Susu Cair Anak Morinaga Chil*Go! Bantu Jaga Pencernaan Si Kecil di Masa Pandemi

Susu Cair Anak Morinaga Chil*Go!

Sebagai seorang ibu, tentu bahagia bila bisa melihat anak tumbuh dengan sehat dan kuat. Oleh karena itu, saya selalu berusaha untuk menjaga daya tahan tubuh dan sistem pencernaan si kecil agar senantiasa sehat. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, imunitas yang kuat akan melindungi anak dari paparan berbagai sumber penyakit, termasuk salah satunya adalah virus Covid-19. 

Teringat sekali dalam ingatan, saat saya terpapar Covid-19 pada Desember lalu, saya begitu takut dan khawatir. Ya, khawatir sekali bila anak saya juga ikut terpapar, mengingat kami selalu bersama-sama. Tapi beruntungnya, setelah dilakukan swab, anak saya aman dari Covid-19. Alhamdulillah, sepertinya pada saat itu daya tahan tubuh anak saya sedang dalam kondisi yang baik.

Namun, kekhawatiran saya muncul lagi ketika anak saya terserang demam hingga 40 derajat pada bulan Januari lalu. Nafsu makannya menurun, BAB nya pun tak lancar. Alhasil, saya terpaksa membawanya ke dokter agar demamnya segera reda. 

Jujur, anak jatuh sakit di masa pandemi seperti ini, membuat kekhawatiran saya meningkat berlipat-lipat. Terlebih, bila mengingat tetangga sekitar mulai banyak yang terpapar Covid-19. Pun saya baru sembuh dari Covid-19 pada awal Januari lalu. Gak kebayang, bila anak saya harus merasakan apa yang pernah saya alami.

Namun beruntungnya, si kecil hanya demam biasa. Sementara BAB tak lancar disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi pada tubuh anak saya. Ya, jelas saja, karena nafsu makannya sedang menurun membuat ia menolak berbagai makanan. Jangankan sayur dan buah, makanan kesukaannya pun dia tak mau. 

Alhasil, kini saya ekstra ketat menjaga kesehatan si kecil. Saya selalu memberikan makanan dengan menu gizi seimbang, memantau apa saja yang ia konsumsi, termasuk makanan yang diberikan teman, tetangga atau bahkan kakek dan neneknya. Sebab, bila tak diawasi, akan menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan dan saluran pencernaannya. 

Berbagai Masalah Pencernaan yang Pernah dialami Si Kecil

Berbagai Masalah Pencernaan Anak

Berbicara masalah pencernaan, anak saya pernah beberapa kali mengalami masalah pada saluran pencernaannya, mulai dari diare hingga sembelit. Pada saat usia satu tahun, anak saya pernah mengalami infeksi bakteri dan berujung alami diare hingga harus dirawat di rumah sakit. 

Pedih rasanya, hati seperti disayat-sayat saat harus mendapati kenyataan anak harus dirawat dan dipasang selang infus. Hal ini terjadi, diduga karena anak saya mengkonsumsi makanan yang kurang bersih dan higienis sehingga bakteri menyerang saluran pencernaannya. 

Sedihnya, kejadian ini terulang di tahun berikutnya. Anak saya kembali dirawat di rumah sakit akibat penyakit yang sama. Sungguh, sebagai ibu saya merasa gagal menjaga kesehatan anak. 

Selain diare, anak saya juga beberapa kali mengalami sembelit akibat kurang asupan serat dalam tubuh. Sebenarnya sih, anak saya bukan tipe anak yang susah makan sayur dan buah, namun masalahnya nafsu makannya sering naik dan turun. Alhasil, saat ia sedang bosan makan sayur dan buah maka langsung terjadi lah sembelit. 

Kalau sudah sembelit, biasanya anak saya sampai teriak kesakitan saat sedang BAB, perutnya pun tak nyaman, sakit dan kembung. Alhasil, si kecil jadi lebih rewel dari biasanya. Oleh karena itu, saya sedang berupaya agar hal demikian tak terjadi berulang kali. Saya berusaha untuk sebisa mungkin memberikan makanan dengan nutrisi seimbang. Pun, saya juga harus upgrade ilmu pengetahuan agar semakin paham dalam menjaga dan merawat pencernaan si kecil.

