Cara Cepat Meningkatkan Domain Authority (DA) Blog dalam Waktu 5 Hari Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Cara Cepat Meningkatkan DA Blog

Cara cepat meningkatkan DA blog sesungguhnya sudah banyak dibahas oleh para blogger-blogger mastah diluar sana. Namun menurut saya, kebanyakan tips yang diberikan sangat teoritis. Alhasil, kepala saya auto pusyiinggg dibuatnya. Maklum ya, masih newbie.. 

Padahal saat searching tuh, saya berharap bisa menemukan cara yang berdasarkan pengalaman pribadi, biar lebih realistis. Ealah, ternyata jarang sekali ditemukan dong, nyaris gak ada malah. Beruntungnya sih nemu 1 postingan milik mba Reyneraea, lalu beberapa waktu lalu saya juga sempat menyimak story selo tentang cara meningkatkan DA blog  dari mba Vicky Laurentina melalui instagram story nya.

Alhasil, saya terapkan lah kedua cara-cara tersebut. Dan Ajaib, dalam waktu 5 hari DA blog saya bisa naik 2 angka. Seneng banget. Pengen joget ubur-ubur rasanya.. #eh.

Kaleyan penasaran gak gimana cara cepat meningkatkan DA blog ala saya? Yuk simak cerita saya sampai habis ya..

***

DA Blog Mendadak Turun dari 15 ke 14..

Sebenarnya DA blog saya sempat berada di angka 20an, tapi itu DULU, beberapa tahun lalu. Dan karena kabarnya kini  google mengubah perhitungan algoritma maka nyaris semua blogger mengalami penurunan DA secara drastis, termasuk saya yang terjun bebas di angka 15.

Dan minggu lalu, tepatnya 12 Maret 2020 saya shock ketika mendapati DA blog saya turun lagi jadi 14. Sungguh sebenarnya saya gak terlalu masalah sih kalau DA turun. Namun masalahnya, kemarin itu saya sedang mengikuti lomba blog yang mana syaratnya adalah DA blog minimal harus 15.

Seketika shock karena setelah submit artikel lomba tersebut, DA blog saya malah turun. Sedih banget rasanya, saya mikir kenapa gak dari beberapa minggu lalu aja turunnya sehingga saya gak perlu capek ikutan lomba ya kan.

Tapi mau gimana, semua sudah terjadi. Yang bisa saya lakukan hanyalah berusaha untuk mengembalikan DA blog agar bisa kembali seperti semula.

Cara Cepat Meningkatkan DA Blog Dalam Waktu 5 Hari

Alhasil, berkat menyimak postingan mba Vicky di instastory-nya dan baca postingan mba Reyneraea di blog-nya, saya pun segera mempraktekan dengan mengkombinasikan kedua cara tersebut. Adapun cara yang saya lakukan untuk meningkatkan DA blog adalah sebagai berikut :

#1. Menghapus Broken Link

Broken link erat kaitannya dengan nilai spam score pada blog. Semakin banyak jumlah broken link pada blog kita, maka nilai spam score akan semakin tinggi. Semakin tinggi nilai spam score maka performa-nya di mata google juga semakin buruk.

Nah bagi yang sering blogwalking ke blog saya dengan menggunakan laptop serta memasang mozbar di browser-nya, pasti udah langsung tau berapa spam score di blog saya. Iya, tinggi banget. Namun, meski begitu sesungguhnya saya rajin mengecek jumlah broken link pada laman www.brokenlinkcheck.com, lalu dengan segera menghapus broken link yang ada pada blog saya. Namun meski begitu, tidak lantas menurunkan spam score blog saya karena nyatanya nilai spam score saya tetap berada di angka yang sama alias tidak ada penurunan.

Akan tetapi, meski tidak berpengaruh pada spam score, menurut saya cara ini cukup ampuh dalam meningkatkan DA blog. Sebab, dengan menghapus broken link serta backlink-backlink buruk maka blog kita jadi lebih bersih, sehingga performa-nya di mata google juga lebih baik. Dengan demikian, kemungkinan DA blog meningkat pun akan lebih besar.

#2. Blogwalking

Memang sih, saya akui dalam 1 bulan terakhir saya jarang sekali blogwalking. Alasannya, saya pusing sekaligus tidak sempat karena sedang ada deadline 2 tulisan yang mana tema-nya cukup berat. Iya, tulisan lomba.. haha.. (mon maap mamak pengabdi lomba) haha.. Alhasil, tak disangka DA pun langsung melorot.

Sejak itu, saya pun bertekad untuk meningkatkan DA blog. Salah satu caranya adalah dengan blogwalking. Dan blogwalking yang saya lakukan pun tidak asal blogwalking saja, tapi ada sedikit triknya, yaitu :

Menebar Link Pada Blog Dengan DA Tinggi

Karena artikel lomba yang saya ikuti sedang dalam masa penjurian, sementara DA blog saya belum beranjak ke angka 15, alhasil saya pun segera mengejar target untuk meningkatkan DA blog secara cepat. Cara nya adalah dengan menebar link (blogwalking) pada blog dengan DA yang tinggi. Hal itu rutin saya lakukan selama 5 hari berturut-turut.

