Cara Mudah Memperbaiki Genset Agar Dapat Digunakan Kembali


Pada kegiatan industri sangat penting memiliki genset sebagai alternatif cadangan listrik apabila terjadi pemadaman listrik. Tujuannya tentu saja agar tidak menggangu kegiatan operasional industri. Pentingnya keberadaan genset dalam dunia industri membuat kini banyak sekali yang menawarkan sewa genset industri, namun pastikan anda menyewa di tempat yang terpercaya, berpengalaman dan memiliki tenaga ahli seperti di sewatama.

Terkadang pemakaian genset menemukan kendala atau beberapa kerusakan. Contoh beberapa kerusakan yang sering terjadi adalah mesin genset tidak beroperasi dengan normal, diode penyearah (rotating rectifier) atau kerusakan AVR Genset.

Berikut ini cara memperbaiki kerusakan pada genset agar dapat digunakan kembali

Mesin genset tidak beroperasi dengan normal

Nyalakan terlebih dahulu mesin penggerak dari genset tersebut, pastikan putaran mesin sudah normal dengan kecepatan 1500 rpm. Jika putaran masih kurang, naikan putaran mesin sampai didapat kecepatan normal.

Diode penyearah (rotating rectifier) 

Periksa dan pastikan kabel-kabel pada diode tersebut dalam keadaan bagus dan terhubung dengan baik. Kemungkinan diode ada yang rusak atau jebol, periksa diode yang terdapat pada rotating recitifer. Buka satu persatu diode tersebut, kemudian ukur diode dengan menggunakan Ohmmeter atau multitester untuk mengukutr tahanan Ohm.

Jika diode ada yang rusak atau jebol, lakukan penggantian dioda, dan pastikan tipe diode yang diganti harus sama dengan tipe diode yang rusak. Setelah sudah dipastikan diode bagus dan terpasang dengan benar, maka nyalakan genset lalu ukur kembali tegangan dari genset tersebut. Jika tegangan genset sudah keluar sampai ke instalasi listrik, maka masalah sudah dapat diatasi, namun jika genset tidak keluar juga tegangannya, lanjut ke langkah berikutnya.

Kerusakan AVR Genset

Lakukan pemeriksaan saat keadaan genset tidak beroperasi. Pada AVR, terdapat pengaman saat terjadi Over current dari exciter, pengaman ini akan terputus saat terjadi arus lebih untuk mengamankan AVR dari kerusakan yang lebih fatal. periksa pengaman, sistem pengaman pada AVR dapat berupa sekring, MCB, atau jenis pemutus otomatis lainnya.

Lakukan perbaikan atau penggantian jika pengaman ini rusak atau putus, atau reset pengaman agar terhubung kembali (untuk tipe otomatis). Terminal untuk pengaman exciter pada AVR biasanya memiliki simbol K1 dan K2. Jika pengaman pada AVR sudah dipastikan terhubung dengan baik, maka kemungkinan penyebab lainnya adalah AVR tersebut rusak atau gulungan exciter tidak keluar tegangan.

Nah, itulah kira-kira cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki genset yang rusak. Semoga bermanfaat.


Salam,

10 comments

  1. Wah...kurang faham aku bagian-bagian Genset karena ga punya Genset, Mbak.
    Bali dulu di 2010 - 2013 langganan mati lampu bahkan sampai seharian matinya, tapi tetep jarang ada yang punya genset untuk rumah tangga. Yang punya genset ini biaanya toko-toko atau orang kaya, hahahahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bener mba,
      kebanyakan yg pake genset cuma di toko-toko aja. kita mah apa lah, gak mampu.. hehe

      Delete
  2. Kalau untuk perawatannya, apa saja yang musti dilakukan mbak?

    ReplyDelete
  3. Naah!! Info menarik nih tentang Genset. Karena manfaat Genset sangat penting dikala mati lampu, Yaa meski sekarang banyak juga lampu solusi mati lampu.

    Tetapi tidak sehebat Genset. Ok mbak thanks Tips menariknya.😄😄

    ReplyDelete
  4. Tempat kerja saya adalah wilayah yang hobby pemadaman. Genset sudah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Sayang, bertahun-tahun saya tetap saja gak paham masalah genset, heheheh. Cuma bisa minta tolong orang buat menghidupkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, itu sih paling simpel.. tinggal minta tolong orang aja ya mbaa.. hehe

      Delete
  5. Genset 1ph dan 3ph caranya sama ya?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)