lagi deh. Anak riang, ibu tenang. Terimakasih thromboflash..




Salam,


18 comments :

  1. Terima kasih Ibu, udah jagain anak ayah.. <3

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata thromboflash penggunaanya sangat mudah
    bookmarked buat jaga2 deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi mass..
      udah gitu murce lagi harganya dan pastinya ampuh banget nyembuhin lebam ;)

      Delete
  3. Alhamdulilah di blog ini banyak dapat ilmu parenting.. sama nih kak tia anak saya kayanya calon aktif,, sekarang 4 bulan aja udah sering nendang2 kakinya padahal cwek wkwkkw.. kudu banyak ilmu yaaa dan alhamdulilah makasi ka tia pengalamannya. emang harus siap sedia banyak obat ya buat bocil ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak sekarang emang yaa tingkahnya aktif-aktif banget. kitanya jadi kudu ati-ati ngejagainnya. cewek juga aktif yaa, tapi cobain deh rasain punya anak cowok mbaa, makin mantep aktif nya. hihi..

      Delete
  4. Lihat foto produk ini aku jadi teringat adikku udah pernah gunain untuk mengobati lebam anaknya. Awalnya aku kurang percaya apa iya bisa menyembuhkan luka memar, tapi setelah digunakan sehari langsung terlihat hasilnya. Memar jauh berkurang dan sakit juga berkurang jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantep.. ampuh banget yaa thromboflash

      Delete
    2. Iya, rekomended buat persediaan obat dirumah juga dibawa saat bepergian buat jaga-jaga takutnya jatuh tanpa sengaja bisa segera diolesi thromboflash agar tak terjadi lebam.

      Delete
    3. Iya mas him.. Aku juga selalu siap sedia salep yg satu ini..

      Delete
  5. Wah baru tau ada produk thromboflash, pengganti minyak2 anti lebam yang bau, makasi infonya , salam kenal ya Mbak dari aku si blogger newbie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, antibau dan anti lengket..
      salam kenal juga mbaa ;)

      Delete
  6. Baru tau ternyata ada juga ya produk untuk ngobatin lebam. Kubaru tau~
    Kalo jaman dulu, pas saya lebam gara2 kejedut, ibu saya bikinin obat tradisional dari kencur dan beras dihaluskan terus dibalurkan ke tempat yang lebam

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jaman sekarang udah serba praktis. gak perlu ribet numbuk2 kencur sama beras lagi jadinya. hehe

      Delete
  7. Perlu dicatet ini buat istri, apalagi untuk anak saya yang bentar lagi 1 tahun.. makasih mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain buat anak2, ini juga bisa dipake buat kita yg udah dewasa juga loh mas andie..

      Delete
  8. Wahhh ternyata bisa mengatasi hal ini juga yaaa, terima kasih banget infonya bermanfaat banget

    ReplyDelete

satu comment.. pahala untukmu :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...