Berkarya Dan Berbagi Kebaikan Dari Rumah Bersama Shopee


Shopee Ngeblog Dari Rumah

Dering notifikasi email membuka mataku tepat pukul tiga dini hari kala itu. Meski mata masih terpejam, namun saya memaksakan diri, meraih handphone dan membuka notifikasi. Sebab, memang ada email yang sedang saya tunggu. Ya, apa lagi kalau bukan hasil swab test PCR yang saya lakukan sehari sebelumnya. 

Dengan mata berat, saya raih handphone yang berada di ujung tempat tidur, perlahan saya buka email, berharap ada kabar bahagia sehingga saya bisa melanjutkan tidur kembali dengan nyenyak.

Namun sayang, semesta berkehendak lain. 

“Positif” kata pertama yang saya baca ketika membuka email.  

Seketika rasanya hancur, bingung dan sedih. Saya yang masih berada di tempat tidur bersama anak dan suami, spontan menjauh, khawatir menularkan mereka. 

***

Pandemi Covid-19 dan Ujian yang Bertubi-tubi


Kejadian yang menimpa saya pada akhir 2020 lalu memang cukup berat. Sebab, satu bulan sebelumnya, suami alami patah tulang akibat kecelakaan motor, selang beberapa minggu, saya mengalami keguguran di usia kandungan 15 minggu, tak lama Ibu saya masuk rumah sakit karena pneumonia, lalu disusul dengan saya yang terpapar Covid-19

Sungguh, terpapar Covid-19 sangat membunuh mental saya. Apalagi saat itu kasus Covid-19 belum seramai sekarang. Masyarakat masih awan dan belum paham terhadap Covid-19. Bahkan saya masih merasakan gimana sikap tetangga yang mengacuhkan kami kala itu. Jangankan menolong dan memberi bantuan, sekedar menyapa keluarga kami saja tidak. Saya merasa dijauhkan dan tak dianggap.

Dan satu hal yang paling berat ketika terpapar Covid-19 adalah ketika harus berpisah dengan anak. Ya, walau hanya sementara tapi rasanya berat sekali. 

Sungguh. rasanya diuji bertubi-tubi membuat saya sempat patah semangat. Jangankan untuk berkarya dan ngeblog kembali, makan saja rasanya tidak nafsu. Beberapa job nulis yang masuk, saya cancel tanpa banyak pertimbangan. Bahkan, draft lomba blog yang hampir selesai saya garap pun tak saya lanjutkan. Entah, saya tak berselera. Rasanya hanya ingin menyendiri, meratap dan merenung saja.

Hingga sepuluh hari berlalu. Badan sudah terasa lebih sehat. Saya sudah diperbolehkan pulang dari isolasi mandiri dan sudah bisa bertemu dengan keluarga kembali. Alhamdulillah, perlahan semangat saya yang redup pun mulai menyala kembali. 

Perlahan saya mulai mengejar ketertinggalan, mulai aktif menulis blog kembali, menerima job dan juga mengikuti beberapa lomba blog. Sekali, dua kali saya mulai memenangkan beberapa lomba blog. Akhirnya, semangat yang padam pun semakin membara. Saya juga mulai mengejar ketertinggalan dengan mengikuti Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah.

Tak hanya semangat dalam menjalani hobi ngeblog saja, saya juga semangat dalam menjalani hari-hari. Yang mulanya saya agak merengut karena pandemi tak kunjung reda ditambah lagi dengan adanya PPKM yang membuat kami tak bisa kemana-mana. Kini saya lebih kepada pasrah dan menikmati apapun yang terjadi. Saya sadar bahwa saya tak boleh terlalu lama bersedih, sebab kehidupan terus berjalan, dan apapun kondisinya saya layak untuk bahagia.

Saya berusaha menghadirkan keseruan dirumah, mulai dari memasak, bermain sambil belajar bersama anak, membuat konten, belanja online hingga berbagi kebaikan dan kebahagiaan dari rumah. Saya ingin pandemi tak menjadi penghalang bagi saya untuk tetap berkarya dan berbagi kebaikan dari rumah. Dan inilah secuil kisah saya menikmati hari demi hari selama di rumah aja. 

Nyalakan Semangat dengan Berkarya dan Berbagi Kebaikan dari Rumah

Di rumah saja bukan menjadi penghalang bagi saya untuk tetap produktif. Sebab, saya menyadari ada banyak hal baik yang bisa saya lakukan dari rumah. Perlahan saya pun mulai menyesuaikan ritme kehidupan di masa pandemi ini. Dan berikut ini merupakan secuil kisah saya dalam berkarya dan berbagi kebaikan dari rumah, semoga menginspirasi!

