Jago Masak dalam Sekejap Berkat Yummy App, Aplikasi Resep Masakan Andalan Mama

Yummy App, Aplikasi Resep Masakan Andalan Mama

Memiliki suami yang hobi ngemil merupakan tantangan sendiri bagi saya yang memang tidak pandai memasak. Betapa tidak, semasa gadis saya jarang sekali masuk dapur, kecuali kalo memang kondisi darurat seperti ditinggal orang tua mudik dan lainnya. Pun sekalinya ke dapur, paling-paling cuma masak mie instan atau telur ceplok. Pernah juga sih masak sayur dan tumis-tumisan, tapi ya kok rasanya kurang sedap.

Begitu menikah, siapa sangka dapat suami yang doyan banget ngemil, sementara ilmu memasak saya masih sangat cetek. Alhasil, awal-awal menikah kami seringkali jajan diluar. Hal ini tentunya membuat pengeluaran jebol, dompet kian menipis.

“Bangkrut juga ya kalau jajan setiap hari” pikir saya saat itu.

Menyadari hal tersebut, akhirnya saya pun mulai belajar memasak dan mulai rajin berkreasi di dapur. Apalagi semenjak wabah corona merebak, membuat suami jarang jajan karena khawatir terpapar. Alhasil, suami meminta dibuatkan aneka camilan untuk menyalurkan hasrat ngemilnya.

Namun kendalanya, saya seringkali bingung saat ingin memasak. Apalagi ketika melihat resep masakan dari berbagai sumber, resep yang diberikan berbeda-beda semua membuat saya semakin bingung. Pun khawatir rasanya kurang enak.

Tapi beruntungnya baru-baru ini saya mengenal Yummy App. Berkat Yummy App, memasak jadi jauh lebih mudah dan menyenangkan. Resep masakan yang diberikan pun sudah tak diragukan lagi karena sudah melalui proses kurasi oleh chef handal. Saya sudah berkali-kali mencoba resep dari Yummy App dan sukses bikin suami mesam-mesem sendiri. Masakan saya enak katanya. Saya pun nyengir kegirangan.

Apa itu Yummy App?

Apa itu Yummy App?

Yummy App adalah aplikasi panduan memasak yang menyediakan aneka resep masakan yang sangat lengkap. Aplikasi ini sangat membantu para new mom seperti saya yang baru belajar memasak. Berkat aplikasi ini kita bisa melihat berbagai inspirasi menu masakan yang praktis dan mudah sehingga kita tak perlu bingung lagi dalam membuat menu harian. Anak dan suami kenyang, mama pun tenang deh..

Untuk dapat menggunakan aplikasi Yummy, cukup unduh aplikasi di google Play Store atau App Store. Lalu lakukan registrasi dengan mengisikan data diri. Setelah itu kita sudah langsung bisa menggunakan aplikasi ini, baik untuk mencari resep-resep favorit atau untuk mengunggah resep kreasi masakan sendiri.

Cara Menggunakan Yummy App

Di dalam aplikasi tersebut, banyak sekali fitur-fitur yang bisa menjadi andalan para mama yang baru belajar memasak. Menariknya lagi, Yummy app juga menyediakan fitur yang dapat membantu kita untuk menemukan resep masakan berdasarkan bahan yang kita punya di rumah. Jadi, kita tinggal pilih minimal 2 bahan makanan yang kita punya, lalu secara otomatis kita akan diberikan rekomendasi resep masakan. Asik banget kan? benar-benar memudahkan saya yang tak pandai memasak ini.

Tak hanya itu saja, Yummy App juga memiliki berbagai keunggulan lainnya. Berikut 10 diantaranya:

Keunggulan Yummy App

#1. Tersedia Berbagai Kategori Resep

Yummy App menyediakan resep masakan yang super lengkap. Resep tersebut dipisahkan menjadi berbagai kategori sehingga sangat memudahkan kita bila ingin mencari resep masakan tertentu. Adapun kategori resep yang tersedia diantaranya yaitu, Yummy tips, Yummy resep dasar, resep makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup, cemilan, makanan pendamping dan minuman.

Tak hanya itu saja, ada pula resep untuk menu anak kost, menu penjaga imunitas dan juga dessert. Seru ya, jadi tak hanya memudahkan new mom yang baru belajar masak, melainkan anak kost juga bisa masak dengan mudah. Dengan demikian bisa lebih menghemat pengeluaran. Ah, andai saja zaman saya ngekost dulu sudah ada aplikasi Yummy, pasti saya bakalan rajin masak ketimbang jajan di warteg.

