Featured post

Pengalaman Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Tingkatkan Penjualan di Blibli dengan MTA, Blibli Seller App dan Merchant Analytic

Tingkatkan Penjualan di Blibli dengan MTA, Blibli Seller App dan Merchant Analytic

Menjadi seorang pengusaha adalah salah satu impian saya yang belum terwujud sampai saat ini. Padahal hasrat dalam hati begitu menggebu, namun apa daya, saya belum memiliki modal yang kuat untuk membangun sebuah usaha. Alhasil, hingga kini saya harus rela menikmati profesi sebagai seorang karyawan.

Impian menjadi seorang pengusaha ini terbangun bukan tanpa alasan. Berawal saat kuliah dulu, saya mendapati mata kuliah Kewirausahaan, yaitu sebuah mata kuliah yang memberikan materi kepada mahasiswanya agar bisa berwirausaha. Dari sanalah, saya mulai menyukai dunia usaha. Pasalnya saat itu dosen saya sangat menarik dalam menyampaikan materi perkuliahan. Saya pun jadi mengetahui seluk beluk dunia usaha dan ingin mengaplikasikan teori yang diberikan oleh dosen saya.

Bermodalkan nekat serta tekad yang kuat. Akhirnya saya mengikuti program kreativitas mahasiswa di bidang kewirausahaan. Ya, saking menggebunya keinginan saya untuk berwirausaha, hanya cara ini yang bisa saya tempuh agar mimpi saya bisa terwujud. Maklum, mahasiswa kere tak punya modal banyak untuk berwirausaha.

Semua ide yang ada di dalam kepala, saya tuangkan dalam bentuk proposal lalu saya ajukan pada pihak kampus. Setelah disetujui, proposal tersebut diteruskan ke Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti). Alhamdulillah, tak lama setelah itu, saya mendapat kabar bahwa proposal saya disetujui oleh pihak dikti. Dan kabar bahagianya adalah saya mendapatkan dana sebesar 7 juta untuk menjalankan usaha.

Usaha JACOLIA (Jajanan Cokelat Lidah Buaya) Sebagai Makanan Sehat” adalah usaha pertama yang saya jalankan saat masa kuliah dulu. Berbekal dana yang saya peroleh dari dikti, saya dan tim, sukses menjalankan usaha tersebut.

Namun bukan usaha namanya jika tanpa kendala. Ya, karena saat itu saya masih anak bawang dalam terjun di dunia usaha. Saya cukup kesulitan dalam memasarkan produk dagangan saya. Alhasil, cara yang saya lakukan saat itu adalah dengan menitipkan pada kantin-kantin kampus, kantin sekolah dan sebagian saya jual langsung pada teman-teman.


Dengan cara tersebut, keuntungan yang didapat memang tak bisa dibilang banyak. Selang beberapa bulan, saya hanya bisa kembali modal saja. Sudahlah lelah membagi waktu antara berjualan dan kuliah. Pun harus begadang dalam melakukan produksi cokelat lidah buaya untuk dijual saat kuliah keesokannya.

Ah, andai saja semasa kuliah dulu sudah ada marketplace jual beli online seperti Blibli.com. Tentu saya tak perlu repot dalam melakukan pemasaran produk dagangan. Sebab, hanya perlu modal internet dan kuota data, saya bisa memasarkan produk ke berbagai penjuru daerah. Pelanggan bisa datang dari mana saja, tak terbatas pada area kampus dan lingkaran pertemanan saya.

Namun, meski usaha yang saya jalani hanya bisa kembali modal saja, setidaknya saya belajar banyak hal dari pengalaman tersebut. Mulai dari komunikasi, pengelolaan modal dan keuangan hingga pemasaran.

Berbekal pengalaman tersebut, bisa menjadi pelajaran bagi saya saat ingin membuka usaha suatu hari nanti. Ya, tekad untuk menjadi pengusaha masih ada dalam diri saya. Dan tentunya ketika menjalani usaha nanti saya akan bergabung dengan Blibli.com agar jualan untung gak tanggung-tanggung. Apalagi di Blibli.com terdapat fitur MTA, Blibli Seller App dan merchants analytics yang sangat memudahkan seller dalam melakukan penjualan.

Apa itu MTA (Merchant Tools Aplication) Blibli.com?

