7 Alasan Mengapa Email Profesional Penting Untuk Bisnis Di Era Digital

Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis
Pentingnya Email Profesional Untuk Bisnis

Tren bisnis online kini kian berkembang. Terlebih sejak memasuki era digital, hampir semua aspek kehidupan sangat bergantung pada internet. Ya, meski internet memiliki dampak negatif, namun tak dapat dipungkiri bahwa nyatanya internet juga memiliki manfaat yang cukup besar.

Berkat internet, kita jadi lebih mudah dalam mencari informasi, berbelanja hingga menggunakan jasa atau produk layanan tertentu. Ya, kehadiran internet sangat memudahkan penggunanya dalam menunjang aktivitas sehari-hari, tak terkecuali bagi para pelaku bisnis.

Kini hampir semua pelaku bisnis menggantungkan usahanya dengan internet. Sebab, internet bisa digunakan sebagai media promosi sehingga tingkat penjualan mereka dapat meningkat. Dengan demikian, para pelaku bisnis dapat meraih keuntungan yang lebih besar.

Salah satu cara yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dalam memanfaatkan internet adalah dengan membuat website beserta email profesional. Loh, memang apa fungsinya membuat email profesional? Seberapa penting email profesional bagi para pelaku bisnis? Supaya gak penasaran, yuk simak cerita saya sampai habis..

Apa itu Email Profesional? 

Pentingnya Email Profesional Untuk Bisnis

Email profesional adalah sebuah email yang mana alamat emailnya dapat disesuaikan dengan alamat domain pribadi atau domain perusahaan. Kelebihan menggunakan email profesional bagi pebisnis online adalah dapat meningkatkan branding perusahaannya.

Oh ya, sebelum membuat email profesional, langkah utama yang mesti dilakukan adalah harus memiliki website dengan nama domain tertentu. Setelah itu barulah bisa membuat email profesional, yang mana email profesional ini bisa terhubung dengan website.

Misalnya, kamu memiliki sebuah website dengan nama domain www.babycloth.com, maka kamu dapat membuat email domain dengan alamat order@babycloth.com. Tentu alamat email yang seperti itu lebih profesional dan terpercaya di mata pelanggan dibanding menggunakan email gratisan seperti babycloth@gmail.com. 

Email profesional ini merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dimiliki oleh para pebisnis online. Sebab, melalui email profesional maka lalu lintas komunikasi antara pebisnis dengan konsumennya menjadi lebih lancar. Komunikasi dapat dilakukan tanpa batasan waktu karena dapat terhubung kapanpun dan dimanapun selama 1x24 jam.
Melihat cara kerja dari email profesional tersebut, sudah tentu terbayang betapa mudahnya berkomunikasi dengan pelanggan. Beda halnya jika tidak memiliki website serta email profesional dan hanya mengandalkan sosial media saja dalam memasarkan produknya. Tentu komunikasi lebih sulit karena kita harus repot membalas satu per satu pesanan pelanggan, belum lagi terkendala dengan batasan waktu sebab kita tak bisa online selama 24 jam.

Pentingnya Email Profesional Bagi Sebuah Bisnis 

Dalam dunia bisnis, email profesinal memiliki peranan yang sangat penting. Pasalnya, email tak hanya digunakan sebagai sarana berkirim pesan saja, namun lebih dari itu, email profesional mampu membangun relasi yang kuat antara perusahaan dengan konsumen.

Tak hanya itu saja, setidaknya ada 7 hal mengapa email profesional penting untuk bisnis di era digital. Apa saja itu? Yuk, disimak

Pentingnya email profesional dalam bisnis


#1. Sebagai Media Promosi dalam Bisnis 
Ketika menjalani sebuah bisnis online maka memiliki email dengan nama domain sendiri merupakah hal yang penting. Pasalnya, dengan memiliki email profesional maka dapat memudahkan para pelaku bisnis dalam melakukan branding maupun promosi bisnisnya.

