Featured post

Pengalaman Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Pertamina Enduro, Oli Motor Terbaik Andalan Keluarga

Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro -

Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

Usianya sudah lebih dari 12 tahun, namun performanya masih kencang. Ia masih mampu diajak berjalan menempuh jarak 70 km setiap harinya. Posisi riding masih terasa nyaman, tarikan mantap, suara mesin pun masih halus. Bahkan, saat digunakan di jalanan bergelombang pun masih terasa sangat nyaman.

Ya. Adalah Supra X 125 R, motor jadul milik suami yang masih setia menemani setiap perjalanan kami. Motor ini telah dimiliki oleh suami sejak tahun 2007, tepatnya ketika suami masih duduk di bangku SMA, saat kami belum saling mengenal.

Salah satu rahasia yang menyebabkan motor milik suami bisa berumur panjang dan tahan lama adalah karena suami rutin melakukan perawatan motor. Salah satunya adalah dengan mengganti oli secara periodik dan berkala.

Mengganti oli secara berkala merupakan hal yang penting karena oli berperan sebagai pelumas yang dapat mengurangi gesekan-gesekan antar komponen dalam mesin. Hal ini tentu saja dapat membuat mesin tidak cepat rusak. Selain itu, oli juga berfungsi sebagai pendingin yang dapat memindahkan panas dari dalam mesin motor keluar.

Yang tak kalah penting, dalam memilih oli juga tak boleh sembarangan, harus sesuai dengan spesifikasi motor. Dalam hal ini, suami selalu menggunakan oli motor terbaik Pertamina Enduro. Penasaran mengapa suami selalu memilih oli motor Pertamina Enduro? Simak cerita selengkapnya ya..

Pentingnya Memilih Oli Motor Terbaik 

Memilih oli motor terbaik merupakan hal yang wajib dilakukan mengingat oli memiliki fungsi yang sangat penting bagi motor. Apalagi motor milik suami yang usianya sudah belasan tahun, tentu harus dirawat sedemikian rupa agar motor tetap awet dan performanya tetap kencang.

Tak hanya itu saja. Selama pemakaian, motor suami saya ini terbilang bandel. Pasalnya, seringkali diajak melalang buana menempuh jarak yang sangat jauh tapi tetap saja masih sangat nyaman dipakai. 

Kalau kalian mau tau, motor suami saya ini sering diajak berpetualang dengan jarak Jakarta-Bogor, bahkan yang lebih ekstrim pernah menempuh jarak Tangerang-Kebumen. Belum lagi, kini setiap harinya suami harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk pulang-pergi ke kantor.

Ya, jarak Ciledug-Pulogadung setiap hari ia lalui dengan menggunakan motor kesayangannya. Namun, tak pernah ada keluhan berarti pada motor tersebut. Hal ini tentu saja karena suami pintar dalam memilih oli motor terbaik.

Dalam memilih oli motor memang tak boleh sembarangan, setidaknya ada 3 tips yang perlu dipahami sebelum memilih oli motor terbaik, diantaranya yaitu :
Tips Memilih Oli Motor Terbaik

#1. Memperhatikan Tingkat Kekentalan (SAE) 

SAE (Society of Automotive Engineers) merupakan badan internasional yang menjelaskan tingkat kekentalan oli serta menunjukkan kemampuan oli dalam menjaga stabilitas kekentalan terhadap pengaruh suhu mesin dan lingkungan.

Semakin besar angka indeks SAE, maka tingkat kekentalan oli akan semakin tinggi pula. Sebagai contoh, oli dengan SAE 10W-40 menunjukkan bahwa tingkat kekentalan oli mencapai angka 40 dan masih dapat digunakan sampai suhu minus 10 derajat celcius.

Setiap jenis motor memiliki rekomendasi tingkat kekentalan oli masing-masing. Dan kita sebaiknya selalu menggunakan oli dengan tingkat kekentalan yang sama. Namun, apabila tidak ada yang sama persis, maka lihat saja angka yang berada di belakang. Pasalnya angka di depan W merupakan kode untuk musim dingin. Hal ini tentu tidak berpengaruh di Indonesia karena negara kita tidak mengalami musim dingin.

