Resolusi 2022 dan Pencapaian di Tahun 2021


Resolusi 2022

Gak seperti tahun-tahun sebelumnya, ngomongin soal resolusi, sejujurnya tahun ini saya agak bingung mau menuliskannya. Rasanya resolusi yang ingin saya tuliskan masih sama seperti tahun sebelumnya. 

Tapi bukan berarti resolusi tahun sebelumnya tidak tercapai ya. Alhamdulillah, tahun 2021 semua resolusi saya hampir 100% tercapai. Namun di tahun ini, beberapa hal yang ingin saya capai masih sama seperti tahun sebelumnya, masih seputar blogging dan sosial media, masih seputar kondisi finansial, kesehatan dan ibadah yang harus lebih ditingkatkan lagi.

Pencapaian di Tahun 2021 dan Harapan di Tahun 2022

Sejak masa SMA, saya memang selalu rutin menuliskan resolusi setiap tahunnya. Tujuannya agar hidup saya lebih tertarget sehingga lebih semangat untuk menjalani hari-hari sembari mengejar ketercapaian. 

Alhamdulillah, target yang saya tulis diawal tahun 2021 hampir tercapai semua, khususnya untuk resolusi ngeblog. 

Pencapaian Ngeblog 2021 
Alhamdulillah di tahun 2021 saya berhasil memenangkan 12 kali lomba blog, mendapatkan 65 kali job kerjasama menulis, baik itu job CP, sponsorpost, produk review maupun job dari marketplace seperti vira, sosiago dan lainnya. 

Di tahun ini blogger juga digegerkan oleh platform bernama intellifluence, yang mana melalui platform tersebut blogger bisa mendapatkan fee ratusan dollar hanya dengan menulis satu artikel saja. Saya pun sudah beberapa kali mendapatkan job dari intellifluence. 

Berkat itu semua, sepanjang tahun 2021 saya bisa mendapatkan penghasilan ngeblog hingga 30 juta lebih. Angka yang terbilang besar bagi saya yang masih pemula dalam memonetisasi blog. 

blogdinastian

Pencapaian lainnya dari ngeblog, di akhir tahun 2021 saya berhasil membangun blog kedua yang beralamatkan di blogdinastian.com, blog yang saya buat tanpa ada rencana sebelumnya. 

Sebenarnya membuat blog kedua ini dengan tujuan bisa mendapatkan job juga dari klien dan khususnya dari intelliffluence. Dengan demikian, bisa makin cuan ;p


Harapan Ngeblog 2022
Harapan ngeblog di tahun 2022 gak jauh beda dengan tahun 2021.

Saya ingin bisa rutin memenangkan lomba blog setiap bulannya, atau minimal dalam satu tahun bisa memenangkan 10 kali lomba blog. Saya juga berharap bisa dapat job kerjasama sebanyak tahun 2021, syukur-syukur bisa lebih dari itu. 

Dan yang paling utama, saya sangat berharap ada job dari intelliffluence setiap bulannya supaya ada pemasukan yang lumayan terlebih saya sudah tak bekerja kantoran lagi. 

Lalu untuk update konten, mudah-mudahan saya bisa konsisten untuk update konten organik di dua blog saya. Gak muluk-muluk, minimal sebulan 2 kali bisa update konten di blog ini dan blogdinastian. 

Selain itu, pengen juga blogdinastian performanya makin meningkat, punya PV tinggi di kedua blog saya, ada waktu belajar mendalami ilmu blogging seperti SEO dan lainnya. Pasalnya, saya agak kezel di tahun 2021 kemarin artikel sulit banget diindeks, bahkan beberapa artikel gagal indeks dan bahkan mengalami eror indexing. Mungkin kalau saya punya imu SEO yang bagus, hal demikian tidak akan terjadi. 

Pencapaian YouTube dan Instagram 2021

Subscribe Yuk
https://www.youtube.com/channel/UCVsujjSqiWehQiizuCm_sCQ

Di tahun 2021 saya juga mulai membangun channel YouTube dengan tujuan sebagai investasi. Tapi memang masih agak sulit untuk konsisten upload video di youtube. Akhirnya, di tahun 2021 ini saya baru berhasil mendapatkan 100an subscriber saja. Masih jauh dari syarat monetisasi.

Meski demikian, hal ini merupakan pencapaian bagi saya. Karena di tahun 2021 saya benar-benar memulai YouTube dari nol. Namun, Alhamdulillah beberapa konten saya ada yang mendapat view yang cukup bagus, bahkan ada konten yang mendapatkan hingga 11K viewer.

Untuk Instagram, di tahun 2021 saya bisa mempertahankan followers IG di angka 10K sehingga beberapa kali saya berkesempatan mendapat job endorse di IG. Saya juga mencoba untuk mengelola 2 akun IG dengan tujuan untuk mengikuti lomba-lomba foto. Namun ternyata saya merasa agak kewalahan.

