Tips Memilih Mesin Cuci Untuk Laundry

Mesin Cuci Untuk Laundry

Memilih mesin cuci untuk laundry memang gak bisa sembarangan, harus melakukan pertimbangan terlebih dahulu agar mesin cuci yang dibeli sesuai dengan yang diharapkan. Tujuannya tentu saja agar kita bisa mendapatkan mesin cuci yang berkualitas sehingga tak cepat rusak. 

Kebayang dong bila mesin cuci yang digunakan cepat rusak. Tentunya modal yang dikeluarkan untuk bisnis laundry makin meningkat. Oleh karena itu, yuk simak dulu tips memilih mesin cuci untuk laundry berikut ini.

6 Tips Memilih Mesin Cuci Untuk Laundry

Sebelum memilih mesin cuci untuk laundry, tentukan dahulu jenis jasa laundry yang ingin kamu kelola. Apakah ingin menyasar kalangan anak kosan, keluarga atau perusahaan. Setelah itu, baru lah pertimbangkan hal-hal berikut ini:

#1. Tentukan Kapasitas Mesin Cuci

Bila jasa laundry kamu hanya menyasar anak kosan atau pegawai kantoran yang masih lajang, kamu bisa memilih mesin cuci dengan kapasitas ringan (berat 5,5-9 kg). Namun, bila menyasar kalangan keluarga, kamu bisa memilih mesin cuci dengan kapasitas sedang yang bisa menampung pakaian kotor mulai 10-19 kg. Mesin cuci ini juga bisa digunakan untuk mencuci sprei, gorden atau selimut tipis. 

Beda lagi bila jasa laundry mu menyasar kalangan perusahaan, seperti industri, hotel atau rumah sakit. Kamu bisa memilih mesin cuci dengan kapasitas berat yang dapat menampung cucian kotor dari 20-100 kg. 

#2. Pilih Merk yang Berkualitas

Kalau sudah menentukan kapasitas mesin cuci dan sudah tahu model yang diinginkan, langkah selanjutnya yaitu cari tahu merk yang berkualitas. Kamu bisa melakukan riset secara online, baik melalui youtube atau dengan membaca ulasan di internet agar tak salah pilih.

#3. Pilih Mesin Cuci yang Hemat Daya

Ada baiknya juga untuk memilih mesin cuci yang hemat daya atau hemat energi. Pilih mesin cuci yang memiliki fitur eco friendly atau ramah lingkungan. Memang sih, harganya tentu jauh lebih mahal, namun disisi lain, mesin cuci dengan fitur eco friendly ini dapat membuat kamu lebih menghemat listrik. Dengan begitu, dapat menekan cost pengeluaran usaha jasa laundry mu.

#4. Pilih yang Mudah Dioperasikan
Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan untuk memilih mesin cuci yang mudah dioperasikan. Percuma kan bila memilih mesin cuci dengan fitur canggih tapi para staf sulit mengoperasikannya? Alhasil, kerjaan menjadi tidak efisien. So, ada baiknya untuk memilih mesin cuci dengan sistem pengoperasian yang mudah. 

#5. Pertimbangkan Garansi
Dalam memilih mesin cuci, pilihlah mesin yang memiliki garansi agar lebih menghemat saat terjadi kerusakan. Selain itu, pilih juga mesin cuci yang memiliki spare part yang mudah ditemukan serta terdapat tempat perbaikan yang terjangkau dengan lokasi mu agar memudahkan saat ingin melakukan perbaikan. 

#6. Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan
Jangan lupa pula untuk menyesuaikan dengan ukuran ruangan. Bila ruangan yang tersedia cukup minim, kamu bisa memilih mesin cuci dengan model bertingkat sehingga bisa menghemat ruangan. Namun memang, dari segi harga jauh lebih mahal. Tapi, bila space ruangan mu cukup besar kamu bisa memilih mesin cuci dengan ukuran besar. 

Demikianlah tips memilih mesin cuci untuk laundry, semoga artikel ini bermanfaat yaa dan semoga usaha laundry kamu bisa berjalan dengan lancar.

Ohya, btw, adakah disini yang memiliki usaha jasa laundry juga? Boleh dong share di kolom komentar terkait pengalaman mu memilih mesin cuci untuk laundry.. Terima kasih,

Salam,



No comments

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)