Manfaat Tidur Siang Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Manfaat Tidur Siang Untuk Tumbuh Kembang Bayi

Tidur siang memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang bayi, namun mungkin sebagian orang masih ada yang belum memahami. Ya, memang aktivitas bayi, khusunya newborn hanya diisi dengan tidur saja. Namun biasanya ketika menginjak usia 5 bulan, bayi akan mulai mengalami perubahan pola tidur. Pasalnya, di usia tersebut bayi sudah mulai bisa mengoceh, berguling sendiri dari posisi telentang menuju tengkurap, dan lain sebagainya.

Sama halnya seperti  anak saya, Arfan, ketika usianya 5 bulan pola tidur Arfan pun mulai berubah, ia mulai senang bermain hingga terkadang sulit sekali untuk diajak tidur siang. Padahal tidur siang memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu berpengaruh terhadap kecerdasan otak.

Bahkan tak hanya itu saja, tidur siang juga memiliki beberapa manfaat yang bagus untuk tumbuh kembang bayi. Diantaranya berikut ini..

#1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Bayi yang memiliki waktu tidur siang yang cukup maka sistem kekebalan tubuhnya akan meningkat. Sebab, dengan tidur siang, hormon stress seperti kortisol dan neuroendokrin dapat berkurang.

#2. Meningkatkan Daya Ingat Bayi
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh PNAS (Proceeding National Academy of Science Amerika Serikat) ternyata bayi yang tidur siang setelah mendapatkan stimulasi memiliki daya ingat yang lebih baik dari pada kelompok bayi yang tidak tidur siang. Penelitian ini dilakukan pada kategori bayi usia 6-12 bulan, hasilnya bayi yang tidur siang lebih mudah mengingat tindakan, informasi dan perilaku baru.

#3. Perkembangan Otak Bayi Lebih Maksimal
Saat tidur, otak bayi mengalami perkembangan yang cukup besar. Itulah mengapa waktu tidur bayi lebih banyak ketimbang orang dewasa karena tubuh butuh istirahat untuh tumbuh kembang bayi yang maksimal.

Tak hanya itu saja, dengan tidur siang serta mendapatkan istirahat yang cukup maka bayi dapat mengisi ulang energinya sehingga siap untuk menjalani aktivitas serta stimulasi berikutnya.

Dampak Kurang Tidur Siang Pada Bayi

Pengalaman saya ketika Arfan kurang tidur siang, biasanya lebih mudah rewel dan uring-uringan bahkan kadang juga menolak makan dan nyusu. Hal ini biasanya terjadi ketika kondisi rumah sedang ramai. Disatu sisi si anak bayi masih ingin bermain, namun disisi lain ia juga ngantuk tapi tak bisa tidur.

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata kurang tidur siang pada bayi juga memiliki dampak buruk. Selain mudah menangis, kurang tidur juga mempengaruhi system kekebalan tubuh, yakni bayi menjadi rentan sakit. Selain itu, bayi dibawah usia 1 tahun yang kurang tidur dipercaya akan memiliki masalah perilaku saat usia mereka menginjak 3-4 tahun.

[Baca Juga : Stimulasi Kecerdasan Anak Dengan Membacakan Buku Sejak Dini]

Tips Mengajak Tidur Siang Bayi Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Karena saya mempercayai bahwa tidur siang memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi. Alhasil, ketika Arfan mulai sulit tidur saya pun melakukan berbagai cara agar jadwal tidurnya tidak kacau. Berbagai cara yang saya lakukan yaitu..

#1. Setel Music White Noise
Entah kenapa, ketika saya dengarkan murotal Quran ke Arfan, bukannya tertidur matanya malah terjaga seakan mendengarkan secara seksama murotal tersebut. Alhasil, setelah saya cari info, ternyata white noise atau suara hair dryer dan sejenisnya ampuh untuk menidurkan bayi. Jadilah saya mencoba.. dan bener dong terbukti di Arfan.

#2. Usap-Usap Punggung Bayi sambil Nyanyikan Lagu
Cara ini juga cukup ampuh untuk menidurkan Arfan. Biasanya saya selalu usap-usap punggungnya sambil saya nyanyikan Asmaul husna atau solawatan. Kadang juga saya nyanyikan lagu anak-anak. Alhamdulillah sukses bahkan kebiasaan sampai sekarang kalau tidur musti dielus-elus.

