Cari Berita Terlengkap dan Terpercaya? IDN App Aja

IDN App

Drrdd..drrdd..

Hp ku bergetar. Ada pesan whatsapp masuk dari grup kuliah ku. Ku buka layar hp sembari membaca pesan yang dikirim. Deg. Aku bergidik dan merinding kala membaca pesan tersebut.
Info kelanjutan dari Ibu Maria
Ternyata beliau berdua adalah dosen UNJ Jakarta dan anak perempuannya Namanya Maria, dosen seni tari di UNJ Jakarta. Sekarang di kampus UNJ lagi heboh karena ternyata ada 2 dosen sejawatnya yang sempat kontak langsung saat mba Maria sedang demam tapi tetap datang ke kampus. Kedua dosen tersebut sekarang sedang dalam kondisi demam. Nah bisa nularin yang lain juga kan?"

Begitulah bunyi pesan yang masuk kala itu. Pesan yang beredar beberapa hari setelah ditemukannya kasus pertama Covid di Indonesia. Membaca berita tersebut sungguh membuatku resah. Resah bila harus menghadapi kenyataan bahwa ternyata 2 orang pertama yang terpapar virus Covid-19 adalah orang dekat.

Pikiran ku tak tenang. Aku Khawatir. 

Ya. Tentu saja aku khawatir. Khawatir virus tersebut akan cepat menyebar ke orang terdekat dan berakhir pada keluarga ku. 

Namun bersyukur, setelah di konfirmasi pada yang bersangkutan, ternyata kabar tersebut hanyalah hoaks belaka. Sungguh ku sangat kesal. Tega-teganya menyebar berita hoaks yang meresahkan seperti itu.

Kasus Hoaks di Indonesia

Sumber : IDN Times

Tentu kalian masih ingat jelas dong tentang kasus Covid pertama di Indonesia? Saya masih ingat betul, pada 2 Maret 2020 lalu, Pak Jokowi pernah mengumumkan bahwa ada 2 WNI yang terpapar virus corona, yaitu ibu 64 tahun dan anaknya 31 tahun. 

Sejak pemberitaan tersebut, banyak berita hoaks bertebaran. Salah satunya adalah berita yang saya dapatkan tersebut. Berita yang menyatakan bahwa 2 orang pertama yang terpapar virus corona adalah dosen seni tari UNJ beserta ibunya. 

Ya, walau memang saya sudah menjadi alumni di kampus tersebut, namun saya tetap resah. Apalagi bila mengingat saya masih beberapa kali mengunjungi kampus untuk sebuah urusan. 

Sungguh ya, ada aja orang jahat yang mengkaitkan berita tersebut hingga menimbulkan keresahan banyak orang. Karenanya, sekarang saya gak bisa percaya begitu saja bila mendapatkan berita dari broadcast whatsapp. Saya harus telisik lebih dalam dan mencari tahu terlebih dahulu kebenaran beritanya dari sumber terpercaya seperti IDN App. 
Kasus Hoaks di Indonesia

Berdasarkan data dari Kemenkominfo, disebutkan bahwa ada sekitar 800.000 situs di Indonesia yang telah terindikasi sebagai penyebar informasi palsu atau Hoaks. Kominfo juga menemukan ada 1401 konten hoaks terkait Covid-19 yang beredar di masyarakat. Sungguh ya, ternyata banyak sekali oknum yang memanfaatkan internet untuk hal-hal yang tak berguna, menyebar konten-konten negatif hingga menimbulkan keresahan di masyarakat. 

Bahkan, berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC), setidaknya hampir 60% orang Indonesia terpapar hoaks saat mengakses internet. Oleh karena itu, sebaiknya kita tak mudah percaya dengan berita yang beredar, apalagi bila berita tersebut berasal dari platform yang tidak jelas. 

Maka itu, untuk urusan memilih sumber berita terlengkap, terkini dan aktual, kini saya percayakan pada IDN App saja..

Apa itu IDN App?

IDN App

IDN App adalah sebuah aplikasi baca berita yang menyajikan berita terkini, aktual, terlengkap dan terpercaya. Aplikasi baca berita ini merupakan bagian dari IDN Media. Kalau kamu pernah mendengar IDN Times, maka itulah data atau sumber berita yang juga digunakan pada IDN App. Jadi bisa dibilang, IDN App merupakan IDN Times dalam bentuk aplikasi mobile. 

