5 Sumber Penghasilan yang Bisa didapatkan Setelah Berhenti Kerja

5 Sumber Penghasilan yang Bisa didapatkan Setelah Berhenti Kerja

Assalamualaikum, sahabat blogger kesayangan.. 

Belakangan ini saya sering menemukan berita terkait penghapusan tenaga kerja honorer. Uww, sebagai tenaga honorer, tentu saya merasa (sedikit) khawatir. Ya, secara udah tiga kali ikutan tes cpns tapi belum beruntung jugak.

Memang sih, pekerjaan bukan cuma PNS atau honorer aja, tapi jujur saya udah males sih kalo cari-cari kerja (lagi), pikiran saya udah bercabang-cabang antara anak, kerjaan, dan sebagainya. Jadilah saya menikmati aja jadi pegawai honorer dan kalo ada pembukaan tes cpns, saya ikutan. Ya, siapa tau ya kan, nyangkut. Hihi..

Begitulah. Sejak punya anak, saya tuh udah gak terlalu mikirin kerjaan apalagi karir, bahkan terkadang bawannya pengen resign aja ngurus anak di rumah. Meski pikiran itu seringkali terbantahkan karena teringat biaya susu dan popok yang teramat mihil.. wkwk


Namun, kalau ada pemberitaan terkait penghapusan tenaga kerja honorer tentu saya sedih juga. Padahal kondisi di lapangan, tenaga honorer masih dibutuhkan sih menurut saya. Pasalnya ada beberapa bidang yang belum terisi oleh PNS. Misalnya di bidang saya, analis kimia hanya mengandalkan tenaga honorer, sebab tak ada satupun PNS yang merupakan sarjana kimia. Pun, di bidang saya juga tidak mengajukan penerimaan CPNS. Aneh gak sih?

Dan kesedihan saya terkait penghapusan tenaga kerja honorer ini semakin menjadi ketika kemarin saya mendapat kabar bahwa salah seorang rekan kerja saya diputus kontraknya. Sungguh, denger hal itu saya rasanya sedih bangeeeetttt.. Secaraa di kantor, dia merupakan seorang dokter gigi dan saya udah cocok banget periksa gigi dengan doi.

Padahal sebelumnya belum pernah sih ada kejadian seperti ini, bahkan di bidang saya, ada juga pegawai honorer yang syudah tua kepala 5 tapi aman-aman saja dan masih dipekerjakan.

Dan karena hal tersebut, jadilah saya kepikiran, gimana ya kalau seandainya saya yang diputus kontraknya? Kira-kira apa yang bakal saya lakukan untuk menambah penghasilan? Apakah saya hanya akan mengandalkan suami dan menjadi fulltime mom atau akan mencari penghasilan tambahan?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bergelayut diotak, saya pun memikirkan berbagai sumber penghasilan yang kira-kira bisa saya dapatkan jika berhenti kerja. Ya, hal ini memang harus dipikirkan dari sekarang dong biar gak kaget nantinya. Hehe..

Dan berikut ini adalah 5 sumber penghasilan yang mungkin bisa saya dapatkan setelah berhenti kerja.

#1. Fulltime Blogger


Hal pertama yang akan saya lakukan kalau berhenti kerja mungkin saya akan fokus ngeblog, itung-itung menyalurkan hobi sekaligus mengais recehan dari blog. Ya, mungkin saya akan fokus dan lebih giat mengoptimasi blog dan ikutan berbagai lomba blog.

Seenggaknya dengan ngeblog, saya bisa lebih happy. Apalagi kalau bisa dapet banyak tawaran kerjasama dan menang lomba. *uhuk

Tapi paling yang jadi pertanyaan adalah apakah ketika jadi fulltime moms saya akan punya banyak waktu untuk ngurus blog ini? bukankah pekerjaan rumah banyak dan kudu diselesaiakan, belum lagi ada anak yang minta ditemani main seharian?

Hemmph, untuk menjawab pertanyaan itu sepertinya saya harus belajar dengan mba reyneraea atau mamak gembulnita deh..  hihi..

Ya, paling sih saya harus rela begadang kali ya demi menuntaskan tulisan atau setiap seminggu atau dua minggu sekali saya akan kabur sebentar ke mcd dekat rumah untuk numpang nulis, sementara anak saya titipkan dulu di neneknya.. (cerdas gak saya.. wkwk)

#2. Bisnis Online 


Nah, sebenernya saya tuh punya akun olshop baju bayi yang penjualannya cukup lumayan. Tapi sayang, beberapa bulan belakangan ini gak sempat terjamah lagi karena saya yang lagi cukup ribet. Jadilah akun olshop tersebut bak sarang laba-laba, hasil penjualannya pun berangsur menurun saking gak pernah saya update lagi.. huhu..

