Pengalaman Seru Belanja Di Bliblimart Offline Store, Hemat Dan Gak Pakai Ribet


Bagi seorang ibu, belanja adalah suatu kegiatan rutin yang musti dilakoni setiap bulannya. Betapa tidak, keperluan rumah tangga harus terpenuhi agar kebutuhan anak dan suami terjamin. Dalam memenuhi semua kebutuhan rumah tangga, biasanya saya berbelanja bulanan di sebuah supermarket terdekat. 


Namun, salah satu kelemahan berbelanja di Supermarket adalah antrian untuk melakukan pembayaran di kasir sangat lama. Apalagi ketika awal bulan, hampir semua orang berbelanja, alhasil biasanya saya bisa antri berjam-jam. Tentu sangat tidak efisien waktu, padahal masih banyak hal lain yang ingin saya kerjakan. 

Oleh karenanya, terkadang jika tidak ada waktu, saya lebih memilih belanja secara online disebuah marketplace. Salah satu marketplace jualan online yang menyediakan produk-produk kebutuhan rumah tangga adalah Blibli. Ya, di Blibli melalui fitur Bliblimart, saya bisa mendapatkan produk rumah tangga yang saya inginkan sehingga saya tak perlu capek antri untuk melakukan pembayaran di kasir Supermarket. 

Nah, kerennya lagi, baru-baru ini Blibli telah launching Bliblimart offline store. Ya, pada tanggal 28 Januari 2020 lalu, Blibli.com meresmikan toko offline BlibliMart yang konon katanya mengusung konsep ramah lingkungan.


Beruntungnya saya berkesempatan hadir di acara "Ngopi Yuk Special Blogger Exclusive Gathering" di Kantor Blibli.com, Gedung Sarana Jaya, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut ada beberapa agenda, yaitu pemberian materi terkait  Mengenal cara jualan di Blibli.com dan Trend menulis Blog 2020. 

Lalu setelahnya, kami diberikan voucher sebesar Rp 50.000 untuk berbelanja dan merasakan langsung keseruan belanja di Bliblimart offline store. Dan setelah merasakan belanja di Bliblimart offline store saya mendapatkan pengalaman yang seru dan unik. Ya, ternyata banyak sekali keuntungan jika berbelanja di Bliblimart offline store, apa saja itu? Simak yuk sampai habis.

Kelebihan Belanja di Offline Store Bliblimart 


#1. Tidak Menyediakan Kantong Belanja
Bliblimart mengusung konsep ramah lingkungan yang mana toko tidak menyediakan kantong plastik demi menjaga lingkungan dan mengurangi limbah plastik. Oleh karenanya, konsumen harus membawa kantong belanja sendiri saat berbelanja di bliblimart.

#2. Tidak Memiliki Kasir 
Tidak seperti supermarket pada umumnya, offline store bliblimart ini memberikan pengalaman yang unik bagi pelanggannya. Sebab, di Bliblimart tidak memiliki kasir sehingga pembayaran dilakukan secara cashless. Sekali lagi, hal ini dilakukan karena bliblimart mengusung konsep ramah lingkungan. Dengan tidak adanya kasir maka dapat mengurangi limbah kertas.

#3. Tersedia Shopkeeper
Meski tidak memiliki kasir, namun bliblimart menyediakan Shopkeeper atau penjaga toko yang dapat membantu konsumen apabila mendapat kesulitan saat bertransaksi di offline store Bliblimart. Selain itu, shopkeeper juga bertugas untuk memastikan belanjaan pelanggannya telah di scan dengan benar. 

#4. Sistem Pembayaran Cashless 
Karena tidak memiliki kasir maka sistem pembayaran di Bliblimart hanya bisa dilakukan secara non tunai. Hal ini cocok sekali bagi generasi berdompet tipis seperti saya alias jarang membawa uang tunai. Dengan sistem pembayaran cashless, saya tak perlu repot tarik tunai di ATM terlebih dahulu saat ingin berbelanja. Tentu hal ini lebih mudah dan praktis. Untuk sistem pembayarannya sendiri, dapat menggunakan dompet digital blipay atau gopay.

#5. Tidak Perlu Antri Panjang 
Pengalaman saya belanja bulanan di Supermarket adalah selalu mendapatkan antrian yang sangat panjang. Apalagi ketika awal bulan, antrian untuk membayar barang belanjaan bisa lebih dari 1 jam sendiri. Padahal belanjanya paling-paling hanya 30 menit saja. Hal ini tentu sangat tidak efisiensi waktu.

Beruntungnya Bliblimart tidak memiliki kasir, proses pembelian barang pun cukup dilakukan dengan cara memindai (scan) produk yang dibeli melalui tombol scan yang ada di aplikasi Blibli. Dengan demikian kita tak perlu melakukan antrian panjang lagi untuk membayar barang belanjaan. Alhasil, waktu yang tersisa bisa digunakan untuk mencuci baju, menyapu atau mengepel lantai (hiyaa, mamak mode on)

#6. Harga Bersaing
Saat berbelanja, salah satu daya pikat yang menarik hati mamak-mamak adalah ketika mendapatkan belanjaan dengan harga yang murah namun berkualitas. Sungguh, hal itu membuat mamak-mamak bahagia. Nah, asiknya belanja di Bliblimart adalah kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibanding harga pasaran. Gak ngerti lagi deh kenapa blibli bisa memberikan harga semurah itu.


Contohnya saja ya, susu dancow untu anak saya, jika saya beli di supermarket harganya berkisar antara 80-90 ribu, ternyata di Bliblimart cuma 78 ribu dong. Gimana mamak gak seneng ya kan? Lumayan uang sisa nya bisa buat jajan mamak, beli batagor sebungkus.

