Manfaat Minyak Ikan Untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Minyak Ikan Untuk Anak

Memiliki anak yang cerdas, sehat dan aktif merupakan dambaan setiap orang tua. Karenanya penting bagi orang tua untuk memberikan nutrisi seimbang dan juga stimulasi yang tepat pada anak. Salah satu nutrisi yang harus dipenuhi adalah minyak ikan. Minyak ikan untuk anak sangat penting karena mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan.

Selain itu, omega 3 pada minyak ikan juga mengandung DHA yang berperan dalam perkembangan otak, EPA yang dapat membantu mengurangi peradangan dan depresi serta ALA yang digunakan sebagai energi.

Kandungan DHA yang terdapat pada minyak ikan ini sangat baik untuk pertumbuhan otak anak. Sebab, DHA berguna untuk pembentukan sel otak dan sel saraf. Nah, saraf pada otak inilah yang berperan menyempaikan pesan dari otak ke organ pengindraan. Saat perintah dari otak sampai dengan cepat, maka menandakan bahwa kemampuan motorik anak berkembang dengan baik.

Agar anak mendapatkan asupan DHA yang cukup, kita sebagai ibu harus memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam menu harian anak. Ibu harus memberikan makanan yang memiliki kandungan DHA seperti ikan laut, telur atau kacang-kacangan. 

Jenis Makanan yang Mengandung DHA

Kandungan DHA banyak ditemukan pada ikan dan makanan laut lainnya. Adapun jenis makanan yang kaya akan DHA adalah sebagi berikut :

#1. Ikan Salmon
Ikan salmon memiliki kandungan DHA sekitar 2.477 mg per 6 ons salmon filet. Tinggi sekali ya kandungan DHA pada ikan salmon. Dan beruntungnya sejak anak saya mulai MPASI, saya sering memberikan ikan salmon pada menu MPASI Arfan. Dan bersyukurnya lagi, saat itu Arfan gak menolak menu ikan salmon ini. 

#2. Ikan Tuna
Selain ikan salmon, saya juga sering memberikan ikan tuna pada menu Mpasi Arfan. Dan ternyata ikan tuna juga mengandung DHA yang cukup tinggi, yaitu sekitar 1940 mg per 6 ons ikan tuna filet. 

#3. Ikan Trout
Jujur, saya agak asing dengan jenis ikan yang satu ini. Namun ternyata ikan trout juga memiliki kandungan DHA yang tinggi loh. 

#4. Kerang
Gak disangka, ternyata kerang juga memiliki kandungan DHA yang tinggi, yaitu sekitar 430 mg per 3 ons kerang. Boleh juga kapan-kapan membuat menu makan harian anak dengan menggunakan kerang. Karena sejauh ini, saya belum pernah memberikan kerang pada anak saya.

#5. Tiram
Gak hanya kerang, ternyata tiram juga memiliki kandungan DHA yang tinggi , hampir sama dengan kandungan DHA pada kerang, yaitu sekitar 425 mg per 3 ons tiram. 

Sebenarnya mudah memberikan asupan tinggi DHA pada anak, asalkan anaknya doyan dengan menu tersebut. Namun, bila anak tidak doyan dengan menu-menu tersebut, maka ibu harus menggunakan cara lain untuk mencukupi kebutuhan DHA anak, misalnya dengan memberikan vitamin yang mengandung DHA atau susu pertumbuhan anak yang mengandung minyak ikan sebagai sumber DHA. 

Saya pun demikian, sejak usia Arfan menginjak satu tahun ke atas, Arfan mulai sulit diberikan makanan-makanan tinggi DHA seperti itu. Sebagai mamak tentu pusyinggg banget dong. Alhasil, saya berikan susu yang mengandung minyak ikan yang lumayan tinggi aja lah. Mengingat, Arfan juga doyan banget susu. 

Susu yang sedang Arfan konsumsi saat ini adalah susu Dancow 3+ karena Arfan cocok dengan susu ini dan beruntungnya kandungan minyak ikannya juga tinggi. Namun, masih banyak kok jenis susu lain yang memiliki kandungan minyak ikan tinggi. Moms bisa sesuaikan aja dengan budget dan kesukaan anak ya.. 

Demikianlah cara saya dalam mencukupi kebutuhan DHA pada anak. Semoga Arfan bisa tumbuh sehat dan cerdas. Amiiinnn..

Btw, kalo moms, gimana nih cara mencukupi kebutuhan DHA pada anak? Share dong di kolom komentar..

Salam,



Sumber : 
  • https://kumparan.com/babyologist/5-jenis-makanan-tinggi-asam-docosahexaenoic-dha-1550814726918325276/full

8 comments

  1. anak saya juga sering dikasih salmon sama mamanya dan untungnya anaknya juga suka, suka banget malah dan menjadi favoritnya kalau makan. Tapi tetap saja demi keseimbangan gizi, menunya harus diputar-putar juga

    ReplyDelete
  2. susune mas arfan sama kayak punyae acika n adeknya hihihi...

    ikan trout ini kok asing ya di telinga...gampang ga say carinya? kalau tiram ama kerang tapi agak susah cari yang bebas kontaminasi merkuri ga sih huhu...

    menarik nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. awww.. camaan ya mak, si arfan juga doyannya itu. hehe
      ikan trout agak syusah mak. iya sih kalo kerang ada kontam merkuri.. tapi dulu aku pernah penelitian merkurinya tuh keserap sama cangkang kerangnya mak. pas ku cek di lab kerangnya aman

      Delete
  3. Wah selama tinggal di daerah kepulauan, Ziqri anak saya puas banget makan seafood segar dengan harga terjangkau. Nah, setelah pindah, baru deh agak bingung, soalnya dia jadi kurang doyan produk poultry. Ujung-ujungnya ya mengandalkan DHA dari susu juga mbak Tya

    ReplyDelete
  4. Nah ini yang kadang bikin aku pusing mbak, anak ku ngga doyan makan ikan gara gara pernah kena durinya, padahal banyak manfaatnya ya, salah satunya mengandung DHA untuk pertumbuhan otak.

    Solusinya memang pakai minyak ikan saja ya.

    ReplyDelete
  5. Kerang, saya suka sekali. Dan baru tahu jika mengandung banyak manfaat.

    ReplyDelete
  6. Meski di pasar ada yang jual tapi karena rumah jauh dari laut aku suka ngerasa klo ikan atau kerang-kerangan itu udah berkurang kadar gizinya karena ga segar lagi. hihihi...
    Jadinya untuk DHA aku kasih dari susu dan minyak ikan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)