#1. Mengasah Keterampilan Memasak

kreasi masakan selama pandemi

Sebagai seorang ibu, memasak merupakan hal wajib yang harus dilakukan setiap hari, tak terkecuali saya. Ya, meskipun kemampuan memasak saya masih jauh dari sempurna, saya selalu berusaha untuk membuat menu spesial untuk anak dan suami. 

Nah, salah satu hal yang patut disyukuri saat pandemi adalah saya lebih sering berada di rumah. Itu artinya saya memiliki waktu lebih untuk explore berbagai menu. Yaps, selama pandemi ini saya mencoba untuk membuat menu masakan yang sedikit berbeda agar anak dan suami tak bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Berbagai menu yang sudah saya praktikkan diantaranya yaitu, Nasi Kebuli, Dendeng Batokok, Hoka-Hoka Bento, Sempol Keju, Pizza Teflon, Chicken Fire Wings, Cimol, Macaroni Schootel dan masih banyak lagi. Ini menandakan bahwa pandemi juga membawa dampak baik. Yaps, setidaknya keterampilan memasak saya kian meningkat. 

#2. Bermain Sambil Belajar Bersama Anak

bermain dan belajar bersama anak

Pandemi juga membawa kebahagiaan bagi anak saya, Arfan. Sebab, saya lebih sering berada di rumah yang artinya saya juga bisa selalu membersamai anak di rumah, bisa mengajaknya bermain sambil belajar bareng sekaligus mengasah keterampilan motoriknya. 

Alhasil, selama di rumah aja saya bisa menciptakan permainan-permainan seru bersama anak saya. Adapun berbagai permainan menarik yang kami lakukan diantaranya yaitu ;

  • Melukis dan Bermain Finger Painting
Melukis dan bermain finger painting memiliki banyak manfaat untuk anak, diantaranya yaitu dapat melatih motorik halus anak. Sebab dengan bermain finger painting, ujung-ujung jari akan banyak bergerak dan bergesekan dengan cat dan media lukis lainnya. Selain itu, juga dapat meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas, meningkatkan koordinasi mata dan tangan serta mengenalkan konsep warna.

  • Berkebun
Berkebun juga memiliki banyak manfaat untuk anak. Dengan mengajak anak untuk berkebun maka dapat menumbuhkan rasa cinta anak terhadap alam, mengajarkan tanggung jawab dan kesabaran dalam proses merawat tanaman. Tak hanya itu, berkebun juga memberikan banyak pengetahuan kepada anak, mulai dari jenis-jenis tanaman, mengenal berbagai warna dan masih banyak lagi.

  • Memecahkan Balon Air
Saat moment 17 Agustusan lalu, saya juga membuat permainan seru, yaitu memecahkan balon air. Arfan senang sekali melakukannya dan tak ingin berhenti bermain. Dan yang terpenting, tak hanya menyenangkan saja, permainan ini juga memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu dapat melatih kemampuan motorik kasar anak, melatih kecerdasan visual, melatih konsentrasi dan gerakan tangan dan mata serta melatih kemampuan berpikir anak agar berhasil memecahkan balon air tersebut. 

  • Bermain Gelembung Sabun
Saya juga mengajak Arfan untuk bermain gelembung sabun. Permainan ini bermanfaat untuk melatih motorik kasar anak seperti membungkuk, melompat dan meloncat saat menangkap gelembung sabun. Selain itu juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan koordinasi panca indera. 

#3. Membuat Konten


Hal produktif lain yang saya lakukan dari rumah adalah membuat konten. Baik itu untuk konten youtube, blog maupun Instagram. Tak jarang, konten yang saya buat merupakan konten sponsor dan menghasilkan cuan. Jadi, meskipun di rumah saja, Alhamdulillah masih ada pintu rezeki yang terbuka untuk saya. 

Konten lainnya, walau tak ‘menghasilkan’ namun Alhamdulillah bisa menjadi motivasi atau sumber informasi bagi teman-teman yang menikmati konten saya. Misalnya saja artikel di blog ini tentang “Pengalaman Patah Tulang Clavicula : Gagal Pengobatan Alternatif dan Berujung Operasi” ternyata menjadi sumber motivasi bagi pembaca saya yang mengalami hal serupa. Beliau yang awalnya sudah patah semangat, namun setelah membaca artikel saya kini punya semangat dan motivasi kembali untuk sembuh. Alhamdulillah. 