Merchant Tool Aplication (MTA) Blibli

MTA (Merchant Tools Aplication) adalah sebuah fasilitas yang dapat digunakan oleh para Blibli Seller untuk melakukan aktivitas penjualan, seperti upload produk, merespon pesanan, dll. Melalui MTA, blibli seller dapat memantau pesanan dan penjualan dengan mudah, mendapatkan notifikasi terkait produk dan pesanan, seperti saat ada orderan baru, orderan yang dibatalkan, returned maupun saat orderan delivered.

Melalui MTA pula, seller dapat memantau produk yang dijual. Seller dapat memastikan apakah produknya masih ada ketersedian stock. Seller juga dapat mengubah ketersediaan stock, harga serta status produk. Dengan demikan, blibli seller dapat dengan mudah dan cepat dalam merespon pesanan.

Tak hanya itu saja, pada MTA (Merchant Tools Aplication) Blibli.com juga terdapat pusat edukasi yang berisi berita dan info serta tips dan trik untuk mengembangkan usaha, video tutorial dan panduan pengguna. Dengan begitu, blibli seller tak akan mengalami kesulitan saat berjualan di Blibli.com.

Cara Bergabung Sebagai Blibli Seller Melalui MTA (Merchant Tools Aplication) Blibli.com

Apabila ingin berjualan di Blibli.com maka kita harus memiliki akun MTA. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan tiga langkah saja, yaitu sebagai berikut :

Cara Membuat Akun MTA Blibli

  • Buka laman blibli di https://merchant.blibli.com/MTA/register, lalu pilih registrasi
  • Isikan data mengenai informasi akun mulai dari email, password, nama pemilik, tanggal lahir hingga upload KTP
  • Lengkapi data informasi toko dan administarsi, seperti nama toko, kategori toko, alamat toko serta kelengkapan administrasi seperti nomor rekening dan NPWP. 

Setelah selesai, kita tinggal tunggu aktivasi toko dari blibli, lalu bisa mulai berjualan deh. Mudah banget kan?

Jualan Makin Mudah dengan Aplikasi Blibli Seller 

Asiknya lagi, Blibli.com juga menyediakan Aplikasi Blibli Seller yang dapat diunduh melalui google playstore atau app store. Melalui aplikasi ini para seller semakin dimudahkan dalam mengelola toko dan melakukan aktivitas jualan. Dengan adanya aplikasi Blibli seller, penjual dapat dengan mudah dan cepat merespon pesanan karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun hanya dalam genggaman.

Blibli Seller App

Selain itu, fitur yang tersedia pada aplikasi Blibli seller juga sangat lengkap. Fitur-fitur unggulan yang tersedia diantaranya yaitu :

1. Menu Dashboard
Melalui menu dashboard, Blibli seller dapat memantau aktivitas penjualan apabila ada pesanan baru atau order otomatis yang dibatalkan. Selain itu, pada menu ini seller juga bisa melihat ringkasan penjualan, ringkasan order dan rating merchant.

2. Menu Order
Pada menu order ini, seller akan mendapatkan notifikasi apabila ada orderan baru, orderan dalam proses, orderan terkirim hingga orderan dibatalkan. Dengan demikian seller dapat dengan cepat merespon pesanan pelanggan. Tak heran bila banyak pelanggan yang puas berbelanja di Blibli.com.

3. Menu Produk
Melalui menu produk, seller dapat menambahkan berbagai produk yang ingin dijual. Selain itu, pada menu ini juga terdapat informasi terkait produk yang aktif, produk dalam proses dan non aktif.

4. Menu Produk Submission
Setelah melakukan penambahan produk, seller akan mendapat notifikasi saat menunggu approval, revisi produk ataupun saat produk ditolak.

5. Menu Return
Blibli.com juga menyediakan fasilitas return sehingga apabila ada produk yang tidak sesuai dapat dilakukan pengembalian. Asiknya, melalui fitur ini seller dapat dengan mudah memantau dan melihat produk yang direturn. Seller juga bisa mengetahui alasan produk yang di return.

6. Menu Promotion
Pada menu ini terdapat informasi mengenai berbagai voucher dan diskon yang ditawarkan oleh Blibli terhadap produk kita. Dengan adanya promosi maka akan semakin menarik perhatian pelanggan untuk melakukan pembelian.

7. Menu Share in Social Media
Fitur ini dapat membantu seller untuk lebih mempromosikan jualan di Blibli. Asiknya lagi, yang bisa di share ke media social tidak hanya produk jualan saja, tetapi juga toko yang terdaftar di Blibli serta berbagai promo yang seller miliki. Asik banget kan, cukup dengan satu kali klik saja, produk dapat kita share dengan mudah ke social media yang kita punya.

