6 Tanda Sebuah Perusahaan Membutuhkan Payroll Outsourcing

6 Tanda Perusahaan Butuh Payroll Outsourcing

Payroll atau penggajian bukan menjadi hal baru bagi banyak perusahaan. Sebab, memang sudah menjadi kewajiban perusahaan sebagai pemberi kerja untuk memberikan upah yang layak kepada karyawan sebagai pemberi kerja. Namun, ada banyak regulasi dan komponen gaji yang menyulitkan proses payroll itu sendiri. 

Itulah kenapa tidak semua perusahaan mampu memproses payroll secara internal. Menggunakan jasa payroll outsourcing adalah salah satu cara untuk menyiasati sulitnya proses penggajian. Lalu, bagaimana cara mengetahui jika sebuah perusahaan butuh payroll outsourcing? 

6 Tanda Sebuah Perusahaan Membutuhkan Payroll Outsourcing

#1. Sering Telat Gajian
Umumnya sebuah perusahaan akan memproses gaji kepada karyawan setiap bulan. Bagaimana jika HRD keteteran mengurus gaji? Alhasil, karyawan bisa telat gajian.  Jika sudah begini, telat gajian akan mempengaruhi kinerja dan loyalitas karyawan kepada perusahaan. Sementara itu, perusahaan juga dianggap tidak becus dalam mengelola dan menggaji karyawan. 

#2. Selalu Salah Hitung Gaji
Komponen dan regulasi mengenai penggajian yang beragam membuat perusahaan sering salah menghitung gaji sehingga gaji yang diterima oleh karyawan pun kurang sesuai dengan yang seharusnya, bisa lebih banyak atau lebih sedikit. Lagi-lagi citra perusahaan dalam mengelola karyawan dipertaruhkan dalam hal ini. 


#3. HRD Kurang Fokus
HRD harus menghadapi tumpukan dokumen fisik dari perhitungan payroll manual.  Hal tersebut membuat staf HRD tidak fokus serta membuat HRD melewatkan hal penting seperti fokus kepada manajemen karyawan sebagai sumber daya manusia. Tanpa manajemen sumber daya manusia yang baik, perusahaan tak akan mampu menjalankan bisnis dengan lancar.

#4. Format Laporan Payroll Berantakan
Laporan payroll digunakan sebagai analisis alokasi dana gaji dan keputusan strategis perusahaan. Di samping itu, laporan payroll juga dapat menetapkan jika karyawan mendapatkan gaji sesuai dengan performa atau tidak. Proses payroll manual biasanya sulit untuk dibuat laporan rutin.  Format laporan payroll pun akhirnya berantakan dan  menghasilkan keputusan strategis yang tak tepat sasaran.  

#5. Pengembangan dan Pelatihan Karyawan Terbengkalai
Tugas lain seperti kegiatan pengembangan karyawan akan terabaikan karena HRD kurang fokus. Pengembangan dan pelatihan karyawan sendiri adalah kunci penting bagi perusahaan untuk menjaga produktivitas dan loyalitas. Karyawan perusahaan bisa bosan dan malah tidak lagi memandang perusahaan sebagai tempat yang layak untuk mengembangkan jenjang karir. Akhirnya, karyawan memutuskan untuk resign dan beralih ke perusahaan kompetitor.


#6. Keliru Menetapkan PTKP
Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) adalah salah satu bagian dari penggajian yang harus perusahaan perhatikan. Jika HRD keliru menetapkan PTKP, maka perhitungan penggajian pun akan keliru juga. Biasanya kekeliruan semacam ini diakibatkan karena kurangnya wawasan HRD dalam regulasi penggajian. 

Atasi Sulitnya Menghitung Gaji dengan Payroll Outsourcing LinovHR 

Apakah tanda-tanda  diatas tak asing? Bila iya, bisa jadi perusahaan kamu membutuhkan payroll outsourcing. Dan beruntungnya, saat ini banyak vendor yang menawarkan payroll services. Tak perlu bingung memilih mana yang paling cocok untuk perusahaan kamu, sebab LinovHR bisa menjadi opsi akurat bagi perusahaan untuk mendapatkan  payroll outsourcing terbaik. 

LinovHR menyediakan jasa payroll outsourcing terbaik yang memudahkan perusahaan dalam mengelola payroll. Integrasi sistem antara satu komponen gaji dengan komponen yang lain membuat proses payroll bulanan berjalan efisien dan jauh lebih akurat dibandingkan cara manual. Berbagai kekeliruan dalam proses payroll manual pun dapat diminimalisir dengan baik sehingga proses payroll berjalan lebih cepat. Tidak ada lagi istilah telat gajian di perusahaan mu.  

Aspek keamanan juga menjadi hal utama dalam payroll outsourcing dari LinovHR. Data dan informasi pada laporan payroll hanya digunakan untuk keperluan perusahaan Anda. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi memusingkan kemungkinan kebocoran dan manipulasi data. HRD akhirnya bisa fokus bekerja lebih dalam pengembangan kualitas karyawan.

Tidak ada keraguan lagi bagi perusahaan untuk beralih ke payroll outsourcing dari LinovHR. Yuk, konsultasikan keluhan perusahaan kepada staf ahli LinovHR yang berpengalaman di bidang payroll! 


Salam,





2 comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)