Peran Guruinovatif.id dalam Meningkatkan Kompetensi Pengajaran Guru Indonesia

Peran Guruinovatif.id

“Ibu yakin mau pindah, bu? Terus saya gimana, seminggu lagi saya Ujian Nasional, bu?” Tanya beberapa murid saya penuh kekecewaan saat mereka mengetahui bahwa tak lama lagi saya akan pindah kerja dan sudah tak mengajar mereka lagi.

Jujur, keputusan tersebut merupakan keputusan yang berat bagi saya. Apalagi saat melihat raut wajah mereka yang memancarkan aura kesedihan dan kekhawatiran. Sungguh, gak kuat meninggalkan mereka terlebih gak lama lagi mereka akan menghadapi ujian.

Namun disisi lain, hal tersebut merupakan keputusan yang tepat untuk masa depan saya. Disisi lain, saya juga masih mau meraih mimpi, harapan dan cita-cita saya.

Ya, saya pernah berprofesi menjadi seorang guru selama kurang lebih 3 tahun lamanya. Meskipun hanya seorang guru bimbel, tapi pengalaman tersebut tak luput dari ingatan saya. Banyak hal yang saya pelajari saat menjadi guru.

Saya yang tak memiliki skill dan pengalaman sebagai seorang guru, pun bukan berlatar belakang sarjana pendidikan namun nekat mencemplungkan diri di dunia pendidikan, jelaslah diawal mulai mengajar, saya masih sangat meraba-raba.

Apalagi, saat itu saya mendapat amanah yang cukup besar. Dengan basic saya sebagai seorang sarjana kimia, namun saya dituntut juga untuk mengajar anak SD dan memegang semua mata pelajaran, mengajar siswa SMP untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi serta mengajar siswa SMA untuk mata pelajaran Kimia. 

Menurut saya, amanah tersebut cukup besar untuk saya yang baru saja memulai pengalaman pertama mengajar. Karenanya, saya terus belajar untuk bisa menemukan metode pengajaran yang menyenangkan, agar bisa akrab dan dicintai oleh murid-murid. Hingga seiring dengan berjalannya waktu saya menemukan sebuah titik nyaman dalam proses belajar mengajar. Walaupun memang, proses pengajaran saya masih jauh dari sempurna.

Seandainya pada saat itu sudah ada Guruinovatif.id, mungkin saya tak akan terlalu kesulitan dalam menemukan metode pengajaran yang tepat dan menyenangkan. Sebab, Guruinovatif.id dapat memfasilitasi para guru untuk dapat belajar dan meningkatkan kompetensinya melalui berbagai pelatihan, baik berupa kursus online, webinar, sertifikasi dan berbagai program lainnya.

Apa itu Guruinovatif.id?

Guruinovatif

Guruinovatif.id merupakan platform online learning bersertifikat untuk guru di seluruh Indonesia. Platform ini bertujuan untuk memfasilitasi para guru agar dapat melatih kemampuan guru dalam mengajar melalui berbagai fitur pelatihan mulai dari kursus online, webinar, sertifikasi dan berbagai program online lainnya. 

Bagi saya, hadirnya platform Guruinovatif.id ini sangat penting karena dapat menjadi solusi belajar online terlengkap untuk guru Indonesia. Selain itu, setelah mengikuti pelatihan, guru juga akan mendapatkan sertifikasi guru sehingga dapat meningkatkan profesionalitas dan juga mutu hasil pendidikan. Para guru juga dapat meningkatkan kompetensi metode pengajaran dengan cara digital untuk para siswa-siswinya. 

Pentingnya Sertifikasi Guru

pentingnya sertifikasi guru

Guru atau tenaga pendidik merupakan garda terdepan yang menentukan kemajuan suatu bangsa. Oleh karenanya, guru yang kompeten sangat menjamin perbaikan kualitas sumber daya manusianya. Namun sayangnya, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak guru yang belum memiliki kompetensi yang memadai, terutama dalam hal mendesain pembelajaran. 

Berdasarkan data UNESCO dalam Global Education Monitoring (GEM) Report 2016, menyatakan bahwa pendidikan di Indonesia menempati peringkat ke-10 dari 14 negara berkembang. Sementara kualitas guru menempati urutan ke-14 dari 14 negara berkembang di dunia. 