#2. Informasi Resep Lengkap dan Jelas

Yang saya suka dari Yummy app adalah aplikasi ini menyediakan informasi resep yang sangat lengkap dan jelas. Mulai dari bahan-bahan yang dibutuhkan, cara memasak beserta foto di setiap step-step nya. Bahkan dilengkapi pula dengan video tutorial, durasi memasak, jumlah porsi, perkiraan budget serta info halal. Dengan demikian kita bisa dengan mudah menyontek resep tanpa takut gagal karena resep yang diberikan sudah melalui proses kurasi oleh chef handal.

#3. Resep yang Disajikan Mudah dan Praktis

Beberapa kali mencoba resep dari Yummy App, entah mengapa saya merasa kok memasak semudah ini ya. Resepnya sangat praktis dan mudah. Pun setiap resep yang disajikan cukup dilakukan dengan 5 langkah saja. Jadi, orang yang tak pandai memasak sekalipun bisa jago dalam sekejap saja.

#4. Terdapat Fitur Komunitas

Yummy App juga menyediakan fitur komunitas. Fitur ini dapat memfasilitasi anggotanya untuk bergabung bersama komunitas Yummy lainnya. Melalui fitur ini, kita juga bisa saling berbagi resep antar komunitas dan memberikan rating serta komentar terkait resep yang disajikan.

#5. Bisa dapat Resep Gratis dari Chef Ternama

Menariknya lagi, melalui Yummy App kita bisa mendapatkan resep gratis dari  Chef ternama. Resep tersebut bisa kita dapatkan melalui menu akun official. Pada menu tersebut ada Chef-Chef ternama seperti Chef Arnold, Chef Gilang, Chef Hana, Chef Nunu dan masih banyak lagi. Seru banget. Kapan lagi bisa masak menu makanan ala Chef ternama.

#6. Terdapat Fitur Filter Harga

Yummy App juga menyediakan filter harga sehingga kita bisa mendapatkan rekomendasi resep yang sesuai dengan budget yang kita miliki. Jadi meskipun tanggal tua, tetep bisa makan enak deh.

#7. Bisa Upload Resep Sendiri

Di Yummy App, kita juga bisa mengupload kreasi resep masakan kita sendiri. Dengan demikian, resep yang kita upload bisa menjadi inspirasi untuk anggota lainnya. Menarik banget kan? Oh ya, namun dengan catatan resep kita akan di publish bila memenuhi persyaratan dari tim Yummy Chef ya..

#8. Bisa Save dan Share Resep Favorit

Kita juga bisa menyimpan berbagai resep favorit yang tersedia di Yummy App. Jadi kalau sudah punya waktu luang untuk memasak, gak perlu repot cari-cari resep lagi. Tinggal masuk aja ke daftar menu favorit, lalu siapin bahan-bahan dan langsung masak deh. Gampang kan? Selain itu, kita juga bisa loh share menu favorit kita ke berbagai social media yang kita miliki.

#9. Bisa Menambah Penghasilan

Yang paling saya suka dari Yummy App adalah aplikasi ini bisa kita manfaatkan untuk menambah pengasilan juga. Caranya pun gampang banget. Kita cukup mengupload resep masakan ke aplikasi yummy saja. Bila konten resep yang kita upload berhasil di publish, maka kita akan mendapatkan 100 Yummy Point. Nah, poin inilah yang bisa kita tukarkan dengan sejumlah uang tertentu. Semakin banyak poin yang kita dapat maka semakin banyak pula penghasilan kita.

Poin yang bisa kita dapat tak hanya berasal dari publish konten saja, tapi bisa juga didapatkan dari jumlah total kode referral milik kita yang berhasil digunakan oleh pengguna lain untuk mendaftar akun yang valid di Yummy App.

#10. Banyak Event dan Promo 

Yummy App juga sering mengadakan berbagai Event dan Promosi menarik. Seperti Event #JagoMasak, #Masakitugampang, Event Publish Resep tema kreasi Minuman segar dan masih banyak lagi. Menariknya, setiap event yang diadakan akan ada hadiah tertentu, mulai dari uang tunai jutaan rupiah hingga sebuah motor Honda Scoopy. Seru banget kan?

