Pengalaman Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

Pengalaman Mencegah Rambut Rontok

Memiliki rambut indah, hitam, berkilau dan sehat merupakan dambaan setiap wanita. Namun apa daya kalau nyatanya kita punya permasalahan rambut rontok. Seperti rambut saya ini yang super duper rontok, terlebih pasca melahirkan, rontoknya tak tertahankan. Akhirnya, karena hal tersebut, saya melakukan berbagai cara untuk mencegah rambut rontok secara alami. Apa saja cara yang saya lakukan, yuk simak terus artikel ini ya..

Cara Mencegah Rambut Rontok Secara Alami

Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari perubahan hormon, tingkat stress, polusi udara atau rambut yang kurang sehat dan kurang ternutrisi dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, saya pun mencoba berbagai cara untuk mencegah rambut rontok secara alami. Adapun cara yang saya lakukan, diantaranya yaitu :


#1. Memijat Kulit Kepala Secara Teratur
Memijat kulit kepala merupakan salah satu cara sederhana yang dapat mengatasi permasalahan rambut rontok. Kamu dapat melakukannya pada saat keramas atau creambath. Dengan melakukan pemijatan pada kulit kepala, maka dapat membuat tubuh lebih rileks sehingga dapat membantu mengurangi stress. Memijat kulit kepala secara teratur juga dapat mengatasi permasalahan rambut lainnya, seperti mencegah ketombe dan infeksi kulit kepala.

#2. Menghindari Stress
Stress juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut, salah satunya adalah rambut menjadi mudah rontok. Hal ini seringkali saya alami, terutama ketika saya masih kuliah dan dihadapi dengan tugas akademis dan tugas non akademis yang cukup menumpuk. Alhasil, hal tersebut cukup menyita pikiran saya sehingga saya menjadi stress. Jadilah, rambut saya menjadi mudah rontok bahkan hanya disentuh saja, rambut saya auto berguguran di medan perang. Sungguh terlalu..

Akhirnya, untuk mengatasi hal tersebut saya mencoba mengatasinya dengan melakukan hal-hal yang bisa membuat saya happy, seperti bersenang-senang dengan teman atau menonton standup comedy yang membuat saya bisa tertawa lepas. 

#3. Memperlakukan Rambut Basah Dengan Lembut
Kesalahan fatal yang sering saya lakukan adalah tidak memperlakukan rambut basah dengan baik. Selain sering menyisir rambut dalam kondisi basah, saya juga seringkali langsung mengenakan kerudung dalam kondisi basah. Hal ini tentu saja dapat memperparah kerontokan rambut. 

Padahal, rambut dalam keadaan basah memiliki sifat yang lebih rapuh ketimbang saat kering. Karenanya, kita harus memperlakukan rambut dengan lembut saat kondisi basah. Lebih baik, hindari menyisir rambut setelah keramas, hindari memakai kerudung dalam kondisi rambut basah dan hindari pula mengeringkan rambut dengan hair dryer karena dapat membuat rambut menjadi mudah rusak. 

#4. Hindari Menguncir Rambut Terlalu Kencang
Kesalahan lainnya yang sering saya lakukan adalah seringkali saya menguncir rambut terlalu kencang, bahkan saat tidur pun seringkali saya lupa melepas kunciran rambut. Dan parahnya lagi, saya juga sering menguncir rambut dalam kondisi basah, lalu ditambah lagi langsung ditutup dengan kerudung. Alhasil, makin parah lah kerontokan rambut saya. 

Oleh karena itu, saya mulai membiasakan untuk lebih sering menggerai rambut agar bisa memberikan waktu untuk rambut beristirahat. Pun bila terpaksa harus menguncir rambut, usahakan untuk tidak menguncirnya terlalu kencang dan terlalu lama. 

#5. Konsumsi Makanan Bergizi
Selain penting untuk kesehatan tubuh, ternyata makanan bergizi juga sangat penting untuk kesehatan rambut. Sebab, beberapa makanan dapat memperkuat akar rambut sehingga membuat rambut menjadi lebih sehat. Karenanya kita perlu mengkonsumsi makanan yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi rambut, seperti omega 3, vitamin, makanan tinggi protein seperti ayam, telur, dan susu. Selain itu juga harus memperbanyak konsumsi sayur dan buah agar kebutuhan vitamin dan mineral tercukupi. 

Demikianlah, sekiranya itu saja beberapa cara yang saya lakukan untuk mencegah rambut rontok secara alami. Semoga bermanfaat juga untuk teman-teman semua ya..

Ohya, btw kalau kalian gimana nih cara mengatasi rambut rontok? Boleh dong share dikolom komentar. 

Salam,



8 comments

  1. poin #3 itu sering dilakuin sama istri mbak.. alhasil kepala langsung pusing, terus suami yang jadi korban T.T

    ternyata itu juga bikin rambut rontok juga ya.. makasi infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi korban apa nih suaminya? haha *korban amarah (?) :D

      Delete
  2. Jadi inget pasca lahiran dulu aku, Mbak Thya. Dulu rambutku juga rontok parah banget. Sempat pakai macam-macam produk hair fall treatment, tapi gak ada yang mempan. Bukannya rambut jadi berkurang rontoknya, tapi malah rambut jadi ketombean. 😭

    Aku catat dulu aja deh tipsnya, Mbak. Kali aja bisa aku pakai tipsnya buat pasca lahiran selanjutnya. Bagaimanapun kan yang alami lebih bagus kalau lagi menyusui 🥰.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa.. aku juga waktu abis lahiran maikn parah rontoknya.. huhu

      Delete
  3. THN lalu aku sempet stress Krn rambutku rontok parah mba. Ntah karena kerjaan, ato memang stress ga bisa jalan2 hahahahaha. Yg td nya tebel, udh tipiiiis saking banyaknya :(.

    Makanan aku ubah jd LBH sehat, sampe minum vitamin rambut yg diminum. Trus ganti shampoo juga sih. Alhamdulillah cocok Ama salah satu shampo dan conditioner Korea. Agak pricey memang, tp ya sudahlaaah, yg ptg cocok dulu :D.

    Rontoknya brenti, dan mulai banyak tumbuh rambut halus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. shampo nya apa mba fan? bocoran dongg..

      Delete
  4. rambut aku banget kalau soal rontok, nggak pernah berhenti.
    heran kenapa rontoknya sampe banyak bener, nyari hair tonic belum dapet yang cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an segera dipertemukan dengan yang cocok ya mba #eh

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)