Kiat Jitu Agar Tetap Nyaman Beraktivitas Saat Sedang Haid

Tips Nyaman Saat Haid

Haid atau datang bulan kerap kali membuat kaum wanita menjadi tak nyaman, terutama saat sedang beraktivitas. Pun demikian dengan saya, pasalnya saat sedang haid saya selalu merasakan nyeri dan kram perut. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas saya. Belum lagi ditambah bad mood yang menyerang tanpa aba-aba. Duh, rasanya nikmat betul. Hari-hari berasa kusut dan suram. 

Namun tenang saja, saat ini saya sudah punya jurus jitu dalam menaklukan nyeri haid sehingga kita bisa tetap nyaman saat beraktivitas. Berikut tips agar tetap nyaman beraktivitas saat sedang haid berdasarkan pengalaman pribadi. 

#1. Kompres Air Hangat
Bila nyeri yang saya rasakan tak terlalu parah, biasanya saya mengompres perut dengan menggunakan air hangat. Hal ini, cukup meredakan nyeri yang timbul, perut pun terasa lebih nyaman. Kompres air hangat ini biasanya saya lakukan dengan menggunakan botol atau plastik yang diisi air hangat, lalu ditempelkan ke perut selama beberapa menit. 

#2. Minum Cukup Air
Saat sedang haid, ada baiknya untuk konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Sebab, kekurangan air dalam tubuh dapat memperburuk kram perut yang timbul. Jangan lupa pula untuk memilih air hangat ketimbang air dingin ya, sebab air hangat dapat melancarkan aliran darah sehingga membuat perut menjadi lebih nyaman.

#3. Pijat
Saat sedang haid juga paling enak dipijat. Gak perlu mahal-mahal ke spa atau terapis pijat. Cukup minta pijat suami sudah cukup meringankan nyeri perut yang timbul. Kalau saya paling senang dipijat bagian kaki hingga telapak kaki. Karena saat sedang kram perut, nyerinya menjalar hingga ke kaki. 

#4. Menggunakan Pembalut yang Nyaman
Jangan lupa pula untuk selalu menggunakan pembalut yang nyaman. Kalau saya paling suka pakai pembalut charm cool karena ada sensasi dingin sehingga membuat area kewanitaan menjadi fresh dan tidak pengap. Jangan lupa pula untuk selalu mengganti pembalut setiap 4-6 jam sekali agar tetap nyaman saat beraktivitas.

#5. Minum Obat Pereda Nyeri
Bila nyeri yang saya rasakan sangat hebat dan sudah tak terhankan lagi, terpaksa saya harus minum obat pereda nyeri. Kurang lebih satu jam setelah konsumsi pereda nyeri, biasanya nyeri haid langsung berkurang. Saya pun dapat nyaman beraktivitas kembali. 

Demikianlah, kiat yang saya lakukan saat nyeri haid mulai menyiksa dan mengganggu aktivitas harian saya. Semoga artikel ini bermanfaat ya..

Btw, kalau kalian sering nyeri dan kram perut juga gak kalau sedang haid? Gimana cara mengatasinya? Share dong di kolom komentar. 

Salam, 



1 comment

  1. Haduh, pas baca ini, pas juga lagi mens, dan udah 2 bulanan ini menstruasi nggak asyik banget.
    Jadwalnya selalu telat, abis itu kalau mens juga bermasalah, bulan lalu tumpah ruah, bulan ini kek ketutup hiks.

    Lama banget jadwalnya.

    Jadinya super ga nyaman deh, butuh banget pembalut nyaman kayak Charm.

    Dipake olahraga juga tetap nyaman tuh :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)