Cerita Ulang Tahun Arfan Ke-4 : Tayo Birthday Party


Cerita Ulang Tahun Arfan ke-4

Arfan is turning 4, Yeay!!!!

Seneng banget mamak tuh kalo udah menjelang hari ulang tahun Arfan. Rasanya excited banget gak mau ketinggalan momentnya. Makanya mamak selalu ngadain perayaan walau kecil-kecilan aja bareng keluarga, yang penting ada dokumentasi yang bisa dikenang kelak kalo Arfan udah gede. 

Dan ngomongin ulang tahun Arfan tuh jadi flashback setahun lalu saat ulang tahun Arfan ke-3 yang ternyata saya sedang terpapar Covid-19. Untungnya gak menularkan tamu yang datang, yaitu mak mertua dan juga adek ipar. 

Sekarang sih Alhamdulillah kasus Covid-19 sudah mulai melandai. Temen-temen juga mulai banyak yang merayakan ulang tahun anaknya. Pun Arfan juga sudah sering menghadiri acara ulang tahun (lagi). Jadilah, mamak sempet kepikiran mau ngadain acara ulang tahun juga kayak orang-orang.

Tapi setelah dipikir-pikir, saya mengurungkan niat tersebut dan lebih memilih merayakan aja bareng keluarga supaya lebih intim. Pun saya lagi males rame-rame sih sebenernya. Males beberes setelah acaranya. Hihi.. 

Yaudah akhirnya saya cuman rayakan sederhana bareng keluarga aja di rumah. Ada orang tua, mertua dan juga adek-adek ipar yang datang, Alhamdulillah sudah cukup meramaikan keseruan acara ulang tahun Arfan hari itu. 

Persiapan Acara Ulang Tahun Arfan Ke-4

acara ulang tahun arfan ke-4

Meskipun gak ada acara besar, tapi saya tetap mempersiapkan berbagai macam perintilan-perintilan untuk acara ulang tahun Arfan, mulai dari menentukan tema, dekorasi, goodie bag, makanan dan lain-lainnya. Semua saya persiapkan dengan matang.  Tujuannya? Tentu aja biar tjakep buat dokumentasi. :D

Baca Juga :

#1. Kue Ulang Tahun Tema Tayo

kue ulang tahun tayo

Seperti di ulang tahun sebelumnya yang selalu mengusung tema tertentu. Kali ini mamak memutuskan untuk menggunakan tema “Tayo”. Karena apa? Karena anaknya lagi seneng banget main mobil-mobilan. Entah kenapa mulai usia 3,5 tahun dia mendadak suka main mobil-mobilan. Padahal sebelumnya mah gak pernah main mobilan sama sekali. Doi lebih senang mainan tradisional kayak gamelan, angklung, wayang, dan lain-lain. 

Yasudah, akhirnya karena mengikuti kesukaan anak, saya pun memutuskan milih tema “Tayo” aja. Alhamdulillah, nemu kue ulang tahun yang harganya pas di kantong dan rasanya juga enak. Soalnya, toko kue langganan saya harganya udah naik bangeeettt. Jadi saya pindah ke lain toko aja.

Saya beli kue ulang tahun ini di Instagram. Kebetulan lokasinya gak terlalu jauh dari rumah, jadi masih terjangkau lah untuk ditempuh sama abang grabcar nya, wekekek.. Btw, kalau kalian tertarik, bisa cek ig nya yaa (@vaya.cakes). 

#2. Dekorasi Ulang Tahun Arfan Ke-4

dekorasi ulang tahun tayo

Meskipun gak dirayain ngundang temen-temen, tapi saya kepingin tetep ada dekorasi. Biar kerasa momentnya, biar syantiek buat dokumentasi dan biar bisa sekalian untuk bikin konten youtube. Lumayan ya kan?

Akhirnya saya beli bahan-bahan untuk dekorasi sederhana aja. Ada tirai-tirai warna biru, menyesuaikan dengan tema tayo, terus ada juga bunting flag tema tayo dengan tulisan “Happy Birthday” dan balon warna warni, 1 pack isi 10 biji. Udah, itu aja. Sederhana tapi tetap berkesan bagi saya. 

#3. Bingkisan Snack Ulang Tahun / Goodie Bag Ulang Tahun

bingkisan snack ulang tahun

Gak ngerayain kok pake bingkisan??

Yaps, meskipun kami gak ngerayain, tapi kami tetep bikin bingkisan snack ulang tahun untuk dibagi-bagikan ke tetangga sekitar dan juga saudara-saudara. Ini pertama kalinya sih saya bikin bingkisan snack ultah sendiri. Biasanya mah terima beres, beli yang udah jadi. Tapi karena pas dihitung-hitung harganya jauh lebih murah bikin sendiri, akhirnya saya memutuskan untuk belanja-belinji semuanya sendiri. 

