Thursday, August 22, 2019

Mau Foto Produk Jualan Online Jadi Lebih Menarik? Jualan di Blibli.com Saja!


Semenjak menjadi seorang ibu, saya mulai bermimpi untuk mendirikan sebuah usaha. Tujuan nya tentu saja agar bisa lebih dekat dengan anak. Dengan memiliki sebuah usaha, maka pekerjaan lebih fleksibel sehingga waktu bersama anak pun menjadi lebih banyak. 

Seringkali terbesit dalam pikiran saya untuk resign saja dan membangun usaha dari rumah. Memiliki toko susu dan diapers adalah salah satu impian saya mengingat barang tersebut dibutuhkan setiap waktu dan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi ibu-ibu yang memiliki anak bayi. 

Akan tetapi setelah dihitung-hitung, ternyata membangun usaha dari rumah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh modal yang besar untuk memulainya. Apalagi untuk mendirikan toko susu dan diapers, butuh lahan yang strategis agar penjualan lebih maksimal.


Setidaknya ada 3 kendala yang harus dihadapi apabila membuka toko susu dan diapers. 

#1. Modal Besar 
Membuka toko susu dan diapers membutuhkan modal yang sangat besar. Terlebih susu dan diapers merupakan barang yang cukup mahal serta memiliki jenis yang beragam. Untuk menjualnya tentu harus memiliki stock yang lengkap. Namun ternyata modal yang saya miliki belum mencukupi. 

#2. Biaya Sewa Toko 
Sebenarnya bisa saja membuka toko susu dan diapers di rumah. Namun, lokasi rumah saya berada di gang kecil sehingga kurang strategis untuk membuka usaha. Untuk itu, menyewa sebuah toko merupakan salah satu pilihan yang tepat. 

Namun setelah dilakukan survei, ternyata biaya sewa toko cukup mahal. Untuk satu tahunnya, biaya sewa bisa mencapai 30-60 juta. Hal inilah, yang membuat saya mengurungkan niat untuk membuka usaha. 

#3. Target Pasar Kurang Luas 
Sebuah toko offline memiliki jangkauan pasar yang terbatas. Sebab, biasanya konsumen hanya berasal dari area sekitar toko saja. Hal ini dapat mengakibatkan jumlah penjualan tidak begitu tinggi. 

Ya, memang. Sebuah dilema bagi seorang ibu bekerja. Disatu sisi ingin selalu bersama dengan anak, tetapi disisi lain juga ingin bekerja agar bisa membantu suami menambah pundi-pundi penghasilan. Terlebih biaya pendidikan anak di masa mendatang itu cukup mahal. Jadi, saya harus banyak menabung dari sekarang agar kebutuhan anak-anak saya dapat terpenuhi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan giat bekerja. 







Karena memulai sebuah usaha itu membutuhkan modal yang tidak banyak, maka untuk sementara menjadi pegawai kantoran adalah pilihan yang saya ambil meski saya harus rela meninggalkan anak bersama nenek nya di rumah.  

Berangkat pagi, pulang petang sudah menjadi makanan saya sehari-hari. 

Namun, tidak hanya diam menjadi pegawai kantoran saja. Mengingat saat ini merupakan era digital yang mana internet berkembang sangat luas maka membuka toko online merupakan salah satu peluang usaha yang bisa saya jalani. 

Demi mewujudkan mimpi sebagai pengusaha, beberapa bulan terakhir ini saya mulai menekuni kegiatan jual beli secara online. Barangkali kegiatan sampingan ini bisa menjadi batu loncatan untuk saya sehingga nantinya saya tidak perlu bekerja kantoran lagi. Cukup dengan klik-klik layar hp, saya bisa bekerja dari rumah. 

Akan tetapi dalam jualan online ini saya tidak memilih berjualan susu dan diapers, karena kurang ringkas dan bobot nya terlalu berat sehingga kurang praktis saat proses pengiriman. Untuk berjualan online saya lebih suka menjual barang yang ringan-ringan saja. Oleh karena itu,  menjual pakaian bayi menjadi pilihan yang saya ambil.



