Manfaat Tidur Siang Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat Tidur Siang Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Tidur siang memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang bayi, namun mungkin sebagian orang masih ada yang belum memahami. Ya, memang aktivitas bayi, khusunya newborn hanya diisi dengan tidur saja. Namun biasanya ketika menginjak usia 5 bulan, bayi akan mulai mengalami perubahan pola tidur. Pasalnya, di usia tersebut bayi sudah mulai bisa mengoceh, berguling sendiri dari posisi telentang menuju tengkurap, dan lain sebagainya.

Sama halnya seperti  anak saya, Arfan, ketika usianya 5 bulan pola tidur Arfan pun mulai berubah, ia mulai senang bermain hingga terkadang sulit sekali untuk diajak tidur siang. Padahal tidur siang memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu berpengaruh terhadap kecerdasan otak.

Bahkan tak hanya itu saja, tidur siang juga memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk tumbuh kembang bayi. Diantaranya berikut ini..

#1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Bayi yang memiliki waktu tidur siang yang cukup maka sistem kekebalan tubuhnya akan meningkat. Sebab, dengan tidur siang, hormon stress seperti kortisol dan neuroendokrin dapat berkurang.

#2. Meningkatkan Daya Ingat Bayi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh PNAS (Proceeding National Academy of Science Amerika Serikat) ternyata bayi yang tidur siang setelah mendapatkan stimulasi memiliki daya ingat yang lebih baik dari pada kelompok bayi yang tidak tidur siang. Penelitian ini dilakukan pada kategori bayi usia 6-12 bulan, hasilnya bayi yang tidur siang lebih mudah mengingat tindakan, informasi dan perilaku baru.

#3. Perkembangan Otak Bayi Lebih Maksimal
Saat tidur, otak bayi mengalami perkembangan yang cukup besar. Itulah mengapa waktu tidur bayi lebih banyak ketimbang orang dewasa karena tubuh butuh istirahat untuh tumbuh kembang bayi yang maksimal.

Tak hanya itu saja, dengan tidur siang serta mendapatkan istirahat yang cukup maka bayi dapat mengisi ulang energinya sehingga siap untuk menjalani aktivitas serta stimulasi berikutnya.

Dampak Kurang Tidur Siang Pada Bayi

Pengalaman saya ketika Arfan kurang tidur siang, biasanya lebih mudah rewel dan uring-uringan bahkan kadang juga menolak makan dan nyusu. Hal ini biasanya terjadi ketika kondisi rumah sedang ramai. Disatu sisi si anak bayi masih ingin bermain, namun disisi lain ia juga ngantuk tapi tak bisa tidur.

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata kurang tidur siang pada bayi juga memiliki dampak buruk. Selain mudah menangis, kurang tidur juga mempengaruhi system kekebalan tubuh, yakni bayi menjadi rentan sakit. Selain itu, bayi dibawah usia 1 tahun yang kurang tidur dipercaya akan memiliki masalah perilaku saat usia mereka menginjak 3-4 tahun.

[Baca Juga : Stimulasi Kecerdasan Anak Dengan Membacakan Buku Sejak Dini]

Tips Mengajak Tidur Siang Bayi Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Karena saya mempercayai bahwa tidur siang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Alhasil, ketika Arfan mulai sulit tidur saya pun melakukan berbagai cara agar jadwal tidurnya tidak kacau. Berbagai cara yang saya lakukan yaitu..

#1. Setel Music White Noise
Entah kenapa, ketika saya dengarkan murotal Quran ke Arfan, bukannya tertidur matanya malah terjaga seakan mendengarkan secara seksama murotal tersebut. Alhasil, setelah saya cari info, ternyata white noise atau suara hair dryer dan sejenisnya ampuh untuk menidurkan bayi. Jadilah saya mencoba.. dan bener dong terbukti di Arfan.

#2. Usap-Usap Punggung Bayi sambil Nyanyikan Lagu
Cara ini juga cukup ampuh untuk menidurkan Arfan. Biasanya saya selalu usap-usap punggungnya sambal saya nyanyikan Asmaul husna atau solawatan. Kadang juga saya nyanyikan lagu anak-anak. Alhamdulillah sukses bahkan kebiasaan sampai sekarang kalau tidur musti dielus-elus.

#3. Pilihkan Pakaian yang Nyaman
Ini juga cukup berpengaruh. Pernah Arfan gelisah tidurnya karena gak nyaman sama baju yang dipakai. Pas saya gantikan baju, barulah dia bisa tidur pulas. Jadi, memang ada baiknya pakaikan baju sesuai dengan kondisi, jangan sampai kepanasan atau kedinginan.

#4. Redupkan Lampu
Karena saya terbiasa tidur dalam kondisi gelap, maka ketika punya bayi pun saya juga membiasakan untuk meredupkan lampu. Alhasil, terbawa juga pada Arfan hingga sekarang. Jadi kalau lampu belum dimatikan, dia ga akan tidur karena merasa masih ada aktivitas.

Begitu banyak manfaat tidur siang bagi tumbuh kembang bayi. Oleh karenanya yuk mulai biasakan tidur siang pada buah hati kita.

Salam, 

3 comments

  1. Alhamdulillah, anak saya gampang sekali kalo disuruh tidur siang, itu waktu umurnya di bawah 1 tahun. Tapi setelah itu, agak susah sih ya, hehe.. Maunya main atau nggak baca buku.

    Btw, makasih tipsnya ya mrs.tiia

    ReplyDelete
  2. Iya juga sih, kalo anak kurang tidur siang itu suka rewel, cuma kalo tidak mau menyusu kurang tahu juga soalnya kalo siang aku kuli.

    Ternyata banyak juga manfaat tidur siang buat bayi ya, kecerdasan anak lebih bagus dan juga kekebalan tubuh meningkat.😊

    ReplyDelete
  3. Siang mba... Dulu saat anak sy msh balita gampang banget diboboin siang.. Di usap" punggung dan di puk" pantatnya, gak lama langsung bobok cantik dia mbak 😁

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)