Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga Kesehatan Tulang

Menjaga kesehatan tulang penting dilakukan sejak dini agar terhindar dari osteoporosis. Pasalnya, kepadatan tulang akan berkurang seiring dengan pertambahan usia kita. Hal ini telah dirasakan oleh orang tua dan juga beberapa saudara saya yang sudah berusia lanjut. Menginjak usia 50an, mereka sering mengeluhkan kondisi tulangnya, mulai dari nyeri sendi hingga alami peradangan. 

Oleh karena itu, sejak usia muda kita harus peduli terhadap kesehatan tulang. Lalu gimana sih cara menjaga kesehatan tulang agar tetap berfungsi dengan baik meskipun sudah berusia senja? 

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang merupakan bagian utama dalam sistem rangka manusia. Peranannya bagi tubuh sangat banyak, mulai dari melindungi organ tubuh, berfungsi untuk bergerak, membentuk struktur atau rangkah tubuh dan juga menyimpan kalsium. 

Jika tidak dijaga kesehatannya, maka tulang akan mudah keropos sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Dan berikut ini cara menjaga kesehatan tulang agar dapat berfungsi baik meskipun sudah lanjut usia.


#1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Salah satu asupan nutrisi yang dapat memperkuat tulang adalah protein. Bila kebutuhan protein dalam tubuh tercukupi, tidak hanya tulang saja yang terjaga kesehatannya tetapi juga otot. Hal ini terjadi karena 50 persen tulang terbentuk dari protein. Karena itu, protein sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. 

Selain protein, mencukupi kebutuhan kalsium juga penting untuk menjaga kesehatan tulang. sumber kalsium ini bisa diperoleh melalui berbagai produk susu, sarden, susu kedelai maupun brokoli. 

#2. Konsumsi Banyak Sayuran
Sayuran sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan tulang. sayuran mengandung banyak vitamin C yang dapat membantu memproduksi sel-sel tulang. Vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi tulang dari radikal bebas.

#3. Rutin Berolahraga
Untuk menjaga kesehatan tulang, ada baiknya untuk rutin berolahraga. Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang jarang berolahraga lebih rentan terhadap permasalahan tulang, seperti osteoporosis.
Dengan rutin berolahraga maka akan membuat otot dan tulang menjadi lebih kuat, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga akan terjaga dengan baik sehingga dapat mengurangi resiko terkena osteoporosis. Beberapa jenis olahraga yang bagus untuk menjaga kepadatan tulang diantaranya yaitu angkat beban, jogging, jalan santai dan yoga. 

#4. Mencukupi Asupan Vitamin D
Untuk membantu penyerapan kalsium dan pembentukan tulang, tubuh juga memerlukan asupan vitamin D yang cukup. Kebutuhan vitamin D ini dapat dipenuhi dari paparan sinar matahari pagi. Itulah mengapa kita dianjurkan untuk rutin berjemur dibawah sinar matahari pagi karena sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D alami yang sangat baik untuk kesehatan tulang. 

Selain sinar matahari pagi, beberapa makanan juga mengandung vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, diantaranya yaitu salmon, ikan sarden, minyak ikan, ikan tuna, tiram, udang, kuning telur, dan jamur.

#5. Hindari Alkohol dan Merokok
Kebiasaan hidup tidak sehat seperti sering mengkonsumsi alkohol dan merokok juga berpengaruh terhadap kesehatan tulang. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa pecandu alkohol lebih rentan mengalami osteoporosis sedangkan merokok dapat mengganggu penyerapan kalsium. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat menyebabkan kurangnya kepadatan tulang. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tulang ada baiknya untuk menghindari alkohol dan menghentikan kebiasaaan merokok. 

#6. Menjaga Berat Badan 
Cara lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan menjaga berat badan. Pastikan berat badan berada pada kisaran berat badan yang sehat, tidak terlalu kurus maupun terlalu gemuk. Sebab, berat badan yang terlalu rendah dapat meningkatkan resiko terkena osteoporosis, sementara berat badan berlebih akan memicu terjadinya obesitas yang dapat berakibat munculnya berbagai penyakit kronis. 

Demikianlah pentingnya menjaga kesehatan tulang, yuk mulai sekarang kita berusaha untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap berfungsi dengan baik meskipun sudah tua nanti. 

Salam, 



8 comments

  1. Makan makanan yang mengandung vitamin D dan zat besi biar tulang kuat ya mbak Tia, selain itu rajin olahraga minimal sebulan sekali.😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas aguss.. yok dijaga kesehatan tulangnya :D

      Delete
  2. Selamat hari raya idul Fitri ya mbak Thya, mohon maaf lahir dan batin kalo banyak salah selama ini dalam ngeblog.🙏🙏🙏

    Belum update lagi nih, semoga sehat selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf lahir batin juga ya mas agus.. maaf kalau ada tulisan ataupun komentar yang tak mengenakkan hati..

      Delete
  3. betul juga sih poin poin di atas sayy...menjaga berat badan selain bikin enak di badan...ternyata bisa untuk memperkuat tulang ya dan mencegah osteoporosis...

    kalau berjemur di bawah vit D untuk dewasa ternyata juga masih bagus ya mak, ga cuma berlaku untuk bayi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak.. gak cuman bayi doang. buat kita-kita juga masih efektif.

      Delete
  4. hiks aku nih mbak kadang nggak suka sayuran kalau lagi nggak cocok hahaha
    meskipun suka susu tapi nggak menjamin juga tulang bisa kuat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu.. iya mbaa..
      yang penting kebutuhan kalsium hariannya terpenuhi si..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)