5 Manfaat Kunyit, Ampuh Mengobati Berbagai Penyakit Berbahaya Ini

Manfaat Kunyit

Kunyit termasuk salah satu tanaman asli Indonesia yang mudah sekali dijumpai di sekitar kita, bahkan tak jarang masyarakat menanamnya di pekarangan rumah. Kunyit memiliki zat pewarna alami yaitu kuning. Oleh karena itu, ia kerap kali digunakan sebagai pewarna untuk makanan. Namun selain digunakan sebagai bumbu dapur, tanaman herbal yang satu ini juga banyak dipakai untuk obat-obatan, mengingat manfaat kunyit memang banyak sekali.
 
Sebenarnya kita bisa dengan mudah menemukan dan menggunakan kunyit secara langsung, hanya saja jika ingin lebih praktis, saat ini juga sudah banyak produk kunyit yang dijual dalam bentuk ekstrak yang siap untuk dikonsumsi. Ekstrak kunyit tersebut juga bisa dijadikan sebagai terapi untuk masalah kesehatan yang sedang kita alami. Salah satu produk ekstrak kunyit yang dijual adalah Herbana. Produk tersebut terbuat dari 100 persen bahan herbal dan tanpa campuran. Dengan demikian, kita tak perlu mengkhawatirkan mengenai manfaatnya.
 
Berbicara mengenai manfaat kunyit ini ternyata ia juga ampuh untuk mengobati penyakit-penyakit berbahaya, seperti diantaranya adalah:
 
#1. Metastasis Kanker
Metastasis kanker ini sendiri pada dasarnya termasuk kondisi yang cukup berbahaya, dimana sel kanker sudah menyebar ke organ atau bagian tubuh yang lainnya. Namun ternyata senyawa yang terkandung di dalam kunyit ini juga terbukti efektif di dalam melawan penyakit tersebut, khususnya pada beberapa jenis kanker, seperti kanker rahim, kanker payudara dan juga kanker usus besar.

#2. Diabetes Melitus
Penyakit diabetes melitus ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula yang ada di dalam darah. Jika kadar gula darah dibiarkan selalu tinggi, maka besar kemungkinan akan memicu komplikasi yang membahayakan. Dengan mengonsumsi kunyit secara teratur, maka dapat menekan kadar gula darah agar tetap normal. Kunyit juga mampu merangsang peningkatan produksi hormon insulin sehingga gejala penyakit diabetes ini juga jadi lebih mudah untuk ditangani.

#3. Irritable Bowel Syndrome atau IBS, 
Penyakit ini merupakan sebuah kondisi dimana usus mengalami peradangan. Ketika usus meradang maka secara otomatis akan mengganggu kinerja dari saluran cerna, khususnya pada proses penyerapan makanan. Kondisi ini  juga bisa memicu terjadinya diare kronis jika tak segera ditangani. Namun, dengan mengkonsumsi kunyit,  bisa meredakan gejala yang ditimbulkan dari peradangan tersebut.

#4. Mencegah kerusakan hati
Hati merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh, karena hati juga berperan untuk menawar racun yang masuk kedalam tubuh. Untuk mencegah terjadinya masalah pada hati, maka kita bisa rutin mengkonsumsi ekstrak kunyit.

#5. Maag
Maag yang dibiarkan secara terus menerus tanpa diobati dampaknya bisa sangat fatal, karena bisa menjadi pemicu penyakit kanker lambung. Ternyata dengan rutin mengonsumsi kunyit ini bagus sekali untuk mengobati penyakit maag yang sedang diderita. Kandungan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit ini mampu untuk mengendalikan produksi dari asam lambung yang berlebih.
 
Terbukti bukan banyak manfaat kunyit yang tidak boleh disepelekan. Pengobatan dengan bahan-bahan herbal umumnya memang disukai oleh sebagian besar orang karena tidak menyebabkan efek samping seperti penumpukan toksin berlebih yang ada dalam tubuh, maupun juga efek samping berupa ketergantungan. Produk Herbana tak hanya herbal dari kunyit ini saja, melainkan juga bahan lain seperti jahe merah, daun katuk, habbatussauda dan yang lainnya.

Btw, kalau kalian adakah yang sering mengkonsumsi ekstrak kunyit juga? Share dong di kolom komentar..

Salam,




6 comments

  1. Ternyata manfaatnya banyak juga ya mbak, aku biasanya minum jamu kunyit asam aja sih, entah apa manfaatnya ga tau juga, minumnya pas mens, katanya bisa ngurangin bau tak sedap, bisa ngurangin rasa sakit selama mens juga hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba.. aku juga kalo lagi mens suka minum kunyit asam biar gak amis dan bikin lancar juga..

      Delete
  2. Sama kayak Mbak Meta saya paling minum kunyit asem, tapi hanya pada saat mens saja. karena seperti mbak Meta bilang diatas katanya bisa mengurangi bau tak sedap, memperlancar haid dan mengurangi rasa sakit. Tapi kunyit asem memang enak sih segar rasanya :)

    ReplyDelete
  3. bener mbaa.. aku pun juga minum pas lagi haid..

    ReplyDelete
  4. Dulu waktu masih gadis, ibu sering banget bikinin aku jamu dari kunyit, Mbak Thya. Tapi setelah tinggal pisah dari orang tua aku jadi jarang minum jamu kunyit lagi. Gak telaten bikinnya soalnya. Hehehe. Jadi kunyit cuma aku pake buat bahan masakan doang. 🙈

    Eh, ternyata manfaatnya banyak banget ya, Mbak. Sebelumnya aku kira manfaatnya cuma buat melancarkan haid doang. 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerr banyak bangeet mba manfaatnyaa..
      aku pun dulu sering minumin kunyit kalau lagi haid..

      mba roem kalo malas bikinnya, otewe tukang jamu aja,, hehe

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)