Lalu konten lainnya, misalnya konten di channel youtube saya tentang “Shopee Haul – Unboxing Belanja Bulanan Di Shopee Mall” Alhamdulillah bisa menjadi sumber informasi dan rekomendasi bagi teman-teman yang ingin berbelanja bulanan secara online dengan harga yang murah. 

Melalui konten tersebut, banyak teman-teman yang terbantu dalam mendapatkan rekomendasi untuk memenuhi kebutuhan bulanan tanpa harus keluar rumah. Dengan demikian, dapat meminimalisir resiko penularan Covid-19. 

#4. Berbagi Kebaikan

shopee ngeblog di rumah

Tak lupa saya juga menyisihkan sebagain rezeki untuk berbagi kebaikan kepada sesama, khususnya bagi para pejuang Covid-19. Tak bermaksud untuk riya, namun saya tahu pasti bagaimana rasanya isoman dan tidak bisa keluar rumah. Pun saya merasakan sekali saat itu diacuhkan dan tak ada yang membantu. 

Bahkan, di hari ke empat isoman, saat masih satu rumah dengan anak dan suami, saya juga merasakan kondisi dimana anak saya belum makan sedari pagi karena memang kami sudah kehabisan stok bahan makanan pada saat itu. Pedih kalau diingat-ingat kembali.

Karena itu, saya tak ingin sahabat maupun saudara yang sedang berjuang melawan Covid-19 merasakan hal serupa. Oleh karena itu, sebisa mungkin saya membantu mengirimkan bahan makanan dan vitamin untuk teman-teman pejuang Covid-19. Bantuan saya yang tak seberapa itu, semoga bisa menjadi suntikan semangat bagi teman-teman untuk sembuh. 

#5. Belanja Online

Selama di rumah saja, saya juga rutin meningkatkan imun dengan cara ‘belanja online’. Iya dong, belanja online merupakan peningkat imun paling ampuh bagi saya. Selain itu, dengan belanja online, kita juga turut membantu UMKM untuk tetap bertahan selama pandemi. Pun kita juga turut membantu membangkitkan roda perekonomian negara. 

Hadapi Pandemi dengan Semangat Berkarya dan Berbagi Kebaikan Bersama Shopee

Berbicara soal belanja online, saya tak hanya memenuhi kebutuhan diri sendiri saja, tetapi juga kebutuhan anak, suami, kebutuhan rumah tangga hingga untuk berbagi kebaikan kepada sesama.

Yaps, selama pandemi ini saya memenuhi semua kebutuhan lewat aplikasi belanja online, yaitu Shopee. Misalnya saja untuk kebutuhan memasak, saya memenuhinya dengan berbelanja di Shopee Segar, lalu untuk keperluan konten dan juga belajar bersama anak, saya beli secara online lewat Shopee. Bahkan untuk mengirim paket sembako, buah dan vitamin kepada teman-teman yang terpapar Covid-19, juga saya beli lewat Shopee. 

Sungguh, Shopee sangat memudahkan saya untuk memenuhi berbagai kebutuhan tanpa harus keluar rumah. Jadi, meskipun di rumah aja, saya masih bisa tetap produktif sepanjang hari. Pun dengan berbelanja online, kita juga telah turut serta membantu membangkitkan perekonomian di masa pandemi ini. 

Tak hanya itu saja, ada berbagai alasan saya memilih Shopee sebagai platform belanja online terfavorit, diantaranya yaitu :

shopee ngeblog dari rumah

#1. Kategori Pilihan Lengkap

Shopee menyediakan berbagai pilihan kategori yang sangat lengkap, mulai dari barang elektronik, fashion, kebutuhan rumah tangga, bayar listrik, pulsa, hingga order makanan siap saji, semua bisa dilakukan dari Shopee. Gak heran ya kan kalau saya mengidolakan Shopee? Karena semua yang saya butuhkan ada di Shopee.

#2. Ada Voucher Gratis Ongkir

Yang paling menarik belanja di Shopee adalah ada voucher gratis ongkir. Jadi, belanja online gak perlu pusing mikirin ongkir lagi deh. Sudahlah barang diantar ke rumah, gak perlu bayar ongkir pula. Gimana gak ketagihan belanja di Shopee ya kan? 