Bahkan, saya yang tadinya gak pede kalau harus komen pada blog-blog yang sudah mastah dan terkenal. Akhirnya saya pun cuek aja, yang penting saya bisa memasang backlink pada blog tersebut. Syukur-syukur pemilik blog tidak memasang moderasi pada kolom komentarnya sehingga komen saya bisa langsung muncul pada blognya.

Gak tanggung-tanggung, saya pun menulis komentar pada beberapa blog yang memiliki DA diatas 30. Dan ajaib, cara ini berhasil. Benar-benar mau sujud syukur rasanya.

Kalau dahulu setiap kali blogwalking saya berharap dapat kunjungan balik, sekarang tidak lagi. Yang terpenting saya bisa menanam link pada blognya. Sebab, kata mba vicky, meninggalkan komentar di blog orang lain sama denga menciptakan linking domain bagi blog kita. Semakin banyak linking domain maka DA makin bagus. Namun dengan catatan, linking domain juga harus yang berkualitas, setidaknya yang memiliki DA blog diatas blog kita.

Bagaimana Cara Mengetahui Blog yang Memiliki DA tinggi?

Gampang caranya. Cek aja pada halaman ini. Isi alamat blog yang ingin kamu cek nilai DA nya, lalu secara otomatis akan diberikan informasi detail mulai dari DA, PA, hingga spam score blog. Setelah dicek maka hasilnya seperti ini

cara mengecek nilai DA/PA dan Spam Score
Mon maap SS-nya tinggi bingit :D


Ribet banget dong setiap kali mau blogwalking harus cek satu per satu?

Tenang aja, kalau gak mau ribet, kamu bisa download Mozbar pada browser mu (caranya cari di google ya). Setelah download Mozbar, nantinya setiap kali kamu mengunjungi blog seseorang maka secara otomatis akan terlihat nilai DA, PA serta spam score blog tersebut.

Pakai Mozbar, nilai DA/PA dan SS otomatis terpampang

Bahkan kemarin saya asal saja melakukan blogwalking dengan mencari blog yang memiliki DA tinggi melalui google. Caranya, saya ketikkan saja keyword pada laman google, misal "cara cepat meningkatkan DA blog" maka nanti akan muncul jelas informasi nilai DA/PA seperti ini.

Cara cepat meningkatkan DA blog


Nah, kalau ada blog yang memiliki DA diatas kamu atau DA yang cukup tinggi, langsung saja lancarkan serangan dengan mengunjungi blognya, lalu tanam link dengan memberikan komentar pada postingannya. Saya sendiri, kemarin cukup banyak menemukan blog dengan DA diatas 30. Lumayan banget jadi sasaran empuk saya. hihi..

Lalu, bagaimana dengan DA blog yang lebih rendah dari blog kita?

Saya tetap kok mengunjungi blog yang memiliki DA rendah. Apalagi kalau dia sudah komentar di blog saya, pasti saya akan melakukan kunjungan balik. Namun, biasanya saat komentar di blog dengan DA lebih rendah dari saya, maka saya akan berkomentar namun dengan meninggalkan link akun blogger.

Sementara, pada Blog dengan DA yang tinggi, saya akan berkomentar dengan meninggalkan link url saya, yaitu www.mrs-dinastian.com

Dan setelah menerapkan cara tersebut selama 5 hari berturut-turut, Alhamdulillah berhasil. DA blog saya naik lagi dari 14 menjadi 16. Luar biasa, saya pun gak menyangka akan secepat itu pengaruhnya.

Sebenarnya masih banyak cara-cara lainnya yang bisa diterapkan, seperti rajin posting, promo di social media dll. Namun sementara waktu ini, saya baru menerapkan 2 hal tersebut. mungkin kedepannya kalau mood saya bagus, saya akan menerapkan cara-cara lainnya agar peningkatan DA blog saya semakin bagus.

Sekian artikel terkait cara cepat meningkatkan DA blog bersadarkan pengalaman pribadi, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua..

Kalau ada yang punya cara lain untuk meningkatkan DA blog, bisa share di kolom komentar yaa..


Salam,







31 comments

  1. Kalo udah ngomongin DA/PA di situ saya merasa sedih :D

    ReplyDelete
  2. Wah, info bagus, Mbak Thya. Pas banget, aku pengen juga meningkatkan DA. DA ku balik nol lagi setelah ganti domain.😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah? serius mba roem? jadi ngulang dari awal lagi ya? :(

      Delete
  3. Nah kan, aku jadi buru-buru praktek, wkwkwk. Maturnuwun tak paringi ubur-ubur mbak. Muaaahh :3 joget bareng yuukk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah.. ngapa diparingi ubur2 toh..? wakakak..

      Delete
  4. Untung Mbak mau mengunjungi Blog yang DA lebih rendah ya...kalau gak pasti ga mau mampir ke blog saya, hahahaha.