Sebab, saluran pencernaan yang sehat, berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh si kecil. Bila saluran pencernaan sehat, artinya bakteri baik yang ada dalam tubuh memiliki jumlah yang dominan sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam saluran cerna. Dengan demikian, daya tahan tubuh si kecil tetap kuat.

Peduli Pencernaan Anak di Masa Pandemi


Agar hal-hal yang tak diinginkan terjadi kembali, akhirnya saya memutuskan untuk upgrade ilmu pengetahuan dengan mengikuti webinar yang diadakan oleh Morinaga Chil*Go! pada tanggal 25 Maret lalu. 

Webinar yang dipandu oleh Gita Ginezza ini mengangkat tema “Peduli Gizi Anak Selama Pandemi”. Acara ini dihadiri oleh narasumber yang sangat ahli dibidangya, yaitu dr. Daeng M.Faqih, S.H, M.H selaku ketua umum PB IDI, dr. Muliaman Mansyur selaku Head of Medical Kalbe Nutritionals, Gregorius Daru Smaragiri selaku Business Unit Head Morinaga Chil*Go Kalbe Nutritional serta Chef Devina Hermawan, Finalis Master Chef Indonesia Season 5.

Dari webinar ini, banyak sekali ilmu yang saya dapat, terutama dalam menjaga daya tahan tubuh anak di masa pandemi Covid-19. Dan sungguh, saya baru mengetahui bahwa saluran pencernaan merupakan otak kedua manusia. Sebab, didalamnya terdapat milyaran bakteri baik yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan pencernaan yang sehat, maka daya tahan tubuh anak pun menjadi kuat. 

Untuk menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, dr. Daeng M.Faqih mengatakan agar para bunda untuk selalu menerapkan 3M pada si kecil, yaitu dengan menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker. Walaupun memang, menerapkan 3M pada anak-anak menuai banyak kendala akibat anak-anak yang masih kurang memahami pentingnya hal tersebut. 

E-Press Conference Bersama Morinaga Chil*Go

Karena itu, dr. Daeng M.Faqih menambahkan, agar para bunda selalu memberikan makanan sehat pada sang buah hati. Tujuannya tentu saja, agar asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh seimbang sehingga daya tahan tubuh menjadi kuat. Dengan imun yang kuat, maka anak tidak mudah tertular Covid. Pun, bila tertular, anak mudah melawan virus sehingga cepat sehat kembali. 

Dr. Daeng M.Faqih juga mengatakan bahwa daya tahan tubuh yang kuat dapat mempengaruhi pertumbuhan anak. Oleh karena itu, asupan gizi harus selalu dijaga, unsur makronutrient dan mikronutrient harus terpenuhi dalam jumlah yang seimbang. Dan yang terpenting lagi, kedua unsur tersebut harus dapat diserap dengan baik oleh tubuh agar dapat terbentuk antibodi. 

Nah, salah satu cara agar makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap dengan baik adalah anak harus mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, mineral, probiotik dan prebiotik.

dr. Muliaman juga menambahkan bahwa salah satu unsur prebiotik yang penting adalah serat pangan inulin karena dapat membantu bakteri baik tetap berkembang sehingga fungsi saluran cerna tetap terjaga. Serat pangan inulin juga membantu penyerapan kalsium, laktosa, dan mengikat lemak jahat yang ada di usus sehingga dapat dibuang sebagai serat. 

Serat pangan inulin juga berfungsi untuk membangkitkan respon imun di tubuh. Jadi, bila saluran cerna sehat, maka nutrisi yang masuk bisa sampai ke otak sehingga anak pun menjadi lebih cerdas, daya tahan fisik juga menjadi kuat.

Selain itu, dr. Muliaman juga menyampaikan agar para bunda selalu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Namun, bila memang anaknya sulit makan, maka bisa diakali dengan memberikan asupan lain untuk membantu memenuhi nutrisinya, seperti memberikan susu pertumbuhan sebagai menu selingan. 

Susu Cair Anak Morinaga Chil*Go! Solusi Tepat Dukung Pencernaan Sehat, Daya Tahan Fisik Kuat

Susu Cair Anak Morinaga Chil*Go

Mengingat bahwa saluran cerna merupakan pusat terbesar daya tahan fisik si kecil, maka dari itu Morinaga Chil*Go! menghadirkan susu cair steril yang mengandung serat pangan inulin sebagai makanan bakteri baik untuk mendukung pencernaan yang sehat. Susu cair Morinaga Chil*Go! juga mengandung 9 vitamin dan 5 mineral yang dapat mendukung pertumbuhan serta menjaga daya tahan tubuh si kecil. 