8. Menu Produk Discussion
Tak sedikit customer yan menanyakan terkait produk yang akan dia beli. Nah, melalui menu product discussion ini, seller dapat merespon pertanyaan customer dengan mudah dan cepat.

9. Menu Merchant Analytics
Melalui menu ini, seller dapat memantau performa toko dan mengetahui tingkat penjualan masing-masing produk yang dijual di toko tersebut sehingga seller dapat mengetahui produk unggulan dari tokonya.

Tingkatkan Penjualan dengan Fitur Merchant  Analytics

Fitur merchant Analytics yang terdapat pada aplikasi Blibli seller sangat memudahkan para penjual dalam memantau performa toko nya. Pasalnya, pada menu tersebut terdapat informasi mengenai laporan pendapatan, pesanan dan transaksi. Laporan tersebut dapat kita lihat secara harian, mingguan ataupun bulanan. Dengan begitu, seller tak perlu repot melakukan rekap transaksi penjualan karena sudah tersedia otomatis pada aplikasi.

Tingkatkan Penjualan Dengan Merchant Analytic

Melalui merchant analytics, seller juga dapat mengetahui informasi produk terkait toko kompetitor yang menjual produk dengan kategori yang sama. Seller juga bisa mengetahui produk terpopuler serta keyword terpopuler yang sering dicari oleh konsumen.

Dengan mengetahui produk paling populer di Blibli.com maka seller dapat melakukan strategi penjualan dengan menentukan produk yang ingin dijual berdasarkan kata kunci terpopuler. Dengan demikan, tak dapat dipungkiri tingkat penjualannya akan semakin melesat.

Tingkatkan Penjualan dengan Merchant Analytic

Tak hanya itu, melalui fitur ini pula seller dapat mengetahui data customer yang melihat setiap produknya. Seller juga bisa membandingkan jumlah yang melihat dengan jumlah produk yang dibeli. Dengan demikian, seller dapat melakukan strategi dengan menambahkan produk dan memberikan harga terbaik pada produk yang paling banyak dilihat. Hal ini tentunya dapat membantu meningkatkan penjualan para seller.

Keuntungan Berjualan di Blibli.com

Dalam memilih marketplace untuk berjualan, tentu tak boleh sembarangan. Kita harus perhatikan kredibilitas marketplace tersebut agar aktivitas penjualan kita dapat berjalan dengan lancar. Nah, berjualan di Blibli merupakan solusi yang sangat tepat karena Blibli dapat memberikan banyak keuntungan.

Selain memberikan kemudahan bagi para seller dengan adanya MTA, Blibli Seller App dan Merchant Analytic, ada banyak keuntungan lainnya apabila berjualan di Blibli.com. Berikut 10 keuntungan berjualan di blibli.com yang dapat kamu simak pada infografis dibawah ini.

Keuntungan Berjualan di Blibli.com

Tak hanya itu saja, Blibli juga memfasilitasi para merchantnya dengan memberikan berbagai program yang dapat meningkatkan penjualan para Blibli Seller. Fasilitas yang diberikan diantaranya yaitu Blibli university dan komunitas Blibli Seller.

Melalui Blibli university, seller dapat mengembangkan bisnis onlinenya dengan memanfaatkan video learning dan artikel pengembangan bisnis online yang disediakan oleh Blibli.  Sementara itu, melalui Komunitas Blibli Seller, para penjual dapat saling bertukar informasi mengenai cara untuk meningkatkan performa toko.

Langkah Mudah Berjualan di Blibli.com

Langkah Mudah Berjualan di Blibli.com

Nah, jika kalian tertarik untuk berjualan di Blibli.com caranya sangat mudah. Pertama, kamu harus buka toko dengan mengisi data diri dan kelengkapan dokumen pada Merchant Tools Aplication. Setelah di verifikasi oleh Blibli, maka kamu dapat melakukan upload produk yang ingin kamu jual. Lalu, kamu bisa langsung berjualan deh..

Selanjutnya apabila ada pesanan yang masuk, kita bisa langsung respon pesanan melalui Blibli Seller App. Sudah deh, setelah itu tinggal tunggu pembayaran dari Blibli.com. Mudah banget kan caranya?
Jualan Makin Untung dengan MTA, Blibli Seller App dan Merchant Analytic

Adanya fitur MTA, Blibli Seller App dan merchant Analytics sangat memudahkan para seller dalam melakukan aktivitas penjualan. Sebab, dengan berbagai fitur yang disediakan, seller dapat dengan mudah dalam memantau performa tokonya. Pun bisa mengetahui produk apa yang paling diminati oleh pembeli sehingga seller dapat melakukan strategi penjualan yang tepat. Dengan demikian, seller akan mendapatkan pesanan yang meningkat drastis.