Tapi meski demikian, hal yang tak disangka di tahun 2021 adalah saya berhasil memenangkan 4 kali lomba foto Instagram. Lumayan bagi pemula seperti saya. Hehe.. 


Harapan YouTube dan Instagram 2022
Harapan di tahun 2022, tentu aja meneruskan yang sudah saya bangun di tahun sebelumnya. Untuk YouTube Pinginnya sih bisa memenuhi syarat monetisasi, tapi kok ya saya agak pesimis. Karena itu, saya menargetkan bisa mendapatkan subscriber minimal 500 aja. Mudah-mudahan tahun 2022 saya juga bisa konsisten update YouTube minimal sebulan 2x aja. Gak usah muluk-muluk, karena masih kudu ngelola 2 blog juga. Hihi..

Untuk Instagram, gak banyak yang diharapkan sih. Mau mempertahankan followers dan menaikkan ER aja agar peluang mendapatkan job lebih besar. Terus, kayaknya juga bakal fokus kelola satu Instagram aja biar gak pusying. 

Pencapaian Karir 2021
Soal karir, tahun 2021 stuck disitu-situ aja sih. Ada sedikit kenaikan gaji juga. Terus, mulai awal 2021, saya juga diminta oleh atasan untuk memegang dua bidang pekerjaan sekaligus, yaitu analis lab dan juga keuangan. Sungguh, diawal rasanya berat sekali karena harus mondar-mandir di dua kantor dengan jarak yang bisa dibilang lumayan jauh. 

Tapi entah harus sedih atau bahagia. Perjalanan karir saya berhenti sampai disitu aja karena per Januari 2022 saya diberhentikan dari pekerjaan saya di kantor. Gak cuma saya saja, tetapi seluruh pegawai honorer yang ada di instansi saya (ini artinya se-Indonesia yang termasuk dalam instansi saya bekerja), juga termasuk lembaga Eijkman. Sungguh ironi sekali sih negeri ini. Bahkan penelitinya dirumahkan tanpa pesangon, padahal sudah puluhan tahun mengabdi. Dah lah, gak mau bahas lebih jauh lagi. Wekekek.

Harapan Karir 2022
Tahun 2022 belum ada bayangan soal karir sih. Sejauh ini masih nyaman di rumah urus keluarga sembari menjadi fulltime blogger. Sementara ini, saya ingin meningkatkan karir ngeblog aja dan berpenghasilan lewat YouTube juga.

Saya juga pengen banget bisa menerbitkan buku, entah itu antologi maupun karya pribadi. Semoga ada yang ajak saya membuat buku, ya.. hehe.. Amiinn.. 

Tapi, kalo semisal ada yang menawarkan saya pekerjaan sesuai dengan skill, saya gak menolak sih. Terlebih kalo gaji dan lokasinya cocok. Hehe

Resolusi lainnya di Tahun 2022

Resolusi lainnya gak jauh beda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu terkait resolusi finansial saya ingin menambah tabungan dan investasi dengan nominal yang sudah saya targetkan. Lalu, meningkatkan ibadah, diberi kesehatan dan terakhir saya kepingin banget hamil lagi sih. Semoga Allah mendengar doa-doa saya dan mengabulkannya.. Amiiinnn.. 

Demikianlah, resolusi sederhana saya di tahun 2022 ini semoga segala target dan rencana yang sudah saya susun dapat terealisasi. Aminnnn.. 

Kalau kalian gimana? sudahkah menulis resolusi 2022? Share yuk di kolom komentar.

Salam, 


 

4 comments

  1. Wah luar biasa mbak Tia, tahun 2021 hampir semua resolusi tercapai ya, ngeblog juga dapat sampai 30 juta, luar biasa sekali. Tahun kemarin aku cuma dapat adsense, itu juga cuma sejuta doang huhuhu..

    Sepertinya harus ikut job kerjasama atau semacamnya kalo mau cuan ya mbak, adsense tidak bisa diandalkan.

    Semoga tahun ini subscriber mbak Tia makin banyak biar bisa Monet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, mas..
      Aku malah belum pernah cair adsense.. udah 3 tahun masih aja 100ribuan.. wakakak..
      tipsnya dong mas di share blog.. hehe

      Delete
  2. aku nggak pernah nulis resolusi di buku, pengennya sih mencoba bikin planning gitu termasuk blog plan
    pencapaian mba Tia di 2021 luarrr biasaaa banget ini, aku aja mau ikutan lomba kadang nggak keburu waktu, tau-tau udah mepet deadline

    aku dari kapan hari pengen nerbitin blog baru lagi mbak, bentar masih ga sempet kwkwkw, terus cobain di WP juga, soalnya selama iin punya akun WP tapi ga pernah ngeblog disana.
    entar aku subscribbe yutubnya mbak, cita-citaku juga kalau bisa dapet cuan dari yutub, hiks kadang mau edit aja malesnya itu lho, gimana mau berhasil cobak
    terus subscriber juga dikittt banget

    ReplyDelete
  3. amiin Semoga semua hajat hasil maksud ya kak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)