Menariknya, pada Webinar E-Press Conference pada 25 Maret lalu, Morinaga Chil*Go! menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan produk Morinaga Chil*Go! rasa original. 

Gregorius Daru Smaragiri selaku Business Unit Head Morinaga Chil*Go! Kalbe Nutritional menjelaskan bahwa Morinaga Chil*Go! varian original ini salah satu keunggulannya adalah lebih rendah gula sehingga dapat  mendukung gaya hidup sehat si kecil. Hal ini sesuai dengan misi Kalbe Nutritional dan Morinaga yaitu memberikan nutrisi yang berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. 

Bapak Daru juga menjelaskan berbagai keunggulan lain dari susu cair anak Morinaga Chil*Go! varian original, diantaranya yaitu : 

Keunggulan Morinaga Chil*Go! Rasa Original

#1.  Rasa Enak Bernutrisi
Susu cair Morinaga Chil*Go! memiliki rasa yang enak sehingga dijamin anak-anak menyukainya. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi anak bisa terpenuhi bila rutin mengkonsumsi susu cair Morinaga Chil*Go!. Sebab, susu ini mengandung serat pangan inulin serta 9 vitamin dan 5 mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna si kecil. 

#2. Steril dan Aman dari Bakteri 
Morinaga Chil*Go! merupakan susu cair steril dan aman dari bakteri karena diproduksi dengan menggunakan teknologi sterilisasi modern sehingga dapat memastikan bahwa bakteri yang merugikan atau bakteri patogen itu sudah tidak ada dalam susu Morinaga Chil*Go!. 

Morinaga Chil*Go! juga telah terjamin kualitasnya dan tidak menggunakan bahan pengawat.  Hal ini telah teruji di laboratorium Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang.

#3. Rendah Gula
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Morinaga Chil*Go! varian original memiliki kandungan gula yang lebih rendah dibanding varian lainnya. Hal ini demi menjawab kebutuhan masyarakan akan tren hidup sehat. Dengan memberikan kandungan yang rendah gula maka Morinaga Chil*Go! telah mendukung gaya hidup yang lebih sehat. 

#4. Kualitas Teruji Riset
Berdasarkan hasil riset Bloggersaborasi Morinaga Chil*Go! Dengan IDAI Jatim dan NTT serta pemerintah NTT menemukan bahwa anak yang mengkonsumsi Morinaga Chil*Go! 2 botol per hari dan disertai dengan stimulasi maka mempunyai dampak positif terhadap daya tahan tubuh, pertumbuhan dan kecerdasan. 

Daya tahan tubuh yang lebih baik ini dibuktikan dari terbentuknya kadar hemoglobin yang lebih tinggi setelah mengkonsumsi Morinaga Chil*Go!, selain itu gangguan perilaku emosi juga menurun sebanyak 13,8% setelah mengkonsumsi Morinaga Chil*Go!. Begitu pula pada gangguan pertumbuhan, mengalami penurunan hingga 14.3% bila rutin mengkonsumsi Morinaga Chil*Go!.

#5. Kemasan Dapat Di Daur Ulang
Morinaga Chil*Go! juga melakukan inovasi dengan membuat kemasan yang dapat didaur ulang sehingga sangat ramah lingkungan. Kemasannya terbuat dari bahan plastik HDPE (High Density Polythylene) dan 100% recycleable

Botol bekas konsumsi dari Morinaga Chil*Go!  juga dapat dicuci dan dikreasikan menjadi barang yang memiliki nilai guna, seperti pot bunga, tempat pensil atau aneka mainan. Dengan demikian, kita bisa mengajak si kecil berkreasi sehingga dapat meningkatkan kecerdasan motoriknya. Selain itu, Morinaga Chil*Go! juga bermitra dengan pabrik daur ulang plastik untuk mengolah botol bekas menjadi barang yang berdaya guna. 

#6. Harga Terjangkau
Demi bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak di semua kalangan, maka Morinaga Chil*Go! memberikan harga yang sangat terjangkau. Harapannya adalah agar anak-anak di Indonesia bisa memperoleh asupan nutrisi yang berkualitas. Susu cair Morinaga Chil*Go! ini dibandrol dengan harga 4000an saja. 