Dan, enam bulan belakangan ini saya berhasil menekuni jualan online. Saya menjual barang-barang tersebut melalui instagram dan juga menawarkan langsung kepada teman-teman dekat. Namun sayangnya, sejauh ini hasil yang didapat belum maksimal, mungkin karena jangkauannya masih belum terlalu luas. konsumen nya masih sebatas teman-teman dan followers saja. Selain itu, saya juga belum terlalu fokus berjualan karena pikiran terpecah dua antara mengelola olshop dan bekerja kantoran. 







Setelah enam bulan menekuni jualan online, saya jadi tahu bahwa ternyata berjualan online tidak semudah yang dibayangkan. Saya pikir berjualan online itu simpel. Cukup dengan menyetok barang, upload dagangan, konsumen datang, lalu barang dikirim dan setelahnya saya menerima pembayaran. 

Namun ternyata tidak semudah itu. Berjualan online sembari bekerja kantoran, fokusnya menjadi terbelah dua. Pernah suatu ketika saya sedang disibukkan dengan deadline di kantor, tetapi disatu sisi ada beberapa pembeli yang harus cepat dilayani. Keadaan tersebut membuat saya harus multitasking hingga terkadang saya harus curi-curi waktu untuk melayani pembeli terlebih dahulu agar tidak kabur ke toko sebelah. 

Akibat pikiran yang bercabang tersebut, seringkali toko online saya pun menjadi terbengkalai. Padahal banyak stok barang baru yang harus di foto lalu di upload ke instagram. Tapi, apa mau dikata. Terkadang kerjaan kantor yang menumpuk membuat saya tak memiliki waktu untuk melakukan foto produk. Alhasil, toko online masih berisi barang-barang dengan stok yang lama. Kalau sudah begitu, biasanya penjualan jadi menurun karena konsumen menginginkan produk-produk yang selalu up to date

Sekalinya saya memiliki waktu untuk memotret barang-barang dagangan. Eh, hasil fotonya kurang memuaskan. Jelas aja sih, selain tidak mahir fotografi, saya juga hanya mengandalkan kamera handphone untuk melakukan foto produk. Imbasnya adalah, lagi-lagi penjualan menjadi menurun. 

Oleh karena itu saya mencari cara agar bisa meningkatkan penjualan. Sempat terbesit dalam pikiran saya untuk menyewa jasa fotografer agar bisa selalu update foto produk terbaru. Selain itu, menggunakan jasa fotografer dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih baik sehingga dapat menarik perhatian konsumen. 

Namun, sayangnya menyewa jasa fotografer membutuhkan anggaran yang tidak sedikit, sedangkan toko online yang saya rintis masih kecil sehingga keuntungannya belum dapat menutupi biaya jasa fotografer. 

Ditengah-tengah kebingungan saya tersebut, saya kepikiran untuk bergabung dengan marketplace saja. Andaikan saya tidak sempat untuk update stok baru, setidaknya dengan bergabung di marketplace jangkauan pasar menjadi lebih luas sehingga barang yang dijual dapat meraup keuntungan yang lebih maksimal. 



Marketplace yang cukup menarik perhatian saya adalah Blibli.com. Blibli merupakan pelopor toko online di indonesia yang dapat memberikan pengalaman berbelanja online yang nyaman, aman dan mudah. Dengan bergabung di blibli.com maka akan meningkatkan kepercayaan konsumen yang tentunya hal ini berimbas pada meningkatnya penjualan. 

Menariknya lagi adalah dengan bergabung menjadi merchant di blibli.com maka akan mendapat fasilitas yang menarik. Salah satunya adalah gratis foto produk dan upload foto produk. Saya pun langsung semangat mendengarnya. Dengan begitu, kesulitan saya dalam melakukan foto produk dapat diatasi. Kerjaan kantor tuntas, toko online pun tak terbengkalai lagi. 

Saya pun semangat mencari informasi. Dan ternyata, banyak keistimewaan yang didapat apabila menggunakan fasilitas foto produk dari blibli.com 

#1. Gratis 
Merchant blibli.com mendapatkan layanan gratis foto produk. Hal ini sangat membantu saya dalam mengatasi kesulitan untuk melakukan foto produk. Dengan adanya layanan gratis foto produk, tentu dapat menghemat anggaran karena saya tak perlu lagi menyewa jasa fotografer. 

#2. Fotografer Handal 
Dengan ditangani oleh tenaga fotografer profesional maka saya tak tak perlu repot lagi mencari waktu luang untuk memotret produk-produk terbaru. Sebab, Produk-produk dagangan bisa saya kirimkan ke fotografer dan saya tinggal terima beres saja. 