Jadi, apabila oli yang direkomendasikan adalah 10W-40, maka dapat diganti dengan oli 20W-40 atau 5W-40. Namun, apabila pemakaiannya sudah lama, lebih dari 5-6 tahun maka ada baiknya untuk mengganti oli dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi. Sebab, pemakaian yang sudah lama menyebabkan girnya mulai merenggang.

#2. Memperhatikan Kode Mutu API 

API atau singkatan dari American Petrolium Institute merupakan sebuah kode standar yang menunjukkan kualitas oli. API memiliki kode yang berbeda pada mesin bensin dan diesel. Pada mesin bensin, kode API diawali dengan huruf S, misalnya “API SE”. Sementara pada mesin diesel, kode API diawali dengan huruf C, misalnya “API CH”. Huruf kedua pada kode tersebut menunjukkan kualitas oli. Semakin baru oli maka kode huruf akan semakin jauh. Misal SE, SF, SG, dll.

Dalam memilih oli motor terbaik, ada baiknya menggunakan kode API yang sesuai dengan standar bawaan oli motor atau bisa juga menggunakan kode yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan agar dapat menyesuaikan dengan zat aditif yang terdapat pada oli. Sebab, zat aditif ini harus sesuai dengan teknologi pada mesin motor kita.

Apabila oli motor bawaan kita menggunakan kode SE, maka sebaiknya menggunakan kode SE juga. Atau bisa juga naik tingkat dengan menggunakan kode SF. Yang terpenting jangan sampai menggunakan oli dengan kode API yang lebih rendah karena akan berdampak pada motor kita, yakni mengakibatkan kerusakan.

#3. Memperhatikan Kualitas Oli Berdasarkan Kode JASO 

Salah satu hal yang tak boleh luput dari perhatian adalah kode JASO. JASO atau Japan Automobile Standard Organization adalah suatu kode untuk menunjukkan standar kopling yang harus dipenuhi. Terdapat dua jenis kode JASO yaitu JASO MA dan JASO MB.

JASO MA digunakan untuk sepeda motor dengan kopling basah, yaitu motor dengan kontruksi rumah kopling dan kampas kopling terendam oli. Contohnya adalah motor tipe bebek dan motor sport. Sementara, JASO MB digunakan untuk sepeda motor kopling kering, seperti motor matic yang koplingnya tidak terendam oli.

Dengan memahami tiga hal tersebut, tentu sekarang sudah tau dong oli apa yang cocok untuk motor kesayangan kita? Pastikan pula untuk selalu menggunakan oli asli agar dapat mencegah kerusakan pada motor kita.

Pertamina Enduro, Oli Motor Terbaik Andalan Keluargaku 

Berdasarkan tips-tips tersebut, suami pun mencari-cari oli motor terbaik yang sesuai dengan karakter mesin motornya. Dan, dari berbagai pertimbangan, akhirnya pilihan suami jatuh pada oli motor Pertamina Enduro.

Alasan suami memilih oli motor Pertamina Enduro adalah, selain karena keluarga kami sudah menggunakan oli ini secara turun menurun, oli Pertamina Enduro telah lolos pengujian speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil sehingga tidak mudah slip.

Selain itu, oli pertamina enduro juga memiliki kekentalan yang stabil, baik pada temperatur rendah maupun tinggi, dapat menjaga kebersihan mesin, mencegah terbentuknya deposit pada piston, mencegah korosi serta menjaga komponen mesin agar tidak cepat aus.

Tak hanya itu saja, alasan lain yang membuat suami serta keluarga kami memilih oli motor Pertamina Enduro adalah karena oli yang diproduksi oleh PT. Pertamina ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya sebagai berikut.

Keunggulan Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro


#1. Mengandung Aditif yang Memenuhi API dan JASO dengan Mutu yang Tinggi 

Zat aditif merupakan bagian yang vital pada oli, sebab tanpa adanya zat aditif, oli lebih mudah terkontaminasi serta dapat membuat kerja mesin menjadi kurang optimal. Salah satu keunggulan dari oli motor Pertamina Enduro adalah mengandung zat aditif molybdenum.

