Featured post

Pengalaman Mengatasi Perut Kembung Pada Anak

Cara Memperbaiki HP yang Terendam Air Minuman Bersoda


Saat berkumpul bersama teman-teman sambil menonton acara favorit atau mengadakan pesta, paling asyik jika ditemani dengan camilan dan minuman bersoda. Namun seringkali, karena terlalu bersemangat, ada saja tragedi yang terjadi. Beberapa minggu lalu contohnya, saya dan teman-teman sedang asyik menikmati tontonan, lalu tanpa sengaja ada teman saya yang menumpahkan minuman bersoda tersebut dan parahnya lagi, minuman bersoda tersebut mengenai HP nya. Jelas, teman saya merasa panik, khawatir Hp-nya menjadi rusak.

Nah, Jika teman-teman mengalami kondisi serupa, jangan panik yaaa. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar HP kamu selamat. Berikut ini adalah cara memperbaiki hp yang terendam air minuman bersoda.

Pertolongan pertama saat HP terendam air minuman bersoda 

#1. Matikan HP 

Apabila HP kamu masih dalam keadaan hidup, maka segera matikan HP  agar tidak terjadi hubungan arus pendek pada komponen HP  yang dapat merusak HP kamu.

#2. Lepas back cover dan pelindung tambahan HP 

Jika HP kamu menggunakan pelindung tambahan di bagian belakang, segera lepas pelindung tersebut agar air yang berada di dalam HP dapat keluar dengan mudah. Jika back cover HP  bisa dilepas dengan mudah, maka lepaslah bagian back cover tersebut agar air yang berada di dalam HP dapat keluar dengan mudah.

#3. Lepas baterai, SIM Card dan Micro SD Card 

Ini bagian yang tak kalah penting. Segera lepaskan SIM Card dan Micro SD Card yang ada dalam HP kamu. Hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek yang terjadi dalam HP yang dapat merusak SIM Card dan Micro SD Card kamu. Jika baterai HP  bisa dilepas, maka lepaskanlah baterai HP kamu. Hal ini agar tidak terjadi hubungan arus pendek dalam HP  setelah terkena air.

Namun, kebanyakan HP saat ini mengadopsi teknologi baterai tanam. Jangan khawatir, karena biasanya HP dengan teknologi baterai tanam cenderung memiliki back cover yang tertutup sangat rapat, sehingga air akan sulit masuk ke dalam HP. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa tidak semua HP didesain untuk tahan terhadap air.

#4. Keringkan bagian luar HP

Ada banyak cara untuk mengeringkan HP setelah terendam air minuman bersoda. Minuman bersoda biasanya mengandung gula. Maka dari itu, kamu bisa mengelap bagian luar HP dengan tisu basah agar tidak lengket. Lalu, kamu bisa mencoba dengan mendiamkan HP di tempat yang sejuk dan kering selama beberapa hari, namun ini akan memakan waktu yang lama.

Untuk mempercepatnya, kamu bisa mengelap bagian luar HP dengan menggunakan kain bersih yang kering. Atau kamu juga bisa menggunakan vacuum cleaner yang berukuran kecil untuk membantu mengeringkan HP.

#5. Kubur HP dengan benda yang dapat menyerap air 

Langkah ini dapat kamu lakukan jika setelah dikeringkan, HP tak kunjung berfungsi dengan normal. Kamu cukup mengubur HP  ke dalam benda-benda yang dapat menyerap air. Benda-benda yang bisa kamu gunakan adalah beras dan gel silika.

#6. Bawa ke service center resmi HP  

Ini adalah langkah terakhir jika HP tetap tidak berfungsi dengan normal setelah melakukan cara-cara yang telah kami sebutkan. Sebenarnya, kamu bisa langsung pergi ke service center resmi dari HP agar mendapatkan penanganan yang tepat, apalagi jika kamu masih memiliki garansi untuk HP tersebut.

Kesimpulan 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika HP  terendam air minuman bersoda. Untuk informasi lebih lanjut tentang penanganan saat HP terkena air, silahkan kunjungi artikel CekAja.com di https://www.cekaja.com/info/cara-memberi-pertolongan-pertama-pada-ponsel-korban-banjir/

Saat HP  terkena air, kamu tidak perlu panik. Segera berikan penanganan dengan cepat dan tepat, agar HP dapat diselamatkan. Namun, jika HP kamu tidak bisa diselamatkan,  jangan khawatir. Pastikan semua data penting yang ada di HP kamu telah di-backup, lalu kamu bisa membeli HP yang baru di e-commerce favorit dan membayarnya di kartu kredit BRI.

Di CekAja.com, kamu bisa melakukan pengajuan kartu kredit BRI dengan cepat dan mudah. kamu juga bisa dengan mudah menemukan kartu kredit BRI yang sesuai dengan kebutuhan . Segera ajukan kartu kredit BRI kamu sekarang juga ke CekAja.com.


Salam,


4 comments

  1. Naah menarik nih tipsnya mbak THYA.

    Jadi kalau lagi ngumpul2 tanpa sengaja terseriam air atau minuman lain jangan terburu2 bawa ke service center. Selagi masih bisa kita tangani.😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul mas satria.. intinya mah jangan panik..

      Delete
  2. Okay aku save, biasalah hp tuh sekarang kalo ga suka kebanying ya, ketendem air, tp klo kerendem soda sih blom pernah...maybe suatu saat membutuhkeun hueheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iyaa.. aku juga sering bgt kalo kebanting mak.. ampe retak2 nih skrg hp ku mengenaskan.. wkwk

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)