#7. Bisa Menjadi Pilihan Snack Sehat
Morinaga Chil*Go! juga bisa dijadikan sebagai snack sehat sehingga nutrisi anak semakin terpenuhi. So, disela-sela aktivitas anak, kita sebagai orang tua bisa memberikan menu selingan berupa susu cair Morinaga Chil*Go! sebagai pelengkap nutrisinya. 

#8. Dapat Dijadikan Kreasi Resep Makanan Sehat
Agar anak tidak bosan, maka kita juga bisa loh membuat kreasi resep makanan atau minuman sehat dari susu cair Morinaga Chil*Go!. Susu ini bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat bernutrisi yang sangat disukai anak, misalnya puding, jus buah, aneka kue atau resep lainnya. 

Pada acara E-Press Conference kemarin, Chef Devina juga memberikan dua resep makanan bergizi berbahan Morinaga Chil*Go! yaitu baked brocoli potato cheese dan Morinaga Chil*Go! panacotta with mix beries sauce.

Bila ingin mencoba resep lainnya, kita bisa mengunduh e-book resep Chil*Go! pada fitur chatbot di laman website www.morinagaplatinum.com. Berbagai inspirasi resep makanan sehat tersedia disana. Menarik banget ya.. 

Tips Menjaga Pencernaan Anak di Masa Pandemi

Tips Menjaga Pencernaan Anak

Setelah mengikuti Webinar atau E-Press Conference yang diadakan oleh Morinaga Chil*Go! Saya jadi makin paham gimana cara menjaga daya tahan tubuh anak di masa pandemi. Dan ternyata imun anak yang sehat itu bermula dari sistem pencernaan yang sehat. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk menjaga saluran pencernaan anak. Berikut berbagai tips menjaga pencernaan anak agar tetap sehat. 

#1. Menjaga Kebersihan
Untuk menjaga saluran cerna anak maka orang tua harus memperhatikan kebersihan dengan selalu menerapkan 3M yaitu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak sebagai upaya menghindari diri dari berbagai virus dan penyakit. Namun bila sudah terkena penyakit, maka perlu menerapkan 3T yaitu pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing) dan perawatan (treatment). 

#2. Memberikan Makanan Bernutrisi
Orang tua juga perlu memberikan makanan dengan nutrisi yang lengkap yang terdiri dari makronutrient seperti protein, karbohidrat dan lemak, serta mikronutrient yang terdiri dari vitamin dan mineral. Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga harus sesuai dengan porsinya dan tidak berlebihan. 

#3. Memenuhi Asupan Cairan
Memenuhi kebutuhan asupan cairan juga sangat penting karena air berperan dalam membantu memecah makanan serta melarutkan mineral dan nutrisi yang terkandung dalam makanan sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan dan dapat mencegah anak mengalami konstipasi atau sembelit. 

#4. Menerapkan Kebiasaan Pola Makan yang Baik
Untuk menjaga saluran cerna anak, orang tua juga harus menerapkan kebiasaan baik dalam memberikan makanan pada anak. Hendaknya orang tua menghindari pemberian makanan pada anak yang dapat mengganggu sistem pencernaan anak. Contohnya, makanan yang dapat memicu perut kembung seperti keju, ubi, sawi dan lainnya. Kurangi pula memberikan teh pada anak karena dapat menghambat penyerapan zat besi.

#5. Memenuhi Kebutuhan Serat
Dan yang terpenting adalah memberikan makanan berserat tinggi agar kesehatan saluran cerna anak terjaga. kandungan serat tinggi ini bisa didapat dari aneka makanan seperti buah-buahan, sayur, yogurt atau susu cair anak Morinaga Chil*Go!

Yuk, Jaga Pencernaan Si Kecil Bersama Morinaga Chil*Go!


Menjaga pencernaan anak terutama di masa pandemi ini merupakan hal yang harus dilakukan oleh orang tua. Sebab, yang menentukan imunitas atau daya tahan tubuh anak adalah sistem pencernaan. Sistem pencernaan membentuk 70% dari sel-sel imunitas dan sangat berpengaruh pada kualitas kesehatan anak secara menyeluruh. 

Oleh karena itu, untuk para bunda, yuk jaga pencernaan anak si kecil dengan rutin memberikan Morinaga Chil*Go! pada anak. Sebab Morinaga Chil*Go! mengandung protein, serat pangan inulin, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan saluran cerna si kecil. Dengan demikian dapat menjaga daya tahan tubuh anak terutama selama masa pandemi. 

