Pengaruh Mayora Group Terhadap Perekonomian Indonesia


Berat. Begitulah ungkapan Sri Mulyani saat ditanya mengenai kondisi perekonomian Indonesia saat ini. Ya, beliau mengaku bahwa kondisi perekonomian indonesia saat ini berat. Pasalnya, sektor perdagangan indonesia telah mengalami pelemahan yang mengakibatkan kondisi perekonomian ikut melemah.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2019 hanya sebesar 5,05 %. BPS juga mencatat bahwa kondisi perdagangan cukup melambat, yakni sebesar 1,69 persen.



Oleh karena nya untuk memperbaiki kondisi tersebut, pemerintah perlu menyiapkan berbagai kebijakan ekonomi Indonesia. Khususnya adalah meningkatkan ekspor perdagangan demi memperbaiki defisit neraca perdagangan Indonesia.

Salah satu industri yang berperan dalam meningkatkan ekspor perdagangan adalah Mayora Group, sebuah kelompok bisnis produk konsumen Indonesia yang telah berdiri sejak 17 februari 1977 dan dipimpin oleh seorang CEO Mayora, Andre Atmadja.

PT. Mayora ini merupakan produsen makanan dan minuman yang memiliki visi misi untuk dapat berkontribusi positif terhadap lingkungan dan negara. Produk-produknya juga tentu sudah tak asing lagi karena sering kita konsumsi mulai dari produk biskuit seperti Roma, Slai O’lay, Sari gandum, produk wafer seperti Bengbeng hingga produk minuman seperti kopi torabika.

Dan sejalan dengan visi dan misi nya tersebut, Mayora telah memperluas ekspor makanan dan minuman ke lebih dari 100 negara, termasuk Amerika Serikat, Tiongkok dan Rusia. Dan hebatnya lagi, berkat ekspor tersebut, Mayora berhasil menyumbang sebesar 50% terhadap penjualan perseroan. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia juga bisa menguasai pasar internasional sehingga dapat mengangkat martabat Indonesia di mata dunia.

Apabila hal ini bisa dilakukan oleh seluruh industri di Indonesia, tentu hal ini mampu memperbaiki perekonomian Indonesia serta defisit neraca perdagangan indonesia. Untuk itu diperlukan langkah strategis demi meningkatkan ekspor perdagangan. Salah satu langkah penting yang dapat diambil agar bisa meningkatkan ekspor perdagangan adalah pelaku usaha harus meningkatkan investasi di negara tujuan agar fasilitas perdagangan semakin lancar. Selain itu, dibutuhkan juga peran pemerintah untuk menambah kerjasama dengan negara-negara lainnya.



Salam,

8 comments

  1. Mayora ada di tangerang kan ya, inovasi produknya makin bertambah dari tahun ke tahun, ada aja lonching prodak baru
    Tapi bagus sih lumayan mendongkrak sumber pendapatan perseroan apalagi kalau mulai menyeriusi kuota ekspor

    Bagus, prodak indonesia jadi makin dikenal di mata dunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak. ada di cikupa, gak jauh kalo dari rumah mu kayaknya nit. hehe (sok tau)
      iyak, mayora ini cukup bagus perkembangannya makanya cukup berpengaruh utk perekonomian indonesia

      Delete
  2. Yang pasti pengaruh Mayora emang besar banget deh buat perekonomian negara ini karen asudah menyerap berapa banayk pekerja dan pajak yang masuk.
    Bismillah aku beberapa tahun lagi bisa berkontribusi buat perekonomian negara ini....aamiin.

    ReplyDelete
  3. Produk mayora memang sudah dikenal baik sama masyarakat, kita sebagai warga negara yang baik bisa turut mendukung mayora melalui investasi saham mayora di bursa saham :)

    ReplyDelete
  4. Ya ampun, hal yang menyebalkan adalah, udah ketik panjang-panjang tapi nggak sengaja ke refresh dan komennya hilang hahaa.

    Btw, saya jadi ingat kopiko deh kalau ingat Mayora.
    Eh bener nggak ya? Semoga nggak salah hihihi.

    Salut deh ama Mayora yang menyumbang perbaikan ekonomi Indonesia, semoga ke depannya jadi lebih baik lagi, aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk.. yang sabar mak :D

      bener banget mbaa, kopiko salah satu produknya.
      Amiinnn, keren emang mayora..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)