Sifat dari molybdenum yang licin serta memiliki titik didih yang tinggi ini dapat membuat motor tidak mudah panas. Tak hanya itu, molybdenum juga berfungsi untuk mengurangi gesekan pada mesin dan juga dapat mencegah kontak metal to metal antar komponen mesin pada saat lapisan film lubrikasi rusak. Dengan demikian dapat memperpanjang usia mesin karena mesin tidak mudah aus.
Selain itu, karena gesekan menjadi lebih rendah maka dapat mengurangi penggunaan bahan bakar.

#2. Performa Mesin Handal

Berkat adanya kandungan zat aditif tersebut serta kualitas dari oli Pertamina Enduro yang sangat baik, membuat performa mesin menjadi sangat tangguh saat digunakan. Motor dapat melaju dengan stabil dan lancar tanpa kendala sedikitpun.


Performa dari oli motor Pertamina Enduro ini juga sudah diuji oleh seorang rider, Stephen Langitan melalui akun youtube-nya, VideoMotorBikerz. Beliau melakukan solo ride Jakarta-London dengan melewati 2 benua, 22 negara, dalam waktu 145 hari dan menempuh jarak 27.400 km. Hasilnya, motor tetap melaju dengan baik sehingga sangat menunjang perjalanan solo ride yang dilakukannya. Perjalanannya menjadi lancar dan tepat waktu.

Tak hanya itu, performanya juga sangat baik meski melewati rute yang ekstrim, seperti saat melewati padang gurun yang sangat panas di negara Pakistan dan saat melewati kawasan salju di negara Switzerland.

#3. Suhu Mesin Stabil 

Sejak menggunakan oli motor Pertamina Enduro, menurut suami suhu pada mesin menjadi lebih stabil, tidak pernah mengalami overheating bahkan saat berada dikondisi jalanan yang ekstrim sekalipun.

#4. Suara Mesin Halus 

Meski motor digunakan untuk menempuh jarak yang jauh, suara motor tetap halus, tidak pernah ada suara-suara kasar atau bising saat sedang melaju. Bahkan tidak pernah terjadi slip pada kopling. Dengan demikian, motor dapat melaju sangat baik.

#5. Kuat Untuk Digunakan Jarak Jauh

Berkat oli motor Pertamina Enduro, motor dapat melaju sangat baik meski digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh, seperti yang pernah suami lakukan yakni menempuh jarak Tangerang-Kebumen.

Tak hanya itu, berdasarkan percobaan yang dilakukan oleh seorang rider melalui akun youtube-nya, VideoMotorBikerz. Beliau berhasil menempuh jarak Jakarta-London 30.000 km dengan hanya mengganti oli enduro sebanyak 6 kali saja. Hal ini membuktikan bahwa oli motor pertamina enduro memiliki ketahanan yang baik karena mampu diganti dalam waktu yang cukup panjang dan dapat memberikan performa mesin yang sangat baik tanpa ada keluhan sedikitpun.

#6. Hemat Bahan Bakar 
Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

Pemilihan oli yang tepat dengan kualitas yang baik dapat membuat kerja mesin menjadi lebih enteng serta menghasilkan gesekan yang rendah. Hal ini dapat menghasilkan efisiensi bahan bakar yang baik sehingga dapat lebih menghemat bahan bakar dan tidak boros.

#7. Harga Terjangkau 

Meskipun kualitasnya sangat baik, penggunaan oli motor pertamina enduro tidak akan membuat kantong bolong. Sebab, harga oli motor pertamina enduro ini dibanderol sangat murah. Saat ganti oli kemarin, suami membeli oli motor pertamina enduro 4T series seharga 30 ribuan saja. Sangat terjangkau kan?

#8. Mudah Didapatkan 
Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

Oli pertamina enduro juga dijual diberbagai tempat sehingga kita tak kesulitan mencari bila sudah saatnya untuk ganti oli motor. Oli pertamina enduro ini dijual di berbagai bengkel terdekat, di SPBU Pertamina, Olimart Pertamina hingga dijual online diberbagai situs marketplace seperti blibli, shopee, lazada atau bukalapak.