IDN App ini berbeda dengan platform berita lainnya, sebab IDN App dilengkapi dengan berbagai fitur menarik dan kekinian untuk para penggunanya. Konten- konten yang disajikan pun sangat beragam serta dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya, terutama untuk para generasi millennial dan Gen Z.

Hal ini sejalan dengan visi IDN Media, yakni ingin menjadi lebih dari aplikasi baca berita biasa serta bisa menjadi sebuah platform berbagi informasi dan pengetahuan untuk generasi millennial dan gen Z di Indonesia.

Lalu, apa saja fitur-fitur menarik yang terdapat pada IDN App? Simak review saya sampai akhir ya.. 

Review IDN App Versi Terbaru

Kalau kamu pembaca setia blog saya, pasti masih ingat tentang artikel review IDN App yang pernah saya buat sebelumnya. Nah, kali ini, IDN App memiliki versi terbarunya yang tentunya lebih fresh dan lebih nyaman untuk dinikmati. 


Apa sih bedanya dengan versi lama? simak terus artikel ini ya :*

#1. Menu Home
menu home idn app

Saat membuka aplikasi IDN App, kita akan masuk pada beranda atau menu home yang menyajikan berbagi berita terkini. Dibagian paling atas pada menu beranda ini, pengguna bisa memilih apakah ingin mencari berita atau mengakses kolom tanya jawab. 

Bila memilih fitur tanya jawab, pengguna bisa menjawab berbagai pertanyaan yang terdapat pada laman tersebut. Pengguna juga bisa melakukan like, dislike ataupun share pertanyaan tersebut. Lalu bila pengguna ingin mencari berita, pengguna juga bisa memilih berita terbaru atau berita yang sedang trending yang ingin dibaca. 

Ohya, berita yang ditampilkan pada menu home ini telah disesuaikan dengan minat pengguna. Hal ini disesuaikan dari topik-topik favorit yang dipilih pengguna pada menu explore.

#2. Menu Explore
Menu Explore IDN APP

Saat masuk ke menu explore kita akan disajikan dengan beragam topik yang menarik. IDN App menyajikan lebih dari 40 topik mulai dari berita viral, humor, travel, food, news hingga teknologi. 

Nah, menariknya, pada fitur topik ini pengguna bisa memilih berbagai topik yang sesuai dengan minat pengguna. Nantinya topik-topik yang kita pilih inilah yang akan ditampilkan pada halaman depan. Topik yang kita pilih ini juga bisa diubah kapanpun sesuai kehendak kita loh karena terdapat pilihan edit. 

Adapun berbagai topik yang saya pilih diantaranya yaitu, Hype Entertainment, Hype Humor, News Indonesia, Food (Recipe), Food (Diet), Life Family dan Hype Viral. 

#3. Fitur Tanya Jawab dan Tulis Artikel
Menu Tanya Jawab IDN APP

Yang unik dari IDN App adalah adanya fitur tanya jawab dan tulis artikel. Pada fitur tanya jawab, kita bisa menuliskan pertanyaan seputar topik apapun yang kita inginkan. Pengguna juga bisa menjawab berbagai pertanyaan yang ada. 

Menariknya, pengguna juga bisa menulis artikel pada aplikasi ini loh. Artikel yang sudah ditulis dan telah disetujui oleh tim editor akan ditayangkan pada laman IDN Times dan IDN App. Asiknya lagi, bila artikel berhasil ditayangkan maka pengguna akan mendapatkan fee. Lumayan banget kan buat menambah penghasilan?

#4. Menu Notifikasi
Menu Notifikasi IDN APP

Bila ada yang merespon pertanyaan pada fitur tanya jawab, maka nantinya akan ada pemberitahuan pada menu notifikasi. Pun bila ada artikel yang baru terbit, maka akan ada pemberitahuan pada menu notifikasi. Namun dengan catatan bila kita mengikuti (follow) pengguna dan penulis lain ya. Jadi, For Your Information, di IDN App ini kita bisa saling follow antar sesama pengguna atau penulis layaknya di social media. Seru banget ya kan?

