Jangan Sampai Nyesel, Ini Tips Memilih Lipstik yang Tepat Sesuai Warna Bibir

Tips memilih lipstik sesuai warna bibir

Udah capek pakai makeup tapi hasil makeup tidak sesuai ekspektasi? Bisa jadi ada yang salah dengan warna lipstik yang kamu pilih. Belakangan ini lipstik yang sesuai dengan warna bibir kembali menjadi tren dan favorit karena sifatnya serba guna. Bisa dipakai untuk gaya makeup apapun baik itu alami, glamorous, atau seksi. Namun, pemakaian lipstik nude atau sesuai dengan warna bibir tidak selalu cocok bagi setiap orang.

Pemilihan lipstik yang tepat sangat bergantung pada skin tone atau warna kulit kamu. Jika kamu salah dalam memilih warna, wajah justru akan terlihat pucat atau kusam. Nah, biar kamu nggak salah memilih warna lipstik dan nggak membuat makeup fail, yuk simak tips memilih lipstik yang tepat sesuai warna bibir di bawah ini.


Tips Memilih Lipstik Sesuai Warna Bibir

Berikut enam tips memilih lipstik yang sesuai dengan warna bibir agar tampilanmu makin kece. 

 #1. Kenali skin tone dan sesuaikan dengan warna kulitmu

Kamu harus tahu bawa warna bibir tiap orang berbeda-beda. Jadi, lipstik nude yang cocok untuk bibir orang lain belum tentu memberi efek nude yang sama di bibir kamu. Sebelum membeli lipstik, pertama kamu harus yang mengenal skin tone yang kamu punya. Misalnya jika memiliki kulit terang atau cerah akan lebih tepat jika menggunakan warna lipstik peach, light pink, coral,  dan nude (persis warna bibir).

Perlu diingat, lipstik nude tidak melulu berwarna krem, beige, atau dusty pink, tapi semuanya tergantung warna kulitmu. Hindari memakai lipstik dengan warna lebih muda karena bisa membuat wajah terlihat pucat.  Sementara, untuk kulit sawo matang cenderung lebih cocok dengan warna pink gelap, berry gelap, cokelat atau merah terang. Untuk kulit kuning langsat, kamu bisa memilih warna dusty pink atau karamel.

#2. Sesuaikan lipstik dengan bentuk bibir

Tips berikutnya untuk memilih lipstik yang tepat yaitu sesuaikan lipstik dengan bentuk bibir kamu. Sebaiknya hindari warna-warna gelap bagi pemilik bibir tipis karena lipstik warna gelap hanya akan membuat bibir terlihat lebih kecil. Sementara bagi pemilik bibir tebal, sebaiknya hindari memilih lipstik dengan warna yang terlalu terang atau bertekstur glossy dan glitter. Jangan lupa untuk menyesuaikan warna lipstik dengan warna pinggir bibir karena seringkali warna pinggir bibir lebih gelap dibandingkan dengan area bibir lain, terutama untuk pemilik kulit gelap.

#3. Temukan warna yang cocok

Saat membeli lipstik, kamu bisa mencobanya lebih dulu. Sebab, kadang warna yang terlihat di tabung, belum tentu memberikan warna yang sama di bibir. Jangan langsung mengoleskan lipstik tester di bibir, karena bisa berisiko terkena kuman yang ada di sana. Sebagai gantinya, pulaskan lipstik incaran kamu di punggung tangan atau di pergelangan tangan.

Pastikan lipstik yang akan kamu beli itu tidak beda jauh dengan warna bibir kamu. Jadi, jika warna bibir kamu cenderung pink, kamu bisa memilih lipstik nude dengan bias pink. Jika bibir kamu kecoklatan, pilih lipstik dengan bias warna yang juga kecoklatan.

#4. Perhatikan warna rambut

Lipstik bisa membuat penampilan di wajah lebih menarik dan bisa mengurangi kesan pucat atau kusam. Karena itu, selain memperhatikan warna bibir perhatikan juga warna rambut kamu. Bagi pemilik rambut gelap, akan lebih cocok memakai warna lipstik bernuansa pink, cokelat, dan plum. Sedangkan bagi pemilik rambut terang, kamu bisa memilih lipstik yang warnanya sedikit gelap.


#5. Perhatikan tekstur lipstik

Agar hasil akhir makeup terlihat standout, salah satu kuncinya yaitu memilih tekstur lipstik yang tepat. Pemilihan tekstur lipstik yang benar bisa membuat penampilan kamu terlihat segar sekaligus menghasilkan makeup yang tampak rapi. Lipstik dengan tekstur yang creamy bisa memberi kesan segar, sementara lipstik dengan tekstur matte cocok dipadukan dengan makeup yang glamor sehingga makeup kamu tidak terkesan pucat. Sementara lipstik dengan tekstur satin atau sheer bisa memberi efek kilau yang kamu butuhkan agar wajah tampak cerah.

#6. Ketahui undertone

Selain mengetahui skin tone, kamu juga perlu mengenali undertone. Jika skin tone adalah warna kulit yang langsung tampak oleh mata, maka undertone bisa dilihat dari pembuluh darah di pergelangan tangan. Jika pembuluh darah di pergelangan tangan warnanya cenderung hijau, maka undertone kamu adalah warm. Jika didominasi warna ungu dan biru, berarti undertone kamu cool. Tapi, jika sulit dibedakan, kamu kemungkinan memiliki undertone netral. Memilih lipstik dengan warna yang tepat, bisa membuat makeup di wajah tampak lebih baik secara keseluruhan. Kamu pun juga bisa menjadi lebih percaya diri dalam berpenampilan.

Itulah tips memilih lipstik yang tepat sesuai warna bibir. Apapun warna kulitmu ataupun tekstur lipstik yang kamu inginkan, Zalora akan memenuhi semua kebutuhan kamu. Apapun warna lipstik yang kamu inginkan, pasti akan kamu temukan disini.

Jadi, tunggu apa lagi? Temukan lipstik yang sesuai dengan warna bibir kamu di Zalora sekarang juga! Banyak promo menarik menantimu di Zalora, mulai dari harga spesial yang super miring, potongan harga, promo cashback, hingga layanan gratis ongkos kirim. 

Promo-promo dari Zalora ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan harga terjangkau saat berbelanja. Selamat memilih warna lipstik dan belanja make up ya.


Salam,





1 comment

  1. Aku dr dulu ga pernah suka nude, Krn ga cocok dengan kulitku yg gelap mba 😁. Pake itu LGS kliatan pucat, kayak sakit. Beda Ama yg kulitnya putih , malah kliatan fresh kan 🤭

    Makanya dr dulu lisptik fav ku merah, dan cendrung LBH suka yg bukan matte. Ga tau, ga cocok aja Ama liptik matte. Blm Nemu yg pas Ama bibir.b

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)