#9. Sudah Bekerja Sama dengan Berbagai Perusahaan Fintech 

Menariknya, produsen oli pertamina enduro ini sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan Fintech seperti Go-Pay, OVO dan T-Cash untuk sistem pembayaran dan monitoring di OliMart, salah satu bengkel own-channel PT Pertamina Lubricants yang tersebar diseluruh Indonesia.

Tentu hal ini sangat memudahkan para pelanggan dalam melakukan pembayaran. Apalagi di era digital seperti sekarang, yang mana kebanyakan masyarakat lebih suka melakukan pembayaran non tunai atau cashless.

#10. Produk Made in Indonesia 

Yang tak kalah penting adalah, oli Pertamina Enduro ini merupakan produk asli indonesia, karya anak bangsa. Produk ini sudah mendunia dan diakui secara internasional. Oleh karena itu, menggunakan oli motor Pertamina Enduro adalah suatu kebanggaan tersendiri.

#11. Diproduksi oleh Perusahaan Terpercaya dan Berpengalaman 

Keunggulan lainnya adalah, oli motor pertamina enduro diproduksi oleh perusahaan yang terpercaya dan telah berpengalaman, yakni PT. Pertamina Lubricants. Oleh karena itu, tak heran bila produknya memiliki mutu yang sangat tinggi dan telah mendunia.

Selain itu, PT. Pertamina Lubricants juga sudah sering mendapat berbagai penghargaan. Diantaranya yaitu :
Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

Meraih 3 penghargaan pada ajang BUMN Marketeers Award tahun 2019
  • The Most Promising Company in Branding Campaign 
  • The Most Promising Company in Entrepreneurial SOEs 
  • The Most Promising Company in Marketing 3.0 
Meraih 2 penghargaan pada ajang TOP CSR 2018 yang diadakan oleh BusinessNews Indonesia (kini majalah TopBusiness) bekerja sama dengan KNKG dan CSR Society Indonesia. 
  • TOP CSR on Usaha Pelumas untuk Corporate Sosial Responsibility (CSR) Enduro Student Program 
  • TOP Leader on CSR Commitment untuk Direktur Utama PT Pertamina Lubricants, Afandi.
Meraih 3 penghargaan pada ajang BUMN Branding and Marketing Award 2018, yaitu : 
  • The Best Brand Strategy 
  • The Best Marketing dan 
  • The Best Chief Marketing Officer (CMO) untuk kategori Anak Perusahaan Bumn sektor Agro, Manufacturing and Mining. 
Meraih 2 penghargaan pada ajang BUMN Marketeers Award 2018, yaitu : 
  • The Most Promising Company in tactical Marketing
  • The Most Promising Company in Branding Campaign 

Jenis-Jenis Oli Motor Pertamina Enduro 

Jenis Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro

Oli motor Pertamina Enduro memiliki beragam jenis yang dapat digunakan untuk bermacam-macam sepeda motor. Baik itu sepeda motor kopling, semi otomatis maupun matic. Nah, pemilihan oli tersebut harus menyesuaikan dengan kebutuhan kendaraan.

Untuk motor bebek milik suami, Supra X 125 R, oli yang digunakan oleh suami biasanya adalah Enduro 4T SAE 20W-50. Oli ini terbukti mampu bekerja baik pada jenis motor tersebut. Selain Enduro 4T SAE 20W-50, PT. Pertamina Lubricants juga menghadirkan berbagai jenis oli yang dapat menjawab kebutuhan kendaraan bermotor masyarakat Indonesia.

Berikut ini akan saya bahas 5 jenis oli Enduro yang disediakan oleh PT. Pertamina Lubricants.

#1. Enduro 4T Sport SAE 5W-30 

Oli motor Enduro 4T Sport SAE 5W-30 cocok digunakan untuk mesin motor 4 langkah dengan sistem kopling basah. Keunggulan dari oli ini adalah dapat menghasilkan akselerasi dan tenaga yang maksimum serta dapat meminimalisasi terjadinya slip pada kopling karena memiliki friksi yang tinggi. Oleh karena itu, oli ini sangat cocok apabila diaplikasikan untuk balapan.