Kreasi Resep Masakan dari Yummy App

Kreasi Resep Masakan dari Yummy App

Setelah beberapa kali scrolling-scrolling akun Yummy App, saya pun mendapatkan banyak sekali inspirasi resep masakan, baik itu untuk menu utama maupun menu camilannya. Dan dari beberapa resep favorit yang saya temukan, sudah ada sekitar 5 kreasi masakan yang saya eksekusi, diantaranya yaitu macaroni schotel, pempek, cimol, ayam suwir dan sapo tahu.

Makanan tersebut merupakan menu favorit suami. Gak salah ya kan kalau suami makin sayang karena lidahnya saya manjakan terus.. hihi

Kalau kalian ingin tau cara membuat menu masakan yang praktis dan mudah ini, yuk simak tulisan saya sampai habis. Saya akan bocorin resepnya disini ya..

Resep Makaroni Schotel Panggang

Resep Makaroni Schotel Yummy App

Bahan :
  • 250 gr macaroni (rebus sampai matang)
  • 50 gr keju parut
  • 25 gr terigu
  • 55 gr mentega 
  • 2 bh telur
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula
  • ½ sdt black pepper
  • ½ sdt oregano
  • 1 bh bawang bombay (iris tipis)
  • Smooked beef secukupnya (potong dadu)
  • 300 mL susu segar

Cara Membuat :
  • Tumis bawang bombay dengan margarin sampai harum, lalu masukkan tepung terigu, aduk-aduk dan masak sampai tepung matang.
  • Masukkan susu segar sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tepung larut merata. Lalu masukkan gula, garam, oregano dan black pepper, aduk rata sampai sedikit mengental.
  • Masukkan keju parut, aduk rata sampai mengental. Tunggu sampai meletup-meletup, lalu matikan api dan dinginkan sebentar.
  • Setelah dingin, masukkan macaroni yang sudah direbus, telur yang sudah dikocok lepas dan smooked beef. Lalu adak hingga merata.
  • Masukkan kedalam loyang. Balurkan dengan saus tomat dan tambahkan parutan keju cheddar dan keju mozarella diatasnya. Setelah itu, panggang selama 20-25 menit pada suhu 180 derajat celcius. 

Resep Pempek Ikan Tenggiri

Resep Pempek Yummy App

Bahan membuat pempek
  • 300 gr ikan tenggiri – giling halus
  • 2 sdm garam
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 1 sdt penyedap rasa
  • 300 gr tepung tapioka
  • 150 mL air dingin
Cara Membuat :
  • Masukkan air dingin sedikit demi sedikit ke dalam wadah berisi ikan giling, aduk sampai tercampur rata
  • Masukkan bawang putih, penyedap rasa dan garam secara bertahap sambil diaduk hingga adonan lebih mengental
  • Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, uleni sampai tercampur rata
  • Olesi tangan dengan tepung, kemudian bentuk adonan
  • Rebus adonan sampai matang dan mengambang. Lalu angkat dan tiriskan
  • Goreng pempek sampai matang. Angkat, tiriskan dan sajikan bersama kuah cuko

Bahan membuat kuah cuko : 
  • 600-700 mL air
  • 3 ons gula aren 
  • Asam kandis
  • Cabe rawit sesuai selera
  • ¼ sdm garam
  • 8 siung bawang putih - haluskan
  • 2 sdm gula pasir 

Cara Membuat :
  • Rebus air hingga mendidih, lalu masukkan gula aren
  • Masukkan bawang putih, garam, gula pasir, cabe rawit dan asam kandis. Aduk merata
  • Rebus sampai kuah menyusut
  • Saring kuah cuko dan sajikan bersama pempek

Resep Cimol Bon Cabe

Resep Cimol Bon Cabe Yummy App

Bahan : 
  • 250 gr tepung Tapioka 
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt penyedap rasa
  • 1/2 sdt lada
  • 2 siung bawang putih-haluskan
  • Bon cabe secukupnya
  • Air panas secukupnya
Cara Membuat :
  • Aduk tepung tapioka, tepung terigu, garam, penyedap rasa, bawang putih dan lada hingga merata
  • Tambahkan air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kalis
  • Potong atau bulatkan adonan sesuai selera
  • Goreng cimol hingga matang
  • Taburkan bon cabe, lalu siap disantap