Lalu apa aja yang saya persiapkan??
  • Beli 4 pack plastik label di shopee (tema tayo), harganya Rp 13.580/pack (isi 10)
  • Beli 3 lusin souvenir botol minum di shopee, harganya Rp 39.000/lusin
  • Beli snack-snack di toko grosiran deket rumah, isi snack yang saya pilih yaitu, susu kotak, chiki, good time, choki-choki, Mie Kremez (Mie Shorr), Momogi dan Yupi. 
Syudah deh, semuanya saya bungkus-bungkusin sendiri. Saya bikin sekitar 35 bingkisan snack ulang tahun untuk dibagi-bagikan ke tetangga dan saudara. Saya ngebagiin bingkisan ini bareng si Arfan, dan dia girang bangeet dong bantuin bagi-bagi bingkisan, ngetok satu rumah ke rumah lain dapet bonus doa dari tetangga-tetangga. Gitu aja udah seneng bangeett diaa.. :D

Kalau mau tau lebih lengkap tentang bingkisan snack ulang tahun, bisa tonton di youtube saya juga yaa.. 


#4. Hidangan Ulang Tahun Arfan Ke-4

Di acara ulang tahun Arfan ke-4 ini dihadari sama keluarga saja, ada kakek-nenek dan juga om-tante nya Arfan. Saya pun menyiapkan menu sederhana untuk tamu yang datang. Untuk makan besarnya ada sayur sop, sate ayam dan sambel goreng kentang. Sementara camilannya ada kue bolu tape, tahu bakso, serabi solo, puding silky (bikin sendiri) dan es kelapa. 

Perayaan Ulang Tahun Arfan Ke-4 : Tayo Birthday Party

acara ulang tahun arfan ke-4

Perayaan ulang tahunnya juga sederhana aja. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu ulang tahun bersama, lalu dilanjut tiup lilin dan potong kue serta doa bersama. Setelah itu foto-foto deh. Puas foto-foto, tamu yang datang dipersilahkan untuk makan siang, sementara si Arfan sibuk buka-bukain kado dari kakek-nenek dan om-tantenya.  

Dah gitu aja. Sederhana banget kan? Tapi si Arfan senengnya luar biasyaa. Apalagi dapet kado banyak tjakep-tjakep, makin seneng deh dia. Bahkan H+2 minggu masih ada aja yang ngirimin Arfan kado, makin girang aja anaknya. Alhamdulillah rezeki anak soleh yaa.. hihi 

Demikianlah, acara ulang tahun Arfan yang ke-4. Semoga diusianya ini, Arfan makin pintar, jadi anak soleh, penurut dan doyan makan biar mamak gak pusing. Semoga sehat selalu dan mamak bisa selalu membersamai dan mendidik Arfan ke jalan kebaikan. Amiiinnn..




Salam,


10 comments

  1. Selamat ulang tahun ke 4 ya Arfan, semoga jadi anak yang pintar dan berbakti sama orang tua.😃

    Temanya digarap dengan serius biarpun cuma untuk sekeluarga ya. Salut buat mbak thya.

    Btw, kue ulang tahun naik di toko langganan mungkin karena telor lagi naik tinggi.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya.. bisa jadi mas..
      parah sih ya naiknya harga telur..

      Delete
  2. Selamat ulang tahun ya dek Arfan semoga makin pinted dan berkah usianya. Kuenya cantik banget ingat dulu klo ngerayain ultah,suka ngias dengan gunting kertas2 hias.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn, makasih kak :)
      seru ya kak hias-hias sendiri

      Delete
  3. Selamat ulang tahun yaa dek Arfan, Alhamdulillah tahun ini lebih baik yaa dari tahun kemarin, semoga covid benar-benar lekas menghilang dari bumi aamiin. Suka sama konsepnya, emang terkadang yang sederhana lebih terasa berkesann :)

    ReplyDelete
  4. Selamat ulang tahun dek Arfan, semoga selalu jadi kebanggan orang tua.

    Thn kmrn anakku ultah ke 1 juga cuma sama keluarga mbak, kebetulan orang tua dan mbahku lagi main ke rumah juga, jadi aku cuma udang mertua, adek ama adek ipar doang, tapi tetep dekor rumah juga buat foto2 hihihi, aku bagiin nasi kuning tp bikin sendiri, masakan ibuku.

    Thn ini bisa dicoba nih beli snack aja ya biar lebih simpel ga usah masak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih intim ya mba kalo sama keluarga.. hehe..
      aku juga pernah bikin nasi kuning mbaaa.. sekarang nyobain bagi2 bingkisan aja yang lebih simpel. hehe

      Delete
  5. Selamat ulang tahun anak ganteng 🎉🎉🎉.... Waaaah sukanya Tayo yaaaa. Anakku pas seumur Arfan juga tergila2 Tayo mbaaa 🤣. Kenapalah Tayo merebut hati anak2 banget memang 😁. Sampe kalo dia ngeliat transJ, langsung teriak2 heboh, 'mamiii ada tayoooo' 🤭

    Kalo arrange ultah anak2 gini, memang ada kepuasan sendiri kalo kita yg atur semua2nya yaaaa. Apalagi budget jadi terkontrol . Kalo anakku memang ga suka dirayain, tapi dia selalu berharap kado 😄.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiww onty fanny..
      wah.. kok samaan banget ya.. anakku kalo liat TJ juga girang banget.. ada tayo katanya.. wkwkwk..

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)