Saya yakin, Bersama Blibli.com, saya dapat memperbaiki kegagalan yang pernah saya alami saat memulai bisnis di masa kuliah dahulu. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh blibli, saya tak perlu khawatir dalam memasarkan produk yang saya jual karena blibli dapat memperkenalkan produk kita hingga ke seluruh pelosok nusantara. Apalagi Blibli juga memfasilitasi dan membimbing para seller agar dapat meraih kesuksesan dalam berjualan online.

Jadi tunggu apalagi, yuk berjualan di Blibli.com, Jualan Untung Gak Tanggung-Tanggung!

Salam,



Sumber Referensi :
  • Pengalaman Pribadi
  • www.blibli.com
Sumber Gambar :
  • Dokumen pribadi
  • www.pngtree.com
Infografis :
  • Tia Widiastuti, edit by canva

62 comments

  1. Ternyata sudah sejak kuliah mbak thya berjualan ya, pantesan skill wirausaha nya bagus.

    Jualan JACOLIA (Jajanan Cokelat Lidah Buaya) Sebagai Makanan Sehat di Blibli bagaimana mbak, apakah sukses dan banyak yang membeli mbak thya? Kalo sukses pengin jualan kripik singkong nih di Blibli.😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. usaha jacolia nya sudah stop mas dan belum pernah dipasarkan melalui blibli. nanti mau jualan di blibli tapi bukan jacolia.. hehe

      Delete
  2. Sekarang, semakin banyak pilihan e-commerce betul-betul memudahkan pengusaha UMKM untuk melebarkan sayapnya ya mba. Nggak seperti jaman dulu yang kalau mau usaha harus buka toko dulu, terus harus mulut ke mulut dulu, nggak kebayang bagaimana susahnya buka usaha saat handphone pun belum sepintar sekarang :D

    Semoga dengan adanya fasilitas dari Blibli seperti ini, membuat banyak pengusaha bisa lebih mudah dalam memanage usaha-usaha mereka :D salut juga sama mba Thya yang sudah mulai usaha sejak usia muda, semoga one day, mba Thya bisa kembali menjalankan usaha-usaha yang mba impikan :D semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn mbaa.. doakan yaa..
      mimpi ku banget pengen mendirikan usaha. udah ada rencana mau usaha apa, tapi belum dapet distributornya.. hihi..

      Delete
  3. Hebat amat ti pas mahasiswa dapat kucuran 7 juta buat usaha cokelat lidah buaya, secara kalau di mata mahasiswa 7 juta lumayan geday, tapi sayang ya, dulu mungkin karena masih belum fokus dan agak kepontal pontal (aduh bahasane apa ya kepontal pontal pokoke kemrungsung secara masih jadi mahasiswa juga), akhire cuma bisa balik modal thok yo, belum sempat mereguk keuntungan hihi #hadew bahasaku koran bisnis banget hahhaha

    Tapi ga bisa dipungkiri pas jadi mahasiswa aku juga tergiur ekskul kewirausahaan tapi mentok di ide proposal mau ngajuin jualan apa, bimbang hati awak tuh jadi gagal deh dapat pendanaan

    Klo sekarang pengen bisnis apa mak, toko susu n popok keknya menggiurkan maaaaak ahahha
    Terus daftarin deh di bibli sudah ada merchant analyticnya segala lagi jafi bisa dipantau kira kira menguntungkan ga
    Uda gitu ada tambahan ilmu bibli university n komunitas seller yang bisa saling support lagi ya, mantab djiwa, buruan maaaak....
    Apa yang baju baby di ig ke siniin juga mak tyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mak, 7 juta gede banget waktu itu sampai bisa beli kulkas, blender dll utk menunjang produksi cokelat.

      aakk.. aku pengen banget buka toko susu & popok tapi belum nemu distributornya. hihi..

      baju2 yang di IG juga pengen aku jual di blibli sih tapi masih ragu. hehe

      Delete
  4. Gokiill nih Mbaaa
    Aku terpukau baca cerita kamuuuu
    Infografisnya juga unyuuu banget, super sukaaa
    Buanyaaak benefitnya ya kalo pakai MTA di BliBli ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. sa aee nih mba nurul..
      iya mba, banyak banget benefitnya..
      seller jadi makin untung

      Delete
  5. Jaman now tuh serba gampang kalo mengepakkan bisnisnya, asalkan MAU..
    Seperti di BliBli ini contohnya, mempermudah usaha kita meningkat.