#3. Hasil Foto Memuaskan 
Foto memiliki peranan penting dalam menjalani bisnis online. Foto dengan kualitas yang bagus tentu akan lebih menarik perhatian pembeli ketimbang foto yang ala kadarnya. Apalagi saya hanya mengandalkan kamera handphone untuk memotret. Oleh karena itu menggunakan jasa photoshoot blibli.com merupakan solusi tepat. Dengan fasilitas lengkap yang ditawarkan, tentu kualitas foto yang dihasilkan jauh lebih baik. 


Dengan fasilitas-fasilitas tersebut, hasil foto akan terlihat lebih profesional sehingga dapat menarik perhatian pelanggan. 



Saya semakin tertarik menggunakan layanan gratis foto produk ini sebab dapat membantu meringankan pekerjaan saya. Untuk menggunakan fasilitas tersebut caranya sangat mudah, yakni cukup mendaftar melalui email saja. Hanya dengan mengirimkan email, kita sudah bisa mendapatkan jadwal photoshoot untuk produk dagangan. 


Setelah mengirimkan email, maka tim merchant care akan menghubungi pendaftar dalam waktu 1x24 jam. Selanjutnya merchant partner akan diminta untuk mengumpulkan produk yang akan difoto maksimal 1 minggu sebelum jadwal pemotretan. Apabila tidak mengumpulkan, maka akan dianggap cancel dan jadwal photoshoot bisa diambil oleh merchant partner lain. Jadi, jangan sampai kelupaan untuk mengirimkan contoh barang ya, agar proses photoshoot berlangsung lancar.

Jika contoh barang telah diterima oleh pihak Blibli.com maka tim Blibli akan segera melakukan proses photoshoot. Selanjutnya dilakukan pula proses editing untuk kemudian di upload ke dalam website Blibli.com.

Oya, dalam hal ini pihak merchant boleh loh menghadiri sesi photoshoot, asalkan telah membuat janji terlebih dahulu melalui merchant care.

Gimana, mudah bukan caranya? Dan bila ingin mendaftar, perhatikan terlebih dahulu syarat dan ketentuannya ya..








Dengan fasilitas yang ditawarkan tersebut, membuat saya tidak berpikir dua kali untuk daftar menjadi merchant di Blibli.com. Ah, jadi gak sabar ingin jualan agar bisa raih untung yang gak tanggung-tanggung. Saya yakin, dengan berjualan di Blibli.com, penjualan saya akan meningkat tajam. 

Apalagi fasilitas yang ditawarkan banyak sekali. Tidak hanya gratis foto produk saja, tetapi ada juga gratis kemasan, gratis biaya kirim, kemudahan proses pengiriman serta asuransi pengiriman produk. Sungguh banyak sekali keuntungan yang didapat jika bergabung menjadi merchant di Blibli.com. 

Berikut 3 keuntungan yang didapat apabila berjualan di Blibli.com

#1. Jangkauan Luas

Blibli.com merupakan maketplace yang paling populer di Indonesia. Bukan tidak mungkin produk yang dijual di Blibli bisa terlihat dari penjuru dunia. Hal ini tentu sangat menguntungkan, sebab dengan jangkauan pasar yang luas maka  penjualan bisa meningkat tajam.

#2. Layanan 1x24 Jam

Karena mengandalkan internet, maka transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dalam waktu 1x24 jam. Hal ini tentunya menjadi kelebihan tersendiri, yaitu dapat meningkatkan jumlah konsumen.

#3. Mudah Memasarkan Produk atau Jasa

Dengan menjadi merchant di Blibli.com maka produk yang dijual lebih mudah dipasarkan. Sebab, penjual cukup melakukan upload foto produk di website Blibli saja. Setelah itu, produk akan tersebar luas ke penjuru dunia. Dengan begitu, biaya promosi dapat ditekan sehingga dana yang ada bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Selain itu, untuk memulai berjualan di Blibli.com pun sangat mudah. Cukup dengan mendaftarkan diri sebagai penjual dan mengisi kelengkapan dokumen melalui website Blibli.com. Untuk penjual pribadi, dokumen yang perlu disiapkan adalah KTP dan NPWP. Mudah kan?