Ya, ternyata gak semudah yang dibayangkan ya ngurus akun olshop. Harus foto produk, upload produk terbaru, berinteraksi dengan pelanggan, cek transferan, pengiriman barang dan lain-lain. Sungguh ribet juga ternyata dan saya gak sanggup pegang itu beberapa bulan kebelakang ini. 

Mungkin kalau saya berhenti kerja saya akan me-manage akun olshop lagi dan lebih fokus berjualan. eh, iya, btw kalo ada yang penasaran dengan akun olshop saya, cuss langsung cek aja ig @fan.babyshop yaa.. 

#3. Ngajar Bimbel atau Privat 


Sebelum bekerja sebagai tenaga honorer seperti sekarang ini, dulu saya sempat berprofesi menjadi seorang guru. Saya sempat mengajar semua pelajaran untuk anak-anak SD, saya juga pernah mengajar matematika, kimia, fisika dan biologi untuk anak SMP, mengajar kimia SMA bahkan saya juga pernah ngajar kimia untuk mahasiswa di German School.

Ya, berbekal pengalaman tersebut, mungkin ketika berhenti kerja nanti saya akan kembali mengajar. Entah itu membuka bimbel kecil-kecilan di rumah, mengajar privat, atau mungkin melamar kerja disebuah bimbel.

#4. Buka Usaha Susu & Diapers 

Buka usaha juga bisa jadi pilihan seandainya saya berhenti kerja. Ya, kalau ada modalnya sih ya. Btw, saya sih sebenernya bercita-cita banget punya usaha susu dan diapers, kayaknya menjanjikan gitu loh. Apalagi setiap tahunnya, data menunjukkan bahwa di Indonesia ada sekitar 4,8 juta bayi baru lahir. 

Tuh kan, tingkat kelahiran bayi di Indonesia cukup tinggi ya kan? dan bayi mana coba yang gak butuh susu dan diapers. Kayaknya sih ya memang harus nabung dari sekarang (mumpung masih kerja) supaya bisa ngumpulin modal buat buka usaha.

#5. Melamar Kerja di Perusahaan Lain 


Kalau ini sepertinya bakal jadi pilihan terakhir sih. Mungkin kalau kondisi ekonomi bener-bener sulit banget saya bakal melamar kerja lagi di perusahaan lain. Kalau masih mencukupi, saya sepertinya lebih memilih di rumah saja dan mencari penghasilan tambahan yang bisa dikerjakan di rumah.

Yak, mungkin salah satu atau salah dua dari 5 hal tersebut akan saya lakoni ketika berhenti kerja. So, gak perlu takut kalau diputus kontraknya ya karena sesungguhnya rezeki Allah bisa datang darimana saja dan tidak disangka-sangka.

Btw, adakah disini yang bekerja sebagai pegawai honorer juga? curhat yuk di kolom komentar.. hehehe..


Salam,

32 comments

  1. bisnis online pun saat ini juga semakin rame dan tentunya amat sangat bisa "menghasilkan"

    ReplyDelete
  2. memang, harus ada perencanaan juga ya kalo udah berhenti kerja, ada banyak sekali alternatif untuk mendapatkan penghasilan nyatanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, sumber rezeki bertaburan kok dimana-mana, asal kita mau usaha aja. hehe..

      Delete
  3. Kalo untuk pekerjaan di rumah memang enaknya jadi full time blogger, bisnis online, dan jualan di rumah, jadi anak ikut terurus.

    Cuma kalo jualan pempers dan diapers perlu modal lumayan gede dan juga kios ya, tapi bisa pinjam sama bank sih.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, kalo pinjem sama bank mah gak kuat deh sama bunga nya.. hehe

      Delete
  4. Kalau mau mencari sumber penghasilan dari rumah memang paling enak olshop mba, tapi sekarang go-food pun bisa dari rumah nggak harus punya restoran. Jadi, semisal mba hobi masak rumahan, bisa juga buka go-food (ini berdasarkan pengalaman dua orang kenalan saya) hehehe. Dan enaknya lagi, go-food itu fleksibel, bisa diatur jam jualannya :D