#5. Menu Profile
Menu Profil IDN APP

Pada menu profile, terdapat berbagai informasi pengguna, mulai dari jumlah following, follower, total point, list pertanyaan dan jawaban yang pernah dibuat,list bookmark, list artikel yang terakhir dibaca, draft artikel, artikel terbit, artikel revisi, artikel dimoderasi, artikel ditolak dan panduan penulis.

Pada menu profile, pengguna juga bisa melakukan berbagai pengaturan, mulai dari mengubah profile, mengganti tampilan dengan mode malam, reset password hingga menghapus history. Pada menu ini juga terdapat kebijakan privasi terkait platform IDN Media. 

Keunggulan IDN App 

Bagi saya IDN App ini sangat unik, berbeda sekali dengan platform berita lainnya yang cukup membosankan karena hanya tersedia artikel berita saja. Mengakses IDN App itu tak membosankan karena serasa sedang bermain social media. Pengguna bisa follow penulis-penulis favorit, berbagi opini, menulis artikel hingga mengikuti event dan program yang diadakan oleh IDN App.

Itulah mengapa saya memilih IDN App sebagai platform berita terlengkap dan terpercaya. Eits, tetapi selain hal tersebut ada juga alasan lain mengapa saya memilih IDN App sebagai portal berita andalan. Berikut alasannya, 

#1. Tampilan Sederhana, Ringan, Mudah diakses
Keunggulan IDN App

Aplikasi IDN App memiliki tampilan yang sederhana dan ringan. Desain interfacenya sangat simpel dengan dominasi warna putih dan merah sehingga tak mengganggu mata. Pilihan font nya juga sesuai, tidak terlalu besar atau kecil sehingga membuat nyaman saat sedang membaca.

Yang menarik, ukuran file downloadnya sangat kecil, hanya 14 MB saja sehingga tidak memenuhi memori smartphone. Dengan ukuran file yang kecil ini juga membuat aplikasi menjadi ringan dan mudah diakses. Tentu hal ini  menjadi keunggulan tersendiri bagi IDN App, sebab pada aplikasi berita sejenis ukuran file nya cukup besar, bisa mencapai 30 hingga 50 MB.

#2. Berita yang disajikan Berkualitas dan Bebas Hoaks

Berita yang disajikan di IDN App 100% aktual, dapat dipercaya dan bebas hoaks karena sebelum di publish semua berita telah melalui proses kurasi yang ketat untuk menjamin kualitas dan keabsahan berita tersebut. Selain itu, gaya bahasa yang digunakan pada artikel juga sangat ringan dan mudah dipahami, namun tetap penuh manfaat sehingga pembaca mudah menangkap makna dari artikel yang disampaikan. 

#3. Artikel Singkat, Padat dan Jelas
Artikel yang disajikan di IDN App singkat, padat dan jelas. Jumlah kata pada artikel yang disajikan tidak lebih dari 300 kata sehingga membuat pembaca mudah menangkap pesan yang ingin disampaikan. 

#4. Tidak Ada Iklan yang Mengganggu
Yang paling menarik dari IDN App adalah tidak ada iklan yang mengganggu sehingga membuat pembaca semakin nyaman dan betah berlama-lama mengeksplore artikel yang tersedia di IDN App.

#5. Tersedia Mode Malam

Untuk menambah kenyamanan pembacanya, IDN App juga menyediakan fitur mode malam. Enaknya menggunakan mode malam adalah dapat mengurangi mata lelah akibat efek cahaya biru pada smartphone. Pengaturan mode malam ini bisa dilakukan pada menu profil, lalu pilih icon setting yang berada di pojok kanan atas. 

#6. Bisa Mendapat Tambahan Penghasilan
Berbeda dengan aplikasi berita lainnya, di IDN App kamu juga berkesempatan untuk mendapat tambahan penghasilan loh. Caranya adalah dengan menulis artikel pada aplikasi melalui fitur “tulis artikel’. Nantinya, bila artikel kamu telah disetujui, maka artikel akan di publish, lalu penulis akan mendapatkan poin. Nah, poin yang sudah terkumpul ini bisa ditukarkan dengan uang. Seru banget kan?