#3. Pilihkan Pakaian yang Nyaman
Ini juga cukup berpengaruh. Pernah Arfan gelisah tidurnya karena gak nyaman sama baju yang dipakai. Pas saya gantikan baju, barulah dia bisa tidur pulas. Jadi, memang ada baiknya pakaikan baju sesuai dengan kondisi, jangan sampai kepanasan atau kedinginan.

#4. Redupkan Lampu
Karena saya terbiasa tidur dalam kondisi gelap, maka ketika punya bayi pun saya juga membiasakan untuk meredupkan lampu. Alhasil, terbawa juga pada Arfan hingga sekarang. Jadi kalau lampu belum dimatikan, dia ga akan tidur karena merasa masih ada aktivitas.

Begitu banyak manfaat tidur siang bagi tumbuh kembang bayi. Oleh karenanya yuk mulai biasakan tidur siang pada buah hati kita.

Salam, 

20 comments

  1. Alhamdulillah, anak saya gampang sekali kalo disuruh tidur siang, itu waktu umurnya di bawah 1 tahun. Tapi setelah itu, agak susah sih ya, hehe.. Maunya main atau nggak baca buku.

    Btw, makasih tipsnya ya mrs.tiia

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kak, diatas 1 tahun mulai susah. maunya main mulu.. hihi

      Delete
  2. Iya juga sih, kalo anak kurang tidur siang itu suka rewel, cuma kalo tidak mau menyusu kurang tahu juga soalnya kalo siang aku kuli.

    Ternyata banyak juga manfaat tidur siang buat bayi ya, kecerdasan anak lebih bagus dan juga kekebalan tubuh meningkat.😊

    ReplyDelete
  3. Siang mba... Dulu saat anak sy msh balita gampang banget diboboin siang.. Di usap" punggung dan di puk" pantatnya, gak lama langsung bobok cantik dia mbak 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, enak banget ya kalo anaknya gampang diboboin.. mamak happy bisa ikut reabahan juga jadinya.. hehe

      Delete
  4. Terkadang kalau sudah capek banget dan si dede belum bubug juga malah emaknya yg bubug duluan. Jadi deh tidur siangnya buat si emak 😬

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak..
      tapi kalo anaknya pecicilan, bahaya juga ditinggal bobok emaknya.. hehe

      Delete
    2. ehehee iya, bisa main tiktok sendirian dia.. eh bisa jatoh :D

      Delete
  5. Kalo bayi kurang tidur kita jg jadi ikut kurang tidur kan ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang day..
      urusan kayak gini mah bang day lebih ahli lah.. hihi

      Delete
  6. kalo buat bayi gede kayak aku masih ada manfaatnya nggak yah?

    hihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak..
      sangat tidak bermanfaat sepertinya mas aul 😁

      Delete
  7. Salam buat adik Arfan.

    Kebetulan adik bungsuku saat ini sedang dalam masa kehamilan, nantinya informasi dari kak Thya ini bisa jadi panduan yang baik mengatur pola tidur anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp.. semoga bermanfaat ya mas himaa..

      Delete
    2. Bermanfaat banget, kak Thyaaa ..., pastinya 👌



      Delete
  8. Anak saya yang kedua, semenjak kakaknya di rumah, nggak mau tidur siang dong dia, betaaahh aja dia main sama kakaknya sampai malam, ckckckck.
    Abis gitu dia tidur sampai siang, dari jam 9 sampai jam 9 pagi ckckckckc.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sadis juga jam 9 baru bangun. bisa disambi bebenah rumah sblm doi bangun. hihihi

      Delete
  9. Dulu kalo ponakan saya suruh tidur siang suka ada aja polahnya, wkwkwkwk

    Akhirnya sama emaknya dibikinin susu satu botol gede. Habis minum susu anaknya merem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakak.. sebentar lagi paling mas husna bakal ngerasain nih gimana pola tingkah anak.. apalagi kalo disuruh tidur. hihi..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)