Jadi jangan ragu lagi, yuk dapatkan susu cair anak Morinaga Chil*Go! di toko-toko terdekat atau bisa juga didapatkan secara online melalui marketplace kesayangan bunda. Jangan lupa pula untuk ikuti social media Morinaga Chil*Go! agar bisa mendapatkan info terupdate tentang Morinaga. 

Website : https://morinagaplatinum/id

Salam, 






65 comments

  1. Semogaaaa mba Tia dan si kecil sehaattt semua yaaa

    Memang kita kudu berusaha memberikan yg terbaik utk kluarga. Alhamdulillah ada Chil Go ini ya mbaaa.

    Serat inulinnya mantab banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnn mbaa nurul.. semoga sehat2 juga buat mba nurul dan keluarga..

      iya mba, selain ada serat unulin juga rendah gula. makin sehat ya kan pencernaan si kecil

      Delete
  2. kesehatan pencernaan anak paling penting ya mba :) apalagi anak kan butuh asupan kalsium dari susu untuk masa pertumbuhannya

    ReplyDelete
  3. Baru tahu kalo harga susu cair Morinaga chil*go ini cuma 4000an saja, soalnya selama ini yang aku tahu harganya itu lumayan mahal sehingga kurang terjangkau bagi yang kurang mampu.

    Memang mengkhawatirkan kalo si kecil sakit disaat seperti ini, semoga mbak Tia dan anaknya sehat selalu ya.😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mahal susu bubuk kemasan kaleng kayaknya mas..
      Amiiinn.. makasih doanya ya mas agus..

      Delete
  4. Hai Thya.
    Terakhir komen2an di blog ini kayaknya sebelum saya vakum ngeblog dan si mas cilik masih di dalam perut bundanya..eh sekarang udah gede dan gagah😍😍

    Sehat2 selalu ya mas dan mbak Thya sekeluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mba Anissa..
      Welcome back :D
      terakhir aku berkunjung 2017 kayaknya ya mbaa.. terus aku beberapa kali berkunjung ke blog mba belum ada update terbaru ternyata si empunya lagi bertapa ya mba.. hehe

      Sehat selalu juga buat mba anisa sekeluarga.. tetep semangat ngeblog ya mba, biar bisa jalin silahturahmi terus.. :D

      Delete
  5. sekarang makin banyaaak ya mba yang menyediakan produk yang praktis untuk kita dan anak - anak jadi enak dan gampang

    ReplyDelete
  6. Pasti berasa banget ya deg2annya kalau pernah kena covid-19. Apa lagi anak juga pernah dirawat inap karena pencernaan. Untung ada Morinaga Chil*Go!

    ReplyDelete
    Replies
    1. deg-degan banget mba pastinya. untung ada morinaga chil*go, cukup membantu banget jaga daya tahan tubuh anakku

      Delete
  7. Solutif banget nih mba konsumsi susu cair Morinaga selain enak juga bagus banget buat pencernaa. Sehat selalu ya

    ReplyDelete
  8. Pencernaan orang tua kalau terganggu aja nggak enak banget. Apalagi kalau dialami anak kecil. Kasian lihatnya. Seneng juga pas tau kalau kemasan susu ini bisa di daur ulang. Mantaapp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbaa..
      makanya harus rutin konsumsi makanan/minuman sehat seperti chilgo ini

      Delete
  9. Dengan susu ini si kecil pasti tambah sehat dan riang ya bun 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu mas kuanyu..
      apa kabar nih, lama tak bersua?

      Delete
  10. Menjaga pencernaan dan imunitas tubuh memang penting banget, terutama sih di masa pandemi seperti sekarang ini yah mbaaak

    Untung ada susu cair Morinaga Chilgo yang bisa membantu menjaga pencernaan buat anak yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbaa.. untung anakku doyan susu.. jadi skrg gak begitu masalah di pencernaan..

      Delete
  11. Say, ini template baru kah?
    *Lah malah komenin template 😂

    Unyuuu, dan rapi, warna pink pula 😍

    Btw susu Chil*go ini kesukaan si kakak dulu, seringnya bawa susu cair ke sekolah, dan mwmang cocok buat si kakak, pencernaannya jadi lebih sehat.