#7. Akses Berita Gratis
Cukup bermodalkan smartphone dan kuota untuk mendownload aplikasi IDN App, kamu udah bisa membaca artikel sepuasnya di IDN App, GRATIS, tanpa dikenakan biaya. Eits, bahkan kamu gak perlu modal kuota bila mendownload-nya menggunakan akses wifi gratis di kantor atau layanan publik lainnya. 

#8. Loading Cepat dan Hemat Kuota
Ukuran file download yang kecil serta ditambah dengan tidak adanya iklan pada aplikasi, membuat kecepatan loading menjadi kencang sekali. Dengan loading yang cepat ini tentu akan berpengaruh juga pada pemakaian data yang menjadi lebih hemat. Hal tersebut telah saya buktikan sendiri. Setelah mengakses IDN App selama 1 jam, ternyata saya hanya menghabiskan kuota sebanyak 19 Mb saja. Hemat banget kan?

#9. Rating Tinggi

IDN App juga mendapatkan rating yang cukup tinggi di google playstore, yaitu 4.6/5 dengan jumlah review positif hingga 7000 review lebih. Bahkan, hingga saat ini IDN App telah didownload lebih dari 500 ribu orang. Uwoww..

Hal ini menandakan bahwa IDN App memang aplikasi berita yang berkualitas dan terpercaya serta mampu memenuhi kebutuhan penggunanya. Saya pun sangat puas dengan semua berita serta fitur yang disajikan oleh IDN App. 

Tak banyak berpikir, saya pun juga ikut memberikan review positif di playstore. 

#10. Banyak Event dan Promo Menarik

Selain menyajikan berbagai topik berita, IDN App juga menyediakan berbagai event dan promo menarik yang bisa diikuti oleh pengguna. Contohnya saja, ada promo poin atau uang tunai untuk pengguna yang berhasil menerbitkan tulisan tertentu, bahkan ada juga mini quiz dengan berbagai hadiah menarik. Waahh, ini sih harus banget ikutan, siapa tau beruntung ya kan? 

Cara Mudah Menggunakan IDN App

Cara Menggunakan IDN App

Untuk dapat menggunakan IDN App, caranya mudah sekali. Pertama, kamu harus download terlebih dahulu aplikasi IDN App melalui playstore atau app store. Selanjutnya, lakukan registrasi dengan sign up atau langsung saja login dengan menggunakan facebook atau akun gmail. Lalu, lakukan verifikasi nomor handphone dengan memasukkan kode OTP. Selesai deh, setelah itu kamu dapat menikmati berbagai informasi yang tersedia di IDN App. 

Pengalaman Mencari Berita dan Berbagi Informasi di IDN App


Kehadiran IDN App membawa angin segar bagi masyarakat masa kini. Sebab, IDN App mampu menyajikan berita terlengkap yang aktual dan terpercaya. Pun berita yang disajikan sangat menarik khas gaya Millennial dan Gen Z. Tak heran bila aplikasi ini banyak digandrungi oleh anak-anak muda, bahkan jumlah pembacanya bisa mencapai 50 juta setiap bulannya loh.

Pengalaman saya selama lebih dari 6 bulan menggunakan aplikasi IDN App, saya merasa semakin dimudahkan. IDN App benar-benar sangat membantu saya dalam keseharian. Pasalnya, apapun yang saya cari, semua tersedia di IDN App. 

Misalnya saja, saat saya kehabisan ide untuk memasak menu harian, saya bisa mencari berbagai resep melalui IDN App. Saat saya ingin update gadget, saya bisa membaca reviewnya lewat IDN App, bahkan saat saya sedang santai dan butuh hiburan, saya bisa membaca artikel humor, berita gosip atau bahkan berita yang sedang viral melalui IDN App. Seruu bangeeeett, semua tersedia di IDN App! 

Pun saat saya membutuhkan informasi lebih lanjut, saya bisa menanyakannya melalui fitur tanya jawab sehingga saya bisa mendapatkan kejelasannya. Saya juga bisa berbagi opini mengenai suatu topik tertentu. Lumayan juga, kita bisa saling diskusi. Dengan demikian, lingkar pertemanan makin bertambah deh. Seru!

Sungguh, banyak sekali keuntungan menggunakan IDN App. Jadi, gak perlu ragu lagi,  kalau kamu mau cari berita terlengkap, terpercaya dan anti hoaks, langsung ke IDN App aja!!