#3. Banyak Promo dan Flash Sale

Ini juga hal yang gak kalah menarik. Di Shopee banyak banget promo dengan harga yang keterlaluan murah. Apalagi, promo yang tersedia di flash sale itu murahnya kebangetan. Saya pernah beli kacamata anak dan mouse dengan harga Rp 99 aja. Sadis gak tuh? 

#4. Harga Barang Terjangkau

Semisal gak ada promo pun, harga barang di Shopee sangat terjangkau bila dibandingkan dengan toko online sejenis maupun toko offline. Hal inilah yang membuat saya selalu ketagihan belanja di Shopee.

#5. Transaksi Mudah

Transaksi di Shopee juga sangat mudah. Aplikasi ringan, simpel dan mudah digunakan, metode pembayarannya beragam dan jenis ekspedisinya juga banyak pilihan. Pun di Shopee ada fitur COD. Jadi sangat memudahkan pelanggan yang ingin melakukan transaksi. 

#6. Banyak Program dan Games Menarik

Tak hanya itu saja, Shopee juga menawarkan berbagai program dan Games dengan hadiah yang menarik. Misalnya ada Shopee Tangkap, Shopee Tanam, Shopee Capit, Goyang Shopee hingga Lucky Prize dengan hadiah mulai dari koin Shopee, voucher belanja hingga 1 unit mobil. Keren banget kan?

#7. Bisa Dapatkan Reward Koin Shopee

Menariknya lagi, setiap kali belanja, kita bisa memberikan penilaian kepada seller dengan memberikan rating. Nah, setelah melakukan penilaian, kita akan mendapatkan koin Shopee yang mana koin tersebut bisa kita tukarkan untuk mendapatkan potongan harga atau potongan gratis ongkir. Seru kan belanja di Shopee?

Selain 7 hal diatas, sebenarnya masih banyak lagi keuntungan belanja di Shopee yang gak cukup bila dituliskan disini. Misalnya saja ada fitur live chat, tawar harga, refundcashback dan masih banyak lagi. So, buktikan sendiri dengan belanja di Shopee dari rumah dan rasakan berbagai manfaatnya. 

Yuk, Semangat Menginspirasi Bareng Shopee Di Rumah Aja

Kehadiran Shopee tak hanya membuat saya bisa tetap produktif walau di rumah saja, tetapi saya juga bisa berbagi kebaikan dan kebahagiaan kepada sesama. Shopee memudahkan saya untuk mengirimkan bantuan kepada teman-teman saya yang sedang terpapar Covid-19. Pun kebutuhan keluarga, perkontenan dan juga bahan belajar dan bermain untuk anak saya bisa saya dapatkan di Shopee. Dengan demikian, saya bisa tetap produktif.

Maka itu, yuk kita manfaatkan berbagai promo yang ada di Shopee untuk hal-hal baik dan produktif. Karena berkarya dan menebar kebaikan bisa dari mana saja!

Salam,




64 comments

  1. Turut sedih juga mbak, kalo mengalami musibah beruntun memang bikin mood jadi anjlok, aku juga pernah mengalami, mau buka blogger juga malas bahkan vakum selama sebulan.

    Ternyata di shoppe ada lomba menulis blog juga ya, kirain aku cuma buat belanja online saja. Enaknya di toko Oren itu banyak gratis ongkir dan juga ada cashback nya, tapi sayangnya cashback tidak sebanyak dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mas..
      enaknya juga barangnya lengkap.. mau apa aja juga ada disana :D

      Delete
  2. Banyak cobaan ya say, tapi juga banyak hal kebaikan ikut datang bersama itu.
    Meski pandemi melanda, banyak hal yang bisa kita lakukan di rumah saja, paling asyik tuh main sama anak ya :D

    Btw, Shopee mah udah jadi default belanja online saya, beneran nggak bisa berpaling, karena semua yang saya cari ada di sana, dan yang pasti dia melindungi banget konsumen :D

    Sayangnya sih yang diskon barang gede tuh biasanya di Jkt aja ya, lumayan ongkirnya ke sini, pengen gitu beli kayak kursi dll gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mba.. beruntungnya aku tinggal di jakarta ya mba.. wekekek :p

      Delete
  3. Salam penyintas covid mbak
    Memang aslinya banyak kegiatan buat mengisi waktu dirumah aja si.
    Belanja online termasuk juga, termasuk di shopee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. iya mas..
      belanja online bikin naik imun..