Setelah itu, pihak Blibli.com akan me-review dokumen yang telah kita isi. Bila tahap persetujuan dan aktivasi telah selesai maka langsung bisa berjualan deh. Selanjutnya penjual bisa upload produk, lalu merespon pesanan pembeli dan menerima pembayaran dari Blibli.com.


Dengan berjualan di Blibli.com, saya tak perlu pusing lagi membagi waktu antara mengurus kerjaan kantor dan mengelola jualan online. Sebab, urusan foto produk dan upload produk sudah ada yang meng-handle. Dan jika jualan online saya ini sudah berkembang serta meraup keuntungan yang maksimal, saya bisa melepaskan pekerjaan saya di kantor dan fokus berjualan online. Dengan begitu, impian saya untuk berwirausaha dan memiliki banyak waktu luang bersama anak dapat terwujud. 

.






Bagi kamu yang ingin memulai bisnis online seperti saya, yuk segera bergabung menjadi merchant di Blibli.com.

Blibli.com juga memberikan fasilitas yang dapat meningkatkan performa toko, loh. Ada Blibli University yang memberikan tutorial memulai bisnis, video learning, dan artikel pengembangan bisnis online. Ada juga Komunitas Blibli Seller yang dapat mengembangkan koneksi dan berbagi insiprasi dalam pengembangan bisnis online bersama merchant Blibli.com lainnya. 

Menarik banget kan? Makanya, tunggu apalagi. Buruan daftar menjadi merchant Blibli.com, dijamin penjualan melesat, untung pun gak tanggung-tanggung. 

Masih ragu juga? Coba deh simak kisah inspiratif dari Pak hanafi yang mampu meningkatkan traffic penjualan hingga 3000 persen. Dijamin kamu gak akan ragu lagi untuk mulai berjualan di Blibli.com



Salam,



Sumber :
www.blibli.com

Gambar :
- www.pngtree.com
- dokumen pribadi

Infografis :
Olah pribadi dengan canva

Video :
Youtube Channel Blibli


51 comments :

  1. memang yang mempengerahui dagangan di toko online itu soal kualitas foto dengan disediakannya photoshoot oleh blibli, ini cukup membantu untuk para pedagang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas.. yang gak mahir fotografi seperti saya jadi sangat terbantu :)

      Delete
  2. Hai Kak Thya,
    Artikelnya ditata dengan alur yang enak dibaca nih, ah pasti artikel ini cocok untuk teman-teman yang ingin membuka usaha jualan produk online jadi di Blibli. Aku sih belum tertarik karena lagi asyik kerja di dunia yang berbeda.

    Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak.. hehe..

      iya, ini cocok sekali untuk teman2 yang mau memulai bisnis online.
      blm tertarik jualan, tapi tertarik dong kalau belanja di blibli? nanti belanjanya di toko saya yaa.. hehehe

      Delete
  3. menjadi merchant di Blibli.com, kedengarannya menarik sekali nih mbak

    ReplyDelete
  4. Asyik banget ya berjualan di Blibli, rasanya Blibli itu melengkapi semua masalah yang biasa dihadapi ama penjual.
    Semakin keren aja ya.
    Nantinya Fan Babyshop bisa laris di Blibli nih :)

    ReplyDelete
  5. Kayaknya asiik nih jualan di Blibli.com .msh rd ssh kalo swkwdar ngandalin via medsos biasa ya mbakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, jangkauannya kurang luas kalau hanya mengandalkan sosmed

      Delete
  6. Jualan online itu daya tarik pertamanya memang foto ya. Jika foto produknya sudah 'mencuri' hati konsumen maka kemungkinan berlanjut transaksi sangat besar. Jempol deh Blibli.com mempunyai fasilitas foto produk gratis ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul-betul..
      aku pun kalau belanja online liat dari foto nya dulu. walaupun kualitas sama dengan toko sebelah, tapi kalo di toko yg satunya foto lebih menarik, pasti lebih aku pilih.. :D

      Delete
  7. Oh, ternyata gratis foto produk itu difotoin sama tim blibli.com toh? wah beneran keren ini. Saya sendiri kalau belanja online pasti lebih milih toko yang foto produknya bagus. kalau difoto sama tim profesional gini pasti lebih mantap hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas..
      banyak keuntungannya kalau jual di blibli

      Delete
  8. wah kak tya baru tau ada layanan foto produk gratis yaa..

    mantap semakin mudah aja berjualan via blibli.com yaa..
    mantapp!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..
      nanyi jangan lupa belanja di toko ku yaa.. hehehe

      Delete
  9. halo mbak.. .salam kenal ya...

    aku baru tau kalau ada servis foto produk gratis di blibli.com
    keren banget ya inovasi servis dari marketplace inih.
    acungin jempol banget p^^q

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, makin keren aja blibli dalam mewadahi para merchant nya..