    Semoga anak-anak selalu sehat ya say, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iihhh, kayaknya mba rey lupa deh saking lamanya gak berkunjung :D
      aku kan syuda ganti template sejak taun lalu.. hehe

      Amiiinnn.. semoga sehat selalu juga buat darel dan dayyan.. :)

      Delete
  12. Anak-anak paling rentan terganggu pencernaannya. Makanya harus selalu dijaga kesehatannya. Apalagi selama pandemi kalau bisa sehat terus.

    ReplyDelete
  13. dedek arfan makin ganteng :)

    ternyata bisa dijadikan snack juga dan divariasikan bareng puding dan penganan sehat lainnya ya, keren inovasinya sudah melalui riset n development yang terpercaya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba.. bocil-bocilmu pasti syukak dehh..

      Delete
  14. Nutrisi harian anak harus benar-benar terjaga dan terpenuhi. Ini jadi pelajaran juga meski aku belum jadi Ibu. Harus ngajarin anak, Keponakan buat suka makan sayur dan buah

    ReplyDelete
  15. kemasannya praktis banget ya, bisa dibawa-bawa dan tetap higienis.... ga kawatir lagi kalau perlu berpergian jauh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba.. bisa dijadikan bekal si dedek

      Delete
  16. aku baru tau kalau kemasannya itu ternyata daur ulang mba, menarik banget jadi kaya seneng deh mengonsumsinya.

    ReplyDelete
  17. Cara gampang untuk menjaga pencernaan anak dengan minum susu dari Morinaga dengan kemasan praktis bisa dibawa kemana2. Bener2solutif bgt nih buat para ibu2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mba.. enak, sehat, bernutrisi pula

      Delete
  18. Nah ini nih yang penting banget buat anak di masa pandemi. Menjaga kesehatan saluran cernanya ya. Soalnya memang ini pangkal dari imunitas tubuhnya. Perut sehat, badan sehat, maka tumbuh kembangnya bisa optimal. Kebetulan deh, ini susu yang juga sering dikonsumsi bocah-bocah di rumah. Mereka suka. Dan Alhamdulillah, selama pandemi mereka sehat-sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. senang ya mba kalo anak sehat

      Delete
  19. waow stoknya banyak banget adek, bagi dong dek buat tante heheheh
    sehat selalu sekeluarga ya mba, susu ini mendukung tumbuh kembang anak banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli dong onty yg banyak buat stok di rumah.. hehe

      Delete
  20. Kalau anak sembelit suka kasian, ngeden tapi bab susah keluar, anak-anak juga suka banget nih sama susu cair chilgo, enak rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mba.. anakku dulu sering sembelit, tapi Alhamdulillah sejak kenal chil go udh ga pernah sembelit lagi

      Delete
  21. kalau aku menjaga kesehatan saluran cerna anak dengan probiotik langsung, mba. dan dengan buah-buahan dan sayur, cuma memang agak menantang sih, karena anak pertamaku ga doyan buah haha.. kalau anak kedua aman laahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia mba.. kadang anaknya ogah2an dikasih sayur ya.. huhu

      Delete
  22. Baru tau chil go ini ada cairnya. Anakku bakalan suka pasti ini. Tks ya mba infonya

    ReplyDelete
  23. Aku juga nonton nih kemarin press con dari Morinaga chilgo. Rasa originalnya enak tuh gak terlalu manis kata anakku.

    ReplyDelete
  24. Setuju banget.
    Kalau susu Morinaga Chil Go, susu yang enak. Dan aku baru tau banyak manfaatnya ternyata untuk perut si kecil. Yang pastijadi bikin nyaman yaah...Anak sehat tentu doa semua para orangtua.

    ReplyDelete
  25. Kbayang banget kekhawatiran orang tua kalo anaknya demam tinggi apalagi di musim kek pandemi gini jadi parno yaa.
    Untung banget ada Morinaga Chil Go yang menjadi solusi kesehatan pencernaan dan daya tahan tubuh anak.

    ReplyDelete
  26. wah produk ayng bisa dimanfaat banyak hal

    ReplyDelete
  27. Iya mbak, jangan sampai anak anak sakit di masa pandemi begini yaa. Serem. Dengan makan makanan bergizi dan asupan nutrisi seimbang insyaAllah terjaga kesehatannya ya

    ReplyDelete
  28. Mengenai saluran pencernaan yang sehat, berpengaruh besar terhadap daya tahan tubuh .. mulaiu dari anak-anak sampai dewasa sih ya. Kalau sejak kecil anak kesehatanb saluran cernanya mendapat perhatian, nanti sampai dewasa akan terbiasa .. in syaa Allah sehat terus.