Sungguh miris ya.. Padahal jumlah guru selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun sayang, dari 3.9 juta guru yang ada, masih terdapat 25% guru yang belum memenuhi syarat kualifikasi akademik dan 52% diantaranya belum memiliki sertifakat profesi. 

Padahal sertifikat profesi itu penting karena dapat menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran serta mewujudkan tujuan pendidikan nasional, meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan serta meningkatkan profesionalitas guru.

Berdasarkan undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD), guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Oleh karenanya agar dapat dikatakan professional, guru harus disertifikasi untuk menguasai 4 kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional.
  • Kompetensi Pedagogik ; Merupakan kemampuan atau keterampilan guru dalam proses belajar mengajar sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. 
  • Kompetensi Kepribadian ; Merupakan kemampuan guru untuk membangun kepribadian yang ideal sehingga guru dapat menjadi  model atau panutan untuk para siswanya.
  • Kompetensi Sosial ; Merupakan kemampuan guru dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan peserta didik, tenaga pendidik, orang tua/wali murid dan juga masyarakat sekitar. 
  • Kompetensi Professional ; Merupakan kemampuan guru dalam menguasai materi pembelajaran secara mendalam, mulai dari penguasaan kurikulum, substansi keilmuan dan juga metode keilmuannya. 
Namun sayang, masih banyak guru yang belum menguasai kompetensi tersebut. Hal ini tentunya berdampak pada rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Oleh karenanya, Guruinovatif.id berperan penting dalam meningkatkan kompetensi pengajaran guru karena selain bisa mengikuti pelatihan juga bisa mendapatkan sertifikasi guru di guruinovatif.id.

Tantangan Guru di Masa Pandemi

Tantangan Guru di Masa Pandemi

Selain persoalan kompetensi, tantangan seorang guru juga semakin bertambah ketika pandemi Covid-19 mulai menyerang. Pembelajaran yang awalnya bisa dilakukan secara tatap muka kini harus berubah secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Tentunya guru dan murid harus bisa beradaptasi dengan metode pembelajaran baru ini. 

Memang tidak mudah beradapatasi dengan kondisi ini, mengingat pembelajaran daring baru pertama kali  dirasakan. Hal ini menjadi tantangan besar, tak hanya bagi murid, tetapi juga wali murid dan guru. 
Guru harus bisa menyesuaikan kondisi, menyusun pembelajaran yang efektif dan efisen agar proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik meskipun dilakukan secara online atau jarak jauh.

Namun permasalahan yang terjadi di lapangan, nyatanya masih banyak guru yang mengalami kesulitan dengan pembelajaran daring. Seperti usia guru yang sudah tak muda lagi sehingga mengalami kesulitan dalam memahami teknologi yang digunakan dalam pembelajaran online. 

Belum lagi permasalahan sinyal yang tidak stabil sehingga menghambat proses belajar mengajar, terlebih untuk guru dan peserta didik yang bertempat tinggal di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) yang mana koneksi internet masih sulit sekali dijangkau. Sungguh pelik pendidikan di masa pandemi ini. 

Meningkatkan Kompetensi Pengajaran Guru Bersama Guruinovatif.id

Namun, dengan berbagai hambatan yang ada, bukan menjadi alasan untuk tidak melaksanakan proses belajar mengajar secara daring. Sebab, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi berbagai hambatan tersebut, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus atau pelatihan yang tersedia di Guruinovatif.id.

Guruinovatif.id merupakan platform belajarnya para guru yang dapat dilakukan secara online dan telah bersertifikat HAFECS. HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Service) merupakan sebuah lembaga yang memiliki visi untuk mendorong percepatan transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan metode pengajaran dan pembelajaran serta pengembangan kurikulum sekolah. 

Dengan adanya platform Guruinovatif.id, maka bisa menjadi tempat guru belajar  melalui berbagai pelatihan guru sehingga dapat meningkatkan kompetensi serta lebih memahami berbagai teknologi atau sistem pembelajaran yang digunakan untuk pembelajaran online. 