      Delete
  4. Pas pandemi ini, lifestyle bner2 jadi berubah ya mba, semua serba digital :D. Akupun udh ga pernah sekalipun pergi ke supermarket lagi utk belanja bulanan, semua tinggal klak klik utk beli keperluan bulananan. Even ke pasar aja pake digital hahahaha. Dan setelah ngerasain, aku sampe mikir, kenapa ga dari duluuu. Malah lebih hemat gini. Kayak belanja pasar aku JD terbiasa bikin daftar menu seminggu, trus beli bahannya, lakuin foodprep supaya kulkas lebih rapi. Belanja bahan jadi ga boros, Krn semuanya tercatat sesuai menu. Jadi pasti habis ga mubazir. Kalo dulukan banyak sayur busuk Krn pas beli asal aja.

    Jadi rasanya kalo udh selesai pandemi pun aku ttp bakal mempertahankan digital lifestyle ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi lebih terarah ya mba :D
      kalo belanja ke pasar kan biasanya 'yang mau dibeli apa, eh yang dibeli apa' hehehe

      Delete
  5. Sama nih mbak, aku selama di rumah hobi banget masak! Efeknya sih jadi gendut ya dan kebablasan belanja barang-barang masak di shopee haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. apalagi kalo banyak diskon ya mbaaa.. khilaf terus checkout belanjaan :D

      Delete
  6. Hihihi bener paling seneng belanja Shopee saat promo, mantap ada cashback ada free ongkir dan ada diskon. Jiwa hematku teriak bahagia hihihi ^^ Awal pandemi galau mesti di rumah lebih banyak, lama kelamaan banyak nikmatnya juga seperti belanja lebih hemat karena gak perlu ongkos transportasi dan makan diluar :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbaaa.. malah lebi enak ya bisa belanja dari rumah. gaperlu capek-capek :D

      Delete
  7. selalu ada hikmah dibalik ujian ya mb..
    alhamdulillah malah makin produktif. btw aku salfok sama chiken fire wigsnya nih, ngiler!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. itu memang enak mbaa.. masaknya juga butuh effort.. hehe

      Delete
  8. alhamdulillah semua bisa dilalui dengan cukup baik ya, semoga bahagia terus, sehat terus dan makin produktif

    ReplyDelete
  9. Gak ada alasan buat gak berkarya yah mba meski di rumah aja. Skrg bisa dpt penghasilan yg pntg mau usaha

    ReplyDelete
  10. Masya Allah itu hobi masaknyaaa... Kelihatan enak-enak banget, Mbaaaak. Kalo di rumah, anak-anakku sempet bikin pizza teflon, kopi dalgona, pie susu, dan cemilan-cemilan lain yang sukses bikin mamanya menggendats :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, masih amatiran masaknya mbaa.. modal liat tutorial di yutub.. hehe

      Delete
  11. MasyaAllahh, terimakasih juga mba sudah berbagi kebaikan dan mewakili kita2 ini. Ikut seneng lihatnya, di tengah ujian yang ngga udah2 tetep kuat dan produktif, keren banget.
    Btw pinter banget ihh masaknya bisa macem2 gituu wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah..
      Ampuuunn.. kalo masak mah masih amatiran, hehe..

      Delete
  12. Ini mah keterampilan memasaknya sudah pro banget. Dari gambar hasil masakan, terlihat jenis masakannya berbeda-beda. Aku pengin nasi kebulinya, kirim-kirim ya ke Bandung hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakkak.. modal nyontek yutub mas.. nasi kebulinya sih memang juara mas rasanya.. hehe

      Delete
  13. mantap tipsnya.. daku juga lagi terapkan ngonten kak ;D

    ReplyDelete
  14. Di rumah aja emang bosan banget rasanya tpi kalau mau lihat dari sisi lain kita juga tetap bisa berkarya dari rumah. Saya juga pas isoman bikin konten dan peralatannya beli di Shopee 🥰

    ReplyDelete
  15. Masakannya menggoda semua Kak. Masa pandemi memang bikin para ibu makin asyik mengkreasikan kemampuannya. Karena tidak hanya untuk menjaga kesehatan diri, tapi juga untuk keluarga.