      Delete
  10. Baru tau ada layanan foto seperti ini di marketplace semacam blibli. Kita kalo pas jadi customer, saya merasa sekali terpengaruh dengan tampilan foto produk. Maunya sih tidak begitu. Tapii kok tetep saja, hati lebih condong ke toko yg penataan produknya professional dan menarik.
    Semoga sukses yaa usaha online nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul-betul.. saya pun kalau belanja online, pasti yang pertama kali dilihat adalah fotonya dulu. kalo gak menarik langsung lewatin.. hehe..

      Amiinn.. makaciw mbaa.. :)

      Delete
  11. wah Blibli keren yaaaa ngasih layanan foto produk secara profesional gini

    ReplyDelete
  12. Kayaknya baru Blibli market place yang ada fasilitas foto produk gratis ini ya mbak? Sebuah solusi yang tepat sekali untuk para pelaku bisnis online shop di Indonesia. Jadi meringangkan beban mereka tanpa harus mengeluarkan banyak uang dan waktu lagi.

    Sukses buat lombanya, Mbak Thya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas wisnu.. setau aku juga cuma blibli yg memfasilitasi gratis foto produk..

      makaciw mas, doakan yaa.. hehe

      Delete
  13. wow... emang bener sih foto yang bagus lebih menarik pembeli karena manusia ya mahluk visual gitu... mantap berarti blibli ngasih fasilitas photoshoot untuk produk merchant nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantul mas.. penjual jd dimudahkan. apalagi kalo gak jago fotografi, langsung jual aja di blibli biar menarik perhatian konsumen :D

      Delete
  14. Wah gratis ya ? pasti bikin banyak untung nih ya ? apalagi pakingnya juga gratis hhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya serba untung jualan di blibli.com.. banyak fasilitas yg ditawarkan

      Delete
  15. Saya sudah lama jadi member marketplace tersebut.
    Tapi masih bingung, mau menjual produk apa. Apalagi itu soal photo-photo, benar-benar awam.
    Ternyat blibli bisa membantunya.
    wah asek banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih udah lama jd memeber nih mas djangkaru. jualan apa yaa.. produk2 kaum pria gitu mas.. hehe..

      Delete
  16. Untuk produk otomotif seperti mobil atau sparepart.. bisa n memungkinkan g ya di bli2 com ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja kak..
      segera cuss ke wweb blibli :D

      Delete
  17. bener banget, foto produk ngaruh banget buat mendapat kepercayaan dari calon pembeli dan membangun reputasi toko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget.. aku pun kalau belanja online liat foto nya dulu bagus atau engga

      Delete
  18. Seuju mbak: Bibli, toko one juga mirip fasilitasnya

    ReplyDelete
  19. Kalo di blibli.com withdrawnya via apa ya? dan ada batas minimum kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm.. lupa saya via apa..
      info lengkapnya lgsg ke web blibli aja kak.. hehe

      Delete
  20. Marketplace seperti ini memang membantu usaha kecil memasarkan produk2nya dengan mudah dan murah.

    ReplyDelete
  21. BLIBLI dot com, memang sudah tenar kemana - mana, sehingga banyak orang yang ikut jualan disana.

    Semoga sukses selalu yah buat blibli dot com.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kang nata..
      aku juga doain sukses dong.. hehe

      Delete
    2. Iya.Semoga sukses, sukses luar dalam. :)

      Delete
    3. hihi.. amiinn..
      makaciw kang nata

      Delete
  22. pembahasan yang menarik mbak!
    jangan lupa mampir ya AORLIN(.)com

    ReplyDelete
  23. Moga makin sukses ya jualan online nya. Blibli.com emang rekomended banget buat jualan onlin

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...