Misalkan saja, jika sebuah perusahaan mengirimkan email promosi kepada pelanggannya. Tentu respon penerima email akan berbeda ketika ia mendapatkan email menggunakan nama domain. Pastinya konsumen akan lebih percaya sehingga menyimak isi dari email tersebut. Beda halnya jika menerima email gratisan, biasanya konsumen cenderung acuh menanggapinya.

#2. Meningkatkan Kredibilitas 
Email dengan nama domain sendiri dapat mempengaruhi penilaian serta memberikan kesan profesional di mata pebisnis lainnya ataupun para pelanggannya. Karena penggunaan email domain mencerminkan bahwa perusahaan sungguh-sungguh dalam menjalankan bisnisnya. Dengan demikan akan meningkatkan kepercayaan di mata konsumen atau pelanggan.

#3. Memudahkan Pengunjung dalam Melakukan Pemesanan
Sebuah bisnis online yang memiliki website dan email profesional akan sangat memudahkan konsumennya dalam melakukan pemesanan. Sebab, informasi yang diberikan sudah sangat detail dan jelas sehingga konsumen tak perlu repot menghubungi penjual untuk menanyakan ketersediaan stok dan sebagainya.

Pun pada proses pembayaran juga dapat dilakukan dengan mudah karena penjual akan secara otomatis mengirimkan instruksi pembayaran melalui email. Dengan demikian prosesnya pun menjadi lebih cepat.

#4. Keamanan Data Terjamin 
Dari segi keamanan, email yang memiliki nama domain sendiri juga lebih aman sehingga tak perlu khawatir terhadap pencurian data karena email tersebut otomatis mengikuti proteksi hosting yang digunakan.

#5. Memiliki Kapasitas Penyimpanan yang Besar 
Salah satu keuntungan menggunakan email profesional adalah memiliki kapasitas penyimpanan yang besar mulai dari 30 GB sampai tak terhingga. Sehingga jika data perusahaan sudah banyak, kita tak perlu repot menghapus data-data lama. Dengan demikian, kinerja perusahaan menjadi lebih optimal.

#6. Memiliki Fitur Backup 
Dengan menggunakan email profesional maka tak perlu khawatir apabila ada data-data yang tidak sengaja terhapus. Karena email profesional memiliki fitur backup sehingga dapat dengan mudah data-data tersebut dikembalikan. Namun, sebenernya pada email gratisan juga terdapat fitur backup, hanya saja ada batasan jumlah backup sehingga tidak semua email bisa di backup.

#7. Tidak Dianggap Spam 
Sebagai pebisnis, tentu sering melakukan pemasaran dengan mengirimkan email masal ke para pelanggannya. Bila hal ini dilakukan menggunakan email gratisan maka email kita akan ditandai sebagai spam sehingga bisa terkena suspend. Beda halnya, jika menggunakan email profesional, resiko ditandai sebagai spam sangat kecil kemungkinannya.

Mau Beli Email Profesional? Di Rumahweb Aja.. 

Dalam memilih layanan jasa penyedia email profesional tak boleh sembarangan. Kita harus detail mencari informasi apakah penyedia jasa layanan tersebut benar-benar tepercaya dan berkualitas. Bila kamu ingin membuat email profesional dengan harga yang murah namun berkualitas, Rumaweb bisa menjadi solusinya. Sebab Rumahweb menawarkan jasa pembuatan email profesional dengan harga yang murah, yakni mulai dari 14.900 per account per bulan. Sangat terjangkau, bukan? Rumahweb juga menyediakan berbagai layanan email profesional yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan.


Macam-Macam Email Profesional yang Tersedia di Rumahweb 

Adapun berbagai pilihan email profesional yang tersedia di Rumahweb adalah Google Suite, Flockmail dan alibaba mail.


#1. Google Suite 
Google suite adalah layanan Gmail, Docs, Drive dan Calender untuk bisnis. Dengan google suite kita bisa bekerja lebih sinergis dari komputer, smartphone atau tablet. Google suite menawarkan media penyimpanan mulai dari 30 GB hingga tak terhingga. Dengan demikian kita dapat menyimpan data pekerjaan tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan.

