Yuk, Mengenal Lebih Dekat Struktur Organisasi Mayora


struktur organisasi mayora

PT. Mayora Indah Tbk merupakan salah satu perusahaan yang pernah saya lamar saat masih fresh graduate dulu. Ya, saya pernah bermimpi kerja di industri dan menjadi bagian dari analis atau tim quality control disana. Namun sayangnya, semesta tidak berkehandak dan lebih mengizinkan saya untuk bekerja di salah satu pemerintahan. 

Lima tahun bekerja dan berkecimpung di dunia pemerintahan hingga akhirnya mengalami pemutusan hubungan kerja pada awal Januari lalu, membuat saya kepikiran untuk mengirim lamaran kembali sebagai analis kimia di industri seperti PT. Mayora ini.

Btw, kalian gak asing kan dengan perusahaan Mayora?

Saya yakin deh, saat hari lebaran pasti meja kalian dipenuhi dengan produk dari Mayora kan? Seperti Astor, Royal Choice, Roma hinga permen Kis atau Kopiko. Saya juga yakin, kalian pasti sering makan BengBeng, Choki-Choki, Energen dan Torabika kan?

Yaps, semua yang saya sebutkan diatas merupakan produk yang dihasilkan oleh PT.Mayora Indah Tbk. 

PT Mayora Indah Tbk merupakan salah satu perusahaan besar dan terkenal di Indonesia yang bergerak di bidang industri makanan. Sejak berdirinya di tahun 1997 hingga sekarang, Mayora sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan produknya tidak hanya terkenal di Indonesia saja tetapi juga di lima benua. Luar biasa ya?

Karena itu, saya penasaran dengan struktur organisasi Mayora yang mampu membuat perusahaan sebesar ini. Besar harapan juga bisa bergabung dan menjadi bagian di dalamnya. #eh

Struktur Organisasi Mayora Indah

Dibalik kesuksesan sebuah perusahaan, tentu ada andil dan tanggung jawab yang besar dari berbagai pihak di dalamnya. PT. Mayora Indah Tbk memiliki orang-orang yang berperan dalam mengelola dan memajukan perusahaan yang tersusun dalam struktur organisasi Mayora. 

Nah, berikut saya berikan penjelasan singkat dari struktur organisasi Mayora beserta jabatan dan fungsinya. 

struktur organisasi mayora
#1. RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)

Dalam setiap perusahaan akan ada agenda tahunan yang disebut Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). RUPS ini menjadi wadah bagi pemegang saham untuk menyampaikan pendapat mereka secara formal. Pendapat ini juga wajib didengar oleh pemegang saham lain, direksi dan komisaris. Sebab, masa depan perusahaan sangat bergantung pada Rapat Umum Pemegang Saham.  

#2. Dewan Komisaris

Dewan Komisaris merupakan organ perseroan yang berugas melakukan pengawasan secara umum dan atau khusus sesuai dengan anggaran dasar. Tak hanya itu, tugas lainnya adalah mengawasi direksi dalam menjalankan kegiatan perusahaan dan memberikan nasihat kepada Direksi.

#3. Komite Audit

Komite Audit merupakan Komite yang dibentuk untuk bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris dalam rangka membantu melaksanakan tugas dan fungsi Dewan Komisaris. Intinya adalah bertugas membantu Dewan Komisaris dalam melakukan fungsi pengawasan.

#4. Direktur Utama

Direktur utama merupakan jabatan tertinggi dalam perusahaan. Tugasnya bisa dibilang cukup berat karena terkait dengan perkembangan perusahaan sekaligus mengelola sumber daya yang tersedia.
Direktur utama memiliki tugas mengimplementasikan dan mengorganisir visi dan misi perusahaan, menyusun strategi bisnis untuk perusahaan serta melakukan evaluasi perusahaan

Nah, kalau di PT. Mayora Indah Tbk, Direktur Utama ini dibantu oleh beberapa direktur dibawahnya, yaitu 
  • Direktur Supply Chain
  • Direktur Operasional
  • Direktur Keuangan
  • Direktur Pemasaran
Kira-kira itulah 4 jabatan penting yang berada dalam struktur organisasi Mayora. Selain keempat jabatan tersebut, ada lagi beberapa jabatan dibawahnya, yaitu :

Sekretaris Perusahaan
Unit Audit Internal
Purchasing
Teknologi Informasi
Pemasaran
Keuangan dan Akunting
HRD dan Personalia
Legal
Manufacturing

Nah, itulah struktur organisasi Mayora. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi gambaran bagi kita, khususnya juga bagi yang ingin menjadi bagian di dalamnya, semoga ada gambaran, kira-kira cocoknya menempati jabatan apa ya? ehe.. 

Salam,





3 comments

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)