Resep Ayam Suwir 

Resep Ayam Suwir Yummy App

Bahan : 
  • 250 gram dada ayam
  • 2 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm kecap asin
  • 4 sdm saus tiram
Bahan bumbu halus :
  • 15 bh cabe rawit merah
  • 7 bh cabe merah keriting
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih 
  • 2 bh kemiri
  • 2 bh daun jeruk
  • 2 cm kunyit
Cara Membuat : 
  • Bersihkan ayam, lalu goreng dalam minyak panas hingga matang. 
  • Suwir ayam sesuai selera, sisihkan
  • Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus. Aduk rata
  • Tambahkan daun jeruk, gula, garam, kecap asin dan saus tiram
  • Masukkan ayam yang sudah disuwir. Masak dengan api kecil hingga bumbu merasap. Cek rasa. Angkat dan sajikan

Resep Sapo Tahu

Resep Sapo Tahu Yummy App

Bahan : 
  • 2 bungkus tahu jepang
  • 100 gr udang 
  • wortel
  • kol
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 sdm saos tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdm kecap manis
  • 200 mL air
  • Tepung kanji - larutkan dengan air secukupnya
  • 1 siung bawang putih geprek
  • 3 siung bawang merah- iris
  • Secukupnya bawang bombay
Cara membuat : 
  • Goreng tahu jepang dengan minyak panas
  • Panaskan minyak, masukkan irisan bawang. setelah harum masukkan sayur kol dan wortel. tumis hingga layu
  • Tambahkan air, lalu masukkan garam, gula, saos tiram, kecap asin dan kecap manis. aduk merata
  • Masukkan udang. lalu, tambahkan tahu jepang yang sudah digireng
  • Masukkan air kanji, lalu cek rasa
  • Sapo tahu siap dihidangkan

Kesan Menggunakan Yummy App


Setelah beberapa kali mencoba resep dari Yummy App, saya seakan tak percaya bahwa ternyata saya bisa masak menu-menu camilan yang biasanya saya beli diluar, bahkan rasanya bisa jauh lebih enak dari yang biasa saya beli. Sungguh, ku terharu.

Pun untuk memasak menu harian, saya tak perlu pusing dan bingung lagi karena berbagai inspirasi masakan tersedia semua di Yummy App. Tinggal sesuaikan saja dengan budget serta bahan-bahan yang kita miliki, pilih resep yang sesuai dan langsung eksekusi deh. Mudah banget.

Yuk, mommy yang masih bingung cari ide untuk memasak, langsung aja unduh aplikasi Yummy di smartphone yaa..

Jangan lupa follow media social Yummy App juga yaa..

Facebook: https://www.facebook.com/yummyIDN/ 
Instagram: https://www.instagram.com/yummy.idn/ 
TikTok: https://www.tiktok.com/@yummyapp


Salam,

Sumber tulisan :
  • Pengalaman Pribadi
  • Aplikasi Yummy
Sumber gambar & video :
  • Dokumentasi pribadi
Infografis :
  • Tia Widiastuti by canva

35 comments

  1. Memang punya suami yang hobi jajan bisa jebol dompetnya ya mbak, kecuali jika suaminya anak sultan.😄

    Banyak juga resep masakan dari yummy app ya mbak, nanti saya coba yang resep cimol bon cabe, soalnya saya suka jajan cimol.😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mau ah punya suami "anak sultan" maunya mah bener2 "sultan" nya wkwk..

      cuss mas dicoba.. enak banget deh cimolnya kayak yg diabang-abang 😁

      Delete
  2. Wah asyik ya sekarang sudah ada aplikasi memasak yang sangat lengkap mulai dari budget, bahan reaep cara membuat dsb.
    Menginspirasi para wanita yang tadinya nggak suka masak menjadi suka. Karena dengan Yummy App memasak jadi semudah itu. Boleh dibilang menggunakan yummy app ini langsung merasa menjadi koki dalam sekejap.. hehehe.
    Makasih mbak Thya info nya bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak mba.. langsung ngerasa jago.. wekekek..

      Delete
  3. Mmaaaaaaaak resep cimolnya aku bukmark hihihi
    Secara aku kan penggemar aci acian di segala metode pemasakan, ga dikemol (cimol), ga digoreng (cireng), beberapa kali percobaan gawe cimol aku blom sakseis
    Yang resep ini moga berhasil eiiimb



    Isssh aplikasi resep baru, angkut dah
    Lumayan nambahi referensi masak selain di platform masak satunya yang lebih duluan ada hihi

    Mana ada acara bisa tukar point lagi ya, jadi kan bikin semangat user yang sering upload resep...btw aku emang paling suka resep tuh yang gampang2 aja, bahannya banyak di pasaran, jadi bisa sering dipraktekin deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk mak.. dieksekusi resepnya. enak banget deh cimolnya, persis cimol abang-abang..

      iya mak, enak bget nih aplikasi.. makin kita sering upload resep makin banyak kita cuan.. hihi..