Salam,

Sumber Referensi : 
  • Pengalaman Pribadi
  • https://kominfo.go.id/content/detail/12008/ada-800000-situs-penyebar-hoax-di-indonesia/0/sorotan_media
  • https://aptika.kominfo.go.id/2020/05/kominfo-temukan-1-401-sebaran-isu-hoaks-terkait-covid-19/
  • https://www.beritasatu.com/digital/700917/survei-kic-hampir-60-orang-indonesia-terpapar-hoax-saat-mengakses-internet
  • Infografis : Tia Widiastuti, edited by canva
  • Video: Tia Widiastuti



30 comments

  1. IDN Times sudah saya coba dan memang user interfacenya sederhana dan gampang mencari informasi. Plus ada kesempatan buat penulis lepas 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas. lumayan buat nyari cuan juga ya 😁

      Delete
  2. Mantap ini IDN app. Banyak fitur yang bisa diandalkan. Udahlah nggak makan memori banyak. Nggak ada iklan metungul besar menuhi layar. Hemat kuota pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbaa.. baca beritanya pun jadi nyaman

      Delete
  3. Memang menyenangkn bangeett kalo update berita di IDN App
    super kredibel dan reliable ya mba

    ReplyDelete
  4. Kerennya, IDN mengakomodasi berita untuk milenial dan gen Z ya .... mereka2 ini butuh berita yang kuat juga visualnya.

    ReplyDelete
  5. iya mba menurutku memang di IDN App itu lumayan enak buat baca berita. apalagi model formatnya itu kan listicle yaa jadi ga bikin alis mengkerut karena terlalu pusing ama berita hehe

    ReplyDelete
  6. Aku juga pengguna IDN App ini lo, Mbak. Suka banget sama User Interface nya yang simpel dan enak buat baca.

    ReplyDelete
  7. IDN Times emang terpercayaa, tapi baru ngeh ada aplikasinyaa.
    DAn meang yaa terlengkap baca beritanya, terutama terpercaya dan terkini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba. sekarang udah ada aplikasinya.. cus si download.. hehe

      Delete
  8. IDN App ini paling mengerti kebutuhan baca berita generasi milenial dan gen Z, ya, Mbak. Fitur-fiturnya juga keren dan lengkap.

    ReplyDelete
  9. Berita hoaks ini memang meresahkan masyarakat yaah..
    Dan parahnya, seringkali tangan ini langsung forward. Jadi semakin memperburuk keadaan.
    Bagus sekali ada platform berita yang terjamin kebenarannya berdasarkan fakta seperti IDN apps ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaak.. kesel banget sama berita hoax berantai gitu.. dan orang mudah percaya yaa.. huhu..
      untung sih skrg ada idn app

      Delete
  10. WOW saya tertarik dengan fitur menulis artikel, dapet berita bebas hoaks sekaligus bisa dapat penghasilan tambahan, asyik banget yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.. bahkan ada yang raup jutaan loh dari nulis di idn app

      Delete
  11. Boleh juga nih rekomendasinya untuk aplikasi yang bisa dijadikan referensi perkembangan berita yang terpercaya. Udah cape banget soalnya nih dengan kabar hoax yang seliweran dimana-mana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mba.. sekarang mah cari yang terpercaya aja kayak idn app

      Delete
  12. Yup, setuju! IDN Times memang salah satu portal berita lengkap dan terpercaya. Apa lagi bisa diakses via app.

    ReplyDelete
  13. oke nih untuk kita yang perlu dan ingin tahu banya berita terkini yaa mba. Makasih banget untuk rekomendasinya

    ReplyDelete
  14. Reviewnya lengkap banget mbak, saya enjoy bacanya plus jadi makin tau soal IDN Times. Tadinya hanya sesekali saja baca berita via websitenya, ternyata sudah ada aplikasinya dan beritanya lengkap terpercaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo enjoy..
      cuss download app nya juga mba.. hehe

      Delete
  15. Betul, sekarang ini sangat sulit membedakan mana berita hoaks dan yang mana berita sebenarnya.
    Untung ada IDN Times yang sigap menulis berita yang baik dan akurat.
    Sayapun sering nonton dan baca berita di IDN Times, tapi belum.punya aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk di download juga mba.. biar bisa update info terus hehe

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)