    Ahh, tak infoin ke temn dan sodara yang jualan aahhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul. yang penting harus punya niat dan tekad yang kuat..

      Delete
  6. Kayaknya saya harus pelajari lagi, nih. Banyak fitur yang menarik bila jadi seller di Blibli

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbaaa.. sila diperdalam lagi biar bs jualan di blibli.. hehe

      Delete
  7. Bli bli mempermudah yg mau bisnis online ya. Semua udah terintegrasi

    ReplyDelete
  8. suatu hari nanti saat saya bosan dengan pekerjaan sebagai karyawan swasta saya ingin usaha berjualan juga ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an gak bosen mbaa..
      atau bisnis onlinenya buat sampingan aja.. hihi..

      Delete
  9. Mbaa Tia, semoga jumpa lagi di event Blibli mendatang ya!
    Hehehe, aku udah ikutan juga nih, malah aku udah punya akun di blibli 4 tahun lalu wkwkkw pas kerja kantoran karena kantorku kan perusahaan marketing gitu. Skg mah udah ibu rumah tangga total. Semangat ngeblog ya mba sayang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin mbaa..
      semoga wabah ini segera berakhir dulu biar event nya lanjut.. hihihi..
      waw, keren,.. udah punya akun dari 4 tahun lalu tapi dipake gak? hehehe

      Delete
    2. Enggak tak pakek, dan sekarang lupa password awakakak
      bikin lagi dong, mauu jualan hasil karyaku masker di sana siapa tahu laku ya kan?
      Sekalian membawntu yang kena dampak.

      Delete
    3. wakakak..
      nah, betul tuh mbaa.. pasti bakal laku banget jualan masker di blibli..

      Delete
  10. Dengan MTA (Merchant Tools Application) penjual jadi bisa memantau penjualan ya & meningkatkan penjualannya selain bisa upload produknya di aplikasi tersebut

    ReplyDelete
  11. Mau infoin ke adik ah yang kebetulan pengen jualan online. Apalagi ini sangat memudahkan ya mba :)

    ReplyDelete
  12. Asyik banget nih kalau mau jualan melalui blibli ya, benar-benar dipersiapkan media yang amat sangat membantu.
    Sayapun lebih memilih blibli kalau mau belanja online, secaraaa lebih terpercaya.
    Tahu sendiri daaahh, diri saya parnoan kalau belanja online :D

    Kalau diperhatikan kayak gini kan penjual jadi lebih semangat, dan nggak bakal berpikir untuk curang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahaha.. iyaa.. belanja di blibli cucok buat mamak rey yg parnoan.. hihi..
      daku aja juga ketagihan belanja di blibli.. hihi

      Delete
  13. kalau seperti ini jadi lebih semangat lagi untuk berjualan ya. Blibli sangat membantu para penjual banget ya :)

    ReplyDelete
  14. Di zaman digital memang harus selalu melakukan terobosan ya.

    ... dan Blibli melakukan itu!

    Btw,
    Blibli masuk daftar e-commerce favoritku juga.
    Alhamdullilah, so far so good!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbaa..
      Udah ketagihan belum belanja di Blibli..? hihi

      Delete
  15. Waktu jadi mahasiswa idenya bisa brilian gitu? Wih mantap jiwa. Hayuk diterusin lagi? Pan sekarang udah ada Blibli juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. bisa aja mbaa.. :D
      iya nih, udah ada niat sih buat lanjutin lagi..

      Delete
  16. Waah asik ini baca artikel dri org yg lgsg jualan di blibli.. Suksss ya mbak jualannya.

    Emang klo ada analitik yg menunjukan gimana progress bisnis itu lbh enak ya mbak. Kayaknya bru bli nki aja marketplace yg punya fitur ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba,, baru blibli aja nih yg punya fitur cukup lengkap..
      memudahkan seller banget..

      Delete
  17. Tertarik banget dengan tools MTA di Blibli ini, srbagai seller baru ini sangat memberikan kemudahan berjualan secara online, ah gak sabar pengen coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dicoba mba.. buat nambah pemasukan.. hehe

      Delete
  18. Eh mantep juga ternyata di blibli ya fiturnya, aku punya online shop tapi belum pernah buka di blibli ni Mbak. Jadi penasaran pengen nyoba dan ngulik fitur blibli lebih lagi. Makasi banyak ya Mbak insightnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, brarti sekarang saatnya untuk gabung sama blibli mbaa..