#7. Produk Lengkap 
Gak perlu khawatir barang yang kita cari gak tersedia, Bliblimart menyediakan produk rumah tangga yang sangat lengkap, mulai dari produk makanan, minuman, kebutuhan ibu dan anak, perawatan rumah tangga, perawatan kulit tubuh dan produk grosiran.

Langkah Mudah Belanja Di Offline Store Blibli


Untuk belanja di Bliblimart offline store caranya pun sangat mudah, pertama, kamu cukup unduh Aplikasi Blibli melalui Playstore atau Apps Store, lalu Daftar/Masuk ke akun Blibli kamu dan lakukan Pembelanjaan/Pilih barang yang ingin kamu beli. Setelah itu, lakukan proses scan pada produk yang dibeli, tekan tombol Checkout, lalu lakukan proses pembayaran dengan menggunakan gopay. 

Gimana, mudah banget kan caranya?

Kamu penasaran mau belanja hemat dan lebih untung di Bliblimart offline store? yuk, cuss aja datang ke Bliblimart di kantor Blibli, Jakarta Pusat. Ya, karena untuk sementara Blibli.com baru meresmikan satu toko offline Bliblimart.  Semoga kedepannya, Bliblimart offline store bisa memiliki banyak cabang.


Salam, 

21 comments

  1. wah sumpah nih djarum hehe. totalitas buat blibli mart off sttoree.

    ReplyDelete
  2. Seru juga ya, segala sesuatunya semakin compact jadi nggak perlu antri lama, dan bisa efisiensi waktu plus pekerja juga karena sistem cashiernya nggak ada :D

    Semoga, semakin banyak Bliblimart di Indonesia agar kota-kota lainnya pun dapat merasakan~ dan semoga pilihan pembayaran pun semakin banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn.. aku juga berharap bliblimart makin banyak, biar gak usah jauh-jauh mau belanja hemat dan praktis..

      Delete
  3. Wah enak juga nih dapat voucher 50 ribu, aku juga mau belanja di bliblimart tapi sayangnya disini tak ada..😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, iya.. adanya di jakarta doang..
      tapi kalo mau belanja di bliblimart bisa juga kok secara online di app blibli.com

      Delete
  4. Haiiii ka tya... masih bahas pa ganag hehee kayanya kenal deh ka tya.. soalnya kebetulan suami sempet ada proyek bareng puspitek hampir 1 tahun dan aku sering banget main kesnaa.. ada bbrp bulan jg sempet kesana.. btw kalau ktm lagi salam balik aja ya k tya.. weleh2.. ini sih terobosan baru ya blibli keren abis.. jd pengen coba ke offline storenyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akhirnya rasa penasaran terjawab ya mba vik..
      ah, serius setaunan kemarin sering ke puspiptek.. kalo tau mah kita ketemuan mba vik.. huhu..

      iya nih, blibli makin keren bingit dengan menghadirkan bliblimart ini..

      Delete
  5. bentar say, saya kelewatan atau gimana ya?
    Jadi offline store nya itu di mana?
    Terus gimana kalau nggak ada kasirnya? apa kita nggak dipentungin satpam main ngeloyor aja hihihi.
    Penasaran juga sayah, pengen belanja model ginian, soalnya i hate antri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sementara baru ada di jakarta pusat mbaa, di kantornya Blibli.. wekekek..

      gak ada kasirnya. jadi tiap ambil barang, scan, ambil barang scan gitu. ntar bayarnya pake blipay atau gojek. dan tentunya ada yang jaga kok, namanya shopkeeper. doi juga membantu pelanggan yang kesulitan saat belanja (namanya juga metode baru ya kan, pasti ada aja yg masih kesulitan).

      Delete
    2. Yaaa kirain udah ada di mana-mana gitu, kan asyique gitu kalau bisa belanja keren gitu :D
      Semoga nantinya ada di Surabaya juga, apalagi kalau banyak promonya haahaa

      Delete
  6. Acaranya seru bgt ya mbak? Menyesal nih q nggak jadi datang, btw penasaran juga sensasi belanja di offline storenya blibli, uhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru bingit mba ellaaa, kenapa sih gak dateng? hiksss.. pingin banget ketemu dirimu..
      periode berikutnya ikutan yuk, kita meetup :D

      Delete
  7. Wah...Blibli ada offline-nya.
    baru tahu...di Bali belum ada nie.
    Enak ya di kota besar :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa.. baru ada 1 doang di jakarta.. hihi

      Delete
  8. ini baru belanja menyenangkan dan canggih, cashless banget, kadang nih ga semua toko menyediakan pembayaran dengan atm, malah kalau bayar dari atm dikenai charge, kan males jadinya
    apalagi aku jarang bawa uang cash banyak di dompet jadi maunya ya tinggal gesek aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. generasi millenial nih pasti.. tos dulu ah kita.. hehehe

      Delete
  9. Uda baca darinkapan tau, pokoknya semenjak publish gitu, tapie baru sempet njejak
    And im so in love with your outfit maaaak, ungu cantik hihihi

    E kok fokus ke situ ya

    Oke ini aku penasaran banget ama store benerannya blibli, tapi cuma 1 tok kah mak, cabangnya ada berapaaa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. syantiek yaa aku mak? kayak anak gadis gak? wekekekek..

      iya mak, baru ada 1 doang. belom bercabang-cabang doi~
      mungkin bertahap.. ku doain biar adajuga di daerah2 pasar kemis.. wekekek

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)