#2. Enduro 4T Racing SAE 10W-40

Jenis oli ini cocok digunakan untuk mesin sepeda motor 4 langkah seperti Honda, Suzuki, Kawasaki dan lain-lain. Keunggulan dari Enduro 4T racing SAE 10W-40 adalah tidak mudah teroksidasi dan terdegradasi radiasi panas dari mesin. Selain itu, oli ini juga dapat membersihkan mesin, mencegah terbentuknya korosi pada mesin dan menjaga komponen mesin agar tidak mudah aus.

#3. Enduro 4T Racing SAE 20W-50 

Nah, ini merupakan oli yang biasa dipakai oleh suami saya. Oli ini memiliki tingkat kekentalan yang lebih tinggi dari lainnya. Suami sengaja memilih jenis oli dengan tingkat kekentalan yang lebih tinggi karena mengingat usia motor suami yang sudah mencapai belasan tahun.

Keunggulan dari Enduro 4T SAE 20W-50 adalah memiliki kekentalan ganda yang stabil sehingga dapat memberikan sirkulasi yang baik pada temperatur rendah maupun tinggi serta memberikan efek pendinginan dan pelumasan yang optimal pada temperatur dan kecepatan operasi tinggi.

#4. Enduro Matic SAE 10W-30 

Enduro Matic SAE 10W-30 cocok digunakan untuk mesin sepeda motor 4 langkah matic. Keunggulan dari oli motor matic ini adalah mengandung aditif molybdenum yang mampu mengurangi gesekan pada temperatur dan kecepatan tinggi. Oli ini memiliki viskositas yang rendah sehingga dapat mempermudah sirkulasi oli.

#5. Enduro Matic G SAE 20W-40 

Oli ini juga cocok digunakan untuk mesin motor matic. Enduro matic G SAE 20W-40 diformulasikan dengan menggunakan base oil sintetik sehingga sangat cocok digunakan untuk pengendara yang sering terjebak macet. Keunggulan dari oli motor matic ini adalah memiliki ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan degradasi radiasi panas dari mesin sehingga dapat memperpanjang masa pakai pelumas. Selain itu, Enduro matic G SAE 20W-40 juga memiliki viskositas yang tinggi sehingga dapat melindungi mesin sepanjang pemakaian.

Pengalaman menggunakan Oli Motor Terbaik Enduro


Pengalaman menggunakan oli motor Enduro terbukti mampu merawat mesin kendaraan bermotor milik suami saya. Motor menjadi lebih awet, digunakannya pun masih terasa nyaman meski usianya sudah cukup tua. Tak heran memang bila PT. Pertamina Lubricants telah meraih banyak penghargaan karena kualitas oli yang diproduksinya betul-betul memiliki mutu yang sangat tinggi.

Berkat mutunya yang baik, kinerja mesin menjadi lebih efisen sehingga bahan bakar yang digunakan pun lebih hemat. Hal ini tentunya membuat saya selaku menteri keuangan dalam rumah tangga merasa happy. Sebab, dengan hematnya penggunaan bahan bakar maka budget pengeluaran untuk bahan bakar bisa ditekan dan dialokasikan untuk hal lain yang lebih penting.

Tak hanya itu, berbekal pengalaman menguntungkan karena menggunakan oli motor yang diproduksi oleh PT. Pertamina Lubricants, akhirnya mobil kami pun menggunakan oli mobil besutan PT. Pertamina. Selain karena sudah terjamin kualitasnya, harga oli mobil karya anak bangsa ini juga  sangat terjangkau. Ya, oli pertamina benar-benar menjadi jawaban bagi kebutuhan mesin kendaraan kita.

Jadi tunggu apalagi, yuk ganti oli kendaraanmu dengan oli motor terbaik pertamina enduro.

Oli motor terbaik enduro, Andalan semua kendaraan..