    Blog dengan DA seadanya karena tidak dimaintenance. Belum ada waktu mau meintenance soalnya. Someday deh.

    Sukses selalu ya, Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. saya sukak baca. jadi semua saya kunjungi, gak pandang DA mbaa.. hehe..

      Amiinn.. sukses juga buat mba hanila :)

      Delete
  5. Ternyata kalau pakai Moz Bar harus berbayar ya.. sayang sekali. Padahal perlu nih aplikasi untuk mempercepat cek Domain Authority.. :(

    ReplyDelete
  6. Terima kasih tulisannya mba Thya :D

    Jadi tambah insight baru hihihi, dan bersyukur mba Thya tetap main ke blog saya meski blog saya DA-nya tiarap alias cuma 3 doang :))))) semoga one day DA saya bisa sebanyak mba Thya, dan semangat juga untuk lombanya :3

    Semoga menang, mba <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn.. makaciwm mbaa..

      haha, kalo ada waktu, saya pasti berkunjung ke blog mba. soale postingannya menariqq.. :D

      Delete
  7. Alhamdulillah DA aku dari bulan kemarin masih tetap sama tidak turun lagi yaitu masih 2 aja, amazing kan.😱

    Aku tidak terlalu ngoyo ngejar backlink atau Alexa mbak, soalnya kan blog cuma buat nulis cerpen saja.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, iya mas agus..
      dinikmati aja yaa.. santai kayak dipantai.. yang penting happy..

      Delete
  8. Sama akupun begitu, saat blog yg pertama blom error DA ku cuman 5 aja.. Ga nambah"wk wk, yg sekarang mh yg penting nulis aja dulu, soale br mulai lagiih dr nuuuul.. Cemangaat akooh

    ReplyDelete
  9. Kau masih ngeraba2 kalo udh bicarain DA/PA/SS dll ini. Masih belum terlalu merhatiin ini, Krn selama ini aku rutin BW , dan menulis blog hanya Krn hobi. Baru tau kalo DA nya tinggi LBH bgs tinggalin link url, dan kalo rendah dari kita pake link blogger.

    Tp klo beberapa waktu lalu link kita sempet eror, dan skr udh bener, itu ttp msk ke broken link ga sih mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi DA/PA/SS nya mba fanny tuh bagus bingiitt.. wajar sih, mba fanny konsisten nulis. pun blogwalking nya rajin bingit.

      coba diklik aja mba linknya, kalo tetep error mending dihapus aja.

      Delete
  10. Aduuuuh typo segala huahahah. Itu maksudnya 'AKU' bukan 'KAU'. Kesannya kasar banget pake KAU :D

    ReplyDelete
  11. Kalau sudah ngomongin DA-PA jadi merasa sedih. Sudah beberapa bulan DA ga naik-naik. Padahal rajin update blog dan Blogwalking.
    Akhirnya yaudah terserah mau DA berapa aja, yang penting tetap rajin update artikel dan blogwalking ke blog-blog lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. akhirnya pasrah aja yang penting happy ya.. hehe..

      Delete
  12. hihi boleh dong mba nitip link saya di blog nya supya bsa naik nih DA blog nya :D

    ReplyDelete
  13. Kereennn say, betul banget nih, sebar backlink di kolom komentar blog dengan DA tinggi.
    Cuman jangan asal sebar aja, pastikan di klik, karena kebanyakan itu nofollow, which is harus di klik orang baru berfungsi hahahaha.

    Cuman memang kudu hati-hati sama spam score sih.
    Gara-gara itu banyak blog para mastah mematikan link hidup di kolom komentarnya.
    Karena itu malah bikin banyak broken link.

    Selain itu, juga sebagian pakai discuss, itu nggak bakal ada feedback di blog kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, iya banget nih..
      aku perhatikan juga saat BW, sebagian blogger mematikan link hidup di kolom komentarnya. haha, jadi gagal deh titip link..

      betul-betul, harus pastikan di klik, cukup berdoa aja biar diklik. hahaha..
      nah, kalo blog DA tinggi tapi komennya pake discuss, sementara niat aku bukan utk BW tapi cuma mau titip backlink doang ya auto ga jadi komen hahaha..

      Delete
  14. Agak ribet juga nyari blog yang menyediakan kolom url blog di form komentarya. Kalau soal nama yang ditulis di kolom komentar, lebih bagus tulis nama blog bukan sih, terus ada pengaruhnya nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kalo blogspot selalu menyediakan kolom url sih..
      kalo aku sendiri sih belum pernah nulis nama blog, selalu pake nama asli ku..
      kurang tau ada pengaruhnya atau engga. hehe

      Delete
  15. Sepakat bgt.. Nggak ada sebulan DA ku juga naik smpe 6. Wkwkwk
    Yg pling ngefek menurutku sih nitip postingan di blog yg DAnya tinggi, share2 aja trus link kita. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. demi apa naik 6 sebulan? ini sih dewa banget.. bagi tips nyaaa.. wkwk

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)