    ReplyDelete
  16. aku team shopee dong. Jualan pake shopee, beli di shopee sampe jadi influencer shopee

    ReplyDelete
  17. Pandemi bukan halangan untuk berbagi ya, menarik mba kisahnya, di mana masih mau berbagi rezeki di tengah pandemi 😉

    ReplyDelete
  18. wah keren juga nih shopee keuntungan belanjanya banyak banget ya sangat membantu banget apalagi di masa pandemi seperti ini

    ReplyDelete
  19. kalau belanja di shopee supermarket itu jg ada diskon vocer tertentu loh mayan banget mba. aku jg nih kalau emang mager ya pasti ke shopee, dan skrg ada food2 juga makin oke bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeeett..
      bahkan belanja sayur juga bisya di shopee segar.. love banget kan :D

      Delete
  20. Keren banget Mba Tia sangat menginspirasi, biasanya orang kalo udh kena covid patah semangat banget setidaknya itu yang ak lihat saat beberapa keluarga terkena covid tapi Mba Tia tetap semangat dan bahkan menyempatkan diri berbagi saat sakit. masya Allah... semoga sehat selalu ya Mba Tia. Btw aku juga sering pake Shopee selama pandemi promo-promonya memudahkan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinnn.. sehat-sehat juga untuk mba rizka dan keluarga :)

      Delete
  21. Banyaknya promo bikin konsumen betah belanja ya pastinya. Semoga aura dan semangat baiknya menukar buat yang lain. Btw, sekarang saya justru sedang isoman yang ke dua kalinya lho Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sungguh mba? ada gejala ga mba kalo terpapar yang kedua?
      Semoga lekas sehat lagi ya mbaa..

      Delete
  22. Shopee selalu jadi andalanku belanja saat pandemi. Sampai buat kebutuhan ababil pun tetap mengandalkan shopee

    ReplyDelete
  23. Sampai sekarang saya masih mengandalkan shopee buat belanja online. Tinggal ketik apa yang dicari, lalu pilih-pilih sesuai budget yang sesuai. Bisa free ongkir juga, dah lah lengkap semua di Shopee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bangeett mbaaa.. gak perlu capek2 keluar rumah yaa..

      Delete
  24. shopee makin kece aja yaa, aku ketergantungan banget belanja di shopee, soalnya emang lengkap dan serba ada yaa, dari hal sepele sampe hal hal besar ada di sana hihihi

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah meski cobaan bertubi-tubi tapi mbak cepat banget bangkitnya ya. Terbukti banyak banget hal yang sudah dilakukan selama masa pandemi begini. Salah satunya buat konten di youtube dan menulis blog. Saya belum bisa nih mbak buat konten untuk youtube. masih malu-malu hehe btw saya juga sekarang seringnya belanja di shopee, karena selain banyak promo juga sampainya lebih cepat. Barang juga sesuai dengan apa yang diinginkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun awalnya malu2 mbaa..
      tapi utk mensiasati nya gak usah keliatan muka kita mbaa.. hehe.. fokus ke hal yg mau dibahas aja.. terus isi suara deh.. haha

      Delete
  26. Mampir ke akun Shopee ku mba Tia. Nyipedecollection. Aku kalo ke Shopee belanjanya mesti voucher gramedia digital.

    ReplyDelete
  27. Shopee emang paling top dah. Dulu pas karantina juga lupa bawa banyak underwear, solusinya beli di shopee wkwkwk

    ReplyDelete
  28. Saya pernah dikasih tau teman yang pernah positif Covid bahwa obatnya Covid ini makan dan menjaga kebahagiaan hidup. Sepetrti yang Mbak lakukan harus berjuang supaya semua baik-baik saja, salah satu caranya dengan membuat konten. Percaya atau tidak menulis membuat senang hati siapapun

    ReplyDelete
  29. masa pandemi ini memang cobaannya terasa nano-nano banget ya, mbak. semoga tetap semangat.
    aku bersyukur sih sekarang era digital, semua jadi agak dipermudah dengan bisa dilakukan secara online. termasuk belanja di Shopee, hiburan bgt buat aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. naikin imun ya mba belanja di shopee hehe

      Delete
  30. Ujian yang dialami menajdi pelajaran sangat berharga ya mba. Semoga diberikan kesabaran yang melimpah

    ReplyDelete
  31. Wahhh aku juga suka banget sama shopee, apalagi yang pilihan pengiriman COD.. Kalau barang tidak sesuai bisa diretur.. Tapi jangan lupa untuk dibayarkan dulu, nanti bakaal diganti dengan barang yang sesuai dan berkualitas..

    ReplyDelete
  32. Yesss aku pemakai shopee juga dan selama ini bener bener terbantu. Pas isoman juga nggak bisa kemana-mana. Akhirnya shopee jadi pilihan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa berikan komentar juga ya ;)