Salam, 

Sumber Referensi :
  • Pengalaman Pribadi
  • https://www.deltalube.com/en/arti-kode-sae-dan-api-pada-oli-mesin-3/ diakses 2 maret 2020 
  • https://www.seva.id/blog/kode-oli-mesin-sae-api-apa-itu-artinya-yuk-tahu-lebih-dalam/ diakses 2 maret 2020 
  • https://www.inews.id/otomotif/aksesoris/anti-slip-kopling-ini-keunggulan-teknologi-enduro-4t-racing-sae-10w-40 diakses 2 Maret 2020 
  • https://www.pertamina.com/ diakses 3 maret 2020 
Infografis :
  • Tia Widiastuti diolah dengan canva
Sumber Gambar dan Video:
  • Dokumen Pribadi
  • Akun Youtube VideoMotorBikerz

49 comments

  1. yups.. beda motor beda oli juga, pertamina mah pilihan utkk oli hehe. mantap

    ReplyDelete
  2. Besutan dari pertamina ini memang bisa diandalkan. Jika perhatian oli secara teratur memang Enduro bisa diandalkan.😊😊


    Akan tetapi kalau saya pake Oli Enduro tidak ada perubahan mbak...Malah betis saya pada pegal Jarak tempuh Jakarta - Bogor..🤯🤯🤯

    Namun pas saya lihat ternyata saya cuma sepeda pantesan tidak ngaruh..🤣🤣😋😋


    Tapi bagus juga Enduro buat Shifter sepeda gunung saya. Terlebih kalau over gigi dari 15 bisa langsung loncat ke gigi 1 tanpa jeda teek2..teekk2..😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiya-hiya, mas satria sa aeee..
      yaiyalah pegel, capek ngayuh sepeda jakarta -bogor.. selain pegel, bisa pingsan juga itu :D

      Delete
    2. ampooonnn si Kang Satria ini, adaaa aja yee..
      Lagiannn, bawa sepeda kok pakai Enduro, lain kali kalau bawa sepeda Enduronya diminum, pasti betis anti pegal hahahahaha *kabooorrrr

      Delete
    3. wakakak.. enduro nya diminum biar kuat yaaak.. ?

      Delete
  3. Dengan mengganti oli motor secara periodik dan tepat membuat motor tahan banting dan enak dikendarai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eehh Ada Suhu KAL-EL ...Apa kabar Huu...

      Sungkem Suhu.🙏🙏🙏

      Delete
    2. betul kak, performa motornya jadi oke yaa..

      Delete
  4. Banyak kelebihan enduro ya. Dan yang bikin bangga..ini hasil karya orang Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.. bangga banget ya bisa pakai produk indonesia

      Delete
  5. Jika dinilai dari sisi suara, maka motor adalah kendaraan yang sering ada di sekitar kita yang tingkat kebisingannya lebih tinggi dibanding mobil. Maka memilih oli supaya suara mesin tetap halus adalah pilihan bijak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba, harus yang sesuai ya kekentalannya biar suaranya halus

      Delete
  6. Seperti biasa, saya malah terpukau dengan infografisnya.
    Saya kepo, itu idenya dari mana ya? saya kok kalau utak atik canva ujungnya noraquen bin geloien hahahaha.

    Eh btw, gara-gara baca materi Enduro ini, saya jadi familier dong sama oli hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih.. sa ae nih mba rey..
      entah mba idenya dari mana, mengalir begitu saja. hihi.. etapi kadang kalau mentok, aku pakai desain yang disediakan canva aja, tinggal ku masukan aja fotonya. pakai yg "presentation" mba, kalau aku.

      nah, mantap.. lumayan kan nambah pengetahuan seputar oli. hihihi..

      Delete
  7. Kece bangeettt nih Pertamina Enduro.
    Pokoke para rider kayak kita, kudu bersahabat dgn oli ini ya
    supaya mesin awet!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbaa, milih oli gak boleh sembarangan.
      supaya mesin tetap awet.