Google suite menyediakan pilihan paket yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Ada paket basic dengan harga 80 ribu per user per bulan atau 960 ribu per user per tahun. Terdapat pula paket bisnis dengan harga 170 ribu per user per bulan.

#2. Flockmail 
Flockmail adalah email bisnis yang memiliki kapasitas besar hingga 30 GB. Flockmail ini dilengkapi dengan aplikasi android, iOS, windows dan MacOS. Ada dua pilihan paket yang tersedia, yaitu paket profesional 10 GB dengan harga 14.900 per bulan dan paket premium berkapasitas 30GB dengan harga 29.900 per bulan.

#3. Alibaba Mail 
Alibaba Mail merupakan sebuah email bisnis yang memiliki kapasitas jumbo hingga 1 TB. Alibaba Mail dilengkapi dengan Webmail, IMAP, POP, dan SMTP. Dilengkapi pula dengan Kalender, Kontak, Task, dan Drive. Selain menjadi media komunikasi, Alibaba mail juga bisa menjadi media arsip yang sangat penting untuk sebuah perusahaan. Sebab, dengan kapasitasnya yang sangat besar maka akan lebih leluasa dalam menyimpan email-email penting beserta attachment-nya.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Untuk paket standar dengan kapasitas 100 GB per mailbox, harganya Rp 29.900 per bulan. Sementara untuk paket advanced dengan kapasitas 1 TB per mailbox harganya Rp 39.900 per bulan.
Yuk, Mulai Sekarang Gunakan Email Profesional Agar Bisnis mu Kian Melesat
Tak dapat dipungkiri, persaingan bisnis kini mulai ketat. Sebagai pebisnis, tentu tidak boleh tinggal diam. Mengikuti perkembangan teknologi wajib sekali untuk dilakukan. Oleh karenanya, mulailah untuk membuat website dan email profesional agar bisa bersaing dengan ribuan pebisnis lainnya.

Tak hanya itu, kini konsumen juga semakin cerdas. Keberadaan website dan email profesional bisa menjadi penentu apakah konsumen ingin membeli produk yang kita tawarkan atau tidak.

Jadi, tunggu apa lagi.. yuk segera buat email profesional sekarang juga. Dan untuk urusan pembelian email profesional serahkan saja pada Rumahweb karena telah terbukti terpercaya dan berpengalaman.


Salam,


Sumber tulisan:
  • www.rumahweb.com
Sumber gambar :
  • www.pngtree.com
  • www.rumahweb.com
Infografis :
  • Tia Widiastuti, edit by canva

36 comments

  1. Insight yg menarik banget Mba
    Karena selama ini aku ya pake email dari gmail.
    Ini penting bgt dibaca oleh para pekerja digital yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.. termasuk kita para blogger sebenernya lebih kece kalo pake email domain ya..

      Delete
  2. Temenku juga pke email sub email ginj buat domainnya. Terlihat keren ya, emg cocok bgt buat marketing bisnis sih

    ReplyDelete
  3. Dulu pernah bikin juga email profesional seperti itu mbak, tapi karena hostingnya tidak di perpanjang otomatis email profesional nya ikutan hilang.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. jadi dulu pernah pakai hosting.. ?

      Delete
  4. Ternyata rumah web jualan email profesional juga yaa.. mau cb d rekomendasiin ah k atasan siapa tau cucok

    ReplyDelete
  5. Memang kalo untuk bisnis, akan terlihat profesional ya mba kalo kita punya email bisnis dengan nama brand kita. Pasti klien or curstomer juga jadi lebih trust jadinya dan efeknya pastinya juga naikin sales

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mbaa.. ningkatin kredibelitas ya

      Delete
  6. Langgananku sih google punya ti, ya gmail yg paling mudah buat aku tur kliatan ringkes aja huehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak mak.. kalo buat pribadi mah enak pake gratisan aja yaa..