    Kalau nggak bisa masak, tetap bisa jualan snack-snack kiloan, dan lain sebagainya. Salah satu kenalan saya, iseng jualan gorengan semacam bakwan, molen, tempe, tahu isi (khas gorengan kaki lima tapi ini dimasak di rumah), eh ternyata laris manis nggak menyangka dia juga :)) padahal cuma untuk for fun saja sepulang kerja dari jam 6 sore - 9 malam. Terus ada 1 lagi, kenalan saya lainnya jualan jamu di go-food laris manis juga padahal kalau dipikir-pikir pasti jarang orang cari jamu di go-food, tapi ternyata laris mba (saya pun jadi langganan kalau lagi di Indonesia) :D

    Siapa tau bisa jadi poin tambahan untuk teman-teman yang sedang cari ide untuk menambah sumber pemasukan yaaa :>

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betolll bangeettt, saya sering pesan salad homemade, dia jual dari rumahnya dan dibikin per orderan gitu, jadi nggak perlu punya toko juga bisa :D

      Delete
    2. memang banyak jalan menuju roma yaaa..
      boleh juga itu ide-ide nyaa mbaaa..

      betul kata mba rey, gak perlu punya toko pun bisa yaa. modal jadi lebih kecil ya mbaa..

      Delete
  5. Semoga tetep dipakai say, konon kalau tenaga honorer itu lebih diutamakan untuk diangkat jadi PNS, karena udah masuk database.

    menurut saya, kalau memang suka kerja kantoran, meski dikebut ayo lebih semangat lagi, tunjukan keuletan, biar lebih cepat dilirik atasan untuk direkomendasikan jadi PNS, who knows kan say.

    Tapi kalau memang tidak memungkinkan, saya ngerti banget gimana jadi pekerja mamak-mamak itu, pemikiran terbagi-bagi banget.

    Nanti saya tulis deh plus minus kerja kantoran ama ngeblog hahaha

    Etapi dirimu sih masih lumayan kalau memang jadi fulltime blogger, jadi bisa dijadwalin aja say, misal sehari atau 2 hari sekali, melipir ke McD, beli es krim dan numpang nullis hahaha.
    Duh idaman banget tuh, saya juga dekat McD sayang anak nggak ada yang jaga.

    Terus yang olshopmu fanbaby itu, masih sering ada yang baca loh postingannya di blog saya :D

    Eh sama lomba blog, dirimu mah saya yakin bisa banget mengumpulkan pundi-pundi dari lomba blog, udah pengalaman gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi era jokowi ini kayaknya gak ada pengangkatan deh mbaaa.. Alhasil, kudu ikutan seleksi juga, sama halnya seperti jalur umum.

      Nah, nah.. kutunggu tulisannya tentang plus minus kerja kantoran dan ngeblog ya mbaa.. hehe

      ya, mbaaa.. kalo konsisten dan serius memang lumayan sih dari ngeblog. olshop fanbaby juga lumayan hasilnya kalo diseriusin.. hihi

      Delete
    2. Ayo semangaaattt, pak Jokowi mah memang pake taktik melirik PNS untuk saat dekat pemilu aja wakakakaka.
      Tapi seharusnya (khususnya) tenaga honorer yang masih muda diperhitungkan deh, karena honorer itu sama aja pengabdian penuh, lagian mengangkat tenaga honorer jauh lebih mudah karena sudah familer dengan lingkungan abdi negara.

      Semangaaattt, semoga dikasih jalan yang terbaik :)

      Delete
    3. Amiinnn.. mbaa reeyy...
      iya betul, kalo tenaga honorer masalah kerjaan udh lebih oke lah yaa.. krn udah lama mengabdi. kalo cpns belajar dari awal lagi.. hihi..

      Amiinn.. mudah2an dikasih jalan terbaik :)

      Delete
  6. Jadi full time bloggee juga seru mbak, hobby yang dibayar. Karena aku pikir mayoritas blogger emang mereka hobby n passionnya nulis.

    Aku kenal teman baik, yg full time blogger aja bisa lunasin KPR rumah hasil ngeblog. Cuma memang butuh disiplin dan dedikasi juga yang tinggi. Banyak ilmu dia yg bs kita serap buat profesi apapun yang kita ambil.

    Olshop pun bs jadi pilihan, banyak cara cara memiliki olshop. Dari skrg bs start menjadi reselleR-dropship misalnya.