      Delete
  8. Klo motor sih krg begitu paham krn yg service anak buah. Cuman selalu liat di bon, rutin memakai oli pertamjna enduro

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih, mantabs..
      anak buah nya pintar memilih oli berarti mbaa.. hehe

      Delete
  9. Artikel lengkap sangat nambah wawasan saya. Secara saya ini kurang apdet kalau soal otomotif. Hehehe...
    Tapi bener kok mending pakai yang asli sekalian untuk kendaraan kesayangan kita secara suku cadang akan lebih awet sekaligus dijamin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbaa,
      mba okti pasti mengandalkan suami ya kalo soal otomotif.. hehe

      Delete
  10. Suami ku juga pakai oli Enduro ini untuk motor, katanya bagus buat perawatan mesin juga bikin awet nggak cepat rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, benar-benar terbukti kualitasnya ya produk besutan pertamina ini..

      Delete
  11. Jenis oli mobil dari Pertamina dan untuk motor juga mbak pakai Enduro karena tarikannya kencang dan mantap.

    ReplyDelete
  12. Kaau oli motor yang dipakai bagus insya Allah motornya pun terawat baik mesinnya ya

    ReplyDelete
  13. Ah iya nih fitur kerw
    En ..saya nunggu hadir di Bandung deh..hwhe...

    ReplyDelete
  14. Produk Pertamina memang selalu mantap ya kalau kita rajin merawat motor dan mengganti oli secara konsisten motor memang maka panjang umur dan selalu nyaman dipakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak.. harus pintar-pintar ngerawat kendaraan tuh yaa.. biar mesin awet

      Delete
  15. Honda memang bandel banget...
    Masku juga punya Supra. Malah mungkin lebih jadul lagi. Tapi karena masku merawatnya menggunakan oli terbaik Pertamina, jadi awet.
    Masih di pakai kerja sampai sekarang.
    Alhamdulillah~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kan, oli pertamina memang terbukti berkualitas yaa..

      Delete
  16. Pilih oli memang bukan urusan main-main. Perawatan mesin motor memang tergantung pada kualitas oli. Kalau terawat, dijamin mesin awet dan suaranya halus banget.

    ReplyDelete
  17. Bagus nih Pertamina Enduro. Aku juga pake oli motor ngga asal. Cari yang oke, biar performa mesin bagus dan awet. Pemilihan oli ini jadi salah satu faktor kendaraan kita jadi mulus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupa pilih juga yang kekentalannya sesuai ya mbaa..

      Delete
  18. Pertamina emang keren ya. Suamiku juga buat motornya pake oli enduro.

    ReplyDelete
  19. Sepakat mengganti oli secara berkala amat penting mbak. Untung ada pertamina enduro ya. Kelebihannya banyak banget. Secara brand juga udah kredible

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa.. brand nya juga udah dpt banyak penghargaan.. dijamin terpercaya

      Delete
  20. emang terasa ya kalau mobil atau motor beli ganti oli. bunyi mesinnya kedengaran keras dan ketika diatas kendaraan terasa getarannya. kayanya mesin jadi bekerja keras buat jalani kendaraan.

    kalau udah ganti oli, mesin kedengaran halus suaranya dan getarannya ga terasa sekali. Yah, itulah pentingnya oli buat kendaraan.

    Informasinya membantu sekali buat nambah wawasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kalo belum ganti oli suaranya jadi bising gitu ya

      Delete
  21. ternyata mesin kendaraan awet itu tergantung dari olinya ya.. kalau olinya yang berkualitas tinggi dan bagus maka mesinnya akan panjang umur

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, perhatikan juga tingkat kekentalannya

      Delete
  22. Saya tergolong manusia sering lupa urusan ganti oli..efeknya ke mesin mbaa..huhuhu..kapok saya...jadilah selalu bikin reminder 2 atau 3 bulan sekali buat ganti oli

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus juga tuh mba, bikin alarm sekalian dinhp biar gak lupa.. hehe

      Delete
  23. Wow, 12 tahun dan masih awet? Hebat nih pemiliknya bisa merawat dengan baik. Sebagus-bagusnya kendaraan kalau gak dirawat, gak rajin ganti oli, ya sama aja bakal cepat rusak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)