      Delete
  7. wahh memang terlihat jadi profesional dan gak was-was untuk order yang menggunakan email profesional.. yang lagi merintis bisnis ini bisa jadi bahan dasar nih penting untuk dicoba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib banget dicoba buat yg lagi terjun ke dunia bisnis..

      Delete
  8. Tipsnya bagus & lengkap. Mestinya anak2 maba baca ini. Tapi yg kadang nawarin aku job beberapa bikin email kayak bikin sms aja. Meski dalam hati ngomel tapi ya sudahlah terima duitnya aja hehee. Lain kalau kitanya yg nyebar email buat nyari kerjaan ya, orang bakal males bales email kita.

    ReplyDelete
  9. bener sih, akan menjadi keren aja kalau ada org yg hubungi kita lewat email pribadi hehe

    ReplyDelete
  10. benar nih, punya email profesional emang lebih dipercaya ya, secara sekarang mah banyak spam ya.
    saya juga jadi pengen ini buat email profesional tuk jualan. Apalagi harganya cukup terjangkau ya Mbak.
    mau pelajari lebih lanjut dulu nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul.. udah gitu banyak iklannya ya mbaa.. huhu

      Delete
  11. wakaupun gak bisnis emailku udah pakai nama yg sama dengan domain, dulu enak gratis gak pake bayar buatnya, sekarang aku mau buat lagi harus bayar tapi kalau buat bisnis gak masalah ya supaya lebih profesional

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mba lidya keren..
      eh, beneran kalo dulu buatnya gratis? enak banget..

      Delete
  12. asli aku penasaraaaan deh mba..tapi kayaknya sementara kita tunggu sampai badai virus ini lewat dulu yaa

    ReplyDelete
  13. sepakat sekali mba, email profesional penting bangt buat yang lagi menjalankan bisnis. Apalagi buat yang jalan di jasa atau marketing gitu. Bisa menambah nilai trust dari pelanggan. Thanks sharingnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak bnget mbaak..
      udah gitu biayanya juga gak terlalu mihil..

      Delete
  14. Saya masih pake email gratisan sih tapi kalau mau buka usaha atau bisnis gitu pastinya juga saya akan mempertimbangkan untuk menggunakan email profesional ini karena manfaatnya seperti yang sudah dijelaskan di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk pribadi emang lebih enak gratisan.. tapi kalo bisnis ada baiknya sih pakek email domain ya mbaa

      Delete
  15. Dulu udah pernah ditawarin bikin email kayak gini, tapi lupa ya kenapa alasanku kok tidak jadi. Bener juga ya, tampil lebih profesional dalam berbagai urusan dengan klien jadinya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaa.. hayoo kenapa tuh..
      mungkin dulu belum tau manfaatnya kali ya mbaa?

      Delete
  16. Sampai hari ini aku ya masih pakai email gratisan. Sempat terpikir pakai email profesional yang ditawarkan provider hosting. Cuma belum tahu manfaatnya apa. Baru dari tulisannya Kak Tia ini nih akhirnya tau manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan blogger juga lebih kece sih kalo punya email domain layak gini.. hihi

      Delete
  17. Saya bukan pebisnis, tapi Alhamdulillah punya deh email dari kantor yg kalau buat branding diri lumayan bisa lebih terlihat profesional hehehe...
    Jaman sekarang punya email bisnis memang jadi tips biar makin moncer usahanya ya

    ReplyDelete
  18. Jangankan untuk yang sedang mengelola usaha atau bisnis, kita sebagai seorang blogger receh ini juga kepingin untuk punya email profesional. Apa lagi kalau bukan untuk branding dan agar semakin terlihat PRO sebagai seorang blogger. Hehe. Ya, kan Mbak Tia? :D

    Salam hangat,
    Firmansyah (bangfirman.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bingit mas firman..
      kan enak ya keliatan lebih pro dan lebih serius menjalani profesi..#eaa
      aku juga lg otw nih mau bikin email domain..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)