      Delete
  4. waaaah enaknyaa bisa upload resep sendiri juga mbak
    enak bener ini yummy app
    aku pengen banget buat makaroni schottel mbak
    dari dulu enggak pernah berhasil huhu

    ReplyDelete
  5. Lah mbak Thya... kalau saya suka applikasi Gofood daripada yummy app. hahahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak.. enak ya tinggal makan gak pake capek masak :D

      Delete
  6. Sekarang mau masak ga pake ribet, banyak tutorial memasak di yutub dan aplikasi memasak, yg penting niatnya yo mbak... Selain lebih sehat juga happy looh kalo bisa nyobain resep" buat kluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. betul juga.
      yang penting ada niatnya dulu dari dalam diri ya.. :D

      eh, betul banget mba.. masak sendiri lebih sehat dan higienis.. hehe

      Delete
  7. Memang ya, masak itu jauh lebih hemat, sebagai contoh, saya kalau malas masak order gofood, biar murmer beli agak banyak di atas 50ribu, misal ayam goreng, nanti dapatnya 50an ribu.
    Itu kadang sekali makan, atau 2 kali tapi nggak cukup buat 3 orang.

    Padahal, kalau saya beli ayam, 1 kg aja masih kembali, bisa beliin bumbu dan lainnya, dan di makan berkali-kali.

    memang aplikasi yummy ini sangat membantu sih, khususnya saya yang kemampuan masaknya yaa gini deh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah iya juga ya mbaaa? 50 ribu udah dapet ayam seekor yaa.. haha..
      gakpapa lah ya kalo sesekali mah, kadang mamak juga males ye kan.. udah mana capek kerjaan dirumah ga ada abisnya masi kudu masak juga.. haha

      Delete
    2. hahahaha, iyaaa... seminggu sekali pasti saya order gofood, kadang lauk, kadang jajanan sih, soalnya capek juga masak mulu hehehe.

      Tapi memang kalau ada aplikasi gini bisa lebih rajin masak :D

      Delete
  8. Dengan adanya aplikasi Yummy, referensi ibuk-ibuk untuk memasak jadi bertambah.

    ReplyDelete
  9. Aplikasi ini memang jadi andalan para mama daat bingung cari menu baru ya.. Eh resep2 yg dibagikan di tulisan ini pun sangat menarik utk dicoba euy. Terima kasih ya..

    ReplyDelete
  10. Memasak selain lebih hemat, kualitas bahannya juga kita tahu ya.
    Kendala masak sendiri itu suka kehabisan ide. Kalau sudah ditemani applikasi Yummy ini, memasak bakal lancar setiap hari, mana bisa dijadikan dapat uang tambahan. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pusing kalo udah kehabisan ide ya mba.. untung ada yummy..

      Delete
  11. Dalam satu genggam udah banyak ribuan resep. Apalagi
    Yang suka masak wajib Download nih aplikasinya

    ReplyDelete
  12. Kalau sudah dikurasi oleh chef, lebih percaya ya. Karena bukan asal-asalan berarti, ya? Nambah pilihan dalam nyari-nyari resep nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijamin enak ya kan resepnya kalo udah dikurasi

      Delete
  13. Waah..Yummy apps bikin para Ibu memasak menu istimewa setiap hari yaa...
    Aku jadi pengeen...
    Menyiapkan hidangan sehat dan bergizi untuk keluarga.

    ReplyDelete
  14. aku malah belum cobain yummy app mba nanti ah coba donlod karena jujur aku minim skill masaknya hahahah jadi masih butuh nih ya resep memasak

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. sama kayak aku, minim bgt ilmu masaknya.. hehe.. cuss download mba

      Delete
  15. Aplikasinya oke bangeet nih mba. Aku juga suka intip resep- resep yang enaaak

    ReplyDelete
  16. wih keren, mbak, semoga menang, ya. makanan buatmu terlihat enak2 bangeet haha resepnya pasti dari yummy app semua ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiinn.. makasih mba nabilaa..
      iya dong resepnya nyontek di yummy app semua.. hehe

      Delete
  17. wahhh.. ada filter harganya yah mba... ini yang paling penting kadang kita pengen masak tapi gak sadar dengan kemampuan yah mba hehehe.. semoga menang yah mba.. aminn..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)