      Delete
  19. Wah ceritanya hampir sama dengan saya mba, karena minim informasi jadinya jualan saya berhenti di tengah jalan. Jadi pengen berjualan lagi deh tentunya di BliBli seller, fasilitas untuk merchantnya lengkap banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo jualan lagi mba.. pasti banyak untungnya..

      Delete
  20. Senang banget kalau bisa berjualan di Blibli ini ya mbak, selain banyak keuntungan juga diberikan kemudahan untuk berbagai fitur dalam penjualan sehingga meningkatkan keuntungan penjualan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba arda.. jualan makin untung gak tanggung-tanggung..

      Delete
  21. Makin keren dan lengkap aja deh fitur dan tool Blibli. Makin beda dengan marketplace lain. Pantesan temenku seneng banget jadi seller di Blibli. Memudahkan dia banget katanya. Jadi kepengen ikutan jadi seller di Blibli juga deh ih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, temennya udah jualan di blibli. keren.. ayo mba nia juga ikutan jadi seller.. hehe

      Delete
  22. waah ternyata detail banget ya mba. ini sih membantu para olshop deh. fitur dan tools yang lengkap gini pasti memudahkan para seller. aku infoin temenku ya jualan online ya mba. tFS mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. membantu banget mba. kuy mbaa langsung infoin temennya..

      Delete
  23. Ternyata Blibli sangat membantu peningkatan kemampuan dari sellernya ya. BAgus banget nih. Jadi tak hanya sekadar memberikan tempat untuk berjualan saja, tapi juga mendukung perkembangan kemampuan seller dalam segala bidang, termasuk belajar membuat tampilan produknya makin menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, betul, betul..
      seller jadi makin pintar mengatur strategi penjualan..

      Delete
  24. Mengetahui banyaknya fitur baru dari Blibli yang bisa mendukung penjualan, jadi semakin tertarik untuk belajar berbisnis online, deh!

    ReplyDelete
  25. Baru tau ada jajanan Jacola, kyknya enak hehe :D
    JUalan di Blibli cukup gampang, udah gtu Blibli juga gak ngebiarin merchantnya jalan sendiri tapi juga diajarin dan difasilitasi supaya jualannya lbh lancar dan laris ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mba april.. dulu kalo lebaran banyak pesenan. hihi..

      iya betul, blibli benar2 memfasilitasi para merchantnya.. jadi makin mudah deh jualan

      Delete
  26. Bisa jadi bahan evaluasi juga ya ini.. seberapa menarik barang barang yang dijual lalu bisa menentukan stratagi penjualan lain yang sesuai dengan keinginan pasar dan juga senantiasa meningkatkan kualitas produk agar tidak kalah bersaing ya mbak

    ReplyDelete
  27. Salut dengan Blibli yang terus saja melakukan yang terbaik bagi para merchant dan customer sehingga banyak inovasi dan terobosan baru.

    ReplyDelete
  28. Sekarang mau jualan dimudahkan banget ya sama teknologi. Apa-apa udah banyak toolsnya.

    ReplyDelete
  29. Waw jualan online di blibli jadi lebih mudah ya. Kalau kayak gini penjualan bisa meningkat. Tentunya cuan juga ters ngumpul nih.

    ReplyDelete
  30. Keren, Mbak Thya bisa dapat modal dari Dikti 7jt buat usaha. Gak kebayang deh betapa oke nya proposal yang Mbak Thya bikin dulu. 😆😆😆

    Iya nih, Mbak Thya. Zaman sekarang semuanya sudah serba mudah. Buat jualan, sekarang sudah tidak perlu keluar uang banyak untuk sewa toko dan tidak perlu repot untuk wira-wiri memasarkan produknya. Cukup ada ponsel dan kuota, kita semua sudah bisa memasarkan dan mempromosikan produknya. Aaaaah, kalau gini jadi pengen usaha juga deh. Tapi bingung mau usaha apa. Hehehe.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, lagi hoki aja waktu itu mba jadinya tembus proposalnya. hehehe..

      iya, mbaa.. apalagi ditengah pandemi ini yaa, jualan online bisa jadi solusi banget.
      hayoo mau jualan apa? yang sesuai sama kesukaan aja mba.. hehe

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)