Dengan demikian, guru bisa mendapatkan metode pembelajaran yang menyenangkan sehingga peserta didik bisa lebih semangat dan tidak bosan saat mengikuti pembelajaran online. Dan diharapkan pula pendidikan Indonesia tetap berjalan dengan baik meskipun dalam kondisi pandemi seperti ini. 

Adapun berbagai program yang ditawarkan oleh Guruinovatif.id, diantaranya yaitu online certification, mini course, productivity course dan live webinar.

#1. Online Certification
online certification

Melalui online certification, para guru dapat mengikuti kursus online premium bersertifikat dengan 32 jam pelatihan yang terdiri dari video pengajaran dengan materi yang terstruktur dari jenjang TK hingga SMA.

Dengan mengikuti sertifikasi online, maka guru akan mendapatkan kurikulum yang berkualitas dan materi penunjang yang lengkap. Tak hanya itu saja, guru juga akan mendapatkan tugas secara online untuk memastikan bahwa ilmu yang diberikan mudah diterapkan. Nah, setelah seluruh rangkaian program berhasil diselesaikan, maka nantinya akan memperoleh sertifikat senilai 32 JP

#2. Mini Course
mini course guruinovatif

Mini Course merupakan kursus yang membahas topik-topik tertentu seperti PCK dan HOTS untuk segala jenjang dan mata pelajaran bersertifikasi 16 jam pelatihan. Menariknya, kursus ini bisa kita ikuti secara gratis. Di mini course terdapat berbagai modul yang bisa dipilih sesuai dengan minat atau bidang pengetahuan yang tentunya dapat meningkatkan kemampuan mengajar para guru. 

#3. Productivity Course
productivity course guruinovatif

Guruinovatif.id juga menyediakan program productivity course yang ditujukan untuk menambah keahlian guru. Menariknya, program ini disediakan secara gartis loh, hanya memang tidak mendapatkan sertifikat. Tapi tenang saja, bila kamu ingin mendapatkan sertifikat, kamu bisa mengikuti program premiumnya. Biayanya pun terjangkau, hanya 25 ribu saja sudah dapat mendapatkan seluruh video kursus, video berkualitas HD, mendapatkan bahan belajar serta e-sertifikat senilai 4 JP.

Materi yang diberikan juga sangat berkualitas karena dibuat oleh mentor dengan memadatkan pengalaman serta topik, jadi tidak hanya berdasarkan teori saja namun juga melalui studi kasus. 

#4. Live Webinar
live webinar guruinovatif

Tak hanya program kursus saja, Guruinovatif.id juga menghadirkan online webinar bersertifikat 4JP yang menghadirkan berbagai ahli dan topik seputar keguruan dan parenting. Webinar yang disediakan memiliki berbagai topik yang memudahkan para guru dalam memahami dan mengaplikasikan materi yang disampaikan. 

Cara Mengikuti Pelatihan di Guruinovatif.id

Cara Mengikuti Kursus di Guruinovatif.id

Untuk dapat mengikuti berbagai program yang tersedia di Guruinovatif.id, caranya sangat mudah. Pertama, kamu harus membuat akun terlebih dahulu dengan mengisi form yang ada di pendaftaran. Selanjutnya, login dengan menggunakan akun tersebut, lalu pilih program pelatihan yang diinginkan, setelah itu lakukan pembayaran. Selesai deh, kamu sudah bisa mulai belajar dan mengerjakan tugas yang diberikan. Bila telah selesai mengikuti program, maka kamu berhak mendapatkan fasilitas mulai dari sertifikat, e-modul atau fasilitas lainnya berdasarkan kursus atau webinar yang diikuti. 

Keunggulan Guruinovatif.id

Hadirnya platform Guruinovatif.id menjadi angin segar untuk para guru di Indonesia, sebab berbagai program yang disediakan ditunjang dengan materi yang berkualitas serta trainer yang berpengalaman. Tak hanya itu saja, ada berbagai keunggulan yang bisa diperoleh bila mengikuti program di Guruinovatif.id, diantaranya yaitu:

#1. Beragam Pilihan Program
Guruinovatif.id menyediakan beragam pilihan program pelatihan yang sangat dibutuhkan oleh guru. Guru dapat memilih berbagai pelatihan yang sesuai dengan bidang kejuruannya. Ingin pelatihan terkait bidang mata pelajaran, tips dan trik seputar pengajaran maupun berbagai tutorial penggunaan aplikasi pembelajaran daring, semua tersedia di Guruinovatif.id

#2. Instruktur Berpengalaman
Belajar di Guruinovatif.id tak perlu diragukan lagi, sebab kamu akan diajarkan oleh trainer atau instruktur yang berpengalaman. Guruinovatif.id dan HAFECS telah dipercaya oleh 50.000 guru dan pegiat pendidikan serta 10.000 sekolah dan instansi dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. 

#3. Materi Mudah Dipahami dan Diterapkan
Materi yang diberikan oleh Guruinovatif.id sangat mudah dipahami. Dengan demikian, guru juga akan lebih mudah menerapkan pada peserta didiknya. Pun guru bisa mendapatkan metode yang efisien saat proses belajar mengajar.

#4. Kursus Bersertifikasi
Keistimewaan mengikuti kursus atau pelatihan di Guruinovatif.id adalah setiap kursus dan webinarnya selalu dilengkapi dengan sertifikat. Dengan demikian dapat meningkatkan professionalitas dan juga mutu pengajaran guru. Sertifikat ini bisa diperoleh setelah kamu berhasil menyelesaikan program yang kamu ikuti. 

#5. Biaya Terjangkau
Salah satu yang menarik, biaya untuk mengikuti kursus di Guruinovatif.id sangat terjangkau. Cukup berinvestasi mulai dari 25 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa mengikuti program pelatihan yang tersedia di Guruinovatif.id. Bahkan, banyak juga beberapa kursus dan pelatihan yang gratis loh. Kapan lagi ya kan, bisa dapat ilmu gratisan?

#6. Metode Pembayaran Beragam
Guruinovatif.id juga memberikan beragam pilihan pembayaran  sehingga memudahkan peserta yang ingin mengikuti kursus. Pembayaran dapat dilakukan melalui bank transfer, gopay, shopeepay atau Qris. Setelah pembayaran terkonfirmasi, kamu sudah bisa memulai kursus atau webinar. 

#7. Mudah diakses
Asiknya lagi, program pelatihan ini bisa diakses kapan saja dan dimana saja, karena sistem pembelajaran dilakukan secara online. Selain itu, kita juga bisa mengatur sendiri kapan ingin melakukan pelatihan sehingga tidak bentrok dengan jadwal mengajar atau kegiatan lainnya.

#8. Banyak Promo
Guruinovatif.id juga memberikan berbagai promo menarik sehingga biaya kursus menjadi jauh lebih terjangkau. Promo berlaku pada saat tertentu saja dan untuk mendapatkan promo tersebut kita bisa memasukkan kode promo tertentu saat proses pembayaran.

#9. Tersedia Merchandise
Bila kurang puas dengan materi yang diberikan, kita juga bisa loh melakukan pembelian buku di Guruinovatif.id. Terdapat beragam pilihan buku yang dapat digunakan untuk meningkatkan keahlian guru seperti, Buku HAFECS - Cara Mengajar Lebih Efektif dengan Menggunakan PCK, Paket Buku Hafecs HOTS IPA & IPS dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Guruinovatif.id juga menyediakan berbagai merchandise seperti tumbler, baju polo dan lain-lain. Bila berminat, kamu bisa melakukan pembelian melalui Tokopedia, Shopee atau Bukalapak.

#10. Tersedia Fitur Bantuan
Platform Guruinovatif.id juga dilengkapi dengan fitur bantuan sehingga memudahkan peserta pelatihan bila ada kendala tertentu dalam mengikuti program yang tersedia. Bila ada kendala tertentu, kita bisa menghubungi customer service melalui telepon, facebook, Instagram atau no.whatsapp yang tertera pada situs tersebut.

#11. Terdapat Program Afiliasi
Menariknya lagi, Guruinovatif.id juga menyediakan program afiliasi. Jadi bila kita mengaktifkan akun afiliasi maka kita bisa mendapatkan keuntungan 20% dari setiap pembelian kursus Guruinovatif.id

Cara kerja program afiliasi ini adalah kita harus mengaktifkan program referral dengan membeli kursus atau kelas minimal senilai 50 ribu. Selanjutnya, gunakan kode referral dan bagikan kepada orang lain. Nah, nantinya setiap pengguna yang melakukan pembelian kursus di GuruInovatif dengan menggunakan kode referral kamu, maka kamu akan mendapatkan komisi sebesar 20% dari total pembelian. Menarik banget kan?  

#12. Banyak Review Positif
Masih ragu dengan program Guruinovatif.id? tak perlu ragu lagi, sebab sudah banyak review positif dari peserta yang sudah pernah mengikuti kursus di Guruinovatif.id. Berikut beberapa testimoni dari para guru yang sudah pernah bergabung di Guruinovatif.id.

Testimoni Guruinovatif.id

Pengalaman Mengikuti Mini Course di Guruinovatif.id

Pengalaman Ikut Mini Course di Guruinovatif

Meskipun sudah tak menjalani profesi sebagai seorang guru, namun saya tetap penasaran dengan berbagai kursus yang tersedia di Guruinovatif.id. Akhirnya, saya mencoba untuk mengikuti Mini Course di Guruinovatif.id.

Kursus yang saya ikuti yaitu tentang 9 langkah mengajar efektif di kelas. Saya ingin tahu, bagaimana sih sebenarnya proses belajar mengajar yang efektif? Apakah saat saya mengajar dulu sudah memberikan pengajaran yang efektif kepada murid-murid saya atau belum ya? Ya. Sekedar ingin tahu saja, mengingat saya juga tidak pernah mendapatkan ilmu seperti ini sebelumnya. 

Pengalaman Mengikuti Mini Course di Guruinovatif.id

Tanpa ragu, saya pun segera mengikuti kursus tersebut. Kursus ini dipimpin oleh seorang master trainer bernama Zulfikar Alimuddin. Menurutnya, agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif, seorang guru hendaknya menerapkan 9 langkah berikut ini. 

#1. Membangun Suasana Belajar yang Nyaman
Untuk membangun suasana belajar yang nyaman, hendaknya seorang guru tidak langsung memulai pelajaran saat pertama masuk kelas. Tetapi ada baiknya menanyakan kabar terlebih dahulu atau memastikan ruang kelas bersih dan pembicaraan pembuka lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan bonding yang lebih kuat kepada siswanya. Ya, supaya pembelajaran tidak terkesan kaku dan dingin. 

#2.  Membangun Otoritas Guru
Untuk membangun otoritas guru, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, guru bisa meminta tolong siswa memperbaiki gambar yang miring, berpindah tempat duduk atau lainnya.  Hal tersebut merupakan bentuk penguatan pedagogis ketika sebuah intruksi disampaikan. Hal ini juga mengajarkan pada siswa tentang pentingnya sebuah keteraturan.

#3. Membangun Behaviour Siswa
Setelah membangun bonding dengan siswa, maka guru bisa memulai materi pelajaran. Guru bisa membangun behaviour siswa dengan pendekatan kinestetik, seperti mengajak siswa untuk mengikuti apa yang sedang guru kerjakan. Dengan pendekatan kinestetik ini, maka sang guru dapat menciptakan ketertarikan dan mempengaruhi perilaku (behaviour) siswa. 

#4. Memberikan Tindakan yang dapat Membangun Siswa
Bila behavior siswa telah terbangun, maka langkah selanjutnya yaitu guru harus membangun engagemen dengan siswa. Sebisa mungkin, selagi guru berbicara, siswa juga ikut terlibat. Misalnya, saat guru menggambar sesuatu di papan tulis maka hendaknya sambil dijelaskan agar siswa tau maksud dari gambar tersebut. Karena umumnya, siswa hanya mau terlibat dan mengikuti guru bila siswa memahami setiap tahapan kegiatan yang diberikan guru.

#5. Membuat Siswa Berperan Aktif Saat Pembelajaran
Agar pembelajaran lebih menyenangkan, guru tidak hanya menyampaikan teori saja, tetapi juga mempraktikkannya dan mengajak siswa untuk berperan aktif. Dengan demikian, siswa merasa lebih terlibat dan lebih asik dalam proses pengajaran dan pembelajaran. 

#6. Memberikan Pengalaman Belajar Bagi Siswa
Selain itu, sebisa mungkin guru juga bisa memberikan pengalaman belajar bagi siswa. Caranya yaitu dengan memfasilitasi proses tanya jawab yang terarah. Dengan demikian, murid juga berlatih untuk berpikir dan dapat lebih memahami serta mendalami materi yang disampaikan.

#7. Mengelola Waktu dalam Segmen Belajar di Kelas
Pada bagian ini, bila guru memberikan pertanyaan pada siswa namun siswa tidak tahu jawabannya, maka guru langsung saja memberitahukan jawabannya. Tak perlu lagi bertanya, "apakah sudah pernah belajar materi ini sebelumnya?" dan lain-lain. Selanjutnya tugas guru adalah memperkokoh pemahaman tentang materi yang disampaikan agar level pemahaman siswa meningkat. 

#8. Menguatkan Pemahaman Siswa
Untuk dapat menguatkan pemahaman siswa, sebisa mungkin guru membuat siswa selalu tertarik dengan apa yang guru sampaikan. Guru dapat menciptakan ekspresi bahagia pada siswa dengan berbagai tindakan-tindakan yang dilakukan. Nah, bila siswa sudah tertarik dengan apa yang disampaikan maka pemahaman siswa juga akan lebih mendalam. 

#9. Memastikan Pemahaman Siswa
Untuk memperkokoh dan memastikan pemahaman siswa, guru perlu memberikan pertanyaan-pertanyaan singkat yang diajukan secara verbal sehingga guru bisa mengetahui apakah siswa sudah memahami materi yang disampaikan atau belum. Ini juga merupakan salah satu referensi pedagogi yang penting ketika guru memberikan penjelasan kepada siswa. 

Itu dia 9 langkah mengajar efektif yang disampaikan oleh Zulfikar Alimuddin. Sungguh, ternyata masih banyak sekali hal yang kurang pada proses pengajaran saya. Andai saja, dahulu sudah ada Guruinovatif.id, tentu proses pengajaran saya akan jauh lebih baik dan sempurna. Murid-murid pun akan lebih memahami apa yang saya sampaikan. 

Yuk, Tingkatkan Kompetensi Pengajaran Guru Bersama Guruinovatif.id


Dari pengalaman saya mengikuti mini course, nyatanya banyak hal menarik yang bisa saya pelajari. Itu saja baru dari satu kursus, coba bayangkan bila guru mengikuti beberapa kursus, tentu banyak sekali ilmu yang didapat. Belum lagi, guru juga bisa mendapatkan sertifikasi sehingga kompetensi pengajaran guru pun akan meningkat. 

Jadi, tunggu apa lagi, teruntuk para guru setanah air, yuk tingkatkan kompetensi pengajaran bersama Guruinovatif.id. Sebab, guru yang berkompetensi akan menjadi tombak kemajuan pendidikan suatu bangsa. 

Salam, 

Lomba Blog Guruinovatif.id

Artikel ini diiktsertakan dalam lomba blog Guruinovatif.id sesi 2 dengan tema : 
"Peran Guruinovatif.id Sebagai Platform Belajar dan Sertifikasi Guru Indonesia"

Sumber tulisan : 

  • Pengalaman pribadi
  • https://www.ruangguru.com/blog/fakta-kualitas-guru-di-indonesia-yang-perlu-anda-ketahui
  • https://www.harianbhirawa.co.id/tantangan-guru-di-tengah-pandemi-covid-19/
  • Latiana, Lita. 2019. Peran Sertifikasi Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. journal.unnes.ac.id. diakses 10 Maret 2021
  • www.guruinovatif.id
  • Infografis : Tia Widiastuti, edited by Canva
  • Video : Channel youtube Hafecs


2 comments

  1. ibu aku guru dan adik aku juga guru
    tantangan guru besar juga ya dan harus tetep belajar juga biar nggak ketinggalan, apalagi sekarang masuk ke dunia teknologi juga, semuanya serba digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba.. harus upgrade ilmu terus biar gak ketinggalan..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)