    Semoga terhindar dari penyakit2 yang dulu ananda ya Mbak.

    ReplyDelete
  29. Keren, sekarang Morinaga juga mempunyai produk susu cair Chil Go.
    Dulu yang bubuk yang jadi andalan untuk anak saya.

    Sehat-sehat terus untuk dedek dan mba Tia ya.
    Dedek ga mengalami gangguan pencernaan lagi karena sudah ketemu dengan camilan yang sehat.

    ReplyDelete
  30. produk susu cair ini memang sangat membantu kita karena praktis dan pastinya mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan anak - anak kita

    ReplyDelete
  31. Chil go ini susu anakku yg pertama duluuu :D. Pas dia udh bisa lepas botol, aku tawarin mau susu apa, dan dia pilih chil go. Tp si adek ga doyan. Jd utk dia pake susu lain.

    Aku sendiri pas kecil dulu Morinaga juga susunya mba. Aku termasuk yg susah bgt minum susu. Gampang muntah Krn aku ga suka cium bau susu. Dan Morinaga susu yg paling aku suka Krn wangi. Baunya ga sama kayak susu lain. Ga bikin eneg :).

    Makanya aku seneng pas anakku yg cewe juga suka susu ini :). Memang enak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah baru tau, morinaga suda ada sejak lama ya? hihi..
      tapi yang susu bubuk ya mba dulu minumnya?

      Delete
  32. Susu ini kesukaan banget anak bungsu waktu anakku masih imut nih... katanya enak banget..hehe...

    ReplyDelete
  33. Ah jadi ada chil go original yang lebih rendah gula. Anakku pernah minum chil go lupa rasa apa, menurutku terlalu manisss. Kalau Ada yg rendah gula begini aku prefer kasih ke anakku

    ReplyDelete
  34. Sekarang harus lebih ekstra kasi jajanan ke anak. Anak saya pun jajannya paling ya susu begini Mba, sama roti. Selain bersih, lebih bergizi juga.

    ReplyDelete
  35. Betul mbak, kalau ada anggota keluarga yang sakit di masa pandemi tu was was nya jadi berlipat ganda ya mbaaa.... semoga kita sehat semua ya mbak dengan ikhtiar2 yang dilakukan sehari-hari....

    ReplyDelete
  36. Sejak ChilGo lahir, saya sudah suka sama produk ini
    Bahkan anak kedua nanti pasca disapih ingin kukenalkan juga seperti kakaknya

    ReplyDelete
  37. Anakku juga mengkonsumsi susu Chilgo ini, ukuranya pas gak terlalu banyak dan sedikit.
    Apalagi mengandung serat inulin dan rendah gula jd aman buat anak gak bikin obesitas ya

    ReplyDelete
  38. Penting ya mba jaga saluran pencernaan apalagi biasa dianggap sebagai otak kedua makanya penting banget penuhi asupannya..btw anakku juga suka chilgo

    ReplyDelete
  39. Morinaga chilgo nih susu favorit anak-anak saya. Bener banget mbak, botolnya bisa dikreasikan menjadi bermacam-macam karya. Bisa dibuat jadi mainan anak, salah satunya.

    ReplyDelete
  40. Susu yang enak banget ini Mbak.
    Aku pernah coba heheh karena penasaran soalnya aku suka minum susu. Sehat selalu ya adek.

    ReplyDelete
  41. Penting banget ya kak menjaga pencernaan si keci saat pandemi seperti ini soale rentan juga kan terus kalau pencernaan sakit mereka juga ga konsen belajar.

    ReplyDelete
  42. Inovasinya bagus sekali Chil-go ini, menggunakan baham yang ramah lingkungan. Masalahnya susu anak kan kebutuhannya banyak jadi penting sekali memanfaatkan kemasannya supaya nggak makin nyampah

    ReplyDelete
  43. Morinaga ini brand susu yang terkenal memang sejak dulu ya. Inovasi mereka untuk memenuhi kebutuhan asupan anak juga oke, apalagi menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Oh ya, ini aku baru tahu lho kalau ada susu cairnya. Setahu aku dulu cuma bubuk aja karena kebetulan salah satu ponakanku minumnya ya Morinaga ini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)