    Era gerbang industri 4.0 enak apa-apa serba online. Banyak peluang bertebaran. Satu sih yang dulu membuat aku berani resign (meski maju mundur 2tahun) "REJEKI ALLAH DATANGNYA GA CUMA DARI PERUSAHAAN AKU KERJA" tapi banyak pintu. Alhamdulillah keyakinan itu berbuah nyata.

    Semangat, Mbak! Yes, you can!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, betul mbaa.. kudu disiplin tinggi kalo jadi blogger, gak boleh moody biar menghasilkan. hehe.. sama mba, ku juga ada temen bisa beli tanah dan bangun rumah dari hasil ngeblog. kere banget gak sih, menginspirasi..

      Ya, betul.. olshop juga oke kalo kita maksimal kelola nyaa..

      Delete
  7. Jadi full time blogger aja mbak sambil ngurus olshop. Semangat ...

    ReplyDelete
  8. waah bisa dicoba tuh mba..
    tapi paling enak sih kalau ada passive income kayak punya kost misalnya, tapi modalnya juga ga kecil :D
    gapapa deh sekarang berharap someday punya kost, smoga suatu saat beneran punya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, asik banget itu punya kost atau kontrakan. kapan ya bisa punya? hehe..
      modalnya sih emang gede bingit.. hehe..

      Amiinn yaa, semoga punya beneran suatu saat..

      Delete
  9. Aku aku, tenaga honorer juga. Wkwkwk
    Tp kayake ditempatku masih sepi nih tentang penghapusan tenaga honorer, kl pun diputus kontrknya yuadah jd full time blogger aja, wkwkwk
    Semangat ya mbak!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaakk, sungguh?
      wah ternyata kita senasib sepenanggungan yak.. hehe..
      mba ella honorer dimana? guru yaa?

      Semangat juga buat mba ella..

      Delete
  10. Bismillah, semoga ada jalan ya Mbak.
    Insya Allah skrg sudah banyak pilihan yang bisa jadi pelarian sementara sampai ketemu job impian. Full blogger dan online shop master itu bisa banget tuh. temen2 ku banyak yang berhasil

    Atau semoga perhonorannya masih tetap dilanjutkan ya mbaak, bahkan semogaaaaa suatu hari nanti diangkat PNS dengan status honor bertahun-tahun di sana via jalur khusus rekomendasi instansinya. Amiinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn mas aul..
      tapi gak yakin ada pengangkatan honorer, paling2 PPPK sih..

      Insyallah rezeki bisa dateng dari mana aja ya mas aul..

      Delete
  11. kalau saya sampingan nya dan lagi rajin isi survey online mba hehe. lumayan hasilnya dari hasil iseng iseng aja dah sampe jutaan :D sudah saya buat sih tulisan nya di blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, gimana tuh caranya?
      sip lah, langsung meluncur ke blog nyaa.. :D

      Delete
  12. Blog juga saat ini cukup menjanjikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Bahkan banyak yang menjadikan penghasilan utama juga Mbak.

    ReplyDelete
  13. Walaupun belum dapet kerja karena masih sibuk kuliah, aku berharap banget bisa menghasilkan uang sendiri lewat blog. Nggak mudah memang sih. Tapi harus tetap optimis sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting konsisten mbaa.. semangatt..

      Delete
  14. Pertengahan tahun ini aku bakal ajuin surat resign. Udh kepikir sih mau ngapain ya kalo udh ga kerja ntr. Yg pasti kayaknya udh tertarik utk kantoran, dan memang pgn fokus anak. Skr sih yg terpikir Ama aku, pgn jd pengatur keuangan suami, Krn aku memang LBH jago kalo ngatur keuangan :p.

    Yg kedua, aku kepikir utk fokus investasi dan muterin uangku di beberapa platform peer to peer, ato saham. Secara basicku jg dari bank, jd ga terlalu buta2 amat ttg begini. Baru kepikir itu sih mba :D. Prnh kepikir utk cari freelance sbg tur guide, apalagi bbrp temen punya usaha travel. Toh hobiku memang jalan2. Tp itu msh angan2 dulu, blm aku seriusin utk dipikir. Ntr lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awwww.. sungguhh mba fanny mau resign? semoga pilihan yang tepat ya mbaa..
      kalo mengatur keuangan suamik sih sama mbaa, aku juga lebi jago dibanding suami. haha..

      Bagus mbaa investasi, tapi kalo aku p2p dan saham masih kurang ngerti nih. Jadi tur guide juga oke banget mbaa apalagi sesuai hobi ya kan..
      Semoga resign, rezekinya malah makin